//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: JHANA menurut Metra  (Read 15684 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
JHANA menurut Metra
« on: 02 December 2017, 04:29:06 PM »
Bagaimana sayalay u dipankara jadi penengah.anda mesti percaya dia jika tdk percaya sy.tunjukkan buku itu.bawa commentnya disini.

Anda aja salah menyebut nama Sayalay yg semula Sayadaw, itu dag menunjukkan andapun belum pernah ikut retreat beliau apalagi diskusi ttg meditasi dg beliau. Bila anda tdk bisa jwb pertanyaan sy diatas, maka selanjutnya smw komen anda akan dihapus dari wall sy.
I'm an ordinary human only

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #1 on: 02 December 2017, 07:21:35 PM »
Salah posting

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #2 on: 02 December 2017, 07:25:03 PM »
Anda klo ketik sebaiknya dibaca ulang sebelum dienter.
Smw orang yang baca akan tau bhw anda ketik2 tanpa mikir.
Anda nulis orang yg tidak memiliki Jhana faktor Jhana tdk ada (##anak TK)
Faktor Jhana yg anda ketahui apa ? shg anda blg bhw faktor Jhana yg disebutkan diatas tdk ada dibuku.

Itu benar. Faktor jhana tdk ada berarti tdk punya jhana.apa yg keliru.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #3 on: 02 December 2017, 08:02:25 PM »
 [at] Metra,
Anda sdh 2x nyampah di wall saya, artinya hilang sudah kesempatan anda.

 [at] Admin mohon postingan Metra dihapus dari wall saya, hny nyampah.
I'm an ordinary human only

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #4 on: 02 December 2017, 08:18:14 PM »
Naaahhh.... ini udh bs jelasin, knp nanya Jhana mana ? Lalu dari penjelasan anda ini, utk mencapai jhana ada syarat khusus nimitta ato tidak ?
Kenapa anda takut shg perlu bikin benteng yg kuat , apakah member dsini menakutkan smw shg akan dihajar bagi yg memberi komen ?

Apakah dengan yg anda tulis diatas, anda bisa mengetahui orang lain di vihara yg anda temui memiliki jhana atau tidak.


Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #5 on: 02 December 2017, 08:26:31 PM »
[at] Metra,
Anda sdh 2x nyampah di wall saya, artinya hilang sudah kesempatan anda.

 [at] Admin mohon postingan Metra dihapus dari wall saya, hny nyampah.

Tidak apa. Dihapus juga boleh

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #6 on: 02 December 2017, 08:32:08 PM »
Apakah dengan yg anda tulis diatas, anda bisa mengetahui orang lain di vihara yg anda temui memiliki jhana atau tidak.

Atau anda ajak bicara langsung orang itu.menurut ajaran buku Buddha,
faktor jhana adalah a b c d dan e.
 kemudian ada 9 tingkat jhana .1 2 3 4 5 6 7 8 9.
Kamu cocok yg mana 1 2 atau 3
Dijawab 3

Berarti sama donk.kita berada di lv yg sama.

Horeee akhirnya tujuan samadhi tercapai.

Apa benar demikian

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #7 on: 03 December 2017, 08:26:24 AM »
Bagi saya,
Yang dikatakan Jhana adalah Samadhi,
Yang dikatakan Jhana adalah Ekagattam,
Yang dikatakan Jhana adalah Terpusat.

Bukan prasyarat nimitta, bukan pula nyanajhana

Nimitta yg sering di heboh hebohkan, bagi saya hanya sebagian daripada vitakavicara

Jikalau, menurut sutta... Jhana pertama adalah:
- Terasing dari kenikmatan indria,
- Terasing dari kondisi-kondisi tidak bermanfaat,
+ vitakavicara
+ piti
+ sukha
Idha bhikkhave bhikkhu vivicc'eva kamehi viviccaakusalehi dhammehi, sa-vitakkam sa-vicaramvivekajam-piti-sukham pathamam jhanamupasampajja viharati.

Saṃyutta Nikāya 45.8
https://suttacentral.net/id/sn45.8

Lalu, dimana susahnya?

apa yg dialami sasika 5 faktor jhana itu tidak sama dgn yg di tulis di buku.buktinya mana nyana jhana nya.bisakah anda tahu orang yg punya jhana saat divihara.
bila faktor jhana keliru mengenali, itu bukan jhana.

Liat Buddha. O bhikkhu samana ini mencapai tk 4.o bhikkhu dia mencapai kondisi arupa .lahir dialam brahmaloka.

Lha ...sasika...indra lagi

Krn itu jika berani, ikut retreat.sayalay memiliki nyana jhana.indra membantah 1 banding 3 kekuatan jhana sayalay.adiksy akan buktikan.meski sayalay berusaha 100.persen, dia tdk akan mampu menjagaindra saat retreat.kalau indra kalah, dia akan bertengkar dgn gurunya.sekalian lapor thread ini.tulis comment sayalay disini.anda boleh tdk percaya sy.tapi anda mesti percaya sayalay.sekalian buku vsd mg,  tanyakan pada dia.
Kenapa belajar jhana harus model kaya gitu.ajaib.

indra mana berani.copas saja ta ut.

Apa susahnya.
« Last Edit: 03 December 2017, 08:32:45 AM by metra »

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #8 on: 03 December 2017, 08:42:35 AM »
buktinya mana nyana jhana nya.

Apa yang dimaksud dengan nyana jhana

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #9 on: 03 December 2017, 08:49:11 AM »
Pak/bu Metra

sy bingung baca pendapat anda
sebenarnya apa sih yg anda jawab?
sy menunggu jawaban atas pertanyaan Bu Shasika, tp kok keluarnya dari anda adalah bentuk2 negatif ke bbrp org dan perbandingan2 dg sayalay
mungkin ada baiknya anda ceritakan saja pengalaman anda bermeditasi
nyana jhana itu apa?
dan nyana jhana spt apa yg sdh anda dapatkan ?
drpd anda menyebutkan nama2 org yang tidak diketahui jelas dan jelas bukan member di sini
sy pemula, dan sangat suka dg munculnya pertanyaan bu Shasika, tp jawaban2 anda, bikin pusing
ingat dong buddha mengajarkan : kl ucapan ga bermanfaat, jgn diucapkan deh
 :o :o :o

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #10 on: 03 December 2017, 08:52:37 AM »
Pak/bu Metra

sy bingung baca pendapat anda
sebenarnya apa sih yg anda jawab?
sy menunggu jawaban atas pertanyaan Bu Shasika, tp kok keluarnya dari anda adalah bentuk2 negatif ke bbrp org dan perbandingan2 dg sayalay
mungkin ada baiknya anda ceritakan saja pengalaman anda bermeditasi
nyana jhana itu apa?
dan nyana jhana spt apa yg sdh anda dapatkan ?
drpd anda menyebutkan nama2 org yang tidak diketahui jelas dan jelas bukan member di sini
sy pemula, dan sangat suka dg munculnya pertanyaan bu Shasika, tp jawaban2 anda, bikin pusing
ingat dong buddha mengajarkan : kl ucapan ga bermanfaat, jgn diucapkan deh
 :o :o :o

Dia itu tukang buang sampah.. jadi sebaiknya diabaikan dan jangan ditiru..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #11 on: 03 December 2017, 09:09:29 AM »
Apa yang dimaksud dengan nyana jhana

seperti yg ditulis.
Tahu orang lain di vihara memiliki atau tdk

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #12 on: 03 December 2017, 09:10:40 AM »
Dia itu tukang buang sampah.. jadi sebaiknya diabaikan dan jangan ditiru..

Will i am

Namamu itu artinya cetana dalam pali.sulit bagimu u mencapai tujuan akhir umat Buddha.
Baru kali ini dalam agama Buddha ada yg memberi nama bertentangan dgn tujuan.
« Last Edit: 03 December 2017, 09:12:12 AM by metra »

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #13 on: 03 December 2017, 09:17:37 AM »
seperti yg ditulis.
Tahu orang lain di vihara memiliki atau tdk
Sepertinya dulu anda disekolah,
Kerjanya hanya ngunyah bangku sekolah

Dutiyampi,
Apa yang dimaksud dengan nyana jhana?

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: JHANA menurut Metra
« Reply #14 on: 03 December 2017, 09:20:22 AM »
Pak/bu Metra

sy bingung baca pendapat anda
sebenarnya apa sih yg anda jawab?
sy menunggu jawaban atas pertanyaan Bu Shasika, tp kok keluarnya dari anda adalah bentuk2 negatif ke bbrp org dan perbandingan2 dg sayalay
mungkin ada baiknya anda ceritakan saja pengalaman anda bermeditasi
nyana jhana itu apa?
dan nyana jhana spt apa yg sdh anda dapatkan ?
drpd anda menyebutkan nama2 org yang tidak diketahui jelas dan jelas bukan member di sini
sy pemula, dan sangat suka dg munculnya pertanyaan bu Shasika, tp jawaban2 anda, bikin pusing
ingat dong buddha mengajarkan : kl ucapan ga bermanfaat, jgn diucapkan deh
 :o :o :o

Bicara jhanamesti ada nyana.tdk spekulasi.lha siapa si metra itu.jangan 2 bohong.
Krn itu sayalay jd penengah sekigus bukti, jika faktor2 jhana fi buku agama Buddha tdk sama dgn yg diakui oleh sasika a b c d di forum.

Anda dan audience  jikakenalmember dragon, undang dia.beberapa tbread menyebutkan jika soal meditasi dan mistik tanya dragon.jika tdk salah penulisnya id perjalanan abadi.
Sekaligus cross check,  bener tidaknya bhikku surya di dago mampu mengajar jhana 4 kpd ybs dlm hitungan bulan.