Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Komunitas Masyarakat Tionghoa : Xin Hwa, Komunitas Asah Vokal  (Read 1036 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Razita

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia

Komunitas masyarakat Tionghoa kali ini membahas tentang Xin Hwa, komunitas ini memiliki kegiatan utama asah vokal. Namun, aktif juga dalam melestarikan budaya dan beramal.

XIN Hwa atau Sin Hoa merupakan komunitas paduan suara Mandarin, komunitas ini mulai berdiri pada awal Reformasi. Pimpinan dari kelompok paduan suara ini adalah Tanto Nugroho atau yang biasa disebut dengan nama Cun Hai, Ia merupakan tokoh Tionghoa dari Lampung.

Komunitas masyarakat Tionghoa ini pertama kali pentas pada perayaan HUT ke-47 Kemerdekaan RI, lebih tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2002. Perayaan tersebut berlokasi di Sesat Agung, Pendopo Gubernuran Lampung.

Pada awalnya, paduan suara Xin Hwa dibimbing, dibina dan dilatih oleh seorang musisi dari Taman Budaya Lampung yang bernama Sutarko. Tetapi Sutarko tidak lama dalam membina dan melatih paduan suara tersebut karena Ia terkendala bahasa, akhirnya Ia mengundurkan diri. Kemudian Ia digantikan oleh Romey, Ia merupakan istri dr. Popo Mandala, pada tanggal  17 November 2003.

Kelompok Xin Hwa di bawah konduktor dari Ibu Romey ini, menjadi satu-satunya kelompok paduan suara Mandarin klasik yang bisa mengumandangkan lagu legendaris Hwang He Ta He Chang. Mengisahkan tentang sejarah perjuangan rakyat Tiongkok di Sungai Kuning melawan penjajahan Jepang.

Kelompok ini berhasil menyanyikan lagu Hwang He Ta He Chang 7 lagu nonstop tanpa jeda. Selain itu Istimewannya, semua penyanyi merupakan orang Indonesia. Kelompok lain biasanya dibantu oleh penyanyi yang didatangkan khusus dari Chung Kok (Tiongkok).

Tanto Nugroho mengatakan, tujuan dibentuknya dari kelompok paduan suara Xin Hwa ini untuk silaturahmi, melestarikan budaya Tionghoa dan juga lagu Mandarin.

Grup paduan suara yang rutin latihan pada hari Senin - Kamis di Gedung Dharma Bakti ini bisa menyanyi dalam bahasa Mandarin, Indonesia, dan Inggris.

Selain itu, Xin Hwa merupakan perkumpulan etnis Tionghoa yang peduli terhadap sesama, bentuk kepeduliannya diwujudkan dalam konser amal untuk membantu sesama. Anggota tetap komunitas ini mencapai 40 orang.

Demikian informasi tentang komunitas masyarakat Tionghoa kali ini yang membahas tentang Xin Hwa, Komunitas Asah Vokal.

Info komunitas masyarakat Tionghoa yang lain : Sumber