Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bertanya mengenai cara motivasi yang benar menurut pandangan Buddhist  (Read 621 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Leams

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 15
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Hi all  _/\_
Namo Buddhaya ,

Saya mau coba untuk diskusi mengenai motivasi yang benar menurut pandangan buddhist baiknya seperti apa ya untuk umat perumah tangga (garawasa) ?.  berikut saya ada beberapa contohnya (harap dikoreksi kalau saya belum benar dan tolong diberikan contoh yang baiknya seperti apa) :
1.) ada orang yang  bisa termotivasi ketika dia menginginkan kendaraan mobil , dia bisa berpikir dengan caranya sendiri untuk berusaha mendapatkannya , apakah cara ini tepat ?
2.) ada orang yang  bisa termotivasi ketika dia memiliki pasangan , karena dia berpikir untuk bisa membahagiakan dirinya dan pasangannya , apakah cara ini tepat ?
3.) ada orang yang sulit termotivasi , karena apa yang dia inginkan terlalu banyak dan kadang dia sendiri bingung mana yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu , bagaimana cara mengatasinya ?
4.) ada orang yang sulit termotivasi , karena apa yang dia inginkan terlalu tidak mendukung kondisi lingkungannya yang membuat dia selalu  putus motivasinya , bagaimana cara mengatasinya ?

saya rasa itu beberapa contoh yang mungkin bisa kita jadikan diskusi mengenai motivasi

ayo teman2 sekalian  silahkan kita bahas.

salam metta
KESEHATAN adalah keuntungan yang paling besar,
KEPUASAN adalah kekayaan yang paling berharga,
KEPERCAYAAN adalah saudara yang paling baik,
NIBBANA adalah kebahagiaan tertinggi.

~I DO WHAT I LOVE, I LOVE WHAT I DO~

Offline peacewithpro

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
 _/\_

Hiduplah di dalam kondisi waktu sekarang, buatlah keinginan berkurang. Tentu, agak sulit karena kita ingin itu ingin ini. Namun, keinginan ini bisa mengecoh dan lebih baik pikiran mengenai keinginan kita digantikan dengan perbuatan yang sadar dan baik. Pikiran yang bijaksana dan terlatih.~Mengarah ke buddhisme

Motivasi yang terbaik adalah motivasi yang berdasarkan keinginan baik yang kuat, keinginan balas budi yang baik, keinginan melepaskan mahluk menderita, keinginan menyokong dhamma, keinginan baik lainnya. Karma itu hukum alam, segala sesuatu akan terjadi dengan alamiah namun, ingatlah usaha dengan giat/ rajin bekerja dan belajar berharga ribuan emas. Kebijaksaan senilai dengan kebahagiaan seluruh mahkluk hidup.

Usaha sekeras apapun kalau bukan (karma baik) Rejeki kita tidak bisa datang namun bisa dirubah dengan perbuatan.
Sebaliknya, rejeki(karma baik) pun akan datang dengan atau tanpa halangan dari siapapun.

Sabbe satta bhavantu sukhitatta ~J.W