//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kesadaran binatang  (Read 8787 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Kesadaran binatang
« on: 01 August 2007, 05:23:49 AM »
Pertanyaan dari 7th di thread: http://www.dhammacitta.org/forum/index.php/topic,251.0.html

Ada persamaan kesadaran hewan dan manusia? Sedangkan serangga berbeda, berarti tingkat kesadaran serangga lebih rendah dari unggas dan mamalia, apakah alam hewan ada tingkatan kesadarannya lagi? Kalo hewan bersel satu bagaimana? Apakah memiliki kesadaran juga?
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesadaran binatang
« Reply #1 on: 01 August 2007, 07:35:26 AM »
cuman dr doolittle yg bisa jawab...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kesadaran binatang
« Reply #2 on: 01 August 2007, 12:24:34 PM »
halah... kok jadi dr.doolittle?  :??

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesadaran binatang
« Reply #3 on: 01 August 2007, 06:40:24 PM »
cuman dr doolittle yg bisa jawab...
=))
Kaco nih thread..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Kesadaran binatang
« Reply #4 on: 01 August 2007, 09:58:26 PM »
kalo binatang ga ada kesadaran, yg pasti dia ga idup... karena ia sadar maka dia idup...
contohnya, ketika kita dekat kan api ke tubuhnya, ia menyadari ada hawa panah/bahaya yg dialaminya, pasti binatang itu menghindar/berontak/melawan...

kalo hewan bersel satu emang masuk kedalam klasifikasi mahluk idup ? susah jg sih jawabnya, tau ah, gelap...  ^-^

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kesadaran binatang
« Reply #5 on: 01 August 2007, 10:13:15 PM »
tanaman aja masuk... inget kan pelajaran IPA  ;D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesadaran binatang
« Reply #6 on: 01 August 2007, 10:27:55 PM »
keknya klasifikasi mahluk hidup di buddhism beda lagi deh.

di buddhism emang rada beda
ada mahluk dengan nama (4 komponen) dan rupa (1 komponen)
ada mahluk dgn nama (4komponen) saja
ada mahluk dgn rupa saja (salah satu alam brahma)

dan sayur2xan tidak masuk kedalam sana :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kesadaran binatang
« Reply #7 on: 01 August 2007, 10:30:27 PM »
iya maksud aye kan di IPA tuh termasuk...

hewan bersel satu gituan di Buddhism termasuk kaga?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesadaran binatang
« Reply #8 on: 01 August 2007, 10:49:22 PM »
pastinya sih..... nga tahu  :??
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesadaran binatang
« Reply #9 on: 01 August 2007, 10:51:00 PM »
Yang pasti Protozoa memiliki sifat Iritabilita dan Adaptasi
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesadaran binatang
« Reply #10 on: 02 August 2007, 12:05:57 PM »
saya bilang cuman dr doolittle yg tau karena siapapun yg mencoba menjawabnya berarti dia udah berspekulasi.

darimana dasarnya spekulasi?
tentu dalam berspekulasi orang2 biasanya mencari otoritas lain di luar dirinya, dalam hal ini: buku dan kata orang... dan karena otoritasnya (buku) gak memuat secara jelas jawaban dari pertanyaan itu, maka orang2 berspekulasi...

dan spekulasi itu hanyalah ide, bukan realita. dalam perjalanan spiritualnya, buddhis seharusnya melepaskan ide2 dan mengamati realita.

saya pikir sebagai buddhis sejati (yg berpikir bebas atas anjuran kalama sutta) harusnya menjawab: kagak tau ;D

kesimpulannya: suhu medho itu buddhis sejati  ^:)^
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesadaran binatang
« Reply #11 on: 02 August 2007, 12:12:11 PM »
saya bilang cuman dr doolittle yg tau karena siapapun yg mencoba menjawabnya berarti dia udah berspekulasi.

darimana dasarnya spekulasi?
tentu dalam berspekulasi orang2 biasanya mencari otoritas lain di luar dirinya, dalam hal ini: buku dan kata orang... dan karena otoritasnya (buku) gak memuat secara jelas jawaban dari pertanyaan itu, maka orang2 berspekulasi...

dan spekulasi itu hanyalah ide, bukan realita. dalam perjalanan spiritualnya, buddhis seharusnya melepaskan ide2 dan mengamati realita.

saya pikir sebagai buddhis sejati (yg berpikir bebas atas anjuran kalama sutta) harusnya menjawab: kagak tau ;D

kesimpulannya: suhu medho itu buddhis sejati  ^:)^

Hipotesa ilmiah termasuk Spekulasi ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesadaran binatang
« Reply #12 on: 02 August 2007, 12:19:57 PM »
Sesama Buddhis dilarang saling menyalib *with 'b' not 'p' *  >:D

 ^:)^
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesadaran binatang
« Reply #13 on: 02 August 2007, 12:32:15 PM »
Hipotesa ilmiah termasuk Spekulasi ?
bang kasmaran, dalam hal ini konteks saya adalah dalam membicarakan kepercayaan...
tentu saja lain dengan hipotesa ilmiah menggunakan basis2 yg bisa dipertanggungjawabkan...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesadaran binatang
« Reply #14 on: 02 August 2007, 12:42:22 PM »
Yang di bawah itu hanya pendapat Anda saja.
Anda tidak bisa mengklaim bahwa hanya Dr. Doolittle yang tahu.
Dan siapa yang menjawab berarti mencoba berspekulasi ?

Anda dengan tegas menekankan bahwa umat Buddhist harus menjawab tidak tahu..
Pertanyaan saya: Anda siapa ? Sudah mencapai penerangan ?
Apakah Anda sudah tahu bahwa jawaban tidak tahu yang paling benar ?
Bagaimana Anda bisa menjawab ini sedangkan Anda tidak tahu..
Bisa saja ada yang bisa menjawabnya.

Kenapa dikatakan berspekulasi ?
Makanya saya tanyakan hipotesa ilmiah apakah termasuk spekulasi ?
Bukankah teknologi dan pengetahuan juga awalnya berasal dari kepercayaan.

Hipotesa ilmiah termasuk Spekulasi ?
bang kasmaran, dalam hal ini konteks saya adalah dalam membicarakan kepercayaan...
tentu saja lain dengan hipotesa ilmiah menggunakan basis2 yg bisa dipertanggungjawabkan...

Quote from: Morpheus
saya bilang cuman dr doolittle yg tau karena siapapun yg mencoba menjawabnya berarti dia udah berspekulasi.

darimana dasarnya spekulasi?
tentu dalam berspekulasi orang2 biasanya mencari otoritas lain di luar dirinya, dalam hal ini: buku dan kata orang... dan karena otoritasnya (buku) gak memuat secara jelas jawaban dari pertanyaan itu, maka orang2 berspekulasi...

dan spekulasi itu hanyalah ide, bukan realita. dalam perjalanan spiritualnya, buddhis seharusnya melepaskan ide2 dan mengamati realita.

saya pikir sebagai buddhis sejati (yg berpikir bebas atas anjuran kalama sutta) harusnya menjawab: kagak tau Grin

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl