Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?  (Read 7796 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline antasari

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« on: 13 July 2016, 10:08:01 AM »
mau nanya,apa yg menyebabkan seseorang terlahir sebagai pria atau wanita?

namaste...

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #1 on: 15 July 2016, 09:25:37 PM »
bila anda sudah menjadi buddha anda baru tahu selain itu hanya teori belaka.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #2 on: 18 July 2016, 01:08:35 PM »
bila anda sudah menjadi buddha anda baru tahu selain itu hanya teori belaka.

barangkali perlu lebih spesifik lagi, yaitu "Sammasambuddha"

Acinteyya pernah dibahas sebelumnya di sini:
https://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=25883.msg470701#msg470701
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Candra Taruna

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: -4
  • Gender: Male
  • Nice to be Important But More Important to be Nice
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #3 on: 01 September 2016, 06:57:27 PM »
mau nanya,apa yg menyebabkan seseorang terlahir sebagai pria atau wanita?

namaste...

Sebagian besar seorang Pria terlahir kembali menjadi Wanita karena Pelanggaran dalam Sila ketiga (di Kehidupan lampau Y.A Ananda Pernah Terlahir 7x menjadi Wanita karena Pelanggaran ini), tetapi biasanya kalo kasusnya seperti ini sifatnya tidak permanen, setelah Karma Buruk itu selesai maka ia akan kembali terlahir menjadi Pria (di kasus Y.A Ananda begitu)

Dalam kasus mereka yang menjadi Wanita terus-menerus adalah karena

1.) memang suka atau menimbulkan kepuasan dalam posisi itu (sudah puas dengan keadaan sebagai Wanita dan tidak ada keinginan menjadi Laki-Laki)

2.) adanya kecenderungan keWanitaan yang kuat dalam dirinya, yaitu sifat² Iri Hati, Egois, Cemburuan, Keterikatan Hasrat Sex yang kuat (Jadi kalo anda melihat Wanita yang gede Cemburunya atau gede rasa Iri Hatinya yach jangan heran ... karena memang itu sudah menjadi kecenderungannya ... justru karena itulah maka ia menjadi Wanita), jadi, selama, kecenderungan² kewanitaan di dalam diri orang itu besar (dominan) maka selama itu pula ia akan tetap terus terlahir menjadi Wanita

Seseorang Wanita yang ingin terlahir kembali menjadi Pria harus melaksanakan Sila dan tidak melanggar Sila ketiga, bertekad dalam laku Uposattha Sila ("Semoga dengan ini Aku akan terlahir menjadi Pria" Bla-Bla-Bla), tepatnya, Melakukan AtthaSila sembari bertekad (disini Tekadnya akan jauh lebih kuat karena didukung Attha Sila) dan selalu sadar serta semampunya menekan kecenderungan Hasrat Wanitanya (Kecemburuan, Irihati, Egois, Hasrat Sex yang Besar, Kesukaan akan keindahan/perhiasan/ketampanan dlsb)

Seseorang Pria dapat menjadi Wanita di Kelahiran berikutnya dan bahkan untuk seterusnya (dalam jangka waktu lama) jika kecenderungan kewanitaan di dalam dirinya besar, yaitu : Cemburuan, Iri Hati, Egois, keterikatan pada Sex dan Hasrat Sex yang tinggi (dan ini biasanya diikuti pelanggaran Sila ketiga) dan sebab Karma Buruk, seperti a.l : Menertawakan/Menghina seorang Wanita tentang kelemahan kewanitaannya tersebut (saat Haid, Hamil dlsb)

Ada juga karena suatu sebab atau kondisi khusus maka orang itu akan secara terus-menerus menjadi Wanita atau menjadi Pria, a.l :

1.) Calon Yasodhara tetap terlahir menjadi Wanita selama 4 Asankheyya Kappa + 100.000 Kappa (bayangkan berapa Trilyun Kelahiran tucchhh...) hal itu terjadi karena sebelumnya ia telah bertekad untuk terus mendampingi Sumedha sampai mencapai Tingkat SammaSamBuddha, padahal jika tanpa tekad itu, dengan kelakuannya yang Baik (tidak menyeleweng, menjaga Sila, melakukan Uposattha Sila dlsb) maka Calon Yasodhara bisa saja terlahir menjadi Pria jika ia menghendaki

2.) Sumedha (Calon SammaSamBuddha Gotama) terlahir menjadi Pria terus-menerus sejak dinyatakan pasti akan menjadi SammaSamBuddha oleh SammaSamBuddha Dipankhara, padahal pada kelahiran² sebelumnya yang tidak terhitung, tentu saja Beliau pernah juga melakukan Pelanggaran Sila ketiga dan pernah menjadi Wanita

Demikian maka pertanyaan ini telah dijawab dengan jelas

Semoga bermanfaat ......

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #4 on: 23 September 2016, 08:02:21 PM »
Sebagian besar seorang Pria terlahir kembali menjadi Wanita karena Pelanggaran dalam Sila ketiga (di Kehidupan lampau Y.A Ananda Pernah Terlahir 7x menjadi Wanita karena Pelanggaran ini), tetapi biasanya kalo kasusnya seperti ini sifatnya tidak permanen, setelah Karma Buruk itu selesai maka ia akan kembali terlahir menjadi Pria (di kasus Y.A Ananda begitu)

Dalam kasus mereka yang menjadi Wanita terus-menerus adalah karena

1.) memang suka atau menimbulkan kepuasan dalam posisi itu (sudah puas dengan keadaan sebagai Wanita dan tidak ada keinginan menjadi Laki-Laki)

2.) adanya kecenderungan keWanitaan yang kuat dalam dirinya, yaitu sifat² Iri Hati, Egois, Cemburuan, Keterikatan Hasrat Sex yang kuat (Jadi kalo anda melihat Wanita yang gede Cemburunya atau gede rasa Iri Hatinya yach jangan heran ... karena memang itu sudah menjadi kecenderungannya ... justru karena itulah maka ia menjadi Wanita), jadi, selama, kecenderungan² kewanitaan di dalam diri orang itu besar (dominan) maka selama itu pula ia akan tetap terus terlahir menjadi Wanita

Seseorang Wanita yang ingin terlahir kembali menjadi Pria harus melaksanakan Sila dan tidak melanggar Sila ketiga, bertekad dalam laku Uposattha Sila ("Semoga dengan ini Aku akan terlahir menjadi Pria" Bla-Bla-Bla), tepatnya, Melakukan AtthaSila sembari bertekad (disini Tekadnya akan jauh lebih kuat karena didukung Attha Sila) dan selalu sadar serta semampunya menekan kecenderungan Hasrat Wanitanya (Kecemburuan, Irihati, Egois, Hasrat Sex yang Besar, Kesukaan akan keindahan/perhiasan/ketampanan dlsb)

Seseorang Pria dapat menjadi Wanita di Kelahiran berikutnya dan bahkan untuk seterusnya (dalam jangka waktu lama) jika kecenderungan kewanitaan di dalam dirinya besar, yaitu : Cemburuan, Iri Hati, Egois, keterikatan pada Sex dan Hasrat Sex yang tinggi (dan ini biasanya diikuti pelanggaran Sila ketiga) dan sebab Karma Buruk, seperti a.l : Menertawakan/Menghina seorang Wanita tentang kelemahan kewanitaannya tersebut (saat Haid, Hamil dlsb)

Ada juga karena suatu sebab atau kondisi khusus maka orang itu akan secara terus-menerus menjadi Wanita atau menjadi Pria, a.l :

1.) Calon Yasodhara tetap terlahir menjadi Wanita selama 4 Asankheyya Kappa + 100.000 Kappa (bayangkan berapa Trilyun Kelahiran tucchhh...) hal itu terjadi karena sebelumnya ia telah bertekad untuk terus mendampingi Sumedha sampai mencapai Tingkat SammaSamBuddha, padahal jika tanpa tekad itu, dengan kelakuannya yang Baik (tidak menyeleweng, menjaga Sila, melakukan Uposattha Sila dlsb) maka Calon Yasodhara bisa saja terlahir menjadi Pria jika ia menghendaki

2.) Sumedha (Calon SammaSamBuddha Gotama) terlahir menjadi Pria terus-menerus sejak dinyatakan pasti akan menjadi SammaSamBuddha oleh SammaSamBuddha Dipankhara, padahal pada kelahiran² sebelumnya yang tidak terhitung, tentu saja Beliau pernah juga melakukan Pelanggaran Sila ketiga dan pernah menjadi Wanita

Demikian maka pertanyaan ini telah dijawab dengan jelas

Semoga bermanfaat ......


Maaf seblmnya saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan pernyataan diatas...
1) apakah di dalam ajaran agama Buddha dilahirkan sebagai wanita statusnya lebih rendah Karena kalau pria melanggar sila ke 3 seperti dinyatakan diatas maka ia akan terlahir sebagai wanita?
2) Apakah seseorg yang terlahir sebagai wanita tidak bisa mencapai suatu tataran tertentu dalam buddhisme samasambuddha misalnya? ( maaf klo Ada salah tulis istilahnya ????) jika emg tidak lalu bagaimana Buddhism menjelaskan tentang avalokitesvara yang mencapai samyak sambodhi walau beliau berwujud seorg wanita?
3) Apakah kalau begitu pria tidak mempunyai cemburu, iri hati, hasrat sex yang besar jika dia terlahir sebagai pria dalam kehidupan INI dan apakah pasti nanti kalau terlahir kembali akan jadi wanita?
4) bagaimana penjelasannya jika pria yang akhirnya jadi transgender? Apakah sebenernya rohnya wanita salah masuk tubuh pria?
Terima kasih seblmnya.... ????????????????
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Gakjelas88

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #5 on: 07 July 2018, 02:19:05 PM »
Gak jelas..kek bginian nih yg bkin org pikir terlahir jadi wanita krn kebanyakan dosa...apalagi org2 cina yg krg skolah..gw dr kcil dger org tua ngomonk anak cewe ga da gunanya..penyebab org tu lahir anak cewe krn kebanyakan dosa..what the hell..org2 krg skolah kebanyakan mecin..pikir dhe pke otak..klo punya..masa iya Ratu Elizabeth karmanya lbi buruk dr bapak lu yg laki2??Ratu Elizabeth aja karmanya lbih bagus dr suaminya si duke of edinburgh klo mikir dipake lah otaknya ga smua org terlahir jd perempuan itu hina dan karmanya lbi jelek dr laki2..gimana kalau laki2 yg dipinggir jalan ngamen?atau laki2 yg penyakitan dipinggir jalan??masa iya dia yg lahir jd laki2 karmanya lbi bgs dr perempuan yg kaya raya?

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #6 on: 10 July 2018, 04:04:12 PM »
Sebagian besar seorang Pria terlahir kembali menjadi Wanita karena Pelanggaran dalam Sila ketiga (di Kehidupan lampau Y.A Ananda Pernah Terlahir 7x menjadi Wanita karena Pelanggaran ini), tetapi biasanya kalo kasusnya seperti ini sifatnya tidak permanen, setelah Karma Buruk itu selesai maka ia akan kembali terlahir menjadi Pria (di kasus Y.A Ananda begitu)

Dalam kasus mereka yang menjadi Wanita terus-menerus adalah karena

1.) memang suka atau menimbulkan kepuasan dalam posisi itu (sudah puas dengan keadaan sebagai Wanita dan tidak ada keinginan menjadi Laki-Laki)

2.) adanya kecenderungan keWanitaan yang kuat dalam dirinya, yaitu sifat² Iri Hati, Egois, Cemburuan, Keterikatan Hasrat Sex yang kuat (Jadi kalo anda melihat Wanita yang gede Cemburunya atau gede rasa Iri Hatinya yach jangan heran ... karena memang itu sudah menjadi kecenderungannya ... justru karena itulah maka ia menjadi Wanita), jadi, selama, kecenderungan² kewanitaan di dalam diri orang itu besar (dominan) maka selama itu pula ia akan tetap terus terlahir menjadi Wanita

Seseorang Wanita yang ingin terlahir kembali menjadi Pria harus melaksanakan Sila dan tidak melanggar Sila ketiga, bertekad dalam laku Uposattha Sila ("Semoga dengan ini Aku akan terlahir menjadi Pria" Bla-Bla-Bla), tepatnya, Melakukan AtthaSila sembari bertekad (disini Tekadnya akan jauh lebih kuat karena didukung Attha Sila) dan selalu sadar serta semampunya menekan kecenderungan Hasrat Wanitanya (Kecemburuan, Irihati, Egois, Hasrat Sex yang Besar, Kesukaan akan keindahan/perhiasan/ketampanan dlsb)

Seseorang Pria dapat menjadi Wanita di Kelahiran berikutnya dan bahkan untuk seterusnya (dalam jangka waktu lama) jika kecenderungan kewanitaan di dalam dirinya besar, yaitu : Cemburuan, Iri Hati, Egois, keterikatan pada Sex dan Hasrat Sex yang tinggi (dan ini biasanya diikuti pelanggaran Sila ketiga) dan sebab Karma Buruk, seperti a.l : Menertawakan/Menghina seorang Wanita tentang kelemahan kewanitaannya tersebut (saat Haid, Hamil dlsb)


Demikian maka pertanyaan ini telah dijawab dengan jelas

Semoga bermanfaat ......

lho,, bukannya dikatakan justru pria yang lebih sering berpikir ttg sex dan justru pria yg memiliki hasrat sex lebih besar?

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #7 on: 11 July 2018, 10:15:14 AM »
lho,, bukannya dikatakan justru pria yang lebih sering berpikir ttg sex dan justru pria yg memiliki hasrat sex lebih besar?

Tdk juga.
Tp dr kasus demikian, seharusnya kita dpt mengambil suatu pelajaran, bahwa hidup tdk akan pernah selesai, terus saja berulang dlm lingkaran tumimbal lahir
Samma Vayama

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #8 on: 11 July 2018, 01:24:30 PM »
kl begitu, tidak tepat dong ..kl dikatakan hasrat sex yg besar sbg salah satu faktor penyebab terlahir sbg wanita

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #9 on: 15 July 2018, 08:23:42 PM »
kl begitu, tidak tepat dong ..kl dikatakan hasrat sex yg besar sbg salah satu faktor penyebab terlahir sbg wanita
Yang pasti banyak variabel yg mendukung, bisa saja hasrat sex yg besar menjadi salah satu penyebabnya.

Apapun itu, bukankah kurang baik bila hasrat seks terlalu besar? Akan lebih baik, bila mampu mengendalikannya
Samma Vayama

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 284
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #10 on: 16 July 2018, 12:30:15 PM »
Acinteyya jawaban termudah
#Jhindra

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #11 on: 29 July 2018, 10:50:24 AM »
Acinteyya jawaban termudah
Pepatah yg tidak menjawab persoalan utama😂 too dissapointed bila semuanya dijawab seperti itu saja. Buat apa dibabarkan kalau emg selalu dijawab begitu🤔
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #12 on: 29 July 2018, 01:42:50 PM »
Pepatah yg tidak menjawab persoalan utama😂 too dissapointed bila semuanya dijawab seperti itu saja. Buat apa dibabarkan kalau emg selalu dijawab begitu🤔

Karena di luar jawaban acinteyya, semuanya cuma spekulasi.

Proses karma begitu rumit. Jangankan bagaimana menentukan seseorang terlahir dengan jenis kelamin apa. Yang gampang2 aja deh, kalau ada yg bisa menjelaskan dengan presisi kenapa seseorang bisa batuk pilek, itu luar biasa banget. Apakah karena kecapekan? Apakah karena makanan atau minuman tertentu? Apakah karena kurang tidur? Apakah karena ditulari oleh orang lain? Apakah karena virus atau bakteri tertentu? Ataukah karena kombinasi dua faktor? Ataukah karena kombinasi tiga faktor?  ^:)^
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Karma apa penyebab terlahir sebagai wanita atau pria?
« Reply #13 on: 07 August 2018, 09:21:18 PM »
Karena di luar jawaban acinteyya, semuanya cuma spekulasi.

Proses karma begitu rumit. Jangankan bagaimana menentukan seseorang terlahir dengan jenis kelamin apa. Yang gampang2 aja deh, kalau ada yg bisa menjelaskan dengan presisi kenapa seseorang bisa batuk pilek, itu luar biasa banget. Apakah karena kecapekan? Apakah karena makanan atau minuman tertentu? Apakah karena kurang tidur? Apakah karena ditulari oleh orang lain? Apakah karena virus atau bakteri tertentu? Ataukah karena kombinasi dua faktor? Ataukah karena kombinasi tiga faktor?  ^:)^
Masalah kombinasi tentu harus pake pendekatan tapi yg pasti Kan salah Satu diantaranya itu pasti Ada faktor resiko terpaparnya seorg sehingga bisa terekspresi menjadi batuk atau pilek yg nyatain alias gak Ada yg idiopatik, kata2 yg sama kaburnya dengan acinteyya, seakan2 semua Hal terjadi ya begitu Aja... Boong banget Kan😗
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.