Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana  (Read 5891 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline cowcool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 132
  • Reputasi: 7
Ada yg berminat untuk mendirikan vihara di daerah permata buana jakbar?. Saya ingin berdana tapi tidak ada koordinatornya.
ShoeDistro.com
Depotkantor.com

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #1 on: 06 May 2008, 03:24:44 PM »
wah ide bagus oom. mesti cari orang2x yang berpandangan dan keinginan yang sama biar bisa maju bersama
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #2 on: 06 May 2008, 05:42:19 PM »
Muditacittena... _/\_

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #3 on: 06 May 2008, 05:59:35 PM »
IMO, untuk mendirikan vihara itu sedikit gampang tapi perawatannya jauh lebih sulit..

Seberapa banyak umat Buddha di Permata Buana?
Apakah dapat dukungan dari penduduk sekitar?
Lalu, apakah kebutuhannya mendesak?

Kalau kurang mendesak, sebaiknya dana itu dialihkan untuk tempat lain atau digunakan dengan cara lain saja seperti di bawah ini..

Saya pernah diskusi dengan seorang teman mengenai pembangunan vihara baru. Kalau misalnya dana yang diperlukan untuk bangun vihara baru mencapai Rp 1 milyar (nilai yang cukup wajar untuk di daerah Jakarta, mungkin malah kurang..).

Bagaimana kalau sebagian dari uang Rp 1 milyar itu digunakan untuk sewa bangunan? Lalu sisanya didepositokan dan bunga depositonya masih dapat digunakan untuk keperluan vihara seperti listrik, telepon, dll..

Sekedar beri ide.. :)
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #4 on: 11 May 2008, 10:58:00 PM »
Bos cowcool, kan d Bojong udh ada vihara theravada yg cukup besar...Kesana aj...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #5 on: 11 May 2008, 11:53:16 PM »
maaf .....  _/\_  ini mungkin keluar dr topik.
tapi aku ingin bertanya ...... napa ya umumnya umat Buddhis selalu berpikir ingin membangun/mendirikan vihara, napa gak mao / jarang membangun SEKOLAH BUDDHIS

aku dah lama gak kevihara, baru2 ini aja ke vihara dan ikut kegiatan Tzuchi
aku liat yg datang/aktip dr generasi tua , ada sick generasi muda.... tapi lbh byk dr generasi tua             aku pikir umat buddhis akan kehilangan generasi muda , kl sekolah buddhis  saja susah di temui
 
cuma mao curhat........   ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #6 on: 12 May 2008, 02:06:39 AM »
Yup...Seharusnya bikin sekolah buddhis jg neh...
Sudah cukup merasakan "derita" terombang ambing "iman"ku d sekolah ka****k selam 12 thn...

Cita2 gw sih klo udh sukses sih pengen isa bikin sekolah Buddhis, hal ini jg sempet dibahas oleh beberapa umat Buddhis yang gw jumpai..
Btw, klo ada yg mo sumbang dana n memulai projek ini, gw siap full bantu nih...Tpi maaf, untuk saat ini cma sebatas tenaga dan pikiran doank...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #7 on: 12 May 2008, 07:37:29 AM »
maaf .....  _/\_  ini mungkin keluar dr topik.
tapi aku ingin bertanya ...... napa ya umumnya umat Buddhis selalu berpikir ingin membangun/mendirikan vihara, napa gak mao / jarang membangun SEKOLAH BUDDHIS

aku dah lama gak kevihara, baru2 ini aja ke vihara dan ikut kegiatan Tzuchi
aku liat yg datang/aktip dr generasi tua , ada sick generasi muda.... tapi lbh byk dr generasi tua             aku pikir umat buddhis akan kehilangan generasi muda , kl sekolah buddhis  saja susah di temui
 
cuma mao curhat........   ;D

Setuju! Bangun sekolah aja.. :)
Lebih banyak orang yang berpikir untuk bangun vihara karena konon katanya bangun vihara lebih besar karma baiknya daripada bangun sekolah.. Padahal kalau menurut aye sih, kembali lagi ke niat..

Yup...Seharusnya bikin sekolah buddhis jg neh...
Sudah cukup merasakan "derita" terombang ambing "iman"ku d sekolah ka****k selam 12 thn...

Cita2 gw sih klo udh sukses sih pengen isa bikin sekolah Buddhis, hal ini jg sempet dibahas oleh beberapa umat Buddhis yang gw jumpai..
Btw, klo ada yg mo sumbang dana n memulai projek ini, gw siap full bantu nih...Tpi maaf, untuk saat ini cma sebatas tenaga dan pikiran doank...

Kalau aye, 2 tahun di TK (Kat), 6 tahun di SD (Kat), 3 tahun di SMP (Kat), 3 tahun di SMA (Kat), 4 tahun di universitas (Krs)..
Total = 18 tahun.. ^-^
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #8 on: 12 May 2008, 07:43:02 AM »
setuju juga

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #9 on: 12 May 2008, 07:52:30 AM »
Mungkin juga karena saat ini Sekolah Buddhist masih kurang peminatnya, sehingga terjadi kekhawatiran apakah sekolah dapat bertahan ? Kemudian mencari guru2 Buddhist yang berkualitas untuk mengajar jg tidak mudah. Apalagi pembangunan sekolah membutuhkan biaya lebih besar daripada Vihara.

Nah Coba kita sama2 mencari solusinya ... _/\_


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #10 on: 12 May 2008, 04:17:19 PM »
Bro momod, mungkin sebaiknya kita bikin thread baru aj...Biar isa lebih kondusif. Soalnya topiknya udh beda nih...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline hartono238

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 295
  • Reputasi: 8
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #12 on: 12 May 2008, 04:36:56 PM »
Ada yg berminat untuk mendirikan vihara di daerah permata buana jakbar?. Saya ingin berdana tapi tidak ada koordinatornya.

Permata buana memang banyak sekali yg beragama buddha, tapi mau bangun satu vihara tidaklah gampang, di bojong sudah ada, bentar lagi di puri indah akan bangun satu graha buddha yg sangat besar , jika kamu bersedia berdana, bisa PV ke saya

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #13 on: 13 May 2008, 12:32:51 AM »
waw...ternyata pemeluk buddhis d daerah puri semakin bnyk yah???
Asik neh, klo ke vihara jg kaga ush jauh2...Kira2 yg d daerah puri kpn slesai dibangun yah?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline cowcool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 132
  • Reputasi: 7
Re: Mari membuat Vihara theravada di linkungan permata buana
« Reply #14 on: 26 June 2008, 02:40:05 AM »
Wah puri indah sebelah mana ya?
ShoeDistro.com
Depotkantor.com