//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati  (Read 3330 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline baruna

  • Betet Klonengan Tukang Gossip
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -8
jika waktunya tiba, banyak orang sendiri atau berkelompok
datang ke tempat orang mati beristirahat, membawa ini dan itu,
membaca paritxx, suttxx, dan tiada lupa mengucapkan penutup
"semoga semua mahkluk bahaxxx" Spy tidak egosentris.

orang yg meninggal sudah tiada, menjadi mahluk lain.
yg ada disana sisa jasmani yg lapuk dan hancur menjadi tanah.

apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati



Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.186
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #1 on: 24 March 2015, 08:30:35 PM »
suka-suka gw mau baca, kau mau melarang?
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #2 on: 24 March 2015, 09:32:38 PM »
jika waktunya tiba, banyak orang sendiri atau berkelompok
datang ke tempat orang mati beristirahat, membawa ini dan itu,
membaca paritxx, suttxx, dan tiada lupa mengucapkan penutup
"semoga semua mahkluk bahaxxx" Spy tidak egosentris.

orang yg meninggal sudah tiada, menjadi mahluk lain.
yg ada disana sisa jasmani yg lapuk dan hancur menjadi tanah.

apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati




hmm, ada sebuah sutta tenttang sebuah kerajaan yang akan di serang oleh seorang raja, kemudian sebelum menyerang kerajaan tersebut sang raja bertanya ttg hasil perang yang akan terjadi kepada Sang Buddha, kemudian Sang Buddha ada balik bertanya kepada raja tersebut bagaimana kondisi masyarakat yang akan di serang tersebut, salah satu nya apakah ada menghargai tradisi, menghargai leluhur dll.

sutta ini menjelaskan tentang bagaimana dan bisa menjadi perbandingan ttg suatu negara yang sehat dan kuat atau negara tersebut sakit dan lemah.

bila tidak percaya coba lihat ke lembah bamiyan di afghanistan dimana 2 arca Buddha yang besar peninggalan leluhurnya di hancurkan hingga afghanistan jatuh dalam perang partai yang berkuasa bisa terkatakan terusir dari pucuk kekuasan.

saat ini di afghanistan pemerintahnya menyerah kelola penambangan tambang tembaga ke rrt, tapi diatasnya ada suatu arama/ vihara peninggalan masa lalu, kita lihat apa yang akan terjadi pada masa depan afghanistan atau rrt.
« Last Edit: 24 March 2015, 09:53:59 PM by kullatiro »

Offline baruna

  • Betet Klonengan Tukang Gossip
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -8
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #3 on: 25 March 2015, 01:46:38 AM »
suka-suka gw mau baca, kau mau melarang?

Quote
apa artinya cuplikan sutrahati ini
« on: 14 January 2015, 05:59:01 PM »
Quote

IHA SARIPUTRA RUPAM SUNYATA
SUNYATAIVA RUPAM
RUPANNA PRITHAG SUNYATA
SUNYATAYA NA PRITHAG RUPAM
YA RUPAM SA SUNYATA
YA SUNYATA TAD RUPAM
EVAM EVA VEDANA SAJNA SAMSKHARA VIJNANA

Wahai Sariputra, jasmani (rupa) itu tak lain adalah kosong,
Dan kekosongan itu tak lain dari rupa;
Rupa persisnya adalah kekosongan,
Dan kekosongan persisnya adalah rupa;
Demikian pula dengan perasaan (vedana), pencerapan (sajna), bentuk pikiran (samskhara), dan kesadaran (vijnana).

IHA SARIPUTRA SARVADHARMA SUNYATA LAKSHANA
ANUTPANNA ANIRUDHA
AMALA NA AVIMALA
NONA NA PARIPURNAH

Wahai Sariputra, semua dharma ditandai dengan kekosongan;
Tidak lahir tidak juga musnah,
Tidak murni tidak juga tercemar,
Tidak bertambah tidak juga berkurang.

Sumber: Prajna Paramita Sutra


Quote

Report to moderator    Logged
 Offline xenocross
KalyanaMitta
*****

Re: apa artinya cuplikan sutrahati ini
« Reply #1 on: 14 January 2015, 06:37:39 PM »
Quote

tahu kan, pancaskandha / lima kelompok kemelekatan:
tubuh (rupa), perasaan (vedana), pencerapan (sajna), bentuk pikiran (samskhara), dan kesadaran (vijnana)

Semuanya itu sunya (kosong), tetapi walaupun kosong tetapi ada pancaskandha


Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra


Quote

Jika benar itu kosong, lantas proses apakah dari kosong itu yang membakar kebaikan spt yg disebutkan.


jelaskan pertanyaan terakhir didepan yg hidup.jangan beraninya sama orang mati.
membawa bawa sutra hati didepan orang mati, pasti tidak akan ada yg komplain
karena orang mati sudah dikubur dibawah tanah.

sudah 2 bulan pertanyaan itu belum terjawab.
sekarang malah dibawa ke orang mati.

apa sebenarnya arti membaca sutxx didepan nisan orang mati

jangan karena tidak menemukan artinya,
anda baca didepan nisan orang mati.

« Last Edit: 25 March 2015, 02:12:49 AM by baruna »

Offline baruna

  • Betet Klonengan Tukang Gossip
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -8
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #4 on: 25 March 2015, 02:11:58 AM »
hmm, ada sebuah sutta tenttang sebuah kerajaan yang akan di serang oleh seorang raja, kemudian sebelum menyerang kerajaan tersebut sang raja bertanya ttg hasil perang yang akan terjadi kepada Sang Buddha, kemudian Sang Buddha ada balik bertanya kepada raja tersebut bagaimana kondisi masyarakat yang akan di serang tersebut, salah satu nya apakah ada menghargai tradisi, menghargai leluhur dll.

sutta ini menjelaskan tentang bagaimana dan bisa menjadi perbandingan ttg suatu negara yang sehat dan kuat atau negara tersebut sakit dan lemah.

bila tidak percaya coba lihat ke lembah bamiyan di afghanistan dimana 2 arca Buddha yang besar peninggalan leluhurnya di hancurkan hingga afghanistan jatuh dalam perang partai yang berkuasa bisa terkatakan terusir dari pucuk kekuasan.

saat ini di afghanistan pemerintahnya menyerah kelola penambangan tambang tembaga ke rrt, tapi diatasnya ada suatu arama/ vihara peninggalan masa lalu, kita lihat apa yang akan terjadi pada masa depan afghanistan atau rrt.

penghormatan kepada yg sudah mati.
lantas kenapa harus membawa suttxx didepan nisannya
kenapa tidak sekalian jelaskan artinya, jika memang
mereka masih mendengar anda.

yg tiada sesungguhnya sudah berakhir.

atau ada arti yg lain.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #5 on: 25 March 2015, 08:30:31 AM »
bukan nya sudah jelas di dedication of merit jelas tertulis, "bila mereka tidak mendengar atau mengetahui, wahai deva mohon sampaikanlah"

Quote
If they know of my dedication of merit, may they themselves rejoice and if they do not know; May the deva inform them;
« Last Edit: 25 March 2015, 08:33:18 AM by kullatiro »

Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 652
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #6 on: 25 March 2015, 08:57:51 PM »
jika waktunya tiba, banyak orang sendiri atau berkelompok
datang ke tempat orang mati beristirahat, membawa ini dan itu,
membaca paritxx, suttxx, dan tiada lupa mengucapkan penutup
"semoga semua mahkluk bahaxxx" Spy tidak egosentris.

orang yg meninggal sudah tiada, menjadi mahluk lain.
yg ada disana sisa jasmani yg lapuk dan hancur menjadi tanah.

apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati



kalau menurut lu ga ada artinya,
ya ga usah baca LO!

orang mau baca, napain lo ributribut
^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #7 on: 26 March 2015, 08:47:12 AM »
jadi inget cerita keluarga yang mungkin ada hubungannya dengan topik.

dulu tante pernah berjanji pada diri sendiri buat rajin mengunjungi ayahnya (plus baca2 ayat suci tentunya) yang sudah dikubur. namun kenyataannya ia sering menundanya. hingga pada suatu maghrib, saat ia dan ibuku sedang masak di dapur, tiba2 sosok mirip ayahnya berdiri di dekat pintu belakang dan "menagih janji"nya. setelah kejadian itu tanteku langsung menepati janjinya.

jadi, imo, perkara tersebut bukanlah sesuatu tanpa arti. Ia bisa jadi sarana untuk terhubung kembali dengan keluarga yang telah wafat (atau jadi mahluk lain), berdana, dan pengingat akan mortalitas kita.

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.186
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #8 on: 27 March 2015, 08:11:50 PM »
ya udah deh, kalau kamu gak suka, saya gak akan bacain paritta / sutra di depan makam-mu nanti
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #9 on: 27 March 2015, 10:24:30 PM »
Bukankah, jika kita berpedoman pada apa yang Anda kutip, semua adalah kosong? Jadi mengapa Anda masih mencari arti yang lebih dari orang membaca sesuatu di depan sisa orang mati?

Secara gamblang, itu berarti mereka 'beragama Buddha.' Kalau yg dibaca Injil; kr****n, dsb.. Itu sebuah kepercayaan. Ada 40 ribuan agama di dunia dan para umatnya membaca kebenaran versi mereka masing-masing. Jadi, apa? Ada 40 ribuan agama di dunia dan para umatnya tidak membaca paritta. Jadi, apa?

Sabbe sankhara anicca,
Sabbe sankhara dukkha,
Sabbe dhamma anatta.

Yang lebih penting ialah bagaimana kita menjalani kehidupan setelah kehilangan atas orang yang kita sayangi itu mereda.

Jalanilah saja kehidupan dengan lebih baik :)

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #10 on: 28 March 2015, 11:45:27 AM »
apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati

sebenarnya tidak ada artinya bagi orang mati apalagi bagi batu nisan  ^-^
tapi bagi mahluk hidup ada artinya, lebih berarti lagi, bagi yang suka baca paritta atau sutta

om baruna emang suka baca di depan batu nisan ?  :(
« Last Edit: 28 March 2015, 11:48:25 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline kumara2

  • Warning: Betet detected!
  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 42
  • Reputasi: -2
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #11 on: 26 November 2015, 09:05:09 PM »
jika waktunya tiba, banyak orang sendiri atau berkelompok
datang ke tempat orang mati beristirahat, membawa ini dan itu,
membaca paritxx, suttxx, dan tiada lupa mengucapkan penutup
"semoga semua mahkluk bahaxxx" Spy tidak egosentris.

orang yg meninggal sudah tiada, menjadi mahluk lain.
yg ada disana sisa jasmani yg lapuk dan hancur menjadi tanah.

apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati

Artinya adalah kesombongan.
anak muda yg baru belajar, hendaknya memakai paritta sbg dasar perenungan. Setelah baca direnungkan cermat.apa artinya tiap kata.
Setelah itu bisa, meditasi.anapanasati.

Setelah bisa, lingkungan sekitarnya akan menjadi bahan renungan
Sesuai paritta itu.
dia mampu mengenal lingkungan sesuai renungan yg dipahaminya.

Jadi bukan u yg mati, tapi u yg hidup.

Offline tss

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #12 on: 22 July 2016, 03:59:01 AM »
     bisa dipahami mengajak almarhum menpelajari ajaran Buddha. apakah ada hasilnya? hal ini tergantung seberapa tebal debu pada mata almarhum (kemelekatannya). tapi akan lebih peroleh hasil kalau dilakukan diwihara (lebih khususnya dialiran Amitabha). mereka sering adakan acara ritual pelimpahan jasa dibulan ciek guek (bulan ketujuh kalender lunar). ritual mereka laksanakan dimulai dengan pembacaan paritta atau sutta seminggu penuh sampai hari H baru dilakukan pelimpahan jasanya. nah, dari peserta yang indigo biasanya akan bercerita apa yang mereka lihat pada saat itu.
    dari yang pernah saya ikuti, saya dengar dari seseorang yang memang dapat melihat makhluk peta. kebetulan dia minta saya antar dia pulang dipertengahan acara. dimobil saya tanyakan
tanya: "kenapa pulang sedangkan baca parittanya kan mesti sampai sore?"
jawab: waduh saya gak tahan yg datang ramai, lagian banyak yang kondisinya yang menyedihkan. tangan buntung, kaki buntung, sakit-sakitan, dll.
waktu semalam sebelum hari H, saya ikut bantu dekor ruang yang akan dipakai buat acara pelimpahan jasa. ada salah satu peserta yg ikut bantuin kerasukan, dia cuma sampaikan terimakasih banyak telah menbantu mereka buat pelimpahan jasa, mereka sudah sangat lama menunggu. artinya masih ada cara untuk menolong mereka yang telah meninggal, yakni lewat pembacaan paritta atau sutta buat mereka. saya lihat diagama lain juga ada pembacaan doa buat roh. yang pasti istilahnya beda2, tapi tujuannya sama yakni menbantu mereka yang terlahir dialam peta bisa lebih cepat tersadarkan atau terlahir kembali kealam yang lebih baik. yakni lewat bantuan dari para Buddha maupun para Bodhisattva. terimakasih, Amitoufo.
 

Offline Wijianto sugiato

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 20
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati
« Reply #13 on: 26 April 2017, 11:34:57 PM »
Memang sama sekali tidak ada artinya mah, apalagi dilakukan di depan nisan, hehehe, orang sudah mati udah jadi hantu, bisa berkeliaran kemana mana, manalah mau dia jadi duduk duduk di kuburan aja, hehehehe.