JP: dipicu truk BBM terobos lintasan KA

Started by cumi polos, 10 December 2013, 10:34:27 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

cumi polos

selasa 10 des... JP: dipicu truk BBM terobos lintasan KA

menjadi menarik utk dipikirkan....

1. berapa menit sebelum KA tiba di palang pintu, palang pintu harus diturunkan ?
2. berapa jauh KA dari palang pintu, penjaga palang pintu udah diberi tahukan dan
    palang pintu akan diturunkan.
3. bagaimana truk BBM dpt menerobos lintasan KA ?
4. apa sebab KA menabrak truk BBM ? bagaimana klo jalan lagi macet ?
    apa yg dpt diantisipasi utk jalan lagi padet/macet ?
....


99. solusi apakah yg dpt diterapkan utk menghilangkan resiko kecelakaan spt ini ?

sementara itu dulu....

merryXmas n happyNewYYYY 2018

cumi polos

bagaimana jawaban KNKT ? nahhh kita tunggu....


klo tutup palang dlm video masih utuh, jadi bagaimana truk dapat menerobos ditengah rel ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

andry

Samma Vayama

cumi polos

Quote from: andry on 10 December 2013, 07:27:13 PM
tunggu 3 bln, menurut knkt
dari pada repot2,,.. tempat2 penting seharusnya memilki rekaman cctv...gitu aja koq repot....

klo seminggu, pantas lahh.... kelamaan jadi lupa nanti...

hati2 saksi pun bisa palsu lhooo....
merryXmas n happyNewYYYY 2018

andry

d maling bro, besi aja dimaling.
ini negara unik bro.

ya, saksi pun sudah kemungkinan diarahkan
Samma Vayama

cumi polos

klo truk BBM menerobos pintu palang, dan pintu palang tidak rusak....
berarti pintu palang TELAT di TUTUP... _/\_
merryXmas n happyNewYYYY 2018

kullatiro

Biasanya bunyi dulu sirenenya untuk memberitahukan ada kereta yang mau lewat jadi memberi kesempatan pada mobil yang ada di tengah rel untuk bergegas untuk tidak menghalangi kereta mau lewat, kalau sirene dan palang kereta api bersamaan turun, bisa bisa ada mobil yang terjebak di tengah rel kereta api (malah berbahaya jadi nya).





Shasika

Quote from: kullatiro on 11 December 2013, 10:28:29 AM
Biasanya bunyi dulu sirenenya untuk memberitahukan ada kereta yang mau lewat jadi memberi kesempatan pada mobil yang ada di tengah rel untuk bergegas untuk tidak menghalangi kereta mau lewat, kalau sirene dan palang kereta api bersamaan turun, bisa bisa ada mobil yang terjebak di tengah rel kereta api (malah berbahaya jadi nya).
Justru masalah tuh disini aneh sekali bro Kullatiro, karena palang pintu tidak rusak sehingga pasti tidak ditabrak oleh truk tsb, padahal posisi truk tsb dah ada di tengah rel dan palang yang diseberang dah ketutup, lantas kita bisa bayangkan sendiri apa jadinya. Tapi mana mau PJKA mengatakan telat menutup pintu ? ato telat membunyikan sirine ?
I'm an ordinary human only

cumi polos

sistem yg baik adalah mengantisipasi semua kemungkinan....serta mencoba, testing skenario tsb...

contoh skenario :

1 bagaimana kalao truk BBM ngadat di tengah rell ? apa yg bisa dilakukan dlm beberapa menit ini ?
   apakah udah di test skenario ini ?
2. bagaimana kalo penjaga palang lagi ke toilet,... apakah yg terjadi ?
3. bagaimana klo palang kereta ngadat/sangkut... apa solusinya ?

dst dst ^:)^ ^:)^
merryXmas n happyNewYYYY 2018

dilbert

di jalur perlintasan kereta api, harus berlaku sistem yellow box = tidak boleh berhenti di dalam yellow box-nya...

Jadi semacet apapun di depan, tidak boleh masuk ke yellow box... Jika aturan yellow box ditaati maka tidak akan ada mobil / motor terjebak di perlintasan kereta api.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

cumi polos

Quote from: dilbert on 12 December 2013, 12:46:05 PM
di jalur perlintasan kereta api, harus berlaku sistem yellow box = tidak boleh berhenti di dalam yellow box-nya...

Jadi semacet apapun di depan, tidak boleh masuk ke yellow box... Jika aturan yellow box ditaati maka tidak akan ada mobil / motor terjebak di perlintasan kereta api.

kemungkinan bisa saja terjadi...mobil mogok sebelum yellow box... kemudian berhenti di yellow box.... nahh
merryXmas n happyNewYYYY 2018

dilbert

Quote from: cumi polos on 12 December 2013, 03:29:21 PM
kemungkinan bisa saja terjadi...mobil mogok sebelum yellow box... kemudian berhenti di yellow box.... nahh

Kalau ada mobil mogok sebelum yellow box, maka bisa saja pengemudi mobil-nya minta tolong untuk di-dorong menjauhi yellow box, jika kembali lagi... yellow box dan sekitar-nya steril dari mobil yang berhenti karena macet.

Karena aturan utk di daerah yang ada yellow box adalah tidak boleh berhenti / masuk ketika di depan-nya terlihat ada kemacetan / tidak bisa jalan.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

dipasena

klo ada CCTV di lokasi kejadian, maka masalah ini bs diketahui penyebab nya dan tidak perlu menunggu sampe 3 bulan. CCTV bs dipasang agak tinggi seperti di traffic light, ga mudah dicuri. namun investasi agak mahal dan perlu maintenance.

solusi lain, setiap kereta api/bis/taksi/kendaraan umum, dipasang kamera dibagian depan dan data rekaman disimpan di kotak yg kuat dan tahan api, seperti black box di pesawat.

mobil jg bisa menggunakan kamera depan, kebanyakan mobil dipasang kamera dibelakang untuk melihat belakang mobil ketika berjalan mundur/saat parkir. jika ada kamera di depan, maka pada saat ada kejadian seperti tabrakan, kita bisa mengetahui penyebab nya secara pasti. jadi kendaraan tidak selalu di posisi yg disalahkan jika terjadi kecelakaan seperti tabrakan...

kullatiro

wa pikir mobil tangki ini membawa bahan liquid (cairan), kemungkinan besar beberapa hari ini hujan jalan nya menjadi basah hingga ketika di rem ada daya tolak hingga tuh tangki mobil ini jadi tidak bisa berhenti pada waktu dan tempatnya.

Lagi bila melihat negara lain soal palang kereta api contoh dari anime chihayafaru, tuh palang kereta apinya ada gandulan hingga setiap palang kereta api turun menutup jalan jadi seperti ada tirai.

jadi kemungkinan besar aturan perkereta apian indonesia (tentang palang kereta api dan aturan nya) sudah ketinggalan jaman hingga perlu di revisi, bahkan saat ini bila di perhatikan tidak semua jalan yang dilintasi kereta api selalu ada palang kereta api nya.

kullatiro

wa pikir mobil tangki ini membawa bahan liquid (cairan), kemungkinan besar beberapa hari ini hujan jalan nya menjadi basah hingga ketika di rem ada daya tolak hingga tuh tangki mobil ini jadi tidak bisa berhenti pada waktu dan tempatnya.

Lagi bila melihat negara lain soal palang kereta api contoh dari anime chihayafaru, tuh palang kereta apinya ada gandulan hingga setiap palang kereta api turun menutup jalan jadi seperti ada tirai.

jadi kemungkinan besar aturan perkereta apian indonesia (tentang palang kereta api dan aturan nya) sudah ketinggalan jaman hingga perlu di revisi, bahkan saat ini bila di perhatikan tidak semua jalan yang dilintasi kereta api selalu ada palang kereta api nya.