Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: takut menikah  (Read 704 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
takut menikah
« on: 31 July 2013, 01:49:20 PM »
TOLONG... SAYA TAKUT MENIKAH!
Tolong... Saya Takut Menikah! | cosmopolitan.co.id
  T: Dear Cosmo,
 Tahun ini saya sudah berusia 25 tahun. Sebagai wanita dengan usia yang sudah matang begini, tentunya orangtua dan keluarga selalu menanyakan kapan saya akan menikah. Sejujurnya saya juga ingin segera menikah, hanya saja entah mengapa saya masih ragu dalam mengambil langkah. Melihat orang-orang di sekeliling saya yang gagal dalam menjalani hubungan rumah tangga, membuat saya merasa takut akan mengalami hal yang sama. Apalagi mereka selalu mengingatkan saya kalau dunia pernikahan jauh berbeda dengan masa-masa pacaran. Ini membuat saya semakin takut mengambil langkah. Cosmo, please bantu saya, apa benar yang teman-teman saya katakan itu?
 Thanks,
 Diva, 25 Tahun
 
 J: Dear Diva,
 Kenapa terlalu memerdulikan omongan orang-orang? Kata siapa usia 25 tahun harus sudah menikah? Anda hidup di zaman modern kan? Cosmo melihat Anda belum siap, bahkan Anda sendiri belum yakin akan hal ini dengan menanyakan Cosmo.
 Pertama, apakah si dia telah siap? Seberapa siap? Beranikah Anda menerima tantangannya jika ia siap? Jika Anda tidak berani atau belum berani, tunda.
 Kedua, menikah memang beda dengan berpacaran. Ini fakta. Misal, kalau berpacaran Anda merahasiakan “ritual-ritual” cantik Anda di hadapannya, bisa jadi pas menikah si dia akan tahu bahwa Anda selalu pakai masker wajah di pagi hari. Seberapa siap “rahasia” dan kekurangan Anda diketahuinya? Seberapa jauh Anda siap untuk menerima si dia dalam keadaan apapun? Bagaimana dengan kesiapan lainnya? Selain kesiapan batin, juga lahir. Tidak bisa dipungkiri, kesiapan finansial juga berpengaruh untuk masa depan Anda. Apakah Anda berdua si dia sudah berani untuk mandiri?
 Ketiga, Anda masih punya angan-angan di luar menikah? Lakukan! Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan dari pada sekadar fokus ke menikah. Wujudkan impian-impian pribadi Anda, entah itu traveling bersama teman-teman misalnya, atau belajar sesuatu yang baru.
 Yes, life is beautiful. Life is full of surprises. Jangan fokus pada ketakutan akan hidup, tapi fokuslah untuk menjalani hidup dengan maksimal. Biarkan semua mengalir tanpa harus begini begitu sesuai kesiapan Anda. Cosmo yakin, Anda akan bilang, “I do,” di saat yang tepat.
 Fira Basuki








(bahan renungan girls  ;) )