Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina  (Read 5324 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« on: 18 April 2008, 05:07:38 PM »
 _/\_Anda sulit membedakan keasliannya!                                               
                                                                                   
  Seorang pekerja tidur di atas krat-krat telur di sebuah pasar grosiran di Beijing
  , China . Beberapa media utama di Korea telah memberitakan proses pembuatan     
  telur-telur tiruan di China , yang mana telah menggemparkan dan menyebabkan     
  kekhawatiran besar di antara penduduk Korea . ( China Photos/Getty Images)       
  (.or. id) — Baru-baru ini, produk-produk tiruan China telah menjadi       
  sorotan di Korea . Beberapa media arus utama Korea telah memberitakan proses     
  pembuatan telur-telur tiruan di China , yang telah menggemparkan dan menyebabkan
  kekhawatiran besar di antara penduduk Korea .                                   
  Pada 1-2 September lalu, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) menayangkan sebuah
  dokumenter berjudul, “Hidup tanpa produk-produk buatan China .” Acara tersebut   
  menelusuri kehidupan tiga keluarga di Korea Selatan , AS , dan Jepang yang       
  menolak menggunakan produk-produk buatan China . Tayangan ini juga berbicara     
  mengenai telur-telur buatan yang merajalela di China , acara ini telah menarik   
  perhatian publik Korea .                                                         
  Menyusul acara tersebut, koran nomor satu Korea, Chosun Ilbo, telah menerbitkan
  sebuah artikel berjudul “MBC Special mengekspos telur-telur tiruan buatan China,”
  melaporkan secara rinci bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. Dong-A Ilbo,   
  koran Korea lainnya, pada 14 Agustus 2007 juga telah menerbitkan sebuah laporan
  berjudul “Telur-telur buatan dari China dibuat dari bahan-bahan kimia telah     
  muncul di pasaran”.                                                             
  Sepersepuluh Harga                                                               
  Menurut laporan dari Chosun Ilbo, karena peningkatan tajam harga-harga makanan di
  China, telur-telur buatan, yang dibuat hanya dari bahan kimia tanpa bahan alami,
  telah muncul di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan.                                 
  Mr. Wang, yang menjalankan sebuah perusahaan yang membuat bahan tambahan makanan,
  menjelaskan bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. “’Putih telur’ dibuat dengan
  melarutkan sodium alginate dalam air. Larutan tersebut akan terlihat seperti     
  cairan bening yang kental dan sulit membedakannya dengan putih telur yang       
  sebenarnya.                                                                     
  “’Kuning telur’ dibuat dengan menyekop suatu carian dengan pigmen kuning dan     
  memadatkan serokan cairan tersebut ke dalam larutan kalsium klorida. Akhirnya,   
  ‘putih telur’ dan ‘kuning telur’ dibungkus ke dalam ‘kulit telur’ yang dibuat   
  dari kalsium karbonat.                                                           
  “Jika ditambahkan tepung kanji atau bubuk kuning telur pada ‘kuning telur’       
  tersebut, tekstur dari sebuah telur buatan setelah dimasak hampir identik dengan
  telur yang sebenarnya.                                                           
  Wang mengatakan hanya menghabiskan 0,55 yuan (0,07 dolar AS) untuk membuat lebih
  dari 2 butir telur, kurang dari sepersepuluh harga telur yang sebenarnya di     
  pasaran (0,8 dolar AS.)                                                         
  Bahan utama dalam telur-telur buatan tersebut adalah bahan tambahan makanan,     
  getah damar, kanji, pengeras, dan pigmen-pigmen. Konsumsi yang berlebihan atas   
  bahan-bahan tersebut akan merusak perut dan menyebabkan gejala-gejala seperti   
  kehilangan ingatan dan keterlambatan mental, dll.                               
  Korea Dikecewakan                                                               
  Dokumenter khusus dan laporan berita tersebut telah menuai perhatian dan         
  kegemparan di tengah penduduk Korea . Banyak orang Korea menyatakan bahwa       
  meskipun produk-produk buatan China seperti pakaian, elektronik, dan lain-lainnya
  terbilang murah dan telah membawa kenyamanan bagi hidup mereka, kualitas dan     
  keamanannya sungguh mengkhawatirkan.                                             
  Belum lama ini, berbagai mainan buatan China telah ditarik dari rak-rak         
  supermarket karena cat pada mainan tersebut mengandung sejumlah logam berat yang
  sangat tinggi dan dapat mengancam keselamatan anak-anak.                         
  Kursus Membuat Telur Buatan Diiklankan Secara Online di China                   
  Fakta telur buatan bukanlah hal baru di China . Kursus-kursus latihan untuk     
  “membuat telur buatan” tersebar luas di Beijing, Provinsi Henan , Shandong ,     
  Hebei dan Guangdong . Seorang wartawan Epoch Times telah melakukan pencarian di
  Internet dan menemukan banyak iklan seperti itu. Kelas-kelas dilakukan dari satu
  sampai dua hari dan biayanya berkisar antara 300 sampai 800 yuan (40-100 dolar   
  AS).                                                                             
  Sebuah pusat latihan tertentu di Kota Shangqiu mengajarkan teknik pembuatan telur
  buatan dan memberikan cetakan gratis dalam kursus tersebut. Pusat latihan       
  tersebut menjamin bahwa “Anda sulit dapat membedakan bentuk dan rasa antara     
  produk kami dengan telur yang sebenarnya.”                                       
  Baca liputan tentang Kursus Membuat Telur ini di sini: http://www..       
  or.id/k_23_ art_76.html                                                         
  Apa Makanan Asli di China?                                                       
  Sebuah pusat riset yang bermarkas di Fengtai, Beijing , menyatakan bahwa         
  “Perusahaan kami telah menyebarkan teknologi pembuatan telur buatan. Kami telah
  melatih lebih dari 70 ribu siswa di lebih dari 20 provinsi di dalam negeri. Kami
  juga menyediakan teknologi untuk membuat “anggur buatan,” daging ayam dan daging
  sapi buatan,” dan “membuat permen beraroma hawthorn (sejenis buah berry berwarna
  merah) tanpa menggunakan buah hawthorn.”                                         
  Menyusul membanjirnya laporan tentang kualitas produk-produk buatan China       
  baru-baru ini, beberapa warga Korea berseru, “Lalu apa yang dapat kalian makan di
  China? Sungguh industri makanan di China dibanjiri oleh kebohongan dan penipuan,
  karenanya membuat kepanikan di tengah konsumen.”

[attachment deleted by admin]
« Last Edit: 18 April 2008, 05:10:08 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #1 on: 18 April 2008, 05:11:27 PM »
Bagaimana Membuat Telur Dari Guangzhou                                           
                                                                                   
  Untuk membuat telur putih, beberapa jenis bahan, termasuk semacam bubuk dan     
  tawas, dicampurkan – EAST WEEK‘Kuning telur’ dibentuk pada cetakan. ‘Air ajaib’
  mengandung kalsium khlorida juga digunakan – EAST WEEKSelaput keras dibentuk     
  dengan menuangkan parafin dan sejenis cairan pada telur lalu didiamkan untuk     
  kering – EAST WEEK                                                               
                                                                                   
  (.or. id) - Penggerebekan baru-baru ini di sebuah pusat grosir kota       
  Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong, ditemukan sejumlah besar telur palsu.   
  Harga grosir telur palsu adalah 0,15 yuan (0,03 Dollar Singapura) per butir –   
  setengah harga dari telur asli.                                                 
  Konsumen sangat sulit membedakan telur asli dan telur palsu. Ini adalah berita   
  bagus bagi para pengusaha nakal yang bahkan mengeluarkan tidak kurang 150 dolar
  Singapura untuk mengikuti kursus tiga hari cara memproduksi telur buatan.       
  Seorang wartawan dari Majalah East Week dari Hong Kong mengikuti salah satu     
  kursus tersebut.                                                                 
  Untuk menciptakan telur putih, instruktor – seorang wanita berusia 20 tahunan   
  menggunakan sejenis ramuan seperti agar-agar, bubuk yang tidak diketahui         
  jenisnya, asam benzoid, bahan pengentalan dan bahkan tawas yang biasa digunakan
  untuk pengolah industri.                                                         
  Untuk menciptakan kuning telur, bubuk berwarna kuning jeruk dicampur ke dalam air
  dan diaduk. Cairan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan plastik yang         
  berbentuk bulat dan dicampur dengan apa yang disebut ‘air ajaib,’ yang mengandung
  kalsium khlorida.                                                               
  Ini akan membuat selaput tipis di luar ‘kuning telur,’ yang akan mengikatnya     
  dengan kuat.                                                                     
  Lalu telur tersebut dibentuk dengan sebuah cetakan. Tidak lupa kulit telur juga
  dibuat. Parafin dan sejenis cairan putih yang tidak ketahui jenisnya dituang ke
  dalam telur palsu itu, lalu didiamkan untuk kering.                             
  Telur buatan ini dapat dijemur dengan sinar matahari atau dikukus. Meskipun     
  muncul gelembung-gelumbung dari telur putih, orang yang mencicipi mengatakan     
  bahwa rasa telur palsu ini sangat mirip dengan telur asli.                       
  Tetapi para ahli memperingatkan akan bahaya mengkonsumsi telur palsu ini.       
  Tidak hanya telur-telur palsu itu tidak mengandung nutrisi apapun, seorang       
  profesor Universitas China Hong Kong memperingatkan bahwa mengkonsumsi tawas     
  dalam waktu lama dapat mengakibatkan penyakit dementia (penyakit mental yang     
  serius yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, mengingat dan bertingkah laku
  normal).                                                   
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #2 on: 18 April 2008, 09:32:19 PM »
ini hoax atau bukan nih ? keknya ongkos produksi palsunya bisa lebih mahal tuh.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #3 on: 19 April 2008, 09:33:24 AM »
Gak yakin juga hoax, orang Tiongkok memang gak bisa ditebak.
Dulu pernah ada kasus pabrik tahu di Tiongkok digrebek karena membuat tahu bukan dari kedelai, tetapi rambut manusia. Protein pada rambut dipecah dengan menggunakan bahan kimia dan diolah lagi.

Serem juga kalo bener.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #4 on: 19 April 2008, 09:43:03 AM »
tahu dari rambut manusia ? nyari rambutnya mesti dari salon tuh biar banyak  ^-^
There is no place like 127.0.0.1

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #5 on: 19 April 2008, 10:01:05 AM »
Ada juga tahun lalu di tangkap di China, Penjual bakpao isi karton. Jadi isi bakpaonya itu di isi karton yang sudah di celup di bahan kimia, lalu di campur dengan daging BA sedikit. :hammer: Sempat di jual sampai beberapa tahun lho, dan laris lagi  :|


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #6 on: 19 April 2008, 10:15:41 AM »
kalau perhitunganku juga telur palsu perlu biaya produksi lebih deh...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #7 on: 19 April 2008, 10:22:41 AM »
Quote
kalau perhitunganku juga telur palsu perlu biaya produksi lebih deh...

perhitungan orang tiongkok gak tau lar
motor aja bisa dijual 3 juta
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #8 on: 19 April 2008, 12:27:44 PM »
kalo yang bakpau isi karton itu hoax.
G uda dapat konfirmasinya.

Tapi kalau tahu dan telurnya...g blum tau

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #9 on: 19 April 2008, 12:56:14 PM »
wew .. konfirmasi dari mana, Wei ??

Soalnya info itu di siarkan di TV taiwan dan China lho ... orang yang di tangkap juga di perlihatkan dengan restorannya.


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #10 on: 19 April 2008, 04:42:43 PM »
Telur palsu itu dijual dengan harga berapa? dan berapa harga produksinya? ada yang tahu?  :)
Smile Forever :)

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Waspada Telur-Telur Palsu Impor Cina
« Reply #11 on: 21 April 2008, 07:55:10 AM »
 :)) jawaban gw...meneketehe soal ongkos produksinya,nyang penting udah ada yang makan di tiongkok.....huhehehehee made in china...everything is possible kok makanya kalo James Bond masuk ke Tiongkok pasti ga akan laku dengan Mission Impossiblenya  :P, toh kita udah sering lihat kok beberapa produk tiongkok memang berbahaya apalagi bahan-bahan pembuat disana memang lebih murah....bisa lah
« Last Edit: 21 April 2008, 07:57:15 AM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.