Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: tidur dengan hewan peliharaan  (Read 5747 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline alverus

  • Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • lebih baik Moha drpd Maho
tidur dengan hewan peliharaan
« on: 04 October 2012, 11:49:33 AM »
selamat siang...

saya mau curhat dan minta solusi ke semua....

istri saya seorang dog lover..penyayang anjing..saya suka anjing tp biasa2 saja..kami punya 5 ekor anjing..di antara 5 ekor ini ada satu ekor yg kebetulan kami rawat sejak kecil, kami bolehin dia keluar masuk rumah, tidur di dalam rumah...sisanya 4 adalah peninggalan dr pemilik rumah sebelumnya, paman saya, kami biarkan 4 ini tinggal di halaman..

sebelum menikah saya tau kalo istri saya seorang dog lover..kini, istri saya meminta hal yg menurut saya kurang berkenan..seperti anjing naik ke sofa, tempat tidur kami, dan tidur bareng di tempat tidur kami..saya kurang berkenan karena disebabkan oleh faktor kebersihannya..

pernah satu ketika Ibu saya mengetahui kalo anjing itu tidur di kamar kami, dan ibu saya marah-marah ke saya karena tidak pantas bagi seekor anjing tidur dalam ruangan yg sama dengan manusia..saya tidak menyampaikan kejadian ini ke istri saya karena khawatir terjadi perang menantu dan mertua..

buntutnya, sekarang istri saya merasa kalau kebebasan yg diimpikannya dengan menikah dengan saya tidak mampu didapatkan. 

saya bingung,.kami masih tinggal dengan orang tua..dan tidak ada niat saya meninggalkan rumah agar saya dapat memperhatikan orang tua saya juga..sementara apa yg istri saya inginkan mungkin tidak sejalan dengan orang tua saya, apalagi soal anjing ini..

apa yg harus saya lakukan? mohon nasehatnya..terutama dlm pandagan buddhist gimana menyikapi hal ini,,termi kasih

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.093
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #1 on: 04 October 2012, 12:46:31 PM »
Di Barat merupakan hal yang lumrah (biasa) kalau anjing tidur bersama majikan, atau duduk bersama.  Mungkin karena kebersihan mereka terjaga dan juga selalu divaksin sehingga bebas penyakit.  Ortu mungkin punya pandangan seperti kebanyakan orang di Indo bahwa anjing itu jorok, najis.  Dan memang bisa jorok kalau tidak dididik (buang air sembarang misalnya) dan tidak diperhatikan hygienenya.

Anda menyebutkan masih tinggal bersama orang tua, jadi menurut gw ini adalah hak prerogatif orang tua anda di rumahnya bila menetapkan aturan tentang anjing.  Beritahukanlah secara baik2 dengan istri soal ini.  Kan kalau anda punya rumah sendiri dan orang yg tinggal bersama kalian tidak mematuhi aturan / kebiasaan kalian jadinya repot juga kan?

Pilihan ada 2 yaitu :
-  Anda & istri pindah ke rumah sendiri.  Kalau takut orang tua tidak terjaga mungkin bisa mencari rumah yang berdekatan, tidak terlalu jauh dari rumah ortu.
-  Mengalah ikut aturan mertua, jadi benahi diri sendiri (pikiran dan perasaan kalian).
« Last Edit: 04 October 2012, 12:48:40 PM by sanjiva »
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline alverus

  • Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • lebih baik Moha drpd Maho
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #2 on: 04 October 2012, 02:37:15 PM »
terima kasih atas jawabannya... _/\_

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #3 on: 04 October 2012, 02:54:35 PM »
Pertanyaannya perlu diarahkan kepada pribadi masing-masing. Seberapa besar cinta anda kepada istri dan seberapa besar cinta istri kepada anda? Kenang kembali seberapa besar perjuangan dan pengorbanan anda dan istri sehingga akhirnya dapat bersatu.

Jika cinta kepada pasangan itu sangat besar tentu pengorbanan apapun akan dilakukan. Sangat lucu jika cinta besar kepada pasangan terkalahkan karena kesukaan atau ketidaksukaan akan yang lain dan menimbulkan pertengkaran besar.

Tidak ada orang lain yang bisa memutuskan solusi yang tepat , hanya alternatif-alternatif, pertimbangan-pertimbangan, karena ini berhubungan dengan rasa.
Coba uji kembali perasaan anda dengan menerima kemauan istri. Juga sebaliknya istri menerima kemauan suami.

Bicarakan batas toleransi ketidaksukaan anda dan istri serta gunakan sistem take and give. Misalnya: meskipun anda tidak suka anjing tidur di ranjang, tapi anda mau menerima kemauan istri yaitu anjing tidur di ranjang tapi misalnya seminggu sekali dan istri menjamin menjaga kebersihan anjing dan ranjang serta perabotan lainnya. Sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Anda tidak akan terganggu selamanya karena tidur bareng dengan anjing dan istri tidak kehilangan kesukaannya bersama anjing.

Keberadaan orang ketiga (ortu, mertua, dll) juga perlu diperhatikan. Dan memang banyak kasus keberadaan orang ketiga akan menambah tinggkat kerumitan dalam suatu hubungan rumah tangga.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.964
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #4 on: 08 October 2012, 05:45:31 AM »
hobby yang mengalahkan segalanya,  :no:
bahaya !
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #5 on: 11 November 2015, 11:02:56 AM »
1 penah sih seorang notaris berkata pada gw...
   lagi ngurus anjing heldernya SEKOLAH KE JERMAN...
   (tentu ini naik pesawat n menggondol sertifikat nanti)

2 pernah baca di majalah....
   seekor anjing yg terlatih bisa berharga 500rb dollar....
 
3 pernah lhat shampoo anjing 1 botol 150rb....

4 toy poodle gw yg udah RIP, klo tidur....
   ya diatas perut gw...(kadang kala)...sampai pagi...  :))

5 shampoo tertentu memang klo udah dipakaikan utk anjing...
   bener2 bisa wangi.....(wangi herbal).....nahhhh
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: tidur dengan hewan peliharaan
« Reply #6 on: 11 November 2015, 11:05:47 AM »
Quote
orang ketiga akan menambah tinggkat kerumitan

saran gw punya rumah baru yg dpt dihubungkan dgn rumah lama...

dan dirumah baru tsb....ya anjing bebas sesuka sesuai...selera pemilik....
tapi juga ingat dimandi n di cukur.....dijaga bersih... sekalian ternak anjing
business anjing gitu....buka salon anjing,...dst dst
 ^:)^
merryXmas n happyNewYYYY 2018