Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: tolong jawab  (Read 14284 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #60 on: 13 August 2012, 11:24:06 AM »
Reputasi: -10
udah bertambah kok... :D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: tolong jawab
« Reply #61 on: 13 August 2012, 11:57:30 AM »
Hanya informasi saja, DC ini memang tidak memelihara tukang menyampah yang tidak niat diskusi dan tuhan telah menjawab doa kalian.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: tolong jawab
« Reply #62 on: 13 August 2012, 12:09:13 PM »
Sabe sankhara anicca, semoga terlahir di alam Bahagia
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #63 on: 13 August 2012, 12:20:49 PM »
Hanya informasi saja, DC ini memang tidak memelihara tukang menyampah yang tidak niat diskusi dan tuhan telah menjawab doa kalian.

wah2  ::)   tuhan sumedho ikut turun tangan kah?   :??
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #64 on: 13 August 2012, 12:24:07 PM »
Hanya informasi saja, DC ini memang tidak memelihara tukang menyampah yang tidak niat diskusi dan tuhan telah menjawab doa kalian.
wah, udah beneran diseberangkan yah... :x
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: tolong jawab
« Reply #65 on: 13 August 2012, 09:01:40 PM »
masak kuman gak punya nama ;D
lha, penyebutan "kuman" sendiri itu apa :))

sebenernya sih gak berasal dr referensi sutta sih. cmn liat aja sih kenyataan sekarang ini
kelompok manusia terbagi menjadi 2 golongan jenis kelamin
keduanya dianugrahkan Tuhan utk saling mencintai & saling berpasangan
saya sih pendasarannya dari logika umum saja _/\_


ini adalah pernyataan salah, saat ini jenis kelamin tidak hanya pria dan wanita saja ada kan yang campuran dari kedua nya sains membuktikan jenis kelamin manusia tidak hanya pria dan wanita saja.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: tolong jawab
« Reply #66 on: 13 August 2012, 10:19:09 PM »
selain xx female dan xy male ada juga xy female dan xx male (intersex)

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Intersex

 Hermaphrodite.
photo photo hermaphrodite

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Hermaphrodite_(Nadar)

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: tolong jawab
« Reply #67 on: 14 August 2012, 12:17:24 AM »

Quote
- Dalam agama Buddha, ada ajaran utk tidak membunuh hewan, tapi kenapa saban hari mandi bunuh kuman
Semua makhluk yang tidak bisa melihat dengan mata, tidak perlu dipersoalkan. (dijawab oleh bhikkhu thailan yang terkenal)

Logika juga sih, kalo dipersoalkan masalah kuman, kehidupan manusia akan jadi ka-chow, bayangkan tidak boleh jalan, lapar tidak boleh makan, sakit tidak boleh berobat, akhirnya bunuh diri deh.

Quote
- masih mengenai tidak membunuh hewan, apakah itu berarti termasuk tidak boleh memakai necispake kuli buaya & sabuk kulit ular ? kl tidak kenapa masih banyak yg pake ?
Pembunuhan tidak akan berakhir bro, sejak sebelum sang Buddha lahir, zaman sang buddha, bahkan setelah jaman sang Buddha, Pembunuhan tetap ada.
Umat Buddha menghindari pembunuhan, tetapi pembunuhan tetap akan ada sepanjang masa.
Kita pakai atau tidak pakai kulit buaya, pembunuhan tetap akan ada. Dan ini tidak akan berahir.

Quote
- Mengenai biksu/hidup selibat/tidak menikah, diberi karunia saling berpasang2an tapi ga dibolehin. Kalo semua manusia jadi biksu, bisa punah dong
itu aja & maaf kl ada salah2 kata _/\_
Dalam agama Buddha, hidup berumah tangga atau hidup selibat itu pilihan hidup (bukan kewajiban seperti yang diajarkan oleh agama lain).
Masalah smua orang jadi bhikkhu, slow aja brow, Ngak usah kwatir brow, tidak mungkin smua orang akan jadi bhikku, kalopun smua orang jadi bhikku, maka smua bhikkhu akan mati (tidak ada yang memberikan makanan, rumah, obat-obatan - karena bhikkhu hudup dari pemberian umat ).
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #68 on: 14 August 2012, 02:15:24 AM »
Semua makhluk yang tidak bisa melihat dengan mata, tidak perlu dipersoalkan. (dijawab oleh bhikkhu thailan yang terkenal)

Siapa nama bhikkhunya bro?

Bener juga sih yang beliau katakan,  sampe sekecil semut aja masih punya mata, nah kelas2 amoeba ke bawah baru matanya udah nggak ada.  Apalagi makhluk ber sel satu, kuman, dan virus,
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #69 on: 14 August 2012, 07:09:41 AM »
Siapa nama bhikkhunya bro?

Bener juga sih yang beliau katakan,  sampe sekecil semut aja masih punya mata, nah kelas2 amoeba ke bawah baru matanya udah nggak ada.  Apalagi makhluk ber sel satu, kuman, dan virus,
belum tepat sih IMO..
- Protozoa -> Amoeba -> gak punya mata (OK)
- Porifera -> Sponge -> gak punya mata (OK) tapi sudah bersel banyak lho, dan udah bisa dilihat dengan mata telanjang
- Coelenterata ( phylum baru : Ctenophora) -> Ubur2 -> gak punya mata, tapi ada sensor cahaya..
- Cacing -> Cacing tanah -> gak punya mata.. tapi sehari2 udah ketemu di kehidupan kita juga
- Molusca -> Kerang -> gak punya mata.. sama juga dengan cacing, sudah sering ditemui juga..

Jadi jika pake standar gak punya mata, okelah u/ sponge jarang ditemui langsung, ubur2 juga hanya ada di pantai
tapi cacing, dan kerang, jadinya boleh makan cacing, boleh makan kerang ?

Lebih baik sih merujuk ke post bro Indra, tidak bisa dilihat mata telanjang..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #70 on: 14 August 2012, 08:08:48 AM »
Kalau begitu gw akan berpedoman pada kedua cara ini,  kelihatannya masih saling compatible secara umum.
 :-?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: tolong jawab
« Reply #71 on: 14 August 2012, 08:48:50 AM »
Semua makhluk yang tidak bisa melihat dengan mata, tidak perlu dipersoalkan. (dijawab oleh bhikkhu thailan yang terkenal)

Mungkinkah salah menerjemahkan perkata bhikkhu tersebut, antara tidak bisa melihat dengan mata atau tidak bisa dilihat dengan mata?
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: tolong jawab
« Reply #72 on: 14 August 2012, 08:58:45 AM »
Mungkinkah salah menerjemahkan perkata bhikkhu tersebut, antara tidak bisa melihat dengan mata atau tidak bisa dilihat dengan mata?
kita tunggu konfirmasinya. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: tolong jawab
« Reply #73 on: 14 August 2012, 10:05:54 AM »
Mungkinkah salah menerjemahkan perkata bhikkhu tersebut, antara tidak bisa melihat dengan mata atau tidak bisa dilihat dengan mata?

Masuk akal juga  :-?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: tolong jawab
« Reply #74 on: 14 August 2012, 05:59:55 PM »
Memang betul yang dikecualikan adalah "yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang", bukan "yang tidak bisa melihat dengan mata".

Kalau definisinya yang ke dua, berarti akan ada restoran Buddhis dengan menu-menu: "ayam buta rica-rica", "ikan buta tausi", "sapi buta lada hitam", "kepiting buta saos tiram", dan semua itu boleh dimakan.