Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?  (Read 5424 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« on: 29 June 2012, 09:23:37 PM »
Sudah cukup lama saya tergelitik untuk menanyakan kepada rekan2 sekalian.

Pernahkah teman2 memperhatikan lingkungan sekitar anda, dimana anda menemukan seseorang yang KAYA dan benar2 DERMAWAN?

Apakah moralitas jaman sekarang sudah bergeser? Soalnya rata-rata orang kaya yang saya ketahui biasanya seperti mempunyai motto "Kikir pangkal kaya". 
Justru kebanyakan yang dermawan adalah orang2 yang taraf hidupnya sedang2 saja, bukan yang luar biasa kaya.


Kalau ada teman2 yang kenal pribadi secara mendalam seseorang yang kaya dan dermawan, mohon di share di sini ceritanya agar keyakinan saya dapat bertambah.  ^:)^  ^:)^  ^:)^
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #1 on: 29 June 2012, 09:29:22 PM »
Sudah cukup lama saya tergelitik untuk menanyakan kepada rekan2 sekalian.

Pernahkah teman2 memperhatikan lingkungan sekitar anda, dimana anda menemukan seseorang yang KAYA dan benar2 DERMAWAN?

Apakah moralitas jaman sekarang sudah bergeser? Soalnya rata-rata orang kaya yang saya ketahui biasanya seperti mempunyai motto "Kikir pangkal kaya". 
Justru kebanyakan yang dermawan adalah orang2 yang taraf hidupnya sedang2 saja, bukan yang luar biasa kaya.


Kalau ada teman2 yang kenal pribadi secara mendalam seseorang yang kaya dan dermawan, mohon di share di sini ceritanya agar keyakinan saya dapat bertambah.  ^:)^  ^:)^  ^:)^
mau ambil contoh dari agama apa?

banyak kok
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #2 on: 29 June 2012, 09:35:24 PM »
apakah saya masih kurang luar biasa kaya dan kurang dermawan?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #3 on: 29 June 2012, 09:41:41 PM »
mau ambil contoh dari agama apa?

banyak kok

Agama buddha deh, tapi ceritanya orang masa kini yah, jangan yg jaman baheula
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #4 on: 29 June 2012, 09:42:14 PM »
apakah saya masih kurang luar biasa kaya dan kurang dermawan?

 ^:)^  ^:)^  ^:)^
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #5 on: 29 June 2012, 09:52:56 PM »
ada om.. ada ada.. serius ada ;D
kami (sekolah minggu) pernah mendapat bantuan, yang lumayan bahkan bisa dibilang besar.
luar biasa orang ini.
wah, kalo ingat lagi. bener2 deh.
orangnya sederhana, tapi dibalik itu :jempol:
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #6 on: 29 June 2012, 10:08:44 PM »
ada om.. ada ada.. serius ada ;D
kami (sekolah minggu) pernah mendapat bantuan, yang lumayan bahkan bisa dibilang besar.
luar biasa orang ini.
wah, kalo ingat lagi. bener2 deh.
orangnya sederhana, tapi dibalik itu :jempol:

tapi apakah namanya tercantum dalam daftar donor di DC?

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #7 on: 29 June 2012, 10:24:50 PM »
Sudah cukup lama saya tergelitik untuk menanyakan kepada rekan2 sekalian.

Pernahkah teman2 memperhatikan lingkungan sekitar anda, dimana anda menemukan seseorang yang KAYA dan benar2 DERMAWAN?

Apakah moralitas jaman sekarang sudah bergeser? Soalnya rata-rata orang kaya yang saya ketahui biasanya seperti mempunyai motto "Kikir pangkal kaya". 
Justru kebanyakan yang dermawan adalah orang2 yang taraf hidupnya sedang2 saja, bukan yang luar biasa kaya.


Kalau ada teman2 yang kenal pribadi secara mendalam seseorang yang kaya dan dermawan, mohon di share di sini ceritanya agar keyakinan saya dapat bertambah.  ^:)^  ^:)^  ^:)^

daripada mencari, cobalah menjadi  ;D

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #8 on: 29 June 2012, 10:29:08 PM »
kata orang sich kalo pelit gak kaya itu namanya sial :D

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #9 on: 29 June 2012, 10:42:49 PM »
depend on their attitude
- kaya raya => kikir menjadi arogan ato seperti brahma Adinnapubbaka, ayah mattakundali
- kaya raya => padi semakin berisi, semakin merunduk, contoh: penyelenggara retreat (totally free of charge), penyokong dana (catupataya)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #10 on: 30 June 2012, 01:25:02 AM »
daripada mencari, cobalah menjadi  ;D

Sayangnya saya miskin hahahaha. . . . .
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #11 on: 30 June 2012, 01:25:48 AM »
depend on their attitude
- kaya raya => kikir menjadi arogan ato seperti brahma Adinnapubbaka, ayah mattakundali
- kaya raya => padi semakin berisi, semakin merunduk, contoh: penyelenggara retreat (totally free of charge), penyokong dana (catupataya)

Kalau kaya raya kikir sih udah lihat banyak contohnya, cuman yang kaya raya yg dermawan, gak pernah gw lihat.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #12 on: 30 June 2012, 05:42:04 AM »
Kalau kaya raya kikir sih udah lihat banyak contohnya, cuman yang kaya raya yg dermawan, gak pernah gw lihat.

kuper sih
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #13 on: 30 June 2012, 05:58:27 AM »
ada..saya kenal satu ..pak siwi honores.. ;D

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Adakah orang KAYA yang dermawan saat ini?
« Reply #14 on: 30 June 2012, 07:26:07 AM »
apakah saya masih kurang luar biasa kaya dan kurang dermawan?
=))

nah loh ada yang tersinggung =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))