Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'  (Read 19120 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
[Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« on: 08 November 2011, 10:07:27 AM »
[Wirajhana Eka:]
Mumpung lagi reda :)
Berikut ini adalah tulisan dari sudhammacaro [seseorang, yg gemar berkostum bhikkhu, namun ternyata bukan bhikku], yaitu setelah ketauan secara konyol mengartikan maksud Atthasila:

a. DARIPADA YOU KERJA DI BALI JD GAET BUL2 E, SAMA JUGA DI-SURUH2 MIRIP JONGOS BEDANYA KL DI BALI PASTI DI PANTAI, YG PANAS SMP KULIT SPT ARANG, TP KL DI JKT ADEM KRN DLM WIHARA SAMBIL MINUM KOPI I...STILAHNYA NUHIGA-NUMPANG HIDUP GRATISAN SAMA BOS.. JD KL DI BALI SEPI JOB LARI KE JKT...[Rabu pukul 12:18]

b. SE-BODOH2NYA ORANG TDK LBH BODOH DG ANJING TAU AYAM YG TDK SUKA UANG KALI.. JNG SOK BERSIH LAH.. MANA ADA ORANG KERJA TDK DI LEMPAR UANG TIP SIH.. GA APA2 LAH KITA2 JUGA TDK AKAN NYOAL YOU PUNYA KERJA DAN TIP DARI KUNCEN VJDJ BHANTE KADANG KASIHAN SAMA YOU ORANG MAU DIANGKAT SELEVEL BOS KUNCEN TP BANDELNYA TDK KETULUNGAN ..[Rabu pukul 12:24]

c. MAAF MAKAN DULU LAH TAR LAPAR SAKIT BHAYA..[Rabu pukul 12:25]

Perhatikan point C. masa seh seorang Bhikkhu [tidak sakit],makan setelah TENGAH HARI?

Perhatikan maki2an [a dan b] yg dilontarkan seseorang yg mengaku2 bhikhu :)
sumber: http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171552172936579/

Ternyata setelah menulis itu ybs mengatakan spt ini:
"Teman2 bhante menulis Postingan dengan kalimat kasar itu sengaja justru untuk memancing anda komen. jadi rame dan biar anda berpikir. Sekaligus untuk menguji anda yg suka teori Dharmanya tinggi2, ingin tahu isinya ternyata tdk bisa mengendalikan batinnnya." [http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/173509939407469/]

Hehehehe...kesian ya..tulisan di atas malah menyajikan BUKTI PENTING,yaitu setelah konco2nya berdalih ini adalah di hack, tulisan di atas merupakan bukti ke-2, bhw account ybs 100% tidak di hack!

Bukti ke-1 nya sbb:

quote>
Teman2 postingan itu pertnyaan dri umat, ada yg sdh lama ada yg baru, krn dlm Diskusi Dharma bhante kdang bnyak umat yg tnya tdk fokus ke Topik Diskusi, bhante simpan, spt sdr.Stephan Halim tnya di luar topik, maaf yg delete, kdang dayaka/ kappiya maaf bukan Jongos, yah. [http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/permalink/158802314211565/]
<unquote

Perhatikan kalimat, " maaf yg delete, kdang dayaka/ kappiya maaf bukan Jongos, yah"

Kemudian,
Bagaimana ybs memulai dengan ucapan JONGOS, maka anda PERLU baca INI:

http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/permalink/157957187629411/
Spoiler: ShowHide
[Bhante Sudhammacaro:]
Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, di Indo bnyak umat Buddha hingga ribuan msh muda2, tp yg mau jd bhikkhu sangat minim. Padahal mereka sdh tahu jd bhikkhu bs membantu anggota Sanggha dg tugas yg bnyak d berat. Juga berkahnya amat mulia. Apa karena Mereka ada Kelainan Gen/DNA atau Penakut? Mereka malah lbh suka Memilih jd JONGOS nya para bhkkhu. Padahal Mereka tdk Kerja (LL), Nikah tdk mau krn BOKE, malah milih jd Bandot Tua, senengnya Cuma jd NUHIGA. Jadi Menurut Pandangan Dharma sang Buddha apa Sebabnya? Gimana menurut Temen2. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Tlg yg suka komen di wall ini agar jujur menuliskan Pekerjaannya apa, trims sadhu.

Catatan (Maaf Jangan Marah):
Kelainan Gen/DNA: Gen artinya Genetik/ DNA ialah spt BENCONG/ BANCI, kalau bahasa Pali PANDAKA.
JONGOS: dari bahasa Sunda/Jawa yg artinya bisa Pembantu, Pegawai, atau Pesuruh.
LL: artinya luntang-lantung alias nganggur.
Boke: artinya tdk punya Uang yg cukup untuk Nikah.
Bandot Tua: artinya Bujang Lapuk, Jejaka tdk Laku.
NUHIGA: Istilah Plesetan yg artinya NUMPANG HIDUP GRATIS.

INGAT! Diskusi Dharma inipun termasuk Latihan Pengendalian Batin, cb Perhatikan bagaimana Gejolak Batin anda waktu membaca ini. Lalu wkt memberi komen hrs bagaimana yg kira2 sesuai Dharma, demi manfaat orang banyak. Apakah Emosi, Benci, Dendam, Sok Pinter, Munafik dan Kebodohan msh DERAS KELUAR, atau sdh agak berkurang, dst…

Latihan Pengendalian Batin jng hnya wkt enak2, enjoy, dipuji, disanjung, tdk ada guncingan. Namun, Latihan Pengendalian Batin yg sebenarnya saat2 spt ini, yg amat menguntungkan demi Kemajuan Batin anda, sebagai Ujian Batin.

Silahkan komen temen2 sebelumnya trims atas perhatian anda semua.



dan ini:

http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/permalink/158253610933102/
Spoiler: ShowHide
[Wirajhana Eka:]
Bhante Sudhammacaro,
Setelah sy pikir2, maka status bhante yang ini:

quote>
Tanya: Bhante, di Indo bnyak umat Buddha hingga ribuan msh muda2, tp yg mau jd bhikkhu sangat minim. Padahal mereka sdh tahu jd bhikkhu bs membantu anggota Sanggha dg tugas yg bnyak d berat. Juga berkahnya amat mulia. Apa karena Mereka ada Kelainan Gen/DNA atau Penakut? Mereka malah lbh suka Memilih jd JONGOS nya para bhkkhu. Padahal Mereka tdk Kerja (LL), Nikah tdk mau krn BOKE, malah milih jd Bandot Tua, senengnya Cuma jd NUHIGA.[..], [Detail lengkapnya di: http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/?id=157957187629411]
<unquote

menjadi semakin sangat menarik buat saya, karena:

a. Alur kejadian yg berkesinambungan dengan fakta historikal atas kejadian yg telah dialami Bhante sebelumnya yang MUNGKIN SAJA telah menimbulkan efek psikologis traumatis pada diri bhante

b. Tulisan tersebut membutuhkan penyitaan waktu pemikiran khusus di sebelum, saat, membaca ulang dan koreksi sebelum mengirimkan serta membaca lagi feedback tulisan dalam beberapa kurun waktu sebelum mereda dengan sendirinya. Ini menunjukan pikiran bhante sangat melekat pada pemikiran ini.

c. Penggunaan HURUF BESAR pada beberapa kata sebagai efek penarik perhatian pembaca pada kata itu, menunjukan ada indikasi bahwa pertanyaan itu bukanlah pernyataan real namun pertanyaan imaginer.

Saya tidak mampu menetapkan 1 arti/maksud yg pasti pada status bhante di atas, karena terdapat banyak kemungkinan maksud pada status itu, diantaranya:

1. "gw adalah bhikku sehingga ngga masuk di definisi tsb".

2. "Apapun yg gw lakukan, gw kan Bhikkhu..sementara anda masih mengais jasa kebaikan dari kami".

3. "apapun tingkah kami, kalian itu tidak selevel dengan kami".

4. "Apapun lo omongin, toh faktanya kalian cuma bisa omdo [omong doang], sementara kami jelas tidak. Sekurangnya kami terjun langsung di posisi praktek tidak melekat. Ttg Dhamma, kami bukan sekedar tau tapi sudah mempraktekan, ketika kami menyatakan dengan kata meminta pendapat, maka itu cuma basa-basi, karena apapun yg kalian sampaikan toh cuma omdo dan tidak seperti kami yaitu dengan praktek"

5. "kalo saya saja mampu jadi bhikkhu...maka kenapa anda masih saja ragu2"

6. Kemungkinan motif agar tertanam persepsi NEGATIF dari para pembaca mengenai para bhikkhu.

Point 1-4, menunjukan pikiran yg tidak positif.
Poin ke-5, menunjukan ada sikap batin metta, karuna dan muddita.
Point ke-6 menunjukan adanya satu indikasi motif yg tentu saja belum tentu benar

Untuk itu bhante,
Dari 6 (enam) kemungkinan tersebut diatas, maka bhante berada di posisi no. berapa?

Koment dan arahan dari bhante sangatlah berharga untuk saya nantikan, silakan bhante berkenan menjawab.

Anumodana.

[note:
Kepada para Moderator, jika pertanyaan dan pernyataan di atas dianggap tidak mencerminkan semangat grup ini, maka mohon jangan ragu-ragu untuk menghapusnya. Tks]


O ya, manusia berkostum bhikkhu ini ternyata doyan angpapo!
" Tapi, ada saja pengurus wihara yg tahu bhante dan mau undang bhante untuk terima Angpao Kathina. Nanti terakhir di Binus tg 13, total cuma tiga kali Panen dalam bulan Kathina ini. " [Di ambil oleh Sonie halim dari grup "Bebas berdialog agama Buddha", kepunyaan MUDITA DEWI,http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/172686946156435/]

Perhatikan tulisan di atas!

Sungguh tidak ada rasa MALU...Ybs beranggapan pelanggarannya [dukkhata] tidak masalah karena "cukup baca Ajja me uposatha 3x..lunas."

LUNAS????....

PENGERTIAN aliran mana yg mengartikan PERBUATAN BURUK adalah LUNAS dengan mengucapkan hal ini?

Telak2 disini, aliran theravada tidak pernah menyatakan kamma buruk akan lunas dengan mengucapkan ajja me uposatha!

Orang ini jelas2 BUKAN THERAVADA!

Satu set prilaku buruk dengan menyamar memakai jubah dan melakukan perbuatan buruk menghina Bhikkhu2 lain, memfitnah bhikkhu2 lain dan terutama MELAKUKAN KAMMA BURUK dengan menghina dan memburuk2an sangha...mengindikasikan bhw ada motif tertentu yang MELATARBELAKANGI HAL INI!

Ybs dan KRONINYA gw duga berasal dari aliran NON theravada!

Motifnya gw duga cuma sekedar uang..uang..dan uang!

Kelihatannya para umat alirannya udah mulai pada cerdas...mereka mulai tau bahwa aliran mereka TIDAK BERSANDARKAN SUTTA...Sehingga makin ditinggalkan dan penghasilan pengurusnya menurun...cilakanya tindakan recovery yg dilakukan hanyalah memupuk kamma buruk...dan ketauan pula BELANGNYA!

Nah,
Sisa2 link mengenai asal muasal dan tulisan2 yang membuat terbukanya kedok sang srigala berbulu domba yg doyan angpau ini silakan lihat di:

1. http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/170739156351214/
2. http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171500169608446/
3.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/169793849779078/
4.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171086632983133/
5.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171851562906640/
6.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171513139607149/
7.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/169034939854969/
8.http://www.facebook.com/groups/dhammacitta/171036679654795/

Silakan bagi anda yg mau MEMPOSTING ini ke MANA AJA..diperkenankan dengan sangat!

Selamat membaca:)

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #1 on: 08 November 2011, 11:38:00 AM »
Jikalau ternyata valid pelaku adalah "ngaku2 bhikku"
saya kira ada baiknya kalau post2 beliau dilenyapkan

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #2 on: 08 November 2011, 11:45:19 AM »
Dari web samaggi phala
http://www.samaggi-phala.or.id/sangha-theravada-indonesia/pemberitahuan-tentang-pengunduran-diri-bhikkhu-sudhammacaro/

Bhikkhu Sudhammacaro Thera
tidak lagi bernaung di bawah STI sejak tahun 2006
Tapi kalau mengenai benar tidaknya
seseorang masih berstatus bhikkhu atau tidak?
bagaimana cara mengetahuinya?
apakah ada prosedur tertentu untuk memastikan?

apakah jika tidak bernaung dalam organisasi Sangha
otomatis tidak berstatus bhikkhu lagi?
Kalau seperti Ajahn Brahm
telah dihapus dari silisih Sangha tradisi hutan Ajahn Chah dan tidak lagi berhubungan dengan biara utama di Thailand, Wat Pah Pong, atau cabang2 lainnya di barat
tapi tidak ada dikatakan itu menyebabkan beliau tidak lagi berstatus seorang bhikkhu

jadi bingung nig ...
« Last Edit: 08 November 2011, 12:15:55 PM by bluppy »

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #3 on: 08 November 2011, 12:16:33 PM »
Dari web samaggi phala
http://www.samaggi-phala.or.id/sangha-theravada-indonesia/pemberitahuan-tentang-pengunduran-diri-bhikkhu-sudhammacaro/

Bhikkhu Sudhammacaro Thera
tidak lagi bernaung di bawah STI sejak tahun 2006
Tapi kalau mengenai benar tidaknya
seseorang masih berstatus bhikkhu atau tidak?
bagaimana cara mengetahuinya?
apakah ada prosedur tertentu untuk memastikan?

apakah jika tidak bernaung dalam organisasi Sangha
otomatis tidak berstatus bhikkhu lagi?
Kalau seperti Ajahn Brahm telah dihapus dari silisih Sangha tradisi hutan Ajahn Chah dan tidak lagi berhubungan dengan biara utama di Thailand, Wat Pah Pong, atau cabang2 lainnya di barat. Tapi tidak ada dikatakan bahwa itu menyebabkan beliau tidak lagi berstatus seorang bhikkhu

jadi bingung nig ...

sorry double post, salah klik

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #4 on: 08 November 2011, 12:55:15 PM »
di fb DC ceritanya udah panjang yag...

mulutmu harimaumu
kami memilih diam dan menyimak saja
tidak merasa kompeten untuk ikut berdiskusi  _/\_

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #5 on: 08 November 2011, 01:26:30 PM »
Jikalau ternyata valid pelaku adalah "ngaku2 bhikku"
saya kira ada baiknya kalau post2 beliau dilenyapkan
Justru jangan dilenyapkan. Ada sebagian berpendapat DC ini kurang ajar sama bhikkhu, ada sebagian lagi mengatakan orang ini memang bukan bhikkhu (karena tidak berkelakuan seperti bhikkhu). Nah, sekarang kita sajikan saja tulisan2nya dan biar publik yang menilai apakah pantas atau tidak orang tersebut dianggap sebagai bhikkhu.


Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #6 on: 08 November 2011, 01:33:09 PM »
Dari web samaggi phala
http://www.samaggi-phala.or.id/sangha-theravada-indonesia/pemberitahuan-tentang-pengunduran-diri-bhikkhu-sudhammacaro/

Bhikkhu Sudhammacaro Thera
tidak lagi bernaung di bawah STI sejak tahun 2006
Tapi kalau mengenai benar tidaknya
seseorang masih berstatus bhikkhu atau tidak?
bagaimana cara mengetahuinya?
apakah ada prosedur tertentu untuk memastikan?

apakah jika tidak bernaung dalam organisasi Sangha
otomatis tidak berstatus bhikkhu lagi?
Kalau seperti Ajahn Brahm
telah dihapus dari silisih Sangha tradisi hutan Ajahn Chah dan tidak lagi berhubungan dengan biara utama di Thailand, Wat Pah Pong, atau cabang2 lainnya di barat
tapi tidak ada dikatakan itu menyebabkan beliau tidak lagi berstatus seorang bhikkhu

jadi bingung nig ...
Kalau menurut Sis bluppy sendiri, apakah hal yang menyebabkan seseorang pantas disebut sebagai 'bhikkhu'?

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #7 on: 08 November 2011, 01:36:34 PM »
di fb DC ceritanya udah panjang yag...

mulutmu harimaumu
kami memilih diam dan menyimak saja
tidak merasa kompeten untuk ikut berdiskusi  _/\_
bukan panjang lagi, sampe bosen liatnya juga, tiap2 notification kirain ada yang baru, ga taunya itu lagi itu lagi, kadang komen dicopy paste ke post2 yang lain , sama persis, hahaha

ga ada cape2nya, heran..

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #8 on: 08 November 2011, 02:24:00 PM »
Justru jangan dilenyapkan. Ada sebagian berpendapat DC ini kurang ajar sama bhikkhu, ada sebagian lagi mengatakan orang ini memang bukan bhikkhu (karena tidak berkelakuan seperti bhikkhu). Nah, sekarang kita sajikan saja tulisan2nya dan biar publik yang menilai apakah pantas atau tidak orang tersebut dianggap sebagai bhikkhu.


Kita adalah umat awam,
dan kebanyakan dari kita (yang umat awam)

Mengunakan DhammaCitta sebagai vihara (tempat belajar, tempat diskusi),
Jikalau ternyata DhammaCitta memiliki informasi yang salah (ataupun menyesatkan),

Apakah layak DhammaCitta dijadikan tempat untuk mencari informasi ?
Jikalau yang ada didalam menyesatkan ?

at Forum,
Kita memberikan special tag "Bhikku / Samanera / Samaneri"

di Facebook,
Kita bisa memberikan limit ?

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #9 on: 08 November 2011, 02:39:22 PM »
Kita adalah umat awam,
dan kebanyakan dari kita (yang umat awam)

Mengunakan DhammaCitta sebagai vihara (tempat belajar, tempat diskusi),
Jikalau ternyata DhammaCitta memiliki informasi yang salah (ataupun menyesatkan),

Apakah layak DhammaCitta dijadikan tempat untuk mencari informasi ?
Jikalau yang ada didalam menyesatkan ?

at Forum,
Kita memberikan special tag "Bhikku / Samanera / Samaneri"

di Facebook,
Kita bisa memberikan limit ?
Ga bisa, maka sang member diberikan tag 'mantan', alias 'diparinibbanakan' dari DC. Tapi maksudnya post itu tetap disimpan agar jangan sampai orang mengatakan DC memfitnah seseorang, tapi ada buktinya bahwa orang tersebut melanggar vinaya, bahkan Atthasila juga tidak diindahkan.

Offline Kang_Asep

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 528
  • Reputasi: -14
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #10 on: 08 November 2011, 02:40:02 PM »
alangkah lebih baik bila kita memperlakukan setiap orang dengang rasa hormat, apakah dia itu bikkhu ataupun bukan.

apalagi bila mengingat tentang ajaran Dhammachariya, yakni mengenai 4 kediaman luhur, seyogyanya batin hanya diisi oleh metta, karuna, mudhita dan upekha, tanpa memberi kesempatn kepada keraguan-raguan, rasa curiga dan kebencian untuk muncul di dalam batin. _/\_

MAAF KALO ADA SALAH-SALAH KATA.

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #11 on: 08 November 2011, 02:41:28 PM »
Masih ingat MMD ?

Rasa-rasanya tuh kasus juga mirip,
juga perlu diparinibbanakan,
atau mungkin dipindahkan dalam kategori kontroversial

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #12 on: 08 November 2011, 03:08:30 PM »
Sapi
kerbau
dasar sapi!
dasar kerbau!
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #13 on: 08 November 2011, 03:09:05 PM »
alangkah lebih baik bila kita memperlakukan setiap orang dengang rasa hormat, apakah dia itu bikkhu ataupun bukan.

apalagi bila mengingat tentang ajaran Dhammachariya, yakni mengenai 4 kediaman luhur, seyogyanya batin hanya diisi oleh metta, karuna, mudhita dan upekha, tanpa memberi kesempatn kepada keraguan-raguan, rasa curiga dan kebencian untuk muncul di dalam batin. _/\_

MAAF KALO ADA SALAH-SALAH KATA.
Setahu saya ini tidak ada hubungannya dengan masalah hormat-menghormati atau ke Brahmavihara, jadi tidak relevan dan tidak saya tanggapi.

Boleh dibaca dulu kronologinya, atau seandainya tidak tahu, bertanyalah. Jangan membuat asumsi sebelum mengetahui faktanya. Setelah itu, bolehlah kita diskusikan lagi.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: [Co-Pas FB]Tentang Mantan Member Bernama 'Bhante Suddhamacaro'
« Reply #14 on: 08 November 2011, 03:12:50 PM »
Masih ingat MMD ?

Rasa-rasanya tuh kasus juga mirip,
juga perlu diparinibbanakan,
atau mungkin dipindahkan dalam kategori kontroversial
Ada board yang cocok? Saya taruh di sini karena memang 'jubahnya' Theravada.