Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?  (Read 20015 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« on: 04 November 2011, 07:58:20 PM »
Banyak diantara kita selalu memiliki impian untuk meraih angan angan-nya pada saat ini. Tentu saja pada saat kita masi kuat secara fisik.
Tetapi banyak diantara kita lupa tentang cita cita yang kita persiapkan untuk kita mendekati ajal.

jadi pada topik ini, kami ingin menanyakan cita2 Anda pada saat menjelang ajal? Please, share...
semoga ada yang bisa memberi petunjuk2 menghadapi kematian dari pada mengejar impian2 yang belum tentu terwujud ;D


Karena kematian itu pasti, katanya lho.... katanya si-Anu....
« Last Edit: 04 November 2011, 08:00:23 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #1 on: 04 November 2011, 08:24:48 PM »
meninggal dengan tenang dan damai

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #2 on: 04 November 2011, 10:24:29 PM »
cita2 menjelang ajal adalah agar terlahir sebagai makhluk ariya, minimal seorang sotapanna...

petunjuk menghadapi kematian:
ketika mendekati ajal, bangkitkan ketenangan diri dan kesadaran dengan jernih...
jangan merasa takut akan kematian..
kematian itu sesungguhnya tidak seburuk yang kita pikirkan..
renungkanlah apa yang telah kita perbuat ketika kita masih hidup..
jika kita banyak berbuat baik pada saat kita hidup, maka tidak akan ada rasa kekhawatiran dan ketakutan pada diri kita, karena hanya ada 2 kemungkinan:
1) apabila tidak ada surga & neraka, setidaknya kita bisa mati dengan tenang tanpa beban lagi
2) apabila surga ada, maka sudah pasti kita akan dilahirkan disana, karena kebajikan kita semasa hidup
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #3 on: 04 November 2011, 11:29:47 PM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....
 
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #4 on: 04 November 2011, 11:31:45 PM »
cita2 menjelang ajal adalah agar terlahir sebagai makhluk ariya, minimal seorang sotapanna...

petunjuk menghadapi kematian:
ketika mendekati ajal, bangkitkan ketenangan diri dan kesadaran dengan jernih...
jangan merasa takut akan kematian..
kematian itu sesungguhnya tidak seburuk yang kita pikirkan..
renungkanlah apa yang telah kita perbuat ketika kita masih hidup..
jika kita banyak berbuat baik pada saat kita hidup, maka tidak akan ada rasa kekhawatiran dan ketakutan pada diri kita, karena hanya ada 2 kemungkinan:
1) apabila tidak ada surga & neraka, setidaknya kita bisa mati dengan tenang tanpa beban lagi
2) apabila surga ada, maka sudah pasti kita akan dilahirkan disana, karena kebajikan kita semasa hidup


mungkin yang dimaksud, menjelang ajal mencapai kondisi sebagai mahluk Ariya, minimal sotapana
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #5 on: 04 November 2011, 11:39:35 PM »

mungkin yang dimaksud, menjelang ajal mencapai kondisi sebagai mahluk Ariya, minimal sotapana
iya...
maaf, salah penulisan..
tq koreksinya..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #6 on: 05 November 2011, 12:26:23 AM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....
 
salut gue...
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #7 on: 05 November 2011, 08:03:22 AM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....

unt no. 2, alangkah baiknya mulai dibuat surat wasiat-nya... ;D
sy mw unt harta kekayaan Anda tapi tidak termasuk organ Anda  :)) :)) :))
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline shandy8487

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #8 on: 05 November 2011, 01:15:28 PM »
Keinginan ku simple, tp agak susah.....
Menjelang kematian, gw bs melepaskan smua, tdk melekat pd apapun jg...
Pikiran ku terarah hanya kepada buddha dhamma..dan gw bertekad untuk kembali terlahir ke alam manusia di bawah dhamma sang buddha gotama..
Dan kehidupan selanjut ny lg, ak bertekad terlahir di bagian dalam tusita, dmn boddhisatva maitreya berada... Dan pd saat ny, sy akan terlahir kembali ke alam manusia bersama dgn maitreya...

Svaha....svaha...svaha...

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #9 on: 05 November 2011, 01:20:12 PM »
pertanyaannya menjelang ajal maksudnya
detik2 menjelang kematian? atau
1 hari menjelang kematian? atau
beberapa lama menjelang kematian?

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #10 on: 05 November 2011, 03:53:33 PM »
pertanyaannya menjelang ajal maksudnya
detik2 menjelang kematian? atau
1 hari menjelang kematian? atau
beberapa lama menjelang kematian?


lebih spesifik-nya, detik2 mendekati ajal, Apakah cita2 Anda ?
Kondisi apa yang akan "bangkit"-kan ?

Sudah bersiap2 kah Anda dengan kondisi/cita2 tsb ? (saat ini)
Atau sudah kah Anda mempersiapkan kondisi seperti yang Anda cita2-kan menjelang ajal menjemput ?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #11 on: 05 November 2011, 05:29:45 PM »
pertanyaan yg menjebak
Samma Vayama

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #12 on: 05 November 2011, 07:32:09 PM »
jadi dokter, insinyur, presiden..

btw kok uda menjelang ajal baru dipikirkan, gak keburu larrrr hehehe

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #13 on: 05 November 2011, 08:13:21 PM »
To: mas Tidar...
Quote
unt no. 2, alangkah baiknya mulai dibuat surat wasiat-nya...
sy mw unt harta kekayaan Anda tapi tidak termasuk organ Anda   
;D ;D ;D
ya kalau matinya besok paling yang aku sumbangin ayamku yang 50 biji, 8 kura2, 1 kalkun ma beberapa tabungan berupa unag receh cepek an dalam kaleng....
masih berminat???
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #14 on: 05 November 2011, 08:17:40 PM »
To: mas Tidar... ;D ;D ;D
ya kalau matinya besok paling yang aku sumbangin ayamku yang 50 biji, 8 kura2, 1 kalkun ma beberapa tabungan berupa unag receh cepek an dalam kaleng....
masih berminat???


nama-nya juga dikasi, tetap aja diterima
mana bisa nolak gitu loh... :)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha