Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?  (Read 13171 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« on: 04 November 2011, 07:58:20 PM »
Banyak diantara kita selalu memiliki impian untuk meraih angan angan-nya pada saat ini. Tentu saja pada saat kita masi kuat secara fisik.
Tetapi banyak diantara kita lupa tentang cita cita yang kita persiapkan untuk kita mendekati ajal.

jadi pada topik ini, kami ingin menanyakan cita2 Anda pada saat menjelang ajal? Please, share...
semoga ada yang bisa memberi petunjuk2 menghadapi kematian dari pada mengejar impian2 yang belum tentu terwujud ;D


Karena kematian itu pasti, katanya lho.... katanya si-Anu....
« Last Edit: 04 November 2011, 08:00:23 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.161
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #1 on: 04 November 2011, 08:24:48 PM »
meninggal dengan tenang dan damai

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #2 on: 04 November 2011, 10:24:29 PM »
cita2 menjelang ajal adalah agar terlahir sebagai makhluk ariya, minimal seorang sotapanna...

petunjuk menghadapi kematian:
ketika mendekati ajal, bangkitkan ketenangan diri dan kesadaran dengan jernih...
jangan merasa takut akan kematian..
kematian itu sesungguhnya tidak seburuk yang kita pikirkan..
renungkanlah apa yang telah kita perbuat ketika kita masih hidup..
jika kita banyak berbuat baik pada saat kita hidup, maka tidak akan ada rasa kekhawatiran dan ketakutan pada diri kita, karena hanya ada 2 kemungkinan:
1) apabila tidak ada surga & neraka, setidaknya kita bisa mati dengan tenang tanpa beban lagi
2) apabila surga ada, maka sudah pasti kita akan dilahirkan disana, karena kebajikan kita semasa hidup
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #3 on: 04 November 2011, 11:29:47 PM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....
 
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #4 on: 04 November 2011, 11:31:45 PM »
cita2 menjelang ajal adalah agar terlahir sebagai makhluk ariya, minimal seorang sotapanna...

petunjuk menghadapi kematian:
ketika mendekati ajal, bangkitkan ketenangan diri dan kesadaran dengan jernih...
jangan merasa takut akan kematian..
kematian itu sesungguhnya tidak seburuk yang kita pikirkan..
renungkanlah apa yang telah kita perbuat ketika kita masih hidup..
jika kita banyak berbuat baik pada saat kita hidup, maka tidak akan ada rasa kekhawatiran dan ketakutan pada diri kita, karena hanya ada 2 kemungkinan:
1) apabila tidak ada surga & neraka, setidaknya kita bisa mati dengan tenang tanpa beban lagi
2) apabila surga ada, maka sudah pasti kita akan dilahirkan disana, karena kebajikan kita semasa hidup


mungkin yang dimaksud, menjelang ajal mencapai kondisi sebagai mahluk Ariya, minimal sotapana
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #5 on: 04 November 2011, 11:39:35 PM »

mungkin yang dimaksud, menjelang ajal mencapai kondisi sebagai mahluk Ariya, minimal sotapana
iya...
maaf, salah penulisan..
tq koreksinya..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #6 on: 05 November 2011, 12:26:23 AM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....
 
salut gue...
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #7 on: 05 November 2011, 08:03:22 AM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....

unt no. 2, alangkah baiknya mulai dibuat surat wasiat-nya... ;D
sy mw unt harta kekayaan Anda tapi tidak termasuk organ Anda  :)) :)) :))
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline shandy8487

  • Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #8 on: 05 November 2011, 01:15:28 PM »
Keinginan ku simple, tp agak susah.....
Menjelang kematian, gw bs melepaskan smua, tdk melekat pd apapun jg...
Pikiran ku terarah hanya kepada buddha dhamma..dan gw bertekad untuk kembali terlahir ke alam manusia di bawah dhamma sang buddha gotama..
Dan kehidupan selanjut ny lg, ak bertekad terlahir di bagian dalam tusita, dmn boddhisatva maitreya berada... Dan pd saat ny, sy akan terlahir kembali ke alam manusia bersama dgn maitreya...

Svaha....svaha...svaha...

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.161
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #9 on: 05 November 2011, 01:20:12 PM »
pertanyaannya menjelang ajal maksudnya
detik2 menjelang kematian? atau
1 hari menjelang kematian? atau
beberapa lama menjelang kematian?

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #10 on: 05 November 2011, 03:53:33 PM »
pertanyaannya menjelang ajal maksudnya
detik2 menjelang kematian? atau
1 hari menjelang kematian? atau
beberapa lama menjelang kematian?


lebih spesifik-nya, detik2 mendekati ajal, Apakah cita2 Anda ?
Kondisi apa yang akan "bangkit"-kan ?

Sudah bersiap2 kah Anda dengan kondisi/cita2 tsb ? (saat ini)
Atau sudah kah Anda mempersiapkan kondisi seperti yang Anda cita2-kan menjelang ajal menjemput ?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #11 on: 05 November 2011, 05:29:45 PM »
pertanyaan yg menjebak
Samma Vayama

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #12 on: 05 November 2011, 07:32:09 PM »
jadi dokter, insinyur, presiden..

btw kok uda menjelang ajal baru dipikirkan, gak keburu larrrr hehehe

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #13 on: 05 November 2011, 08:13:21 PM »
To: mas Tidar...
Quote
unt no. 2, alangkah baiknya mulai dibuat surat wasiat-nya...
sy mw unt harta kekayaan Anda tapi tidak termasuk organ Anda   
;D ;D ;D
ya kalau matinya besok paling yang aku sumbangin ayamku yang 50 biji, 8 kura2, 1 kalkun ma beberapa tabungan berupa unag receh cepek an dalam kaleng....
masih berminat???
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #14 on: 05 November 2011, 08:17:40 PM »
To: mas Tidar... ;D ;D ;D
ya kalau matinya besok paling yang aku sumbangin ayamku yang 50 biji, 8 kura2, 1 kalkun ma beberapa tabungan berupa unag receh cepek an dalam kaleng....
masih berminat???


nama-nya juga dikasi, tetap aja diterima
mana bisa nolak gitu loh... :)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #15 on: 05 November 2011, 08:18:51 PM »
pertanyaan yg menjebak


didalam Topik ini tidak ada jebakan, yang terjebak adalah Anda sendiri...
dan sekarang Anda sudah masuk jebakan pikiran Anda sendiri
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #16 on: 05 November 2011, 08:35:20 PM »
To: Mas Tidar
Quote
nama-nya juga dikasi, tetap aja diterima
mana bisa nolak gitu loh...
=> tolong dikasih makan semua yah, disayangi... dan jangan dijual apalagi dibunuh.... akan saya cantumkan kata2 itu dalam wasiat saya... :( :( :( :) :) :)
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #17 on: 05 November 2011, 08:55:13 PM »
To: Mas Tidar=> tolong dikasih makan semua yah, disayangi... dan jangan dijual apalagi dibunuh.... akan saya cantumkan kata2 itu dalam wasiat saya... :( :( :( :) :) :)


kami akan membebaskan mereka ke alam semula jadi, biarlah mereka menentukan pilihan hidupnya sendiri
kami lebih memilih untuk bebas tanpa terbeban ataupun terikat erat dengan hewan piaraan.
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #18 on: 05 November 2011, 09:49:16 PM »
To: Mas tidar
Quote
kami akan membebaskan mereka ke alam semula jadi, biarlah mereka menentukan pilihan hidupnya sendiri
kami lebih memilih untuk bebas tanpa terbeban ataupun terikat erat dengan hewan piaraan.
=> jadi tenang menitipkan merea semua pada anda...
Okaylah pasti kucantumin dalam wasiat saya....
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #19 on: 05 November 2011, 10:47:33 PM »

nama-nya juga dikasi, tetap aja diterima
mana bisa nolak gitu loh... :)

apalagi yang dikasi harta warisan...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #20 on: 05 November 2011, 10:50:01 PM »
jadi tenang menitipkan mereka semua pada anda...
Okaylah pasti kucantumin dalam wasiat saya....
saya kebagian ga sis??
kalo kebagian minta benda2 yang tidak hidup aja yah...   :)) :)) :))

hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #21 on: 05 November 2011, 10:50:47 PM »
apalagi yang dikasi harta warisan...

apa lagi yang ngasi, ibu dokter,
mana bisa


mana bisa nolak  :hammer:
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #22 on: 05 November 2011, 10:51:49 PM »
saya kebagian ga sis??
kalo kebagian minta benda2 yang tidak hidup aja yah...   :)) :)) :))


sapu mau?  :outoftopic:




 :backtotopic:
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #23 on: 05 November 2011, 10:55:51 PM »
apa lagi yang ngasi, ibu dokter,
mana bisa


mana bisa nolak  :hammer:

:hammer: :hammer: :hammer:
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #24 on: 05 November 2011, 11:59:40 PM »
To : Mas Tidar
Quote
apa lagi yang ngasi, ibu dokter,
mana bisa


mana bisa nolak 
=> emg siapa yang bilang saya adalah dokter???  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^

To: will_i_am
Quote
apalagi yang dikasi harta warisan...
=>
Quote
sapu mau?
=> udah dijawab to... ;) ;) ;)
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #25 on: 06 November 2011, 06:50:05 AM »
Cita2 menjelang ajal...
1. bahagiain ortu... jikalau saya tahu ajal saya adalah besok setelah matahari terbenam maka yang saya lakukan adalah membahagiakan ortu, pagi hari sebelum beliau bangun tidur saya akan mengambil sikap anjali dan menghormat sebanyak 12 kali sebagai tanda bakti dan seharian apapun beliau tidak boleh melakukan pekerjaan apapun(biar saya saja)....
2. menyumbangkan segala kepunyaan kepada siapapun yang membutuhkan (buka internet lalu browsing buat cari lembaga kemanusiaan apapun atau siapapun yang butuh organ saya apapun saya akan sumbangkan) bahkan mungkin saya akan daftar jadi sukarelawan donor apapun termasuk darah.... ;D ;D... biar meninggalnya gag usah pake peti yang berat2 cuma dibungkus kain langsung kremasi kan abunya ringan tuh bawanya trus saya wasiatin buat kasih abu jenazah saya buat makanan ikan di laut....
 

Sis itu kalo kita dalam kondisi yg masih bisa ngapa2in... misalkan tiba2 kena serangan stroke parah, trs kesadaran masih ada tetapi ga bisa gerak dan bicara.... dan mgkn dlm 12 jam pasti akan lewat... mgkn semua plan di atas ga bisa jalan loh....

kalo ada keinginan jgn tunda sampai dah mau mati baru dikerjakan mgkn perlu mulai saat masih hidup.... pada saat spt diatas mau donor organ pun tdk ada orang yg tau krn udah ga bisa ngomong.... mumpung masih hidup bs jd daftar dulu sbg pendonor....

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #26 on: 06 November 2011, 08:31:24 AM »

didalam Topik ini tidak ada jebakan, yang terjebak adalah Anda sendiri...
dan sekarang Anda sudah masuk jebakan pikiran Anda sendiri
maaf, kami tidak merasa terjebak dalam pikiran kami.
mungkin kawan kami yang terjebak.
mungkin kawan kami sang TS hendak membuat jebakan berantai bagi kami
Samma Vayama

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #27 on: 06 November 2011, 12:48:15 PM »
Quote
Sis itu kalo kita dalam kondisi yg masih bisa ngapa2in... misalkan tiba2 kena serangan stroke parah, trs kesadaran masih ada tetapi ga bisa gerak dan bicara.... dan mgkn dlm 12 jam pasti akan lewat... mgkn semua plan di atas ga bisa jalan loh....

kalo ada keinginan jgn tunda sampai dah mau mati baru dikerjakan mgkn perlu mulai saat masih hidup.... pada saat spt diatas mau donor organ pun tdk ada orang yg tau krn udah ga bisa ngomong.... mumpung masih hidup bs jd daftar dulu sbg pendonor....
=> saran yang perlu dipertimbangkan....
sayangnya cari organisasinya yg beneran mau bertujuan membantu itu yang sulit...
punya rekomendasi??? saya juga gag pingin nantinya apa yang saya donorkan sukarela malah dikomersilkan ma oknum tak bertanggung jawab... kasihan donk, mereka yang butuh tapi gag punya uang apa dibiarin mati sia2???  :( :( :( :(
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #28 on: 06 November 2011, 03:29:42 PM »
=> saran yang perlu dipertimbangkan....
sayangnya cari organisasinya yg beneran mau bertujuan membantu itu yang sulit...
punya rekomendasi??? saya juga gag pingin nantinya apa yang saya donorkan sukarela malah dikomersilkan ma oknum tak bertanggung jawab... kasihan donk, mereka yang butuh tapi gag punya uang apa dibiarin mati sia2???  :( :( :( :(

Saya terus terang ga ada saran organisasi mana yg bisa dipercaya ... kebetulan dulu pernah dalam kondisi yg serupa dan mengira tidak akan mgkn hidup lagi......jd bisa kasih ada kondisi tsb...hehehe...

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #29 on: 06 November 2011, 03:43:54 PM »
Quote
Saya terus terang ga ada saran organisasi mana yg bisa dipercaya ... kebetulan dulu pernah dalam kondisi yg serupa dan mengira tidak akan mgkn hidup lagi......jd bisa kasih ada kondisi tsb...hehehe...
=> saya juga pernah ada dalam kondisi tersebut dan sialnya waktu itu keadaan ekonomi keluarga saya lagi guncang sehingga saya tahu betapa sakitnya jika jadi org ekonomi lemah yang menderita sakit....  :'( :'( :'(
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #30 on: 06 November 2011, 06:07:53 PM »
maaf, kami tidak merasa terjebak dalam pikiran kami.
mungkin kawan kami yang terjebak.
mungkin kawan kami sang TS hendak membuat jebakan berantai bagi kami

kami tidak berkompeten untuk menjebak Anda atau siapapun dalam topik ini,
kalau Anda ingin terjebak dan ingin berputar2 dengan "jebakan" ini silakan dilanjut sendiri. Kami berharap Anda terbebas dari jebakan.


yang kami idam2-kan sebelum menjelang kematian adalah ada 2, yi:
1. kami ingin banyak melakukan banyak kebajikan didalam lingkungan sangha. Dengan maksud pada detik2 menjelang ajal menjemput kami dapat mengingat perbuatan kami dan dari situlah kami akan mencoba membangkitkan salah satu dari 5 faktor jhana.
mudah2an dengan kondisi tersebut bisa membawa kami ke kondisi yang lebih baik daripada sekarang.

2. jika pada kehidupan ini kami mampu melatih diri masuk ke dalam kondisi tercerap / arbsobsi / rupa jhana (I, II, III dan IV), kami akan berusaha melatih & mempertahankan kondisi arbsobsi tersebut sebelum detik2 ajal menjemput.





semoga sharing pribadi ini, tidak menjebak yang lain dan semoga juga bermanfaat unt yang lain.
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #31 on: 06 November 2011, 06:30:08 PM »
Banyak diantara kita selalu memiliki impian untuk meraih angan angan-nya pada saat ini. Tentu saja pada saat kita masi kuat secara fisik.
Tetapi banyak diantara kita lupa tentang cita cita yang kita persiapkan untuk kita mendekati ajal.

jadi pada topik ini, kami ingin menanyakan cita2 Anda pada saat menjelang ajal? Please, share...
semoga ada yang bisa memberi petunjuk2 menghadapi kematian dari pada mengejar impian2 yang belum tentu terwujud ;D


Karena kematian itu pasti, katanya lho.... katanya si-Anu....
"Terkadang, akan lebih baik merasa bahagia dengan apa yang Anda miliki ketimbang mencoba memenuhi mimpi tetapi hal itu bisa membunuh Anda,"
kata Zlatan Ibrahimovic (Pemain Bola)..
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline Ryobi

  • Tamu
  • *
  • Posts: 28
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #32 on: 07 November 2011, 03:31:35 PM »
Jika karma saya memungkinkan, dan saatnya telah tiba :

- Saya ingin kematian yang cepat dan tidak membuat saya menderita serta tidak menjadi beban keluarga saya ..

- Dan dalam waktu yang singkat saya masih mampu membangkitkan ketenangan batin dan pikiran saya untuk 
  berkonsentrasi membaca " Namo Amitabha Buddhaya "...

....  _/\_

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #33 on: 07 November 2011, 08:21:09 PM »
kami tidak berkompeten untuk menjebak Anda atau siapapun dalam topik ini,
kalau Anda ingin terjebak dan ingin berputar2 dengan "jebakan" ini silakan dilanjut sendiri. Kami berharap Anda terbebas dari jebakan.


yang kami idam2-kan sebelum menjelang kematian adalah ada 2, yi:
1. kami ingin banyak melakukan banyak kebajikan didalam lingkungan sangha. Dengan maksud pada detik2 menjelang ajal menjemput kami dapat mengingat perbuatan kami dan dari situlah kami akan mencoba membangkitkan salah satu dari 5 faktor jhana.
mudah2an dengan kondisi tersebut bisa membawa kami ke kondisi yang lebih baik daripada sekarang.

2. jika pada kehidupan ini kami mampu melatih diri masuk ke dalam kondisi tercerap / arbsobsi / rupa jhana (I, II, III dan IV), kami akan berusaha melatih & mempertahankan kondisi arbsobsi tersebut sebelum detik2 ajal menjemput.





semoga sharing pribadi ini, tidak menjebak yang lain dan semoga juga bermanfaat unt yang lain.
dengan , adanya keinginan tersebut mendukung pula kelahiran kembali
dengan tidak adanya bhava tanha, maka kami tidak akan terjebak lagi
Samma Vayama

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.161
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #34 on: 07 November 2011, 08:39:29 PM »
In the Pali Canon, several discourses explicitly refer to three types of craving:
craving for "sensuality" or "sensual pleasures" (kāma-taṇhā)
craving for "becoming" or "existence" (bhava-taṇhā)
craving for "no becoming" or "non-existence" or "extermination" (vibhava-taṇhā)

tidak ada bhava-taṇhā, kebalikannya ada vibhava-taṇhā
jadi kami mau bagaimana dong?
« Last Edit: 07 November 2011, 08:41:00 PM by bluppy »

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #35 on: 07 November 2011, 10:39:13 PM »
...
« Last Edit: 07 November 2011, 10:48:43 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #36 on: 07 November 2011, 10:50:28 PM »
dengan , adanya keinginan tersebut mendukung pula kelahiran kembali
dengan tidak adanya bhava tanha, maka kami tidak akan terjebak lagi


semoga Anda bisa merealisasikan tanpa adanya bhava tanha dan semoga dengan latihan yang Anda kembangkan Anda tidak terjebak lagi
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #37 on: 08 November 2011, 10:16:09 AM »
In the Pali Canon, several discourses explicitly refer to three types of craving:
craving for "sensuality" or "sensual pleasures" (kāma-taṇhā)
craving for "becoming" or "existence" (bhava-taṇhā)
craving for "no becoming" or "non-existence" or "extermination" (vibhava-taṇhā)

tidak ada bhava-taṇhā, kebalikannya ada vibhava-taṇhā
jadi kami mau bagaimana dong?

just let all go    :>-
There is no place like 127.0.0.1

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #38 on: 08 November 2011, 11:26:47 AM »
just let all go    :>-
easy to say...  :)) :)) :))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #39 on: 08 November 2011, 11:29:34 AM »
In the Pali Canon, several discourses explicitly refer to three types of craving:
craving for "sensuality" or "sensual pleasures" (kāma-taṇhā)
craving for "becoming" or "existence" (bhava-taṇhā)
craving for "no becoming" or "non-existence" or "extermination" (vibhava-taṇhā)

tidak ada bhava-taṇhā, kebalikannya ada vibhava-taṇhā
jadi kami mau bagaimana dong?
kami merasakan bahwa keinginan untuk menjadi arahat/tercerahkan
keinginan untuk terbebaskan.adalah bhava tanha. itu yg kami pikir.
Samma Vayama

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.161
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #40 on: 08 November 2011, 12:05:27 PM »
just let all go    :>-
hehehe :>-

kami masih bingung
jadi kami memutuskan
bahwa kami tidak akan terlalu memikirkannya

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #41 on: 08 November 2011, 12:07:02 PM »
semoga terlahir dimana saja yang dapat mendengar dan bisa mempraktekkan buddha dhamma

sadhu sadhu sadhu

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 585
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • Idealis tapi realistis dan realistis walau idealis
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #42 on: 08 November 2011, 12:56:31 PM »
easy to say...  :)) :)) :))

http://www.guardian.co.uk/technology/2011/oct/31/steve-jobs-last-words

Om steve Jobs, waktu menjelang kematian cuma bilang : "ah wow.. ah wow.. ah wow"
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #43 on: 08 November 2011, 03:08:39 PM »
kami merasakan bahwa keinginan untuk menjadi arahat/tercerahkan
keinginan untuk terbebaskan.adalah bhava tanha. itu yg kami pikir.
dikatakan kalau keinginan untuk menjadi arahat adalah chanda, yaitu keinginan yang bertujuan untuk melepas, bukan tanha atau keinginan untuk terikat...
lagipula kalau tidak ada keinginan untuk menjadi arahat berarti tidak akan ada bhikkhu lagi dong sekarang?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline tanpawujud

  • Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #44 on: 25 May 2015, 11:35:41 PM »
Banyak diantara kita selalu memiliki impian untuk meraih angan angan-nya pada saat ini. Tentu saja pada saat kita masi kuat secara fisik.
Tetapi banyak diantara kita lupa tentang cita cita yang kita persiapkan untuk kita mendekati ajal.

jadi pada topik ini, kami ingin menanyakan cita2 Anda pada saat menjelang ajal? Please, share...
semoga ada yang bisa memberi petunjuk2 menghadapi kematian dari pada mengejar impian2 yang belum tentu terwujud ;D


Karena kematian itu pasti, katanya lho.... katanya si-Anu....

mengarahkan pikiran pada ketenangan dan kedamaian batin yang disertai dengan panna dan metta untuk kelahiran berikutnya yg lebih baik(mis di alam dewa), btw lbih penting persiapan sblum ajal minimal menjadi pemasuk arus bro  ;)
cita2 minimal dalam kehidupan sekarang: merealisasikan tingkat kesucian sotapanna

Offline lautan

  • Betet Resurrected
  • Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: -6
  • Gender: Male
Re: Apa cita2-mu saat menjelang ajal ?
« Reply #45 on: 26 May 2015, 06:56:29 PM »
cita2 minimal dalam kehidupan sekarang: merealisasikan tingkat kesucian

jika benar demikian, kurangi dasa punna kiriyavatu.
tambah anapanasati setiap waktu dgn mengembangkan kesadaran.

metta hanya sementara, tidak berguna u jangka menengah, kecuali dari lahir
sdh membawa kemampuan batin.

ikut meditasi goenxx , cukup pelajaran dasar 4 hari saja.yg lain diabaikan.
 banyak sekali manfaatnya u kemajuannya anapanasati.