//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Lagi Lagi Anatta  (Read 9078 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #30 on: 04 October 2011, 03:29:09 PM »
Loh gimana ini,
jika pikiran bukan milik kita , maka tidak bisa dikendalikan, dengan demikian apa bedanya sama orang gila yang gak bisa kendalikan pikiran ???

pikiran dilatih untuk tenang dengan berlandaskan anatta juga...
misalnya kita dihina oleh orang, maka kita juga berpikir "dia sedang menghina panca khandha(ku), tidak seharusnya aku menjadi marah, karena ia bukan menghina apa yang menjadi milikku (panca khandha)"
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #31 on: 04 October 2011, 04:04:27 PM »
trims sekarang jadi ngerti sedikit tentang anatta.

jika diri ini adalah perpaduan unsur2 yang membentuknya.

hmm...

pancakhanda mungkin lebih tepat disebut sebagai bukan diri sejati. sehingga kita tidak bisa membuat "biarkan pancakhanda-ku seperti ini dan bukan seperti itu"

lalu pertanyaanya apakah ada yang disebut diri sejati?
kalau ada, apa saja?

mohon pencerahannya.
 _/\_ _/\_


Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #32 on: 04 October 2011, 04:37:09 PM »
dalam paham anatta saya rasa tidak ada...
karena kalau ada diri sejati, berarti sudah bertentangan dengan anatta toh??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #33 on: 04 October 2011, 04:44:19 PM »
ok tidak ada diri sejati.

berarti dalam hal apapun sesungguhnya adalah anatta atau tidak ada atta, gitu bukan?

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #34 on: 04 October 2011, 05:16:02 PM »
ini hanya pendapat saya loh, karena saya belum begitu paham tipitaka, tapi sepertinya dalam hal apapun sesungguhnya adalah anatta...
terlihat dari kalimat ini:
"sabbe dhamma anatta"
segala fenomena adalah tanpa diri
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #35 on: 04 October 2011, 07:42:43 PM »
Berarti Pak Ronald membuktikan adanya atta dong, sebab pak Ronald menyatakan bahwa pak ronald adalah salah satu yang paham mengenai anatta.
hahaha..itu pertanyaan yg pernah ..bahkan mirip..yg di tanyakan oleh umat awam
klo ga salah ada di majimma nikaya

ada seseorg yg bertanya kepada Buddha..knp mereka yg telah arahat..masih mengunakan kata saya, kmu, kalian..dll.., apakah mereka menyatakan atta?
jawabannya kurang lebih gini, mereka yg telah arahat..bukan saja mengetahui ttg dhamma, tp juga mampu berbicara dgn  bahasa duniawi
kurang lebih demikian

nah... tp dlam kasus aku.. aku belom arahat..tp paham...
dari 3 corak... anatta, dukkha, anicca
apa kamu tau ttg tidak kekal?
ataukah..apakah kmu tau ttg dukkha? bisa jelaskan apa itu dukkha kan?
atau kmu mungkin bisa jelaskan dgn cara sederhana..apa itu tidak kekal...
demikian..aku juga bisa menjelaskan apa itu anatta...
dan kaitannya dgn dukkha dan anicca...

tinggal baca di sutta..bisa paham lah..
nah masalahnya setelah paham mo ngapain?? mo tetap begini, atao mo berusaha buat keluar dari dukkha ini...
usahanya seperti apa??
(untuk kasus ku..aku tampaknya tak sehebat yg lain )

gimana dah ngerti?
...

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #36 on: 04 October 2011, 07:56:06 PM »
Namun apakah yang mengetahui bahwa tubuh sebenarnya bukan milik kita dll, dijamin akan lebih bisa mengendalikan diri daripada orang lain yang meyakini pandangan bahwa segala sesuatu milik tuhan atau dewa mereka ? Sebab saya alami sendiri banyak orang Buddhis yang kalah pengendalian dirinya dibanding kaum sesat.
iya bisa di jamin...
jika ada yg maha pengatur..buat apa usaha manusia?
benar
status Buddhis sendiri tidak menjamin pengendalian dirinya...
tp apakah teman mu yg kmu kenal buddhist itu mengetahi apa itu anatta, dukkha, anicca? apakah dia mengetahui konsekuensi atas lemahnya pengendalian diri? apakah di meyakini hal tsb?
jika tidak..maka..status buddhistnya hanya pajangan saja...
jika di ambil secara general..silakan cari perang yg disebabkan oleh agama yg terjadi di dunia..
...

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #37 on: 04 October 2011, 08:01:44 PM »
Loh gimana ini,
jika pikiran bukan milik kita , maka tidak bisa dikendalikan, dengan demikian apa bedanya sama orang gila yang gak bisa kendalikan pikiran ???
yah beda tipis...
sebanarnya secara Buddhist kita ini gila...
knp gila?
dah tau... 3 corak dunia..
dah tau 4 kesunyataan mulia..lengkap dgn jalannya...
tp masih suka dgn duniawi... gila gak tuh??

yah..kita masih tergila-gila dgn hal2 duniawi... masalahnya taraf gila kita berbeda2...ada yg parah banged...ada yg gak terlalu parah...
...

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #38 on: 04 October 2011, 08:06:56 PM »
ini hanya pendapat saya loh, karena saya belum begitu paham tipitaka, tapi sepertinya dalam hal apapun sesungguhnya adalah anatta...
terlihat dari kalimat ini:
"sabbe dhamma anatta"
segala fenomena adalah tanpa diri

ya begitu lah...
sabbe dhamma anatta = (segala yg berkondisi dan yang tidak berkondisi adalah tampa diri)
sabbe sankara Dukkha = ( segala yg berkondisi adalah dukkha)
sabbe sankara anicca = ( segala yg berkondisi adalah tidak kekal)

...

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #39 on: 04 October 2011, 08:10:01 PM »
makasih atas dukungannya...
hehe..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #40 on: 05 October 2011, 08:43:58 AM »
iya juga yah, sekedar mengerti saja gak ada gunanya.
tidak membawa kita kemana-mana tanpa tindakan.

lalu apa yang harus saya lakukan?

menyadari dukkha anicca anatta, trus ngapain?
ya memang akan merobah cara pandang saya, namun apakah hanya itu yang diharapkan dalam upaya mengatasi 3 corak ini?
sebatas pemahaman, kesadaran, sudut pandang, atau apa?

mohon pencerahannya
 ^:)^

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #41 on: 05 October 2011, 08:58:32 AM »
mengubah sudut pandang hanya langkah awal.. tujuan akhirnya adalah nibanna
masalahnya butuh tekad kuad, usaha yg kuad..dll, dan itu akan sulit jika kita sendiri tidak yakin..bener gak tuh dukkha, anatta dan anicca
setelah yakin... kita bisa memulai dari usaha awal..yaitu 5 sila buddhist
Nibanna pasti akan dicapai oleh sotapanna, sakadagami, anagami, dan arahat
jd kita udah tau jalan..udah ada tujuannya.... sisa melangkah..jika org memiliki tekad yg amat kuad.. dia bukan melangkah lg..dia bahkan berlari mengikuti jalan tsb.. menjadi Bhikkhu, brahmacariya.. dll
yg hanya berjalan..atau merayap.. ambilah 5 sila..latih ... akan sulit menyempurnakan 5 sila, tp dgn latihan bertahap akan bisa.., 1 langkah maju..berarti 1 langkah lebih dkt ke tujuan...
setelah 5 sila baik pasif atau aktiv.. berikutnya 8 sila.. dst
...

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #42 on: 05 October 2011, 09:35:08 AM »
mengubah sudut pandang hanya langkah awal.. tujuan akhirnya adalah nibanna
masalahnya butuh tekad kuad, usaha yg kuad..dll, dan itu akan sulit jika kita sendiri tidak yakin..bener gak tuh dukkha, anatta dan anicca
setelah yakin... kita bisa memulai dari usaha awal..yaitu 5 sila buddhist
Nibanna pasti akan dicapai oleh sotapanna, sakadagami, anagami, dan arahat
jd kita udah tau jalan..udah ada tujuannya.... sisa melangkah..jika org memiliki tekad yg amat kuad.. dia bukan melangkah lg..dia bahkan berlari mengikuti jalan tsb.. menjadi Bhikkhu, brahmacariya.. dll
yg hanya berjalan..atau merayap.. ambilah 5 sila..latih ... akan sulit menyempurnakan 5 sila, tp dgn latihan bertahap akan bisa.., 1 langkah maju..berarti 1 langkah lebih dkt ke tujuan...
setelah 5 sila baik pasif atau aktiv.. berikutnya 8 sila.. dst

tengkiu...

ehipasiko, saya mempelajari tentang 3 corak ini, saya meyakininya karena masuk di akal saya.
saya muter2 di forum ini, trus di beberapa web buddhist.
saya rangkum sendiri langkah-langkah saya sebagai umat buddha.
1. ehipasiko
2. memahami catari arya saccani
3. lanjut ke jalan mulia berunsur delapan
4. mencerapi 3 corak kehidupan
5. mempelajari tentang kamma, paticcasamuppada, pancakhanda, tiga akar kejahatan, bertekad mempraktekkan pancasila
6. pengetahuan dhamma lainnya.

5 yang point tersebut diatas saya katetorikan sebagai langkah utama saya sebagai umat buddha
sisa lainnya seperti 31 alam kehidupan, tisarana, kelahiran kembali, nibanna, dll saya pelajari berbarengan dengan 5 langkah utama yang saya sebutkan diatas.

yang mau saya tanyakan, sudah benarkah langkah saya sebagai umat buddha?
 ^:)^

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #43 on: 05 October 2011, 10:48:20 AM »
tengkiu...

ehipasiko, saya mempelajari tentang 3 corak ini, saya meyakininya karena masuk di akal saya.
saya muter2 di forum ini, trus di beberapa web buddhist.
saya rangkum sendiri langkah-langkah saya sebagai umat buddha.
1. ehipasiko
2. memahami catari arya saccani
3. lanjut ke jalan mulia berunsur delapan
4. mencerapi 3 corak kehidupan
5. mempelajari tentang kamma, paticcasamuppada, pancakhanda, tiga akar kejahatan, bertekad mempraktekkan pancasila
6. pengetahuan dhamma lainnya.

5 yang point tersebut diatas saya katetorikan sebagai langkah utama saya sebagai umat buddha
sisa lainnya seperti 31 alam kehidupan, tisarana, kelahiran kembali, nibanna, dll saya pelajari berbarengan dengan 5 langkah utama yang saya sebutkan diatas.

yang mau saya tanyakan, sudah benarkah langkah saya sebagai umat buddha?
 ^:)^
klo masalah itu..aku ga tau..tiap individu berbeda2 cara menumbuhkan keyakinan, semangat, usaha..dst  ..gitu deh
...

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Lagi Lagi Anatta
« Reply #44 on: 05 October 2011, 03:10:07 PM »
tengkiu...

ehipasiko, saya mempelajari tentang 3 corak ini, saya meyakininya karena masuk di akal saya.
saya muter2 di forum ini, trus di beberapa web buddhist.
saya rangkum sendiri langkah-langkah saya sebagai umat buddha.
1. ehipasiko
2. memahami catari arya saccani
3. lanjut ke jalan mulia berunsur delapan
4. mencerapi 3 corak kehidupan
5. mempelajari tentang kamma, paticcasamuppada, pancakhanda, tiga akar kejahatan, bertekad mempraktekkan pancasila
6. pengetahuan dhamma lainnya.

5 yang point tersebut diatas saya katetorikan sebagai langkah utama saya sebagai umat buddha
sisa lainnya seperti 31 alam kehidupan, tisarana, kelahiran kembali, nibanna, dll saya pelajari berbarengan dengan 5 langkah utama yang saya sebutkan diatas.

yang mau saya tanyakan, sudah benarkah langkah saya sebagai umat buddha?
 ^:)^

ya, anda bisa mempelajarinya sesuai langkah yang anda sebutkan diatas..
tetapi, yang lebih penting lagi, jangan hanya menjalani langkah tersebut dengan pembelajaran dari buku atau secara lisan saja...
tetapi baiknya agar dipraktekkan...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

 

anything