Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: melanjutkan usaha orang tua  (Read 7011 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline jambo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
melanjutkan usaha orang tua
« on: 01 July 2011, 08:48:12 PM »
wa seorang fresh graduate dan sekarang disuruh membantu usaha mama papa selagi nganggur

usaha ortu wa berjualan mobil (showroom), apakah usaha ortu wa sdh termasuk halal menurut agama buddhist?  ;D

xie xie xie xie xie xie semuannya  _/\_ _/\_ _/\_

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #1 on: 01 July 2011, 09:13:44 PM »
loh anak orang kaya dong? ;D
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #2 on: 01 July 2011, 09:23:30 PM »
menurut  http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=9567.0

a. Berdagang senjata
b. Berdagang manusia (yang dijual sebagai budak atau pelacur)
c. Berdagang binatang (yang akan dibunuh)
d. Berdagang alkohol atau minuman yang menyebabkan lemah
e. Berdagang racun
« Last Edit: 01 July 2011, 09:27:07 PM by andry »
Samma Vayama

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #3 on: 01 July 2011, 09:28:24 PM »
loh anak orang kaya dong? ;D
apakah sudah di pastikan yg usaha jual beli mobil= orang kaya?
apa definisi kaya menurut anda
Samma Vayama

Offline tania

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 163
  • Reputasi: 6
  • Gender: Female
  • sabbe satta bhavanthu sukhittata ..
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #4 on: 01 July 2011, 09:50:15 PM »
Berarti mengelola tempat makan (yg menjual makanan yg mengandung daging) tidak apa2? Karena bukan menjual binatang yg akan dibunuh?
Padahal dalam prosesnya, pengelola tempat itu perlu memesan binatang untuk dibunuh?
do the best is not for make people amazed with us, but do the best because it's the only way to enjoy the process .. - Ajahn Brahmvamso

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #5 on: 01 July 2011, 09:56:04 PM »
Berarti mengelola tempat makan (yg menjual makanan yg mengandung daging) tidak apa2? Karena bukan menjual binatang yg akan dibunuh?
Padahal dalam prosesnya, pengelola tempat itu perlu memesan binatang untuk dibunuh?

Kalau dagingnya dibeli di pasar, maka hal tersebut tidak dikategorikan sebagai pembunuhan

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #6 on: 01 July 2011, 10:01:33 PM »
Berarti mengelola tempat makan (yg menjual makanan yg mengandung daging) tidak apa2? Karena bukan menjual binatang yg akan dibunuh?
Padahal dalam prosesnya, pengelola tempat itu perlu memesan binatang untuk dibunuh?
nah ini, gw angkat tangan dah...
pandangan pribadi gw, sebisa mungkin hindari tipe bisnis kek gini.

ente bisa merujuk ke mari
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=20675.msg360666#msg360666
Samma Vayama

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #7 on: 01 July 2011, 10:02:57 PM »
Kalau dagingnya dibeli di pasar, maka hal tersebut tidak dikategorikan sebagai pembunuhan

Berarti mengelola tempat makan (yg menjual makanan yg mengandung daging) tidak apa2? Karena bukan menjual binatang yg akan dibunuh?
Padahal dalam prosesnya, pengelola tempat itu perlu memesan binatang untuk dibunuh?
gimana mbah runi? kek nya gak isa ya...
Samma Vayama

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #8 on: 01 July 2011, 10:11:56 PM »
Berarti mengelola tempat makan (yg menjual makanan yg mengandung daging) tidak apa2? Karena bukan menjual binatang yg akan dibunuh?
Padahal dalam prosesnya, pengelola tempat itu perlu memesan binatang untuk dibunuh?

selama ente tidak memiliki niat membunuh binatang, selama ente tidak meminta untuk membunuh binatang untuk diambil dagingnya, maka tidak menjadi masalah, kecuali di cari2... ;D

ente cm memesan daging n membeli, yg selanjutnya diolah jd makanan. ente kan tidak membeli binatang untuk selanjutnya di bunuh...

tp lain hal nya jika ente membeli binatang hidup sperti ayam dan selanjut nya ente menyuruh untuk membunuh ayam tersebut, maka sebaiknya dihindari tindakan sperti itu, tp bukan menghindari usaha/bisnis nya...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #9 on: 01 July 2011, 10:15:46 PM »
apakah sudah di pastikan yg usaha jual beli mobil= orang kaya?
apa definisi kaya menurut anda

mungkin maksudnya dari klangan yg lebih dalam materi ;D

jual mobil baru n punya showroom sendiri serta megang merk tertentu, bs dikatakan dr klangan yg lebih materi nya ;D krn membutuhkan dana yg ckup bsar untuk usaha sperti itu...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #10 on: 01 July 2011, 10:17:53 PM »
wa seorang fresh graduate dan sekarang disuruh membantu usaha mama papa selagi nganggur

usaha ortu wa berjualan mobil (showroom), apakah usaha ortu wa sdh termasuk halal menurut agama buddhist?  ;D

xie xie xie xie xie xie semuannya  _/\_ _/\_ _/\_

jika mobil yg ada di showroom hasil nipu/curian ato untuk berjualan mobil kudu bantai 1 ekor sapi/ayam item, maka bs dikatakan tidak halal... ;D
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #11 on: 01 July 2011, 10:18:44 PM »
gimana mbah runi? kek nya gak isa ya...


Yang saya tangkap maksud dari pertanyaanya adalah "pemesan tidak langsung"  ;D

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #12 on: 01 July 2011, 10:49:48 PM »
selama ente tidak memiliki niat membunuh binatang, selama ente tidak meminta untuk membunuh binatang untuk diambil dagingnya, maka tidak menjadi masalah, kecuali di cari2... ;D

ente cm memesan daging n membeli, yg selanjutnya diolah jd makanan. ente kan tidak membeli binatang untuk selanjutnya di bunuh...

tp lain hal nya jika ente membeli binatang hidup sperti ayam dan selanjut nya ente menyuruh untuk membunuh ayam tersebut, maka sebaiknya dihindari tindakan sperti itu, tp bukan menghindari usaha/bisnis nya...

Kalo memesan berarti terlibat pembunuhan.
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #13 on: 01 July 2011, 11:16:59 PM »
Showroom bkn cuma tempat penitipan mobil yg mo dijual ya? Menurutku selama ga menipu ok2 aja..tapi yg memesan kayanya terlibat pembunuhan jg deh...?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: melanjutkan usaha orang tua
« Reply #14 on: 01 July 2011, 11:41:48 PM »
wa seorang fresh graduate dan sekarang disuruh membantu usaha mama papa selagi nganggur

usaha ortu wa berjualan mobil (showroom), apakah usaha ortu wa sdh termasuk halal menurut agama buddhist?  ;D

xie xie xie xie xie xie semuannya  _/\_ _/\_ _/\_
tergantung dari cara menjalankan businessnya...

1. mobil bekas tabrakan dibilang gak tau
2. mobil diberi pelumas tertentu supaya suara mesin halus, tapi kemudia....
3. menyediakan salesgirl super menggoda sehingga pembeli sulit menolak tawaran tsb. Atau ada services tambahan dgn package tsb....
4. menjual barang curian..
5. menjual barang yg suratnya gak bener/gak lengkap

dst, dst...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya