Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mengenal e-KTP  (Read 10707 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Mengenal e-KTP
« on: 03 May 2011, 08:25:25 AM »
    Quote
    e-KTP indonesia:

    e-ktp negara maju:

    Apa dan Mengapa e-KTP ?

    Resume Kuliah
    IF4092- Sosioteknologi Informasi
    Ega Dioni Putri (13506095)
    UJIPETIK E-KTP DAN NIK DILENGKAPI SIDIK JARI DAN CHIP
    BERBASIS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK)


    Teknologi informasi kini telah diterapkan di berbagai bidang sehingga banyak bermunculan istilah-istilah yang ditambah embel-embel “e” (electronic, dibaca dengan lafal “i”) didepannya, contoh: e-commerce, e-book, e-voting, dan lain-lain. Dalam hal ini, Departemen Dalam Negeri sebagai pihak yang bertugas mengurus sistem kependudukan Indonesia tidak ketinggalan melakukan inovasi. Salah satunya adalah dengan mencanangkan pembuatan e-KTP yang saat ini sedang dalam tahap pengujian (disebut uji petik) di beberapa wilayah Indonesia.

    Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:

    1. Menghindari pajak
    2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
    3. Mengamankan korupsi
    4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)[

    Untuk mengatasi duplikasi tersebut sekaligus menciptakan kartu identitas multifungsi, digagaslah e-KTP yang menggunakan pengamanan berbasis biometrik.

    Autentikasi menggunakan biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Ada banyak jenis pengamanan dengan cara ini, antara lain sidik jari (fingerprint), retina mata, DNA, bentuk wajah, dan bentuk gigi. Pada e-KTP, yang digunakan adalah sidik jari. Tujuan penggunaan biometrik pada e-KTP adalah sebagai berikut:

       1. Mencegah adanya pemalsuan
       2. Dengan biometrik, autentikasi dilakukan dua tahap, yakni:
           a. what you have (apa yang kamu punya) melalui fisik kartu e-KTP
           b. what you are (seperti apa kamu) melalui identifikasi biometrik

        3. Jika terjadi kehilangan kartu, maka orang yang menemukan kartu e-KTP milik orang lain tidak akan dapat menggunakannya karena akan dicek kesamaan biometriknya.
       4.  Mencegah adanya penggandaan
        5. Dengan e-KTP, seluruh rekaman sidik jari penduduk akan disimpan di AFIS (Automated Fingerprint Identification System) yang berada di pusat data di Jakarta.

    Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:



    Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut:

        1. Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain
        2. Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores
        3. Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar

    Informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada layout kasar berikut:


    Untuk mendapatkan informasi di atas dari penduduk, wajib KTP harus mengisi formulir tipe F1.01.

    Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:

        1. Identitas jati diri tunggal
        2. Tidak dapat dipalsukan
        3. Tidak dapat digandakan
        4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada[/li][/list]

    Struktur e-KTP sendiri terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:

        1. Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
        2. Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
        3. Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai spiral)
        4. Printing,yaitu pencetakan kartu
        5. Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
        6. Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman

    Dari hasil observasi penulis, banyak yang mempertanyakan pembuatan e-KTP ini., bahkan sebagian masyarakat membentuk prasangka-prasangka buruk atas pengalokasian dana proyek e-KTP yang konon mencapai 60 triliun. Padahal menurut penjelasan Bp. Munawar, dosen Sosioteknologi Informasi yang juga dilibatkan dalam proyek ini, justru e-KTP akan menghemat pengeluaran Negara berkali-kali lipat. Gambaran penghematan tersebut sebagai berikut:

    1. Penghindaran pembayaran pajak dari sebagian penduduk akan dapat dihindari sehingga pemasukan Negara dari pajak akan meningkat
    2. Dana yang dibutuhkan untuk pemilu atau pilkada dapat dikurangi karena KPU tidak perlu mencetak kartu tanda pemilih, surat keterangan pemilih luar kota, dan sebagainya bagi penduduk wajib pilih. Jika secara kasar dana untuk tiap pilkada di tingkat provinsi saja menghabiskan 8 triliun, dapat dibayangkan besarnya dana di seluruh Indonesia. Belum lagi biaya pemilu presiden yang diadakan lima tahun sekali.
    3. Dalam pengembangannya nanti, e-KTP bukan hanya digunakan untuk kartu pemilih saja, melainkan juga SIM dan kartu identitas dari Negara lainnya. Maka, biaya pembuatan kartu-kartu tersebut dapat ditekan.
    « Last Edit: 03 May 2011, 08:52:46 AM by No Pain No Gain »
    No matter how dirty my past is,my future is still spotless

    Offline No Pain No Gain

    • Sebelumnya: Doggie
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 2.796
    • Reputasi: 73
    • Gender: Male
    • ..............????
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #1 on: 03 May 2011, 08:46:20 AM »
    Pemerintah menargetkan penerapan elektronik kartu tanda penduduk (e-ktp) pertengahan tahun nanti. Rencananya 67 juta blanko e-ktp ini akan mulai dicetak pertengahan juni nanti.

    Quote
    "Pelayanan e-KTP (perekaman sidik jari, foto dan tanda tangan) dilakukan minggu pertama Agustus sampai dengan minggu keempat November 2011,"ujar Pelaksana Tugas Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman, M.Si dalam Rapat dengan Komisi Pemerintah DPR Selasa 29 Maret 2011.

    Pelayanan e-KTP ini, menurut Irman, ditargetkan untuk 67 juta penduduk wajib KTP (WK) selama kurang lebih 3,5 bulan atau 100 hari efektif. Jika proses ini berjalan lancar penerbitan e-KTP bisa dimulai di minggu pertama September 2011. "Penyerahan e-KTP minggu kedua September 2011,"ujarnya.

    Proses persiapan dan agenda penerapan e-KTP, kata Irman, sudah berada ditahapan pelaksanaan lelang pengadaan barang/jasa yang dibuka sejak 21 Februari hingga 15 Mei mendatang. Saat ini, sudah ada 8 dari 11 konsorsium yang lulus pra kualifikasi. Pemenangnya diperkirakan akan diumumkan 21 Mei nanti.

    Sejauh ini, Kementerian Dalam Negeri terus menambah penerbitan nomor induk kependudukan (NIK) diseluruh Indonesia untuk mendukung kemudahan menerapkan e-KTP ini. Tahun 2010 lalu sudah dilakukan penertiban NIK di 329 kabupaten/kota, dan dilanjutkan tahun ini di 168 kabupaten/kota.

    Ketua Komisi Pemerintahan Chairuman Harahap mengatakan pihaknya akan terus mengecek sejauh mana persiapan tersebut dilakukan. Ia berharap ada aturan yang dibuat sehingga tidak bertentangan dengan kepentingan-kepentingan yang lain. "Jangan beli mobil di Bandung harus ada KTP daerah Bandung. Sebelum ini berjalan harus rubah dulu aturannya,"kata dia.

    Ia menambahkan, "Kita kontrol, sehingga ini proyek monumental untuk suatu perubahan kerja kedepan. Sehingga tidak ada lagi penduduk kita yang tidak terdafatar. Kalau pun sudah terdaftar itulah adanya,"kata politisi Partai Golkar ini.

    Anggota Komisi Pemerintahan Amrun Daulay juga berharap, pemerintah sangat memperhatikan kelemahan-kelemahan e-KTP. Ia menginginkan nantinya kartu ini juga terintegarasi dengan data kementerian yang lain sehingga penggunaannya maksimal."Ini data kependudukan saja, saya yakin tidak ada data pajak, data bea cukai dan sebagainya. Kelihatanya tidak membantu kementerian lain. Saya berharap ini bisa dikaitkan misalnya dengan NPWP,"kata dia.

    Dana pelaksanaan e-KTP termasuk penerbitan NIK yang mendukungnya dianggarkan mencapai Rp 6,7 triliun. Dengan rincian penertiban NIK di 329 Kabupaten/Kota tahun 2010 sebesar Rp 384 miliar. Penertiban NIK di 168 Kabupaten/Kota dan penerapan e-KTP di 197 Kabupaten/Kota tahun 2011 dengan jumlah anggaran sebesar Rp 2,468 triliun. Dan penerapan e-KTP di 300 Kabupaten/Kota pada tahun 2012, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 3,872 triliun.
    No matter how dirty my past is,my future is still spotless

    Offline xenocross

    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 1.185
    • Reputasi: 61
    • Gender: Male
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #2 on: 03 May 2011, 09:25:05 AM »
    semoga gak makin mahal aja biaya ngurusnya

    bagusnya bisa jadi single identity dan gak repot ngurus berbagai macam kartu
    Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
    ~ Mahavairocana Sutra

    Offline kullatiro

    • Sebelumnya: Daimond
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 6.098
    • Reputasi: 95
    • Gender: Male
    • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #3 on: 06 May 2011, 09:24:23 PM »
    ini jadi e-ktp seumur hidup jadi tidak perlu ganti ktp lagi kecuali hilang kan?

    Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

    • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 5.807
    • Reputasi: 239
    • Gender: Male
    • 会いたい。
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #4 on: 09 May 2011, 10:11:27 PM »
    Kayaknya masih harus ganti deh. Soalnya orang kelurahan kan masih butuh duit buat foya-foya.
    HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
    Fake friends are like shadows never around on your darkest days

    Offline wang ai lie

    • Sebelumnya: anggia.gunawan
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 3.204
    • Reputasi: 72
    • Gender: Male
    • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #5 on: 09 May 2011, 10:26:13 PM »
    Kayaknya masih harus ganti deh. Soalnya orang kelurahan kan masih butuh duit buat foya-foya.

    selain itu kualitas chip nya bagus / enggak, kalau bagus orang kelurahan gak bisa foya2 kecuali biaya bikin di mahalin, kalau jelek ya siap2 buka dompet buat bikin lagi  ;D
    Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

    Offline Brado

    • Sebelumnya: Lokkhitacaro
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 1.645
    • Reputasi: 67
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #6 on: 10 May 2011, 10:21:56 AM »
    ini jadi e-ktp seumur hidup jadi tidak perlu ganti ktp lagi kecuali hilang kan?

    Kalau pindah alamat rumah misalnya..? ganti lagi kah ?

    Offline CandraWie

    • Sahabat
    • ***
    • Posts: 145
    • Reputasi: 5
    • Gender: Male
    • Semoga semua mahluk berbahagia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #7 on: 10 May 2011, 11:27:56 AM »
    selain itu kualitas chip nya bagus / enggak, kalau bagus orang kelurahan gak bisa foya2 kecuali biaya bikin di mahalin, kalau jelek ya siap2 buka dompet buat bikin lagi  ;D

    FYI bro... umumnya umur chip 10 taun... demikian juga data retention nya..

    Kalau pindah alamat rumah misalnya..? ganti lagi kah ?

    FYI lagi, ttg e-ktp kayaknya berat tu projectnya... yg bikin sistem blm fix, dan tau sendiri lah gimana kesulitan birokrasi itu nantinya masuk ke sistem elektronik. 
    setauku sih alamat rumah pindah ya.. harus ganti KTP, krn desain tampilannya mencantumkan alamat tempat tinggal dan itu tercetak di kartu.

    sebenernya ga efisien juga sih... lebih efisien kalo issue penerapan SIN (Singular Identification Number) diterapkan...
    jd bayi lahir sudah memiliki SIN... dan yg terdaftar di pemerintah adalah SIN ini saja, seumur hidup berlaku sampai meninggal...

    tp kalo dlihat sistem birokrasi di sini, kayaknya susah SIN diterapkan...
    ..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

    Offline wang ai lie

    • Sebelumnya: anggia.gunawan
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 3.204
    • Reputasi: 72
    • Gender: Male
    • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #8 on: 10 May 2011, 01:21:34 PM »
    umur rata2 chips 10 tahun, seperti barang elecktronik lainnya , pasti ada umurnya tapi juga tergantung merk dan perusahaannya.
    jika mau murah ya pilih yang alakadarnya aja , kecuali mau ngeluarin biaya besar mungkin bisa dapat chip sampai berumur 10 tahun  :)
    Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

    Offline PIKOCHAN RAPTOR

    • Sahabat
    • ***
    • Posts: 261
    • Reputasi: -2
    • Gender: Male
    • SSBS
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #9 on: 10 May 2011, 01:24:55 PM »
    Barang tersebut "waterproof" ga/ya?  ???

     _/\_ SSBS
     [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
     [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

    Offline CandraWie

    • Sahabat
    • ***
    • Posts: 145
    • Reputasi: 5
    • Gender: Male
    • Semoga semua mahluk berbahagia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #10 on: 10 May 2011, 01:34:16 PM »
    Barang tersebut "waterproof" ga/ya?  ???

     _/\_ SSBS

     _/\_
    pasti dong.. bentuknya nanti seperti SIM.  Jadi berupa kartu PVC (plastik), dan di dlm nya (tidak terlihat) ada chip yg tertanam...
    ..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

    Offline PIKOCHAN RAPTOR

    • Sahabat
    • ***
    • Posts: 261
    • Reputasi: -2
    • Gender: Male
    • SSBS
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #11 on: 10 May 2011, 01:44:27 PM »
    Manthab, jd bisa dicuci biar selalu bersih  :P

     _/\_ SSBS
     [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
     [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

    Offline irang

    • Bukan Tamu
    • *
    • Posts: 1
    • Reputasi: 0
    • Semoga semua mahluk berbahagia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #12 on: 17 September 2011, 10:42:12 PM »
    Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak.

    Apa ya maksudnya ? Bisa tolong dijelaskan,.... ;D

    Offline kullatiro

    • Sebelumnya: Daimond
    • KalyanaMitta
    • *****
    • Posts: 6.098
    • Reputasi: 95
    • Gender: Male
    • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #13 on: 20 September 2011, 11:54:05 AM »
    oh ada antena nya yahh jadi ini seperti smart card Flazz card (rfid) jadi bisa memancarkan gelombang radionya bila di dekat alat tertentu.

    Quote
    Kartu Flazz BCA merupakan alat pembayaran multifungsi tercepat pertama di Indonesia untuk kenyamanan bertransaksi Anda. Menggunakan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification), Kartu Flazz pantas untuk disebut sebagai kartu prabayar multifungsi dengan teknologi terkini, otorisasi transaksi pembayaran dilakukan langsung di chip di Kartu Flazz itu sendiri. Pengisian ulang saldo (top up) pun mudah, cukup membawa Kartu Paspor ke ATM Non-tunai BCA serta merchant-merchant berlogo Flazz Isi Ulang dan stand penjualan Flazz di mall terkemuka. Minimum top up Rp 100.000, dan maksimum saldo yang dapat tersimpan di kartu maksimum Rp 1 juta.

    http://www.klikbca.com/individual/silver/product.html?s=69
    « Last Edit: 20 September 2011, 11:57:37 AM by daimond »

    Offline CandraWie

    • Sahabat
    • ***
    • Posts: 145
    • Reputasi: 5
    • Gender: Male
    • Semoga semua mahluk berbahagia
    Re: Mengenal e-KTP
    « Reply #14 on: 04 October 2011, 09:22:44 AM »
    Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak.

    Apa ya maksudnya ? Bisa tolong dijelaskan,.... ;D

     _/\_
    e-KTP itu merupakan contactless smart card, jd dalam penggunaannya tidak bersentuhan dengan alat pembacanya (reader).
    Reader smartcard akan memancarkan gelombang dengan frekuensi tertentu, dan gelombang ini akan menginduksi antena dalam kartu yang kemudian menjadi sumber tenaga untuk chip bekerja.

    Chip menyimpan data diri pengguna, mulai dari nama, alamat, dll, termasuk foto dan sidik jari, saya tidak tau untuk data retina mata disimpan dalam chip juga atau tidak.
    Nah, dengan aplikasi program khusus yang dhubungkan dengan reader, data-data dalam chip dapat terbaca.  Data-data ini nantinya digunakan untuk mencocokkan foto, sidik jari, atau pun retina mata si pemegang e-KTP tersebut, sesuai atau tidak.
    untuk mendapatkan sidik jari atau pun retina mata, tentunya menggunakan alat terpisah, bukan reader e-KTP itu sendiri.

    Semoga bermanfaat.
    « Last Edit: 04 October 2011, 09:25:14 AM by CandraWie »
    ..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...