Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw  (Read 14988 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #60 on: 27 April 2011, 11:36:19 PM »
berdana makanan dalam bentuk buah2an diperbolehkan oleh vinaya, tetapi buah2an tsb tidak boleh dalam keaadaan utuh, harus dirusak sedikit, untuk apel atau jeruk bisa dikupas terlebih dulu, untuk pisang, cukup dipotong ujungnya dengan pisau.

tapi spt sarannya Mas Tidar, mempersiapkan bubur adalah pekerjaan mudah, tapi hati2 bagi yg tidak berpengalaman bubur bisa menjadi nasi.
dipagi hari cari makanan vege susah bgt .... tapi tekad utk berdana makanan sudah bulat  ;D
jam 5 pagi ke pasar cari2 makanan vege ... hasil gak ada  ^-^

liat yg jualan kue2/roti ..... mata tertuju pada daon bungkusan yg berisi pisang (molen) ?? ambil 5 bungkus
lalu cari lagi buah2 ..... masih byk yg belum buka, akhirnya hanya yg jualan pisang yg ada .... lalu beli 1 renceng  ::) (renceng ; bhs apa itu  :)) )

pergilah pada tujuan ..... sampe di vihara langsung kedapur dan katanya suruh cepat2 karna waktunya sudah dimulai
cari piring langsung taro 1 renceng tanpa di kupas dulu  :hammer: .... lalu orang yg didapur bilang .... tuch pisang dicuci dulu lalu kupas dan potong2 baru bole di taro di piring ...... waktunya mepet tapi byk yg bantuin juga  ;D .... selesai
langsung bawa tuch piring dengan semangat dan terburu-buru ke lantai 4 ...... eeeh lt 4 sepi kosong lalu turun lagi baru sadar ruang makan ada di lantai dasar  :hammer:  ;D ......
ternyata memang gw rada telat .... Pha Auuk Sayadaw dan Bhante lainnya sedang makan
tetap gw dipersilakan masuk dan bole berdana oleh Dayakanya ......
piring disentuh oleh Bhante ..... gw namaskara 3 x
Keluar ...... ke ruang tunggu  ;D
-tamat-  ;)
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #61 on: 30 April 2011, 11:23:42 PM »
dipagi hari cari makanan vege susah bgt .... tapi tekad utk berdana makanan sudah bulat  ;D
jam 5 pagi ke pasar cari2 makanan vege ... hasil gak ada  ^-^

liat yg jualan kue2/roti ..... mata tertuju pada daon bungkusan yg berisi pisang (molen) ?? ambil 5 bungkus
lalu cari lagi buah2 ..... masih byk yg belum buka, akhirnya hanya yg jualan pisang yg ada .... lalu beli 1 renceng  ::) (renceng ; bhs apa itu  :)) )

pergilah pada tujuan ..... sampe di vihara langsung kedapur dan katanya suruh cepat2 karna waktunya sudah dimulai
cari piring langsung taro 1 renceng tanpa di kupas dulu  :hammer: .... lalu orang yg didapur bilang .... tuch pisang dicuci dulu lalu kupas dan potong2 baru bole di taro di piring ...... waktunya mepet tapi byk yg bantuin juga  ;D .... selesai
langsung bawa tuch piring dengan semangat dan terburu-buru ke lantai 4 ...... eeeh lt 4 sepi kosong lalu turun lagi baru sadar ruang makan ada di lantai dasar  :hammer:  ;D ......
ternyata memang gw rada telat .... Pha Auuk Sayadaw dan Bhante lainnya sedang makan
tetap gw dipersilakan masuk dan bole berdana oleh Dayakanya ......
piring disentuh oleh Bhante ..... gw namaskara 3 x
Keluar ...... ke ruang tunggu  ;D
-tamat-  ;)


ikut bermudita, smg segala timbunan kebajikan bro membuahkan kebahagiaan dikehidupan sekarang dan mendatang, akhir mencapai nibbana.sadhu.

bro kenapa ga buat jelly sendiri, jika udah punya jelly sachet (entah rasa buah, susu, coklat, dll) khan mudah buat sendiri aja cepat n praktis. klo memang beliau suka alpukat khan ada rasa alpukat tuh (jelly rasa alpukat klo ga ada bisa diberi rasa alpukat).

mettacittena,

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #62 on: 30 April 2011, 11:30:40 PM »
FYI: Sayadaw memiliki diabet,

dengar isyu dari antah berantah, beliau suka alpukat . . .

salam,

jika memiliki diabet, cara termudah adalah mengkonsumsi beras merah, seketika akan turun secara drastis, sy sendiri ngalami, selama di Sri Lanka sehari2 makan nasi beras merah, bener2 nasi yg berasal dari beras merah (silahkan tanya ke Rev.Peacemind & Rev.Dhammasiri, mereka pasti sering mengkonsumsi ini juga). ternyata makan nasi beras merah adalah nasi favorite di Sri Lanka, namun mengakibatkan gula darah sy seketika turun jadi 69 sekarang udah agak baikan 81. coba aja deh selama beliau di Indo tolong dicarikan beras merah lalu dimasak jadi nasi sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah beliau.

mettacittena,

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #63 on: 30 April 2011, 11:37:43 PM »
berdana makanan dalam bentuk buah2an diperbolehkan oleh vinaya, tetapi buah2an tsb tidak boleh dalam keaadaan utuh, harus dirusak sedikit, untuk apel atau jeruk bisa dikupas terlebih dulu, untuk pisang, cukup dipotong ujungnya dengan pisau.

tapi spt sarannya Mas Tidar, mempersiapkan bubur adalah pekerjaan mudah, tapi hati2 bagi yg tidak berpengalaman bubur bisa menjadi nasi.



kalau tidak salah istilahnya: kapik bhante (buah dirusak kulit luarnya dan kemudian diserahkan kembali ke sang bhikkhu)




salam,
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #64 on: 01 May 2011, 03:56:26 PM »
jika memiliki diabet, cara termudah adalah mengkonsumsi beras merah, seketika akan turun secara drastis, sy sendiri ngalami, selama di Sri Lanka sehari2 makan nasi beras merah, bener2 nasi yg berasal dari beras merah (silahkan tanya ke Rev.Peacemind & Rev.Dhammasiri, mereka pasti sering mengkonsumsi ini juga). ternyata makan nasi beras merah adalah nasi favorite di Sri Lanka, namun mengakibatkan gula darah sy seketika turun jadi 69 sekarang udah agak baikan 81. coba aja deh selama beliau di Indo tolong dicarikan beras merah lalu dimasak jadi nasi sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah beliau.

mettacittena,

Kalau beras merah, tenang saja sam ...selama ini beliau memang makannya beras merah soalnya kapiaknya(umat yang membantu bhikkhu) telaten/teliti dan malah kapiaknya itu akan diupasampada jadi bhikkhu bulan mei ini ;D
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #65 on: 01 May 2011, 07:57:53 PM »
Kalau beras merah, tenang saja sam ...selama ini beliau memang makannya beras merah soalnya kapiaknya(umat yang membantu bhikkhu) telaten/teliti dan malah kapiaknya itu akan diupasampada jadi bhikkhu bulan mei ini ;D

info tgl donk....kapan ?  :lotus: :lotus: :lotus:

abis gtu lgs berangkatkah kesana ?

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #66 on: 02 May 2011, 10:03:09 AM »
info tgl donk....kapan ?  :lotus: :lotus: :lotus:

abis gtu lgs berangkatkah kesana ?

Katanya sih ada 4 yg diupasampada tapi mas Tidar bilang ada 5 , mungkin nambah. kelihatannya sekitar tgl 5 mei an atau setelah itu mengingat tgl 5 mei beliau baru sampai di Batam.

Yang saya tau kapiaknya setelah diupasampada langsung ke Myanmar berlatih dan tidak tahu yang sisanya apakah juga kesana.

Metta
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #67 on: 02 May 2011, 04:50:39 PM »
Kalau beras merah, tenang saja sam ...selama ini beliau memang makannya beras merah soalnya kapiaknya(umat yang membantu bhikkhu) telaten/teliti dan malah kapiaknya itu akan diupasampada jadi bhikkhu bulan mei ini ;D

info tgl donk....kapan ?  :lotus: :lotus: :lotus:

abis gtu lgs berangkatkah kesana ?

padahal ini yg sy kirain mr.bond lho...

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #68 on: 02 May 2011, 11:11:03 PM »
Kalau beras merah, tenang saja sam ...selama ini beliau memang makannya beras merah soalnya kapiaknya(umat yang membantu bhikkhu) telaten/teliti dan malah kapiaknya itu akan diupasampada jadi bhikkhu bulan mei ini ;D
Ada yg kelupaan diceritain  ;D

Setelah Pha Auuk Sayadaw dan Bhante lainnya selesai makan ... para umat di persilakan utk makan juga
serbuuuu  ^-^ ...... diantara makanan, sayuran dan buah2an ..... ada nasi merah bukan beras merah lhooo  :))
dan juga banyak kacang2an serta alpukat dari sekian banyak makanan yg lebih dominan buah2an ..... buah apa aja ada
yg jarang kita temui termasuk sawoo  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #69 on: 03 May 2011, 10:24:47 AM »
Katanya sih ada 4 yg diupasampada tapi mas Tidar bilang ada 5 , mungkin nambah. kelihatannya sekitar tgl 5 mei an atau setelah itu mengingat tgl 5 mei beliau baru sampai di Batam.

Yang saya tau kapiaknya setelah diupasampada langsung ke Myanmar berlatih dan tidak tahu yang sisanya apakah juga kesana.

Metta

mungkin saya bisa salah. info 5 org tsb saya dapat dr org lain.

yang saya tau benar fisiknya hanya 3 orang saja.
kalau ada yang kurang berkenan mohon di-per-sori,



salam,
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #70 on: 03 May 2011, 10:33:45 AM »
info tgl donk....kapan ?  :lotus: :lotus: :lotus:

abis gtu lgs berangkatkah kesana ?
Katanya sih ada 4 yg diupasampada tapi mas Tidar bilang ada 5 , mungkin nambah. kelihatannya sekitar tgl 5 mei an atau setelah itu mengingat tgl 5 mei beliau baru sampai di Batam.

Yang saya tau kapiaknya setelah diupasampada langsung ke Myanmar berlatih dan tidak tahu yang sisanya apakah juga kesana.

Metta

mungkin saya bisa salah. info 5 org tsb saya dapat dr org lain.

yang saya tau benar fisiknya hanya 3 orang saja.
kalau ada yang kurang berkenan mohon di-per-sori,

salam,

ga apa2...saya ga masalah kok, yg sy inginkan adalah info kepastian kapan agen DC ini diupasampada....

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #71 on: 03 May 2011, 10:36:18 AM »
Ada yg kelupaan diceritain  ;D

Setelah Pha Auuk Sayadaw dan Bhante lainnya selesai makan ... para umat di persilakan utk makan juga
serbuuuu  ^-^ ...... diantara makanan, sayuran dan buah2an ..... ada nasi merah bukan beras merah lhooo  :))
dan juga banyak kacang2an serta alpukat dari sekian banyak makanan yg lebih dominan buah2an ..... buah apa aja ada
yg jarang kita temui termasuk sawoo  ;D

jadi terkenang "ingatan" masa kecil th.76 ato 77 ya... umat selalu berduyun2 berdana makanan utk bhante, sehingga banyak sisanya, lalu bhante mempersilahkan umat utk menikmati makanan tsb, papa sy selalu berbagi makanan dg menyuapi kami anak2nya sedikit2 semuanya hny satu suapan dg mengatakan "ini makanan penuh berkah dari bhante" dan sy bagaikan menikmati makanan surgawi....kenangan INDAH yg selalu ada dibenak sy, betapa bhante Panna seperti deva wkt itu....

Offline bodhi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 832
  • Reputasi: 8
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw di Medan dan retreat
« Reply #72 on: 19 May 2011, 12:30:47 PM »
Tgl 26 Apr jam 19.00 Wib akan diadakan Dhamma Talk oleh Pa auk Sayadaw di ITBC.

Tgl 27 April umat boleh dana sarapan pagi jam 6.00 dan makan siang jam 10.30 utk Pa auk sayadaw dan 10 Bhikkhu di Royal Sumatera jln. Doritis no. 196.

Tgl 27 April - 5 Mei diadakan retret oleh Sayadaw Pannanda(murid Paauk Sayadaw) di Vhr. Saddhana, Sidikalang. utk info n pendaftaran hub. 0811618726 (anton samudra) atau 08163170885 (elina).

Semoga bermanfaat bagi kita semua, sadhu3x

bantu melengkapi nama organizer retreatnya, bukan anto tp anton
dan sampai saat ini mereka msh retreat, kemungkinan sayadaw menghabiskan vassa tahun ini disana juga.. (sayadaw u pannananda & sayadaw u sobhanna)
buat yg berminat retreat disana coba tanya dulu keadaan disana seperti apa ke organizernya biar nggak kaget heheh..

mungkin saya bisa salah. info 5 org tsb saya dapat dr org lain.

yang saya tau benar fisiknya hanya 3 orang saja.
kalau ada yang kurang berkenan mohon di-per-sori,



salam,

totalnya ada 5 yang di upasampada di sima baru di batam.. dan kelima bhikku baru di beri nama sesuai nama 5 pertapa (panca vagiya) berurutan dari yang paling tua sampai paling muda bhante Kondanna, Vappa, Bhadiya, Mahanama dan Asajji.. kapiya sayadawgyi urutan ke 3 (bhante bhadiya)
M14ka: "the nature of things are unstable.. "

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #73 on: 19 May 2011, 11:37:44 PM »

totalnya ada 5 yang di upasampada di sima baru di batam.. dan kelima bhikku baru di beri nama sesuai nama 5 pertapa (panca vagiya) berurutan dari yang paling tua sampai paling muda bhante Kondanna, Vappa, Bhadiya, Mahanama dan Asajji.. kapiya sayadawgyi urutan ke 3 (bhante bhadiya)





 _/\_ .....


Kapan papa bond nyusul??  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #74 on: 20 May 2011, 07:58:19 AM »

totalnya ada 5 yang di upasampada di sima baru di batam.. dan kelima bhikku baru di beri nama sesuai nama 5 pertapa (panca vagiya) berurutan dari yang paling tua sampai paling muda bhante Kondanna, Vappa, Bhadiya, Mahanama dan Asajji.. kapiya sayadawgyi urutan ke 3 (bhante bhadiya)





 _/\_ .....


Kapan papa bond nyusul??  ;D


bukannya salah satu itu bond?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days