Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw  (Read 14992 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #45 on: 25 April 2011, 08:12:40 PM »
ada seorang bhikkhu yg "konon" dianggap suci, dan para umat sekonyong2 berduyun2 memberikan dana makanan, IMO ini adalah "ritual dana" yg dilakukan dengan mengharapkan jasa. hal ini bukanlah suatu hal yg salah, sebaliknya justru dianjurkan. tetapi akan lebih baik jika dana dilakukan bukan demi ritual, melainkan dengan pandangan benar, bahwa kami berdana untuk menyokong para bhikkhu dalam menjalani kehidupan suci. dengan pandangan spt ini, kita dapat memberikan dana setiap hari tanpa perlu berebutan, karena banyak bhikkhu Sangha di indonesia yg memerlukan dana makanan setiap harinya.

tapi sebasgai manusia jg kita masih punya lobha, dosa dan moha..menurut saya wajar saja mereka mengharapkan jasa..tidak ada yang salah..tapi memang lbh mulia jika kita berpikrian untuk menyokong sangha sehingga dhamma tetap eksis..

sebenarnya memang dalam berdana dianjurkan pikiran kita  tidak tertuju untuk  berdana kepada sesosok bikjkhu saja, tapi untuk semua sangha di sleuruh penjuru..buah jasanya lebih besar dibanding berdana kepada seorang bikkhu saja,
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #46 on: 25 April 2011, 08:15:43 PM »
ada seorang bhikkhu yg "konon" dianggap suci, dan para umat sekonyong2 berduyun2 memberikan dana makanan, IMO ini adalah "ritual dana" yg dilakukan dengan mengharapkan jasa. hal ini bukanlah suatu hal yg salah, sebaliknya justru dianjurkan. tetapi akan lebih baik jika dana dilakukan bukan demi ritual, melainkan dengan pandangan benar, bahwa kami berdana untuk menyokong para bhikkhu dalam menjalani kehidupan suci. dengan pandangan spt ini, kita dapat memberikan dana setiap hari tanpa perlu berebutan, karena banyak bhikkhu Sangha di indonesia yg memerlukan dana makanan setiap harinya.

Maka dari itu bro Indra, tadi saya menanyakan kalo pendananya sudah ada belum. Kalo sudah ada kan bisa dialihkan ke bhikku-bhikku lain  ;D

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #47 on: 25 April 2011, 08:27:51 PM »
Maka dari itu bro Indra, tadi saya menanyakan kalo pendananya sudah ada belum. Kalo sudah ada kan bisa dialihkan ke bhikku-bhikku lain  ;D

ga boleh berpikiran gt jg ya..kalo dana ya dana tapi tujukan kepada sangha..jd bikkhu manapun punya hak
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #48 on: 25 April 2011, 08:31:25 PM »
ga boleh berpikiran gt jg ya..kalo dana ya dana tapi tujukan kepada sangha..jd bikkhu manapun punya hak

Kalo saya cenderung lebih suka kalo slot masih kosong  ;D

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #49 on: 25 April 2011, 08:44:23 PM »
FYI: Sayadaw memiliki diabet,

dengar isyu dari antah berantah, beliau suka alpukat . . .






salam,
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #50 on: 25 April 2011, 11:41:25 PM »
bisa minta divideoin gak? ;D

tadi saya sudah tanya ke salah satu pengurus ITBC
tapi belum ada tanggapan apakah boleh divideon atau ngk...
besok waktu tiba di tempat, akan mencoba nanya lagi di sana
moga2 bisa diberi izin merekam oleh Bhante dan pengurus ^:)^
moga2 bisa direkam dengan lancar dan jelas suaranya
moga2 dikasih izin sharing online di DC

btw:
1. kamera di rumah bisa merekam tapi suaranya amat sangat kecil
    jadi saya putuskan ngk akan direkam dalam video
2. ada rekaman kaset zaman bahula,
   tapi saya ngk tahu cara format ke file komputer, jadi ngk dipake dag
3. ternyata hp saya bisa merekam suara selama 1 jam
   dan suaranya cukup jelas, jadi direkam suara pake hp saja  :))

maaf atas segala keterbatasannya, moga2 ngk mengecewakan
« Last Edit: 25 April 2011, 11:42:58 PM by bluppy »

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #51 on: 25 April 2011, 11:47:12 PM »
bingung juga niee .... jam pagi gini cari masakan vegetarian  ::)

beli buah2an bole gak yaaak? .... pisang, apel,jeruk misalnya?
mana koko Indraaaaaaaaa ..... terangin plzzzzz  ;D

sie2  ^:)^
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #52 on: 26 April 2011, 03:43:42 AM »
salah satu makan pagi tradisional myanmar: bubur & mie.
buah yang ada disana (biasa didanakan umat): mangga, pisang, manggis, jeruk (termasuk jeruk bali), durian :D dll
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #53 on: 26 April 2011, 07:07:55 AM »
bingung juga niee .... jam pagi gini cari masakan vegetarian  ::)

beli buah2an bole gak yaaak? .... pisang, apel,jeruk misalnya?
mana koko Indraaaaaaaaa ..... terangin plzzzzz  ;D

sie2  ^:)^

berdana makanan dalam bentuk buah2an diperbolehkan oleh vinaya, tetapi buah2an tsb tidak boleh dalam keaadaan utuh, harus dirusak sedikit, untuk apel atau jeruk bisa dikupas terlebih dulu, untuk pisang, cukup dipotong ujungnya dengan pisau.

tapi spt sarannya Mas Tidar, mempersiapkan bubur adalah pekerjaan mudah, tapi hati2 bagi yg tidak berpengalaman bubur bisa menjadi nasi.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #54 on: 26 April 2011, 08:49:21 AM »
Pengen dana, tapi dimana yang jual makanan vegetarian pagi-pagi buta ?  ;D

^
^
dan yang lain ingin berdana makanan ke Paauk Sayadaw. Makanan vegetarian mudah, cukup caesim atau labu di tumis pagi hari, 15 menit selesai. Buah paling praktis. Kebiasaan buah yang dimakan Alpukat , kiwi yang lain juga dimakan. Ini dikarenakan memang beliau ada diabetes dan ada sejenis lipoma(tumor tapi tidak ganas) . Kebiasaan lain adalah beliau biasa makan sayur yang direbus saja , sup sayur dan kacang edamame. Sayur diluar itu juga dimakan.



Metta
« Last Edit: 26 April 2011, 08:53:03 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #55 on: 26 April 2011, 09:01:45 AM »
^
^
dan yang lain ingin berdana makanan ke Paauk Sayadaw. Makanan vegetarian mudah, cukup caesim atau labu di tumis pagi hari, 15 menit selesai. Buah paling praktis. Kebiasaan buah yang dimakan Alpukat , kiwi yang lain juga dimakan. Ini dikarenakan memang beliau ada diabetes dan ada sejenis lipoma(tumor tapi tidak ganas) . Kebiasaan lain adalah beliau biasa makan sayur yang direbus saja , sup sayur dan kacang edamame. Sayur diluar itu juga dimakan.



Metta


om terbang ke tangerang ga ?
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #56 on: 26 April 2011, 11:29:42 AM »
om terbang ke tangerang ga ?

kagak om.  ;D
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #57 on: 27 April 2011, 09:04:51 AM »
kapan berangkat kesana?

mettacittena,
Tunggu tanggal mainnya he..he
dari bali? serius?
Serius dong...tapi maksud Samaneri bukan  ke padumutara he..he
wew...ke thailand?
Myanmar.
wah...mr bond keyeeennn

 :yes: :yes: :jempol: :jempol:
 :lotus: :lotus: :lotus:

turut berbahagia....selamat menempuh hidup baru....smg segera mencapai magga dan phala. sadhu.

***wahhh.....udah ketinggalan kereta panjang banget....

mettacittena,

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #58 on: 27 April 2011, 06:22:04 PM »
bisa minta divideoin gak? ;D

dari panitia ITBC ada rekam video
katanya seminggu lagi baru ditanya lagi kabar video nya
karena mau diproses dulu

btw, dengar2 kabar ada yg menyumbang tanah di sidikalang
untuk dibangun tempat retreat untuk Pa Auk Sayadaw

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Dhamma Talk Oleh Paauk Sayadaw
« Reply #59 on: 27 April 2011, 09:38:05 PM »
dari panitia ITBC ada rekam video
katanya seminggu lagi baru ditanya lagi kabar video nya
karena mau diproses dulu

btw, dengar2 kabar ada yg menyumbang tanah di sidikalang
untuk dibangun tempat retreat untuk Pa Auk Sayadaw


kabar manuk (burung) yang bersiul keras: 100 hektar.
Ini akan menjadi tempat ke-2, stelah kepulauan skitar Batam, p. Rempang. Kedua tempat ini akan didirkan Sima.
Jadi berbahagialah teman2 sedhamma yang berada disekitar medan & batam karena memiliki tempat untuk melatih 3 kebajikan mulia (sila, samadhi & panna).


Bulan depan, akan diadakan pentabisan 5 bhikkhu untuk pertama kalinya di sana Batam.
« Last Edit: 27 April 2011, 09:43:20 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha