Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami  (Read 5594 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline ChandraOyuget

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« on: 12 April 2011, 02:32:23 PM »
 _/\_
Semut.... berjalan di tangan... terkadang ada di leher....
Nyamuk.... terbang2.... mengeker pori2 kita
Kecoa.... berjalan2 kesana kemari... terbang2 ke badan kita...
Tikus.... menggigit2 barang2 perabotan dan makanan2 persediaan rumah tangga...
dan lain-lain....

mereka sering dibunuh oleh manusia....

~ bolehkah sekiranya temen2 membagikan kebiasaan sehari-hari nya di sini mengenai hal ini
apakah tmen2 sudah tidak membunuh lagi ... atau masih dalam tahap mengurangi ?

jika sengaja, ya sengaja.... jika tidak, mohon caranya.... jika reflek, dianggap sengaja.....

 _/\_



Offline bodhi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 832
  • Reputasi: 8
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #1 on: 12 April 2011, 02:42:37 PM »
cuekin aja, di kamarku ada kecoak, ada cicak, ada laba laba, ada semut, ikan, sampe yang nggak terlihat pun ada  ;D

M14ka: "the nature of things are unstable.. "

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #2 on: 12 April 2011, 02:42:51 PM »
perbuatan yang tidak disertai dengan niat ya tidak apa apa.

cth : nginjek semut pas jalan....tidak ada niat tapi mukul nyamuk tiba2 lewat ya itu niat.

balik lagi kalo mau mempraktekan 100 persen tidak membunuh maka kesadaran dan mawas diri lah yang harus ditingkatkan.atau anda memiliki metta yang sangat kuat 1 meter sebelum anda menapakkan kaki.binatang kecil telah menghindar dari anda. :)
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #3 on: 12 April 2011, 02:47:06 PM »
perbuatan yang tidak disertai dengan niat ya tidak apa apa.

cth : nginjek semut pas jalan....tidak ada niat tapi mukul nyamuk tiba2 lewat ya itu niat.

balik lagi kalo mau mempraktekan 100 persen tidak membunuh maka kesadaran dan mawas diri lah yang harus ditingkatkan.atau anda memiliki metta yang sangat kuat 1 meter sebelum anda menapakkan kaki.binatang kecil telah menghindar dari anda. :)

kenapa kalo ada metta, malah menghindari? bukankah malah mendekati? ;D
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #4 on: 12 April 2011, 03:05:35 PM »
kalo cicak diambil pake plastik trus dibuang dr lantai 20 mati gak ya?  cicak kan ringan.... :'(

Offline ChandraOyuget

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #5 on: 12 April 2011, 03:06:36 PM »
haha lanjutkan :)  _/\_
sy pribadi sih, kalo nampak laron di lantai keramik jelas ga bole dipijek.... udah nampak ga bole pura2 ga taw kan ?
hmm memang pusing jg kepala kalo harus nunduk ke lantai trus.... hehe

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #6 on: 12 April 2011, 03:08:28 PM »
^ laron bs jadi rayap lo kk.....

Offline Miumiu

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #7 on: 12 April 2011, 03:09:31 PM »
cuekin aja, di kamarku ada kecoak, ada cicak, ada laba laba, ada semut, ikan, sampe yang nggak terlihat pun ada  ;D

 ::)

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #8 on: 12 April 2011, 03:12:24 PM »
saat ini saya masih membunuh, baik kecoak atau pun nyamuk secara sengaja  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #9 on: 12 April 2011, 03:17:35 PM »
kenapa kalo ada metta, malah menghindari? bukankah malah mendekati? ;D

menghindari dalam arti memberikan jalan yang mulus.gile mendekati dikerubutin banyak makhluk donk.:P
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #10 on: 12 April 2011, 03:18:39 PM »
menghindari dalam arti memberikan jalan yang mulus.gile mendekati dikerubutin banyak makhluk donk.:P

terinspirasi Ksitigarbha Bodhisattva.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline ChandraOyuget

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #11 on: 12 April 2011, 04:11:34 PM »
^ laron bs jadi rayap lo kk.....
haha iyah biaren dagh... maw gmn lagik ~....

saat ini saya masih membunuh, baik kecoak atau pun nyamuk secara sengaja  _/\_
kejujuran itu emas....  _/\_  ^:)^moga bs dilatih utk dikurangin ya bro ^:)^ Amitabha

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #12 on: 12 April 2011, 05:34:56 PM »
liat hewan yg menganggu, seperti kecoa, lipan, nyamuk, lalat, laba2, cicak, ular... piakkk... piakkk, jurus telapak dewa keluar... trus setelah mati sebutkan "semoga semua mahluk berbahagia"

=)) konyol seh emang, tp ada tu umat buddhist yg menjawab demikian... skrng tergantung diri kita, bagaimana kita mengontrol diri untuk menekan emosi/marah/jijik/takut terhadap hewan2 yg menganggu...

pilihan pertama, abaikan/cuekan...
pilihan kedua, usir bs menggunakan berbagai alat/bs menggeser/obat anti serangga/menjauhkan posisi mereka dr kita...
pilihan ketiga, kita yg pergi meninggalkan tempat itu...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #13 on: 12 April 2011, 07:22:47 PM »
kalau wa keluar jurus patsian ( ba xian, Zhongli Quan punya kipas) sama chikung wus wus terbang sana, kena hembusan angin




jadi siapkan kipas besar, kipas lipat, pokoknya kipas yang bisa menghasilkan angin besar untuk menerbangkan serangga yang ada di sekitar kita atau membuat serangga enggan mendekati kita, boleh pake kipas angin elektrik di rumah di sekitar kita biar udara nya di ruangan ada angin cukup besar jadi nyamuk susah terbang di ruangan.

beli minyak sereh untuk nyamuk pakai atau siapkan minyak sereh di dalam botol semprot kecil, jadi tinggal pret pret semprot ke bagian luar yang terbuka dan usapkan keseluruh bagian luar tersebut kalau ada di ruangan terbuka praktis tidak repot dan cukup higyenis soalnya bisa di pinjam kan ke orang lain tinggal semprot gitu.   
« Last Edit: 12 April 2011, 07:48:56 PM by daimond »

Offline ChandraOyuget

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
« Reply #14 on: 12 April 2011, 07:55:49 PM »
bermutu  _/\_