Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma  (Read 2918 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« on: 16 March 2011, 07:11:21 AM »
Dear admin...

g gak tau apa tepat thread ini msk kesini...silakan pindahkan jika salah tempat...

Dear dcers and all umat buddha....


disini saya meminta dukungan, sharing anda seputar masalah dlm kehidupan manusia modern pd umumnya dan umat buddha pada khususnya, yang telah, akan, belu dihadapi dan bagaimana peran dhamma dalam masalah anda tersebut.


Sharing ini mungkin akan dijadikan suatu survei dan nara sumber utk sebuah buku perdana, yang akan sy terbitkan...namun ini masih sebuah wacana...jadi semua tergantung dari respon, support dan sharing positif anda dalam thread ini.

sy akan post hal yg sama pada bbrp milis buddhis...

Masalah kehidupan pernah diulas dalam sebuah buku, sangat bagus dan inspiratif, dan akan sy coba diulas dengan lebih real dgn sharing teman2, sehingga banyak hikmah, motivasi serta inspirasi positif muncul pada org2 yg jelas membutuhkannya.

Junkers and OOt ers are not allowed here...

thanks 4 the cooperation...

 _/\_

Life is about living...

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #1 on: 16 March 2011, 09:14:39 AM »
Buat saya, peran dhamma yang utama adalah membantu kita menyadari kenyataan apa adanya. Menyadari kenyataan tersebut, maka kita bisa lebih memahami fenomena, baik yang terjadi pada kita, maupun pada orang lain. Memahami bagaimana fenomena terjadi tersebut, maka kita mengubah pola pikir: mengejar apa yang bermanfaat dan meninggalkan apa yang tidak bermanfaat, sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Contoh: ada seorang wanita yang cenderung posesif dan gagal terus dalam hubungannya. Karena kegagalannya yang berulang-ulang itu, maka dia menjadi mudah curiga dan kurang bersahabat dengan orang lain. Tentu saja karena sikap tersebut, hubungan baik lebih susah lagi terwujud. Kemudian ia belajar Ajaran Buddha. Ia memahami bagaimana seseorang dikuasai keinginannya, ia memahami bagaimana keinginan itu membuat seseorang menderita, bagaimana keegoisan seseorang merusak diri sendiri dan merugikan orang lain. Memahami hal tersebut, maka ia berusaha melepas sifat posesifnya, meninggalkan sikap mudah curiga dan tidak bersahabat tersebut. Dengan begitu ia menjadi orang yang lebih baik, berkelakuan menyenangkan dan otomatis hubungannya dengan orang lain ataupun pacar lebih baik.

Di sini Ajaran Buddha TIDAK menawarkan "masuk agamaku, ambil tisarana, maka hubunganmu langgeng dan masalahmu beres." Ajaran Buddha 'hanya' menawarkan kebenaran apa adanya dan mengajak kita menerima kenyataan serta mengubah pola-pikir dan sikap ke arah yang bermanfaat. Dengan melakukan hal-hal bermanfaat, otomatis seseorang akan lebih bahagia.


Offline Jayadharo Anton

  • Sebelumnya: Balaviro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.300
  • Reputasi: 19
  • Gender: Male
  • Namatthu Buddhassa
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #2 on: 16 March 2011, 10:21:38 AM »
peran dhamma dalam kehidupan modern ini membantu kita menyadari bahwa segala sesuatu tidak ada yang kekal adanya
semua bersifat timbul tenggelam disini kita dapat memahami bahwa bila sakit pasti akan sembuh dan bisa sedang senang pun jangan sampai terhanyut karena itu hanya semantara pasti akan mengalami perubahan
"Kesehatan adalah keuntungan yang paling besar,kepuasan adalah kekayaan yang paling berharga,kepercayaan adalah saudara paling baik,nibbana adalah kebahagiaan tertinggi" [DHAMMAPADA:204]

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #3 on: 16 March 2011, 12:26:20 PM »
kalau menurut saya peran Dhamma dalam kehidupan modern sekarang ini membantu kita agar dapat selalu belajar berpikir positif terus/berpikir bijak karena dengan pikiran yang selalu positif dan bijak dapat mengelolah hati/batin kita menjadi tenang, dan kalau hati/batin kita ini tenang maka segala sesuatu kendala,keadaan yang paling terburuk sekalipun dapat kita lewati dengan hati yang lapang.
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #4 on: 16 March 2011, 01:00:13 PM »
Apakah kita perlu menyesuaikan Dhamma dengan zaman yang semakin modern? saya pernah membaca orang yang menyalin sutta dan menyebarkan maka akan mendapat pahala... Apakah menyalin harus dengan tulis tangan atau pakai ketik atau boleh copy paste di komputer dan menyebarkan di internet termasuk menyalin? Tidak OOT kan? soalnya sekarang zaman serba komputer, bukan tulis tangan lagi hehe...
Mohon pencerahan. Thankyou. _/\_
« Last Edit: 16 March 2011, 01:03:07 PM by M14ka »

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #5 on: 16 March 2011, 08:26:56 PM »
yang ikutan disini dapet royalti juga ngak nih? ;D

modern... manusia tahun 2000an mengatakan manusia tahun 1900an itu kuno mereka yang modern, yang tahun 1900an mengatakan yang tahun 1800an itu kuno mereka yang modern, yang tahun 1800an mengatakan mereka lebih modern dibanding yang tahun 1700an... dan seterusnya hingga masa yang tidak terhingga ;D.

tapi tahukah mereka bahwa modern itu adalah pikiran mereka sendiri? pikiran yang diliputi oleh lobha dosa dan moha alias tanha ;D.

manusia selalu menolak kondisi yang mereka tidak suka, selalu rakus dan menginginkan terus menerus dengan kondisi yang mereka suka, tapi mereka semua tidak tahu yang benar, ketidak tahuan bahwa hidup itu adalah dukkha, mereka hanya lahir, tua, sakit dan mati secara terus menerus ;D.

nah... gunanya dhamma, dari dulu hingga sekarang bahkan hingga waktu yang tidak terhingga nanti adalah menyadarkan manusia, bahwa hidup itu adalah dukkha, tapi dukkha itu sendiri dapat dihentikan ;D.

modern? kata siapa kita lebih modern dari orang jaman dulu? ;D
lobha dosa dan moha dari dulu sama kok, jadi apa bedanya kita sama orang jaman dulu ;D.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #6 on: 17 March 2011, 12:19:46 AM »
ikut gabung y cc  :)

Sebenarnya saya masih kurang jelas definisi kehidupan modern yang dimaksud itu seperti apa, tapi kalo yang dimaksud kehidupan modern itu adalah kehidupan yang seperti masa sekarang ini, menurut saya..
kehidupan modern itu penuh dengan persaingan, dan kemajuan dimana2, semuanya berkembang dengan sangat pesat, teknologi, fashion dan sebagainya, dan hal ini berakibat terhadap pola hidup manusia itu sendiri. Tempat2 hiburan dimana2.
Sangat banyak hal diluar sana yang menarik perhatian kita dan secara tidak langsung menarik kita semakin jauh dari diri kita sendiri. Kebahagiaan seolah2 hanya disebabkan oleh faktor luar dan membuat kita menjadi sering sekali lupa untuk melihat kedalam dan menyadari hakekat kehidupan yang sebenarnya, seperti kata comel..  ;D
nah disinilah peranan Dhamma, ketika kita melihat ke arah Dhamma, maka kita akan melihat jauh ke dalam diri kita sendiri, lalu menemukan kebahagiaan yang jauh lebih membahagiakan disana..  _/\_
cara yang paling ampuh mungkin dengan mengikuti retret meditasi, meninggalkan segala kesibukan duniawi.. hehe.. tapi ini juga sering sulit dan selalu saja ada alasan, dan sering alasan utamanya adalah pekerjaan ga bisa di tinggal, ini itu ga bisa di tinggal, nah terbukti bahwa kemelekatannya udah semakin kuat. MUngkin inilah salah satu dampak dari kehidupan modern.. hehhehe..
tapi kebahagiaan di dalam dhamma itu punya rasa tersendiri, yang tidak sama dengan rasa yang diberikan oleh kehidupan modern..   _/\_
« Last Edit: 17 March 2011, 12:47:27 AM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #7 on: 17 March 2011, 08:52:34 AM »
Apakah kita perlu menyesuaikan Dhamma dengan zaman yang semakin modern?
Sifat dari dhamma itu tidak dipengaruhi oleh waktu, jadi dhamma memang tidak bisa berubah. Yang berubah adalah cara kita menggunakannya saja.


Quote
saya pernah membaca orang yang menyalin sutta dan menyebarkan maka akan mendapat pahala... Apakah menyalin harus dengan tulis tangan atau pakai ketik atau boleh copy paste di komputer dan menyebarkan di internet termasuk menyalin? Tidak OOT kan? soalnya sekarang zaman serba komputer, bukan tulis tangan lagi hehe...
Mohon pencerahan. Thankyou. _/\_
Seperti contoh menyebarkan sutta ini, dulu media masih kurang canggih jadi pakai tulis. Sekarang bisa diketik atau dicopy untuk disebarkan. Intinya sama saja: menyebarkan, hanya caranya yang berbeda. Jadi bukan dhammanya yang berubah, tapi cara hidup kita.

Offline Asia

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #8 on: 17 March 2011, 10:29:57 AM »
Apakah kita perlu menyesuaikan Dhamma dengan zaman yang semakin modern? saya pernah membaca orang yang menyalin sutta dan menyebarkan maka akan mendapat pahala... Apakah menyalin harus dengan tulis tangan atau pakai ketik atau boleh copy paste di komputer dan menyebarkan di internet termasuk menyalin? Tidak OOT kan? soalnya sekarang zaman serba komputer, bukan tulis tangan lagi hehe...
Mohon pencerahan. Thankyou. _/\_

Tentang yang di-bold.

Pahala yang sesungguhnya (terpenting) adalah ketika kita membaca sutta tsb, mempelajarinya, dan akhirnya terjadi perubahan baik dalam diri kita.

Setelah mengetahui manfaat sutta tersebut, sebagian orang terinspirasi untuk menyebarkannya agar orang lain pun bisa mengenyam manfaat serupa. Perbuatan baik ini didasari oleh pengertian benar. Menurut saya, di titik ini seseorang tidak terlalu memikirkan tentang pahala, bukan “pahala menjanjikan” yang memotivasinya. Intinya, bukan pahala yang dikejar. Perbuatan baik ini saja sudah memberikan kebahagiaan.

Tanpa pengertian benar, ketika seseorang mendengar bahwa menyebarkan sutta akan mendapat pahala, dia langsung menyebarkannya walaupun mungkin tidak mendapat manfaat apa pun dari sutta tersebut. Orang seperti ini patut dikasihani karena dia sepertinya sangat menderita dan sangat haus akan sesuatu yang bisa meredam atau menghilangkan penderitaannya. Tanpa menimbang lebih jauh, dia tidak segan-segan melakukan apa pun untuk mendapat “asuransi pahala” yang dijanjikan.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #9 on: 23 March 2011, 12:33:15 PM »
apakah bisa diceritakan secara real...bukan teori aja?

thanks be4

Buat saya, peran dhamma yang utama adalah membantu kita menyadari kenyataan apa adanya. Menyadari kenyataan tersebut, maka kita bisa lebih memahami fenomena, baik yang terjadi pada kita, maupun pada orang lain. Memahami bagaimana fenomena terjadi tersebut, maka kita mengubah pola pikir: mengejar apa yang bermanfaat dan meninggalkan apa yang tidak bermanfaat, sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Contoh: ada seorang wanita yang cenderung posesif dan gagal terus dalam hubungannya. Karena kegagalannya yang berulang-ulang itu, maka dia menjadi mudah curiga dan kurang bersahabat dengan orang lain. Tentu saja karena sikap tersebut, hubungan baik lebih susah lagi terwujud. Kemudian ia belajar Ajaran Buddha. Ia memahami bagaimana seseorang dikuasai keinginannya, ia memahami bagaimana keinginan itu membuat seseorang menderita, bagaimana keegoisan seseorang merusak diri sendiri dan merugikan orang lain. Memahami hal tersebut, maka ia berusaha melepas sifat posesifnya, meninggalkan sikap mudah curiga dan tidak bersahabat tersebut. Dengan begitu ia menjadi orang yang lebih baik, berkelakuan menyenangkan dan otomatis hubungannya dengan orang lain ataupun pacar lebih baik.

Di sini Ajaran Buddha TIDAK menawarkan "masuk agamaku, ambil tisarana, maka hubunganmu langgeng dan masalahmu beres." Ajaran Buddha 'hanya' menawarkan kebenaran apa adanya dan mengajak kita menerima kenyataan serta mengubah pola-pikir dan sikap ke arah yang bermanfaat. Dengan melakukan hal-hal bermanfaat, otomatis seseorang akan lebih bahagia.


Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: Kehidupan manusia modern dan peran dhamma
« Reply #10 on: 23 March 2011, 12:39:26 PM »
apakah ada pengalaman hidup real yg pernah dialami utk dishare?

utk diketahui, semua umat tau bahwa dhamma sangat penting dan mujarab utk kehidupan kita.tapi bagaimana apliaksi realnya itulah yg sy minta support temen2 utk share...

thx all yg dh komen

peran dhamma dalam kehidupan modern ini membantu kita menyadari bahwa segala sesuatu tidak ada yang kekal adanya
semua bersifat timbul tenggelam disini kita dapat memahami bahwa bila sakit pasti akan sembuh dan bisa sedang senang pun jangan sampai terhanyut karena itu hanya semantara pasti akan mengalami perubahan

Life is about living...