//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: berbagi makna"semoga semua makhluk berbahagiah"  (Read 1461 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
berbagi makna"semoga semua makhluk berbahagiah"
« on: 14 February 2011, 11:50:17 AM »
halo saudara/i ku terkasih
mau berbagi pengalaman
saya suatu hari ketika habis meditasi dan baca paritta
melimpahkan jasa kepada dewa dan semua makhluk yang ada di tempatku dan leluhurku agar semua berbahagiah
pengalaman:
1. ketika sincia kita kumpul keluarga dan makan bersama
    sebelumnya sembahyang dulu, pada saat saya berkata semoga semua makhluk berbahagiah saya melihat makhluk halus pada mau makan
    dan saya lihat ada kuku saya datang juga.beliau baru meninggal sekitar beberapa tahun lalu.
    pembantu kita yang di rumah, manggil mama, katanya di luar pager dia lihat orang pada ndak pake baju mau minta makan
    mama bilang mana ada orang.pas saya lihat apa yang di lihatnya makhluk halus.lalu saya kealtar saya beradhithanna semoga dengan kamma    baikku. makhluk2 yang kelaparan di luar rumahku berbahagiah.lalu aku minta tolong pembantuku untuk lihat kedepan ada ngak yang minta makan dia bilang ndak ada  sudah pegi katanya.

2. pas sincia kita kedatangan tamu dari mana - mana...
    pas hari kedua sincia ada yang datang lagi sambil membawa angpao
    dia bilang "saya mau kasih yang orang kemaren ngobrol sama saya,yang menasehatti saya"
    kita panggil semua orang rumah dia bilang bukan dia sebutkan ciri-ciri seseorang kerabat saya(kuku) yang kebetulan sudah meninggal
    kita katakan ai orang yang ai cari udah ndak ada disini,dah meninggal.dia bilang ngak kok
   dia duduk disini sama saya bicara sama saya.
   mama bilang yang duduk sama ai kemaren itu saya, mama bilang gitu.
   akhirnya ainya pulang, saya tanya mama kenal ama ai itu? ndak itu temannya adik mama.
  yah ngak dapat angpao nya deh saya godain mama.
  kejadian ini menandakan bahwa makhluk alus emang ada dan mereka pasti kerabat-kerabat kita ntah di kehidupan ini maupun kehidupan sebelumya.

3. ketika saya selesai meditasi dan baca paritta saya pasti melakukan pelimpahan jasa
    lalu saya akan melakukan perenungan
    ada hal yang terpikir dan ini sempat saya bercerita sebagian pada romo sumedho (kalau masih inggat)
    kita sering bilang semoga semua makhluk berbahagiah
    bukankah teman kita,kerabat musuh itu juga ada lah makhluk
   jadi jika kita mengharapkan semoga semua makhluk berbahagiah kenapa kita tidak mendoakan orang yang kita benci, ataupun yang tidak kita sukai berbahagiah, jika semua orang berbahagiah kan tidak ada keributan dan kebencian
kenapa kita tidak menjaga hubungan kita dengan teman dan kerabat dengan baik,agar mereka semua berbahagiah.
jadi mengucapkan semoga semua makhluk berbahagiah juga kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari dengan orang di sekeliling kita.

tread ini hanya cerita pengalaman saya
akan makna dari "semoga semua makhluk berbahagiah"
bagi saudara/i yang berbahagiah jika ada pengalaman bisa berbagi disini
semoga dengan adanya tread ini
akan menambah kemajuan batin kita
membuat kita menjadi orang yang berbahagiah.






   


 



Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: berbagi makna"semoga semua makhluk berbahagiah"
« Reply #1 on: 14 February 2011, 04:15:29 PM »
Jgn lupa dgn "semoga saya dan keluarga berbahagia", ini penting utk perkembangan pribadi

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: berbagi makna"semoga semua makhluk berbahagiah"
« Reply #2 on: 15 February 2011, 04:12:25 AM »
Jgn lupa dgn "semoga saya dan keluarga berbahagia", ini penting utk perkembangan pribadi
anumodanna atas masukannya.tapi bukankah jika batin berkembang maka pribadi kt akan berkembang dgn baik pula. semoga om haa... dan keluarga selalu berbahagiah.sadhu...sadhu...sadhu...

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: berbagi makna"semoga semua makhluk berbahagiah"
« Reply #3 on: 15 February 2011, 04:32:30 AM »
ada dhamma yang bagus menurut saya untuk pegangan kita dalam hidup.jika yang mulia ananda selalu menyampaikan demikian yang saya dengar.kalau saya demikian yang saya pahami hehe. apa yang kita pikirkan.apa yang kita lakukan dari pikiran itu.akan membentuk sebuah kamma.tarikan kamma akan membentuk kehidupan kita sekarang.  jika kita mengkondisikan atau menjaga pikiran kita.kitalah yang membuat kehidupan kita ini.

ada pepatah cina yang bagus nih."zen ching se ce cang cang po,  she she zu chi cii cii sin".    perasaan/hubungan antar manusia bagaikan kertas dan sangat tipis,kejadian di dunia ini bagaikan permainan catur, tidak ada satu babakpun yang persis sama