//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: melafal nama Buddha sampai samadhi?  (Read 45904 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #30 on: 03 January 2011, 11:25:59 AM »
hmm...yang saya baca di sutra sih seperti itu...kalau mr Indra baca sutra Medicine Buddha, kurang lebih sama...baca dharani nya sampai samadhi dan segala penyakit akan sembuh..yang bilang kan sutranya bukan saya...saya cuma menyimpulkan saja...tapi yang pasti sudah saya buktikan nama Buddha hanyalah kesepakatan dan perpaduan huruf....tentang apakah kalau dipanggil dengan tulus atau tidak tulus, belum pernah ada Buddha hadir di depan saya...

tambah aneh, anda sudah membuktikan melalui pengalaman anda sendiri bahwa buddha tidak pernah datang ketika anda memanggil dengan tulus atau tidak tulus, tapi anda tetap menyimpulkan bahwa melafal nama buddha sama dengan memanggil buddha dan buddha akan datang jika dipanggil dengan tulus. saya pernah membaca mantra dan dharani tapi bahkan penyakit sariawan saya pun tidak sembuh apalagi penyakit jantung, dll yg saya derita

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #31 on: 03 January 2011, 12:35:46 PM »
saudara bisa baca ini http://www.buddhanet.net/pdf_file/medbudsutra.pdf
menurut penulis komentar sutra itu yang paling penting adalah menyembuhkan kegelapan batin.
namun tetap saja kalau teks aslinya dibaca ya semua penyakit bisa sembuh kok.(kalau tidak setuju dengan ini ya saya rasa tidak masalah juga, setiap orang kan bebas menentukan pandangan)

kalau saya netral2 saja ttg hal ini, saudara membaca dharani namun tidak sembuh tidak serta merta membuktikan sutranya keliru. Kalaupun saudara membaca dharani dan sembuh, itu juga tidak serta merta membuktikan sutra ini asli dan benar. Butuh serangkaian penelitian dan lain2. bisa saja sembuh dengan kebetulan. atau tidak sembuh karena tidak mencapai samadhi. (dikatakan dalam sutra itu, yang paling penting samadhi, tentu saja masih bisa dibantah, orang yang meraih jhana belum tentu bebas dari penyakit, jadi boleh percaya boleh tidak)

ya setau saya dharani kan isinya kata2 yang baik, setidaknya banyak baca mantra atau dharani akan mencegah kita berkata2 yang buruk. serta menambah kebajikan lewat ucapan. nah mungkin saja karma baik itu bisa berbuah dalam bentuk kesembuhan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #32 on: 03 January 2011, 01:12:39 PM »

kalau saya netral2 saja ttg hal ini, saudara membaca dharani namun tidak sembuh tidak serta merta membuktikan sutranya keliru. Kalaupun saudara membaca dharani dan sembuh, itu juga tidak serta merta membuktikan sutra ini asli dan benar. Butuh serangkaian penelitian dan lain2. bisa saja sembuh dengan kebetulan. atau tidak sembuh karena tidak mencapai samadhi. (dikatakan dalam sutra itu, yang paling penting samadhi, tentu saja masih bisa dibantah, orang yang meraih jhana belum tentu bebas dari penyakit, jadi boleh percaya boleh tidak)


saya tidak berprasangka terhadap mantra/dharani, hanya karena statement anda bahwa melafal nama buddha bisa memanggil buddha, maka saya tertarik untuk bertanya lebih jauh, menurut saya seorang yg netral terhadap mantra tidak akan sampai pada kesimpulan demikian.

Quote
ya setau saya dharani kan isinya kata2 yang baik, setidaknya banyak baca mantra atau dharani akan mencegah kita berkata2 yang buruk. serta menambah kebajikan lewat ucapan. nah mungkin saja karma baik itu bisa berbuah dalam bentuk kesembuhan

kalau seekor burung beo diperdengarkan mantra setiap hari, mungkinkah burung beo juga bisa melafalkan mantra? dan jika bisa, jika pada kesempatan berikutnya beo itu diperdengarkan kata2 makian, mungkinkah ia menolak meniru kata2 itu?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #33 on: 03 January 2011, 01:22:28 PM »
klo lafal setan... setan... dengan tulus datang gak setannya?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #34 on: 03 January 2011, 01:30:31 PM »
klo lafal setan... setan... dengan tulus datang gak setannya?

pengalaman gue:

"hmm... udah lama juga setan itu gak nelpon gue", eh gak lama kemudian, HP gue bunyi dan di layar tertulis "SETAN"

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #35 on: 03 January 2011, 01:36:41 PM »
saya tidak berprasangka terhadap mantra/dharani, hanya karena statement anda bahwa melafal nama buddha bisa memanggil buddha, maka saya tertarik untuk bertanya lebih jauh, menurut saya seorang yg netral terhadap mantra tidak akan sampai pada kesimpulan demikian.

ok...saya cuma menyampaikan apa yang ada dalam sutra itu,

kalau seekor burung beo diperdengarkan mantra setiap hari, mungkinkah burung beo juga bisa melafalkan mantra? dan jika bisa, jika pada kesempatan berikutnya beo itu diperdengarkan kata2 makian, mungkinkah ia menolak meniru kata2 itu?

saya pernah juga baca cerita ini ada burung beo yang setiap hari diputarkan lantunan nama buddha dan beo itupun menirukan, stelah mati dan dikubur dari mulur beo tumbuh bunga (saya belum pernah liat hanya dengar)

mr indra tolong bagi pengalamannya melafal nama buddha, apa manfaat yang didapat ketenangan atau ada yang lain? thx

klo lafal setan... setan... dengan tulus datang gak setannya?

saya belum pernah coba nih
« Last Edit: 03 January 2011, 01:42:30 PM by raynoism »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #36 on: 03 January 2011, 01:46:23 PM »
saya pernah juga baca cerita ini ada burung beo yang setiap hari diputarkan lantunan nama buddha dan beo itupun menirukan, stelah mati dan dikubur dari mulur beo tumbuh bunga (saya belum pernah liat hanya dengar)
bunga akan tumbuh di mana saja benihnya di tanam, jika kondisi2 yg diperlukan terpenuhi.

Quote
mr indra tolong bagi pengalamannya melafal nama buddha, apa manfaat yang didapat ketenangan atau ada yang lain? thx


saya pernah beberapa kali mempraktikkan meditasi dengan melafal nama buddha, pengalaman yg saya alami lebih kurang serupa dengan meditasi pernafasan.

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #37 on: 03 January 2011, 01:52:33 PM »
bunga akan tumbuh di mana saja benihnya di tanam, jika kondisi2 yg diperlukan terpenuhi.

hmm logis2....

saya pernah beberapa kali mempraktikkan meditasi dengan melafal nama buddha, pengalaman yg saya alami lebih kurang serupa dengan meditasi pernafasan.

ok thx, saya akan berlatih lagi

« Last Edit: 03 January 2011, 01:58:12 PM by raynoism »

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #38 on: 04 February 2011, 07:31:54 PM »
kalau begini kekna jadi membingungkan buat ts soalnya definisi jhana orang2 disini belum tentu sama.

dikatakan bahwa metta bhavana bisa membawa pada jhana. Mungkin aktivitas mentalnya sama dengan chanting


Menurut yang pernah saya dengar, ada dua jenis metta, yang satu spesifik (odi metta), yang lainnya tidak spesifik (anodi metta). Anodi metta tak membawa pada Jhana karena terlalu banyak perenungan (terlalu banyak berpikir). Odi metta membawa pada Jhana bila kita mengulangi kalimat perenungan cinta kasih singkat kepada orang yang sama terus-menerus (mungkin cukup hanya dua kalimat?).

Jadi anodi metta mungkin mirip dengan chanting.
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #39 on: 05 February 2011, 04:34:51 PM »
Odi Metta kan dikatakan cukup 2 kalimat diulang2, berarti termasuk chanting? kalau cuma 1 kata yang diulang? bisa sampai jhana?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #40 on: 05 February 2011, 06:31:22 PM »
imo sih, proses "mengirimkan" metta itu bisa sampai jhana, bukan soal mengulang2 kata aja. kalau mengulang kata2 aja kek baca mantra jadinya, bukan metta bhavana.
There is no place like 127.0.0.1

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #41 on: 05 February 2011, 07:33:11 PM »
Odi Metta kan dikatakan cukup 2 kalimat diulang2, berarti termasuk chanting? kalau cuma 1 kata yang diulang? bisa sampai jhana?

Mungkin bisa bro... "beautiful mind" nya yang penting, bukan pelafalan
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Wuchi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #42 on: 29 April 2011, 07:19:28 PM »
Jelas Bisa donk Bro, tergantung Karma,situasi, Kondisi dan juga konsentrasi yg kuat pada Objek.....
Tp ketika anda mengharapkan Jhana, sorry2 jhana tidak akan datang bro..... kalo ada basic vipassana, mudah menyadarinya kq, sebentar aja sudah masuk jhana, kalo ada keahlian memasuki jhana sangat mudah kq, jangan kan parita atau mantra, bernafas saja, jhana pun nonggol dhe ( tergantung sebaik apa anda memasuki Jhana di moment2 tertentu)....
tp rekomendasi saya lebih bagus meditasi, jadi lebih mudah mencatat dan menyadari jhana....
nimita, jhana, nimita, jhana, nimita, jhana, akhir2nya terperangkap di jhana.... kapan nibbananya? wkwkwkwkwkwkw....
just kidding yack bro.....

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #43 on: 29 April 2011, 07:32:30 PM »
astaga  :o
There is no place like 127.0.0.1

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: melafal nama Buddha sampai samadhi?
« Reply #44 on: 29 April 2011, 07:41:45 PM »
Jelas Bisa donk Bro, tergantung Karma,situasi, Kondisi dan juga konsentrasi yg kuat pada Objek.....
Tp ketika anda mengharapkan Jhana, sorry2 jhana tidak akan datang bro..... kalo ada basic vipassana, mudah menyadarinya kq, sebentar aja sudah masuk jhana, kalo ada keahlian memasuki jhana sangat mudah kq, jangan kan parita atau mantra, bernafas saja, jhana pun nonggol dhe ( tergantung sebaik apa anda memasuki Jhana di moment2 tertentu)....
tp rekomendasi saya lebih bagus meditasi, jadi lebih mudah mencatat dan menyadari jhana....
nimita, jhana, nimita, jhana, nimita, jhana, akhir2nya terperangkap di jhana.... kapan nibbananya? wkwkwkwkwkwkw....
just kidding yack bro.....

astaga  :o

"nimita, jhana, nimita, jhana, nimita, jhana, akhir2nya terperangkap di jhana"
                                                                       
Enak bener nyatatnya bro, kek nyatat gerak kaki.....

"kiri, kanan, kiri, kanan, kiri, kanan, akhir2nya terperangkap di kanan......" :))
yaa... gitu deh