Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila  (Read 68646 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« on: 20 November 2010, 03:49:21 PM »
Topic ini dibuat untuk saling memberi dukungan dan berbagi dalam praktek Attha Sila.

Jika anda praktisi, ingin tahu, atau ingin memulai, topik ini sebagai tempat sharing dan mendukung.

Lanjutan dari topik yg dahulu http://dhct.org/f8639.60

 _/\_
« Last Edit: 22 November 2010, 08:19:38 AM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #1 on: 20 November 2010, 05:59:10 PM »
Bisakah kita menjalankan Uposatha tetapi tidak menjalankan semua Atthasila (misalnya sila yang makan sebelum jam 12 siang tidak dijalankan)?

Trus apakah untuk memulai Uposatha harus membacakan paritta Atthasila? Kalau langsung bertekad aja dalam hati: "Besok hari Uposatha, besok saya akan menghindari pembunuhan, berkata dusta, mencuri, dst" apakah bisa?

Thx _/\_
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #2 on: 20 November 2010, 06:35:14 PM »
Setahu saya dalam Atthasila itu tidak makan pada waktu yg terlarang, biasanya setelah tengah hari. Secara pribadi jika misalnya jam makan siang kita 12-1 siang. Rasanya tidak masalah jika makan pada waktu itu. Pointnya mungkin bisa dibaca di Muluposatha Sutta.

Bahkan dalam AN 3.70: Muluposatha sutta dikatakan

Quote from: Terjemahan bebas AN3.70: Muluposatha Sutta
...
"'Selama mereka hidup, para arahant hidup hanya dengan makan satu kali sehari, tidak makan pada malam hari, menahan diri makan pada waktu yg salah [dari siang sampe pagi]. Hari ini saya juga, untuk siang dan malam, saya akan hidup dengan satu kali makan, tidak makan pada malam, menghindari makanan pada waktu yg salah. Dengan cara faktor ini saya menyamakan para arahant, dan Uposatha akan dilakukan.
...

dikatakan hanya 1x makan. ini tentu lebih berat lagi. Mungkin ini akan sulit terutama jika memang kita masih bekerja fisik. Karena itu di Srilanka kalau tidak salah kalau uposatha, yg beratthasila berdiam di vihara utk bermeditasi.

Atau mungkin jaman dahulu, yg namanya makan hanya 2x yah, pagi dan malam

Kalau saya sih, masih belum kuat ;D *atau belum coba yah*

Quote
Trus apakah untuk memulai Uposatha harus membacakan paritta Atthasila? Kalau langsung bertekad aja dalam hati: "Besok hari Uposatha, besok saya akan menghindari pembunuhan, berkata dusta, mencuri, dst" apakah bisa?
Kalau buat saya sih, itu optional. Yang penting kan tekadnya. Tapi secara formil baca biasanya lebih ada effort yg keluar dan tekadnya bisa lebih mantep


-------

Hayo teman2 lain, CMIIW dan tambahan pandangan?
« Last Edit: 20 November 2010, 06:38:07 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #3 on: 20 November 2010, 07:59:31 PM »
bagi saya menjalankan uposatha sewaktu beraktivitas biasa sangat susah...

kalo kita diem, ga ikut nimbrung dibilang sombong..lama2 dibilang kuper ;D
jam makan sdh diatur oleh pihak berwenang..jd biasanya lewat batas waktu tengah hari..
kalo kerja, mesti duduk di kursi yang agak tinggi..
kagak boleh bercanda --> menjenuhkan..lama2 muka jd keliatan stres..efek psikologisnya cepet lelah..
kalo gak makan malam hari, gak bisa konsen..apalagi kalo ada yang lembur ;D

kalo begitu kapan waktu yang cocok? menurut gw hari minggu..hihi..


No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #4 on: 20 November 2010, 08:43:03 PM »
Kalo soal duduk kursi yg tinggi, kekna dalam Atthasila tidak ada tentang itu. Tapi dalam terjemahan buku paritta yg biru ada yah.

kita lihat sumbernya,

Quote
Uccasayana Mahasayana veramani sikkhapadam samadiyami
Uccasayana = Ucca + sayana
Mahasayana = Maha + sayana

Ucca -> Tinggi, Mulia
Maha -> Besar
Sayana -> tempat tidur, tidur

------

Soal kgk boleh becanda, maksudnya musavada bro?
There is no place like 127.0.0.1

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #5 on: 20 November 2010, 08:46:00 PM »
Kalo menurut saya sih pelaksanaan attha sila sebenarnya untuk menunjang agar samadhi kita bisa lebih maju.

Misalnya, makan sebelum jam 12 siang atau sehari sekali selain mengurangi nafsu indrawi yg nantinya akan membantu mempercepat konsentrasi, juga kalo kebanyakan makan pasti tidak akan enak untuk bermeditasi karena perut terasa sesak.

Tidak menonton pertunjukan, tarian, musik2 dan alat merias diri, ini juga berhubungan dengan meningkatkan kwalitas meditasi.   Kebanyakan menonton hal2 yg begini, pikiran akan terpencar sulit untuk di fokuskan pada objek.

Sama halnya dengan tidur ditempat yg mewah.  Jika tidur di tempat tidur yg mewah, seseorang akan cenderung tidur dengan lelap dan ini akan melemahkan konsentrasi yg sedang dilatih.  Lain halnya jika tidur beralas tikar atau kasur tipis, otomatis badan tidak akan dapat tidur dengan lama, karna akan sakit.

Jadi attha sila ini akan sangat bermanfaat bagi yg melatih samadhi.  Dulu saya sewaktu baru belajar buddha dhama dan tidak mendalami meditasi,  menganggap attha sila ini termasuk 'penyiksaan diri' tidak terlihat manfaatnya.
Setelah berlatih meditasi baru mengetahui bahwa makin bagus sila yg dijalankan, nantinya hal ini akan mendorong samadhi kearah yg lebih baik dan cepat.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #6 on: 20 November 2010, 09:06:02 PM »
sependapat bro

cuma soal tempat tidur yg tinggi dan besar itu, kalau saya melihatnya sebagai salah satu pemuasan inderawi/tubuh, bukan karena lelapnya. Saya rasa tidak ada yg salah dengan tidur lelap. Malahan jika tidak istirahat dengan cukup malahan memperburuk konsentrasi.
There is no place like 127.0.0.1

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #7 on: 20 November 2010, 09:16:21 PM »
Jadi, boleh gak menjalankan Atthasila nya gak lengkap? Atau kalau mau meditasi aja baru menjalankan secara lengkap, kalau cuma untuk menjaga sila aja gak lengkap gak masalah?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #8 on: 20 November 2010, 09:19:32 PM »
Jadi, boleh gak menjalankan Atthasila nya gak lengkap? Atau kalau mau meditasi aja baru menjalankan secara lengkap, kalau cuma untuk menjaga sila aja gak lengkap gak masalah?

maksudnya? mau menjaga sila tapi berniat untuk menjalankannya secara tidak lengkap? jadi bagian mana yg "menjaga sila" bro?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #9 on: 20 November 2010, 09:21:06 PM »
yah, nda ada yg larang juga sih kalau mau tidak lengkap. Kalau biasa 5, jadi 6 atau 7, tentu jadi lebih baik walaupun belum jadi 8.

Dalam sutta sih, tidak spesifik dikatakan kalau menjalankan atthasila waktu mau meditasi aja, tapi pada waktu tertentu, uposatha.
There is no place like 127.0.0.1

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #10 on: 21 November 2010, 01:19:59 AM »
Jadi, boleh gak menjalankan Atthasila nya gak lengkap? Atau kalau mau meditasi aja baru menjalankan secara lengkap, kalau cuma untuk menjaga sila aja gak lengkap gak masalah?

pengertian dari atthasila itu sendiri attha= delapan, sila=latihan kemoralan..
athasila = 8 latihan kemoralan.. CMIIW.
kalau cuma ingin menjaga sila, tapi gak lengkap 8sila sih saya pikir gak ada masalah...
tapi itu gak bisa di sebut atthasila.. :)
seperti kata ko medho..
yah, nda ada yg larang juga sih kalau mau tidak lengkap. Kalau biasa 5, jadi 6 atau 7, tentu jadi lebih baik walaupun belum jadi 8.

Dalam sutta sih, tidak spesifik dikatakan kalau menjalankan atthasila waktu mau meditasi aja, tapi pada waktu tertentu, uposatha.

"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #11 on: 21 November 2010, 03:34:23 AM »
heh?
Samma Vayama

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #12 on: 21 November 2010, 06:16:15 AM »
maksudnya? mau menjaga sila tapi berniat untuk menjalankannya secara tidak lengkap? jadi bagian mana yg "menjaga sila" bro?

IMO
yang namanya Atthasila, praktek lengkap semua sila, jangan kurang2 i.
kalau kurangi itu namanya pembenaran utk diri sendiri
8 sila aja belum siap !, gimana ntar mau jadi Bhikkhu dengan 227 sila ? :))
 _/\_

Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #13 on: 21 November 2010, 07:59:20 AM »
apakah makan hanya 1x saja tidak merusak tubuh?
mengingat aktifitas kita umumnya pada zaman ini adalah pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam.


Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Attha Sila Support Group / Kelompok Dukungan Praktek Attha Sila
« Reply #14 on: 21 November 2010, 08:14:33 AM »
sependapat bro

cuma soal tempat tidur yg tinggi dan besar itu, kalau saya melihatnya sebagai salah satu pemuasan inderawi/tubuh, bukan karena lelapnya. Saya rasa tidak ada yg salah dengan tidur lelap. Malahan jika tidak istirahat dengan cukup malahan memperburuk konsentrasi.

Dicoba dulu bro, kira2 seminggu untuk tiap percobaan dibawah ini:
- Tidur di kasur mewah
- Tidur beralas tikar
- Tidur dengan tidak berbaring (dutthanga)

Nanti akan kelihatan perbedaannya, tidur lelap itu membantu menjaga konsentrasi dan perhatian atau tidak membantu?
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan