//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: manusia Termometer atau Termostat  (Read 1923 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline anthony

  • Teman
  • **
  • Posts: 55
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • Sabbe Sankhara Anicca
manusia Termometer atau Termostat
« on: 10 October 2010, 09:53:09 AM »
Termometer atau Termostat
 
 
Kalau bicara soal pengaruh, di dunia ini ada 2 jenis manusia, yaitu “manusia termometer” dan “manusia termostat”. Seperti kita ketahui, termometer adalah suatu alat yang berguna untuk mengukur suhu udara di sekelilingnya. Sedangkan termostat berfungsi untuk mengatur suhu di sekitarnya dan mengubahnya bila perlu.
 
Manusia termometer adalah manusia yang hidupnya selalu dipengaruhi oleh keadaan. Ia tidak punya inisiatif maupun kemampuan untuk mengubah situasi dan kondisi. Banyak orang yang tidak sukses karena membiarkan hidupnya mengalir apa adanya. Mungkin ada yang berkata, “Saya kan dari keluarga miskin”, “Ah, saya kan Cuma lulusan SD”, “Gue ini orang bodoh, bukan jenius kayak dia.” Akibat terlalu fokus kepada pikiran negatif semacam inilah, banyak orang yang cepat menyerah dan tidak mau berusaha. Lain halnya dengan manusia termostat. Manusia termostat adalah manusia yang selalu berusaha untuk mempengaruhi dan merubah keadaan di sekitarnya menjadi lebih baik. Ia dalah tipe manusia yang berani memutuskan apa yang akan terjadi dalam hidupnya dan tidak pernah menyerah kepada nasib.
 
Salah satu contoh manusia termostat adalah Soichiro Honda. Suatu ketika ia memiliki impian yang besar tentang dunia otomotif. Walaupun berasal dari keluarga sederhana, Honda tetap berjuang untuk mewujudkan impiannya. Akhirnya sekarang Honda menjadi merk yang disegani dalam dunia otomotif. Bicara soal keberhasilannya, Soichiro Honda pernah berkata, “Yang dilihat orang pada keberhasilan saya hanyalah 1% tentang diri saya, tetapi yang tidak mereka lihat adalah 99%, yaitu kegagalan-kegagalan saya.” Honda tidak menyerahkan hidupnya kepada yang 99% itu. Tipe manusia yang manakah Anda ?Termometer atau Termostat.semoga anda berbahagia.
 _/\_
 
« Last Edit: 11 October 2010, 06:26:20 PM by Sumedho »
Tadyatha hum Gate-gate param gate Parasamgate bodhi Svha.. _/\_