Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.  (Read 38125 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #15 on: 19 September 2010, 08:05:00 PM »
kemenyan di indonesia di kenal sebagai dupa yang di bakar di bokor (tempat pembakaran dari tanah liat menggunakan arang ). biasa di gunakan sebagai sesajen atau wewangian dalam suatu upacara misalnya di tv/ film sering di perlihatkan dukun mengunakan kemenyan ini sebagai wewangian dalam sesajen (tentunya di bokor )

aku denger12 kemenyan bisa dimakan jg??Untuk apa yac makan kemenyan??
[/quote]

Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..


Quote
JERRY:
 [at] Ingyastuti
Kemenyan biasanya emang jadi makanan koq.. Makanannya makhluk halus.
Rasanya ini juga bener...
« Last Edit: 19 September 2010, 08:07:08 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #16 on: 19 September 2010, 08:21:05 PM »
Wow...
Bisa buat pencernaan juga yach??
kayak obat maag gt??

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #17 on: 19 September 2010, 08:29:46 PM »
Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..

[/quote]

Dulu aik saya pernah makan kemenyan warna coklat keitem2an..bagus ga itu??

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #18 on: 19 September 2010, 08:40:46 PM »
Quote
Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..


Dulu aik saya pernah makan kemenyan warna coklat keitem2an..bagus ga itu??

Kalau sekarang bro masih hidup dan sehat, gw asummsi it is ok aja... asal jangan overdosis... :P :P
« Last Edit: 19 September 2010, 08:47:33 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #19 on: 19 September 2010, 08:54:43 PM »
yg menakjubkan adalah artikel TS ini tidak melalui engine google translate.

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #20 on: 19 September 2010, 09:16:39 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua


Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #21 on: 19 September 2010, 10:11:39 PM »

bau asap Kemenyan ada di gereja Katholik...

Ahli biologi dari Universitas Johns Hopkins dan Universitas Ibrani di Yerusalem menemukan bahwa membakar kemenyan akan mengaktifkan saluran ion di otak yang mengurangi kecemasan dan depresi, ini menunjukkan bahwa kelas obat yg bekerja bawah hidung kita.

Dalam temuan FASEB Journal, para peneliti mengatakan bahwa senyawa aktif - asetat incensole - yg memiliki khasiat utk menanganin saraf yang dipengaruhi oleh kecemasan dan emosi, seperti obat yg diresepkan spt obat depresi.

"Meskipun informasi yang berasal dari teks-teks kuno, konstituen Boswellia belum diselidiki untuk psychoactivity," kata peneliti Raphael Mechoulam. "Kami menemukan bahwa incensole asetat, resin Boswellia konstituen, saat diuji pada tikus menurunkan kecemasan dan menyebabkan perilaku antidepressive-seperti Rupanya, kebanyakan hamba-hamba-hari ini menganggap bahwa pembakaran dupa hanya memiliki makna simbolis.."

Dalam peneliti incensole asetat diberikan untuk tikus dan menemukan bahwa senyawa aktif protein yang disebut TRPV3, yang hadir dalam otak mamalia dan juga diketahui berperan dalam persepsi kehangatan kulit. Ketika tikus dibesarkan tanpa protein ini terkena incensole asetat, senyawa itu tidak berpengaruh pada otak mereka.

"Mungkin Marx tidak terlalu salah ketika ia disebut agama itu candu bagi rakyat: morfin berasal dari poppy, kanabinoid dari ganja, dan LSD dari jamur; masing-masing telah digunakan dalam salah satu upacara keagamaan." kata Gerald Weissmann, Editor-in-Kepala Jurnal FASEB. "Penemuan bagaimana incensole asetat, dimurnikan dari kemenyan, bekerja di target spesifik di otak juga harus membantu kita memahami penyakit pada sistem saraf.

Penelitian ini juga memberikan penjelasan biologis bagi praktek-praktek spiritual berumur ribuan tahun. Yakni membakar dupa dan Kemenyan.

Asap Kemenyan benar-benar membuat Anda merasa hangat dan relax seluruh badan (dgn dosis yg tepat)



Nah kenapa kr****n, Protestan, bahkan Agama Buddha jarang/tidak melakukan pembakaran KEMENYAN ?

« Last Edit: 19 September 2010, 10:14:55 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #22 on: 19 September 2010, 10:16:06 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #23 on: 19 September 2010, 10:20:17 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #24 on: 19 September 2010, 10:23:18 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #25 on: 19 September 2010, 10:52:21 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Pikir polisi waaah ini pendatang baru mau buka business saingan sama

PinLang Girl di Taiwan........ produk : pinang+sirih+kapur+kemenyan+tembakau

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #26 on: 19 September 2010, 11:02:21 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Pikir polisi waaah ini pendatang baru mau buka business saingan sama

PinLang Girl di Taiwan........ produk : pinang+sirih+kapur+kemenyan+tembakau


yang boneng bro, pinang juga pake kemenyan?
pinang yang dijual ditaiwan tuh ada 2
yang satu pake kotak dan yang satu lagi pake plastik
yang pake kotak gak ada daun sirihnya, cuma ditengah2nya dibelah dikasih merah2, gw gak tau itu apa, kalo dikunyah manis
kalo yang diplastik seperti yang bro bilang pinang+kapur+sirih diolehsi merah2 gw gak tau itu apa, kalo pake tembakau dan menyan gw baru tau

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #27 on: 19 September 2010, 11:41:28 PM »
wah..kegunaan kemenyan banyak juga yach..ehhehe....
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

disana org cina pk kemenyan juga yach??

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #28 on: 19 September 2010, 11:48:17 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua

ternyata kemenyan buat obat kuat juga..ehhehee...

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #29 on: 19 September 2010, 11:54:37 PM »
wah..kegunaan kemenyan banyak juga yach..ehhehe....
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

disana org cina pk kemenyan juga yach??
kalo didaerah gw sich banyak, apalagi malam jumat, tercium bau kemenyan yang menyengat