Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.  (Read 36788 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« on: 19 September 2010, 05:01:55 PM »


Kemenyan disebut juga Frankincense, Olibanum, Salai guggal, atau Boswellia serrata.
(foto kiri       > toko Kemenyan di Haffa Souq, Salalah (negara Arab)
 foot kanan  > getah, pohon, asap kemenyan,...rangsel kemenyan, kotak kemenyan)

Bila anda mengenal Teratai yg daun dan bunganya tidak kotor walaupun tumbuh dikolam lumpur. Pohon Kemenyan dikenal karna dapat hidup dilingkungan yg tak masuk akal. Kemenyan dapat tumbuh/hidup diatas batu padat & angin kencang. Karna kondisi tumbuh yg berupa padang pasir dgn angin kencang, kemenyan juga memiliki akar membesar utk daya cengkramnya bila badai angin tiba. Kalau tanaman biasa tidak kering ya udah terbang dihembus angin. Tanaman lain tidak memiliki keunggulan kemampuan ini. Dan dari getah yg dihasilkan pohon kemenyan ini memiliki wangin yg tiada tandingannya.

Quote
Kemenyan : juga username member di DC, dan lebih tepat Glomod.  And please stay in the topik.  8)

Kemenyan dalam Pengobatan
Pohon kemenyan atau pohon Boswellia, ditemukan terutama di India. Pohon Boswellia adalah pohon balsamic yang mengeluarkan oleoresins aromatik yang dikumpulkan dari luka kulitnya pohon, saat kering menjadi permen karet. Dalam teks-teks kuno medis Ayurvedic dari India, eksudat bergetah dari Boswellia dikelompokkan dengan resin karet lainnya dan secara keseluruhan disebut GUGUL.

Permen karet-resin dilaporkan untuk memiliki, obat penenang dan aktivitas analgesik. Bila seluruh lemaknya dihilangkan ekstrak eksudat permen karet (oleo-gum-resin) ditemukan memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-rematik ditandai terhadap arthritis ajuvan pada hewan percobaan dan bebas dari racun atau efek samping lainnya. Hal ini juga ditunjukkan untuk memiliki ditandai menurunkan kolesterol dan trigliserida aktivitas. Uji klinis pada pasien rematik telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. asam Boswellic terisolasi dari getah menghambat, dalam konsentrasi dengan cara bergantung, pembentukan produk 5-lipoxygenase dengan IC50 1,5? M. studi toksisitas kronis di monyet sehat mengungkapkan bahwa obat itu
tidak memiliki bio-kimia, dan lain toksisitas hematologi.

permen karet ini dikreditkan dengan zat, stimulan, ekspektoran, diuretik, yg mengeluarkan keringat, antipuretic, emmenagogue obat perut, ecbolic dan sifat antiseptik. Hal ini dilaporkan berguna dalam borok, tumor, gondok, payudara cystic, diare, disentri, tumpukan, asma, bronkitis, laringitis kronis, penyakit kuning, sifilis dan penyakit kulit. Hal ini digunakan dalam penyusunan sebuah salep untuk luka dan digunakan dengan mentega di sifilis. Permen karet-resin adalah zat, anti-menurunkan suhu badan, antidysentry, ekspektoran, diaphosetic, diuretik, obat perut, emmenagogue. Hal ini berguna dalam demam, diaphoresis, kejang, disentri, urethrorrhea, orchiopathy, bronkitis, asma, batuk, stomatitis, penyakit sifilis, radang tenggorokan kronis, penyakit kuning dan arthritis.

Boswellic asam adalah agen-agen anti-inflamasi dan anti-rematik yang efektif, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, rematik jaringan lunak, dan nyeri pinggang. Mereka juga membantu mengendalikan berlebihan lipid darah tinggi dan atherosclerosis, dan melindungi hati terhadap endotoksin bakteri-galactosamine. Bagian non-asam dari permen karet itu telah sakit-relieving dan kualitas obat penenang, dan dalam dosis tinggi dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi denyut jantung pada anjing, melainkan peningkatan dalam katak. Manfaat yang diamati Boswellia termasuk pengurangan mobilitas sendi bengkak, meningkat, steroid hemat tindakan (kurang steroid dibutuhkan dalam kombinasi perlakuan), kekakuan pagi kurang, kekuatan cengkeraman ditingkatkan, dan peningkatan umum dalam kualitas hidup, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

- Pachnanda et al., Ind J. Pharmacol., 1981; 13: 63.
- The Wealth Asia, PID, CSIR, 1996, New Delhi.


Silahkan di share kegunaan dari Kemenyan,,,, dari Dukum s/d gereja Katholik. dari Parfum s/d  eyeliner, dst dst....

semoga dgn posting ini, kita mengenal Kemeyan lebih baik!  : :x :x :x

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #1 on: 19 September 2010, 06:02:13 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #2 on: 19 September 2010, 06:18:01 PM »
lebih baik tanya pada GloMod Kemenyan utk mengetahui lebih jauh.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #3 on: 19 September 2010, 06:48:34 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??

Salah satunya adalah mengobatin penyakit sifilis, cuma gw gak tau gimana cara memakainya?
mungkin bisa minta bantuan bro Forte utk cara maupun dosisnya...  :)) :))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #4 on: 19 September 2010, 06:51:58 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??

Salah satunya adalah mengobatin penyakit sifilis, cuma gw gak tau gimana cara memakainya?
mungkin bisa minta bantuan bro Forte utk cara maupun dosisnya...  :)) :))

Mang bisa ngobatin sakit gtan ko??

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #5 on: 19 September 2010, 07:00:42 PM »

pohon kemenyan


member DC ada yg punya pohon Kemenyan ? dapatkah hidup di Indonesia ?
rasanya pohon ini hidup ditempat panas, gurun, tandus dan angin besar ?
kelihatannya tidak ada pohon lain yg hidup, kecuali pohon kemenyan....

jadi kemenyan itu memang tahan banting banget!
« Last Edit: 19 September 2010, 07:03:36 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #6 on: 19 September 2010, 07:10:54 PM »

toko Kemenyan di Haffa Souq, Arab

Kelihatannya seperti jual permen aja ya...  :)) :))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #7 on: 19 September 2010, 07:11:43 PM »

pohon kemenyan


member DC ada yg punya pohon Kemenyan ? dapatkah hidup di Indonesia ?
rasanya pohon ini hidup ditempat panas, gurun, tandus dan angin besar ?
kelihatannya tidak ada pohon lain yg hidup, kecuali pohon kemenyan....

jadi kemenyan itu memang tahan banting banget!
kayaknya itu didaerah tandus banget yach..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #8 on: 19 September 2010, 07:17:06 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??

Salah satunya adalah mengobatin penyakit sifilis, cuma gw gak tau gimana cara memakainya?
mungkin bisa minta bantuan bro Forte utk cara maupun dosisnya...  :)) :))

Mang bisa ngobatin sakit gtan ko??
Mungkin bro Forte bisa membantu...

Asap kemenyan sbg pengusir nyamuk dan pembasmi virus/bakter/jamur
Membakar kemenyan (asapnya) dpt berfungsi sebagai pembersih bakteri/virus yg tak diinginkan di udara, dan juga sebagai pengusir nyamuk! nah kalau yg ini aman utk dicoba bro!... =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #9 on: 19 September 2010, 07:18:30 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??

kemenyan di indonesia di kenal sebagai dupa yang di bakar di bokor (tempat pembakaran dari tanah liat menggunakan arang ). biasa di gunakan sebagai sesajen atau wewangian dalam suatu upacara misalnya di tv/ film sering di perlihatkan dukun mengunakan kemenyan ini sebagai wewangian dalam sesajen (tentunya di bokor )

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #10 on: 19 September 2010, 07:35:53 PM »


Kemenyan = hadiah kelahiran Yesus.
Konon sewaktu Yesus lahir, salah satu dari 3 persembahan (mulia) tsb adalah KEMENYAN. apa ya diantara 2 nya lagi?
apakah info ini bener menurut alkitab ? soalnya gereja Katholik juga bakar kemenyen lho dlm upacara missa/minggu!

Quote
In Christian tradition, the Magi (pronounced /ˈmædʒaɪ/;[1] Greek: μάγοι, magoi), also referred to as the (Three) Wise Men, (Three) Kings, or Kings from the East, are a group of distinguished foreigners who are said to have visited  after his birth, bearing gifts of gold, myrrh and frankincense (kemenyen).

Myrrh is a reddish-brown resinous material, the dried sap of a number of trees, but primarily from Commiphora myrrha, which is native to Yemen, Somalia, the eastern parts of Ethiopia, and Commiphora gileadensis, which is native to Jordan. ...
« Last Edit: 19 September 2010, 07:43:49 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #11 on: 19 September 2010, 07:37:42 PM »
kemenyan di indonesia di kenal sebagai dupa yang di bakar di bokor (tempat pembakaran dari tanah liat menggunakan arang ). biasa di gunakan sebagai sesajen atau wewangian dalam suatu upacara misalnya di tv/ film sering di perlihatkan dukun mengunakan kemenyan ini sebagai wewangian dalam sesajen (tentunya di bokor )
[/quote]

aku denger12 kemenyan bisa dimakan jg??Untuk apa yac makan kemenyan??

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #12 on: 19 September 2010, 07:43:00 PM »


Kemenyan merupakan hadiah buat kelahiran Yesus.
Konon sewaktu Yesus lahir, salah satu dari 3 persembahan (mulia) tsb adalah KEMENYAN. apa ya diantara 2 nya lagi?
apakah info ini bener menurut alkitab ? soalnya gereja Katholik juga bakar kemenyen lho dlm upacara missa/minggu!

mur, emas dan kemenyan 

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #13 on: 19 September 2010, 07:49:47 PM »


Kemenyan merupakan hadiah buat kelahiran Yesus.
Konon sewaktu Yesus lahir, salah satu dari 3 persembahan (mulia) tsb adalah KEMENYAN. apa ya diantara 2 nya lagi?
apakah info ini bener menurut alkitab ? soalnya gereja Katholik juga bakar kemenyen lho dlm upacara missa/minggu!

mur, emas dan kemenyan 


Megi lagi mempersembahkan MUR, Emas dan Kemenyan....
(apakah itu kotak kecil di lantai sebelah kanan = persembahannya?)

thanks bro Daimond.... tapi apakah banyak mengerti tentang MUR ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #14 on: 19 September 2010, 07:51:34 PM »
 [at] Ingyastuti
Kemenyan biasanya emang jadi makanan koq.. Makanannya makhluk halus. ;D
appamadena sampadetha

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #15 on: 19 September 2010, 08:05:00 PM »
kemenyan di indonesia di kenal sebagai dupa yang di bakar di bokor (tempat pembakaran dari tanah liat menggunakan arang ). biasa di gunakan sebagai sesajen atau wewangian dalam suatu upacara misalnya di tv/ film sering di perlihatkan dukun mengunakan kemenyan ini sebagai wewangian dalam sesajen (tentunya di bokor )

aku denger12 kemenyan bisa dimakan jg??Untuk apa yac makan kemenyan??
[/quote]

Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..


Quote
JERRY:
 [at] Ingyastuti
Kemenyan biasanya emang jadi makanan koq.. Makanannya makhluk halus.
Rasanya ini juga bener...
« Last Edit: 19 September 2010, 08:07:08 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #16 on: 19 September 2010, 08:21:05 PM »
Wow...
Bisa buat pencernaan juga yach??
kayak obat maag gt??

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #17 on: 19 September 2010, 08:29:46 PM »
Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..

[/quote]

Dulu aik saya pernah makan kemenyan warna coklat keitem2an..bagus ga itu??

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #18 on: 19 September 2010, 08:40:46 PM »
Quote
Quote
Kemenyan resin dimakan dan sering digunakan dalam berbagai obat tradisional di Asia untuk pencernaan dan kulit yang sehat. Edible kemenyan harus murni untuk konsumsi internal, yang berarti harus transparan, tanpa kotoran hitam atau cokelat. Hal ini sering lampu kuning dengan warna (sangat) sedikit kehijauan. Hal ini sering dikunyah seperti permen karet, tapi lengket karena resin (wikipedia)
.

Tapi juga tergantung kwalitas dari kemenyan tsb..


Dulu aik saya pernah makan kemenyan warna coklat keitem2an..bagus ga itu??

Kalau sekarang bro masih hidup dan sehat, gw asummsi it is ok aja... asal jangan overdosis... :P :P
« Last Edit: 19 September 2010, 08:47:33 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #19 on: 19 September 2010, 08:54:43 PM »
yg menakjubkan adalah artikel TS ini tidak melalui engine google translate.

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #20 on: 19 September 2010, 09:16:39 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua


Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #21 on: 19 September 2010, 10:11:39 PM »

bau asap Kemenyan ada di gereja Katholik...

Ahli biologi dari Universitas Johns Hopkins dan Universitas Ibrani di Yerusalem menemukan bahwa membakar kemenyan akan mengaktifkan saluran ion di otak yang mengurangi kecemasan dan depresi, ini menunjukkan bahwa kelas obat yg bekerja bawah hidung kita.

Dalam temuan FASEB Journal, para peneliti mengatakan bahwa senyawa aktif - asetat incensole - yg memiliki khasiat utk menanganin saraf yang dipengaruhi oleh kecemasan dan emosi, seperti obat yg diresepkan spt obat depresi.

"Meskipun informasi yang berasal dari teks-teks kuno, konstituen Boswellia belum diselidiki untuk psychoactivity," kata peneliti Raphael Mechoulam. "Kami menemukan bahwa incensole asetat, resin Boswellia konstituen, saat diuji pada tikus menurunkan kecemasan dan menyebabkan perilaku antidepressive-seperti Rupanya, kebanyakan hamba-hamba-hari ini menganggap bahwa pembakaran dupa hanya memiliki makna simbolis.."

Dalam peneliti incensole asetat diberikan untuk tikus dan menemukan bahwa senyawa aktif protein yang disebut TRPV3, yang hadir dalam otak mamalia dan juga diketahui berperan dalam persepsi kehangatan kulit. Ketika tikus dibesarkan tanpa protein ini terkena incensole asetat, senyawa itu tidak berpengaruh pada otak mereka.

"Mungkin Marx tidak terlalu salah ketika ia disebut agama itu candu bagi rakyat: morfin berasal dari poppy, kanabinoid dari ganja, dan LSD dari jamur; masing-masing telah digunakan dalam salah satu upacara keagamaan." kata Gerald Weissmann, Editor-in-Kepala Jurnal FASEB. "Penemuan bagaimana incensole asetat, dimurnikan dari kemenyan, bekerja di target spesifik di otak juga harus membantu kita memahami penyakit pada sistem saraf.

Penelitian ini juga memberikan penjelasan biologis bagi praktek-praktek spiritual berumur ribuan tahun. Yakni membakar dupa dan Kemenyan.

Asap Kemenyan benar-benar membuat Anda merasa hangat dan relax seluruh badan (dgn dosis yg tepat)



Nah kenapa kr****n, Protestan, bahkan Agama Buddha jarang/tidak melakukan pembakaran KEMENYAN ?

« Last Edit: 19 September 2010, 10:14:55 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #22 on: 19 September 2010, 10:16:06 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #23 on: 19 September 2010, 10:20:17 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #24 on: 19 September 2010, 10:23:18 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #25 on: 19 September 2010, 10:52:21 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Pikir polisi waaah ini pendatang baru mau buka business saingan sama

PinLang Girl di Taiwan........ produk : pinang+sirih+kapur+kemenyan+tembakau

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #26 on: 19 September 2010, 11:02:21 PM »
dulu teman gw ditaiwan ditangkap polisi taiwan gara2 kemenyan
temen gw itu orang jawa, maksud membawa kemenyan itu adalah untuk keselamatan alias jimat
kata polisi taiwan sich kemenyan itu dilarang ditaiwan
untungnya teman gw dibebaskan setelah dijelaskan, cuma ditahan semalam doang

Pikir polisi waaah ini pendatang baru mau buka business saingan sama

PinLang Girl di Taiwan........ produk : pinang+sirih+kapur+kemenyan+tembakau


yang boneng bro, pinang juga pake kemenyan?
pinang yang dijual ditaiwan tuh ada 2
yang satu pake kotak dan yang satu lagi pake plastik
yang pake kotak gak ada daun sirihnya, cuma ditengah2nya dibelah dikasih merah2, gw gak tau itu apa, kalo dikunyah manis
kalo yang diplastik seperti yang bro bilang pinang+kapur+sirih diolehsi merah2 gw gak tau itu apa, kalo pake tembakau dan menyan gw baru tau

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #27 on: 19 September 2010, 11:41:28 PM »
wah..kegunaan kemenyan banyak juga yach..ehhehe....
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

disana org cina pk kemenyan juga yach??

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #28 on: 19 September 2010, 11:48:17 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua

ternyata kemenyan buat obat kuat juga..ehhehee...

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #29 on: 19 September 2010, 11:54:37 PM »
wah..kegunaan kemenyan banyak juga yach..ehhehe....
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua



Lain kali bergadang, waaah boleh nyoba Kemenyan dikit dunnggg =))
kalo dipasar deket rumah gw masih banyak yang jualan kemenyan
dan tiap malam jumat pasti tercium bau kemenyan dibanyak rumah didaerah gw
kebanyakan sich mayoritas org china

disana org cina pk kemenyan juga yach??
kalo didaerah gw sich banyak, apalagi malam jumat, tercium bau kemenyan yang menyengat

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #30 on: 19 September 2010, 11:55:25 PM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua

ternyata kemenyan buat obat kuat juga..ehhehee...
itu cuma tebakan gw saja :P

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #31 on: 20 September 2010, 05:59:21 AM »
" Ahli biologi dari Universitas Johns
Hopkins dan Universitas Ibrani di
Yerusalem menemukan bahwa
membakar kemenyan akan
mengaktifkan saluran ion di otak yang
mengurangi kecemasan dan depresi ,
ini menunjukkan bahwa kelas obat yg
bekerja bawah hidung kita. "
aye waktu kecil setiap nyium bau kemenyan malah ketakutan..
Katanya kemenyan buat makan setan.. :))
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #32 on: 20 September 2010, 08:25:37 AM »
" Ahli biologi dari Universitas Johns
Hopkins dan Universitas Ibrani di
Yerusalem menemukan bahwa
membakar kemenyan akan
mengaktifkan saluran ion di otak yang
mengurangi kecemasan dan depresi ,
ini menunjukkan bahwa kelas obat yg
bekerja bawah hidung kita. "
aye waktu kecil setiap nyium bau kemenyan malah ketakutan..
Katanya kemenyan buat makan setan.. :))

Mungkin kebanyakan orang Indonesia mengenal bau kemenyan melalui..
sesajen (spt yg di Bali) atau bunga2 yg diletakan di pinggir jalan.... atau dukun...

jadi apakah image Kemenyan utk orang Indonesia kurang baik (kecuali gereja Katholik lho) ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Seputar Kemenyan (Frankincense) dan manfaatnya.
« Reply #33 on: 21 September 2010, 12:21:59 AM »
kalo dulu didaerah rumah gw, tukang air pikulan rokoknya dicampur kemenyan, mungkin karena pengaruh rokok kemenyan ini si tukang air pikulan kuat mikul air, padahal tuh tukang air pikulan uda tua


Itu bukan karna rokok campur kemenyan kaleee ......
tukang air dirumah gw udah tua dan sedikit bungkuk juga kuat ... tanpa rokok dan kemenyan
itu kebiasaan dan bagian dari mata pencaharian .....

Btw ..... yg empunya KEMENYAN mod kita belum komentar niee
harusnya dia yg paling kompeten bicara soal ini  :hammer:
 ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
kegunaan KEMENYAN....
« Reply #34 on: 09 February 2018, 12:02:59 PM »
kegunaan kemenyan itu apa si??


ini hanya segelinter keunaan KEMENYAN.... :'( :'( :'(
« Last Edit: 09 February 2018, 12:07:43 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
wajah cream KEMENYAN biat awet muda...
« Reply #35 on: 09 February 2018, 12:07:20 PM »

wakaj cream KEMENYAN
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
hadian yg diberikan sewaktu kelahiran YESUS....
« Reply #36 on: 09 February 2018, 12:13:02 PM »
taukah apa hadiah yg diberikan sewaktu YESUS lahir ..?....

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
apakah ada rokok mengandung KEMENYAN ?
« Reply #37 on: 09 February 2018, 12:16:14 PM »


rokok yg mengandung kemenyan disebut : klembak menyan
dan cuma ada di Indonesia
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
ini toko KEMENYAN...bukan toko batu2an...
« Reply #38 on: 09 February 2018, 12:32:07 PM »

Kemenyan disebut juga Frankincense, Olibanum, Salai guggal, atau Boswellia serrata tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama para penghayat kebudayaan lokal. Sebuah benda berbentuk kristal keruh berwarna coklat maupun putih yang biasa di bakar mengiringi ritual ritual baik personal ataupun umum.

Banyak sekali pertanyaan maupun anggapan bahwa kemenyan adalah sebuah benda yang sangat terkait dengan mistik, digunakan untuk memberi makan demit, untuk campuran rokok lintingan, maupun pewangi ruangan.

Bila anda mengenal Teratai yg daun dan bunganya tidak kotor walaupun tumbuh dikolam lumpur. Pohon Kemenyan dikenal karna dapat hidup dilingkungan yg tak masuk akal. Kemenyan dapat tumbuh/hidup diatas batu padat & angin kencang. Karna kondisi tumbuh yg berupa padang pasir dgn angin kencang, kemenyan juga memiliki akar membesar utk daya cengkramnya bila badai angin tiba. Kalau tanaman biasa tidak kering ya udah terbang dihembus angin. Tanaman lain tidak memiliki keunggulan kemampuan ini. Dan dari getah yg dihasilkan pohon kemenyan ini memiliki wangin yg tiada tandingannya.

Pohon Kemenyan (Styrax benzoin) dapat tumbuh di lingkungan yang keras. Kemenyan tumbuh di daerah yang sangat kering dan sangat cocok untuk tanah kapur tinggi dan rendah nutrisi. Bahkan di atas batu pun tanaman ini bisa tumbuh. Sebagai contoh, di Somalia, tanaman ini tidak tumbuh di atas tanah di atas tapi di atas batu marmer. Pohon kemenyan beradaptasi dengan lingkungan keras dengan cara menggugurkan daunnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenyan dimanfaatkan getahnya. Cara menyadap getah Kemenyan mirip dengan menyadap getah pohon karet atau getah pohon pinus. Getah dihasilkan dari pemotongan pada kulit pohon. Getah mengeras dikumpulkan dan digunakan sebagai kemenyan dan mur.

Hasil sadapan kemenyan ini diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu, bahkan bukti arkelogis menunjukkan dalam makam Tutankhamun raja Mesir kuno yang meninggal pada 1323 SM juga ditemukan kemenyan. Perdagangan kemenyan terbesar terjadi di kawasan Arab. Ketika itu, nilai jual Kemenyan menyamai emas. Di Indonesia, penghasil pohon kemenyan terbesar adalah di Sumatera Utara.

Kemenyan dimanfaatkan untuk bumbu rokok dan aroma terapi. Kemenyan juga banyak digunakan dalam ritual keagamaan dan pengobatan.


KEMENYAN pohon yg dpt tumbuh diatas BATU dan ANGIN KENCANG......(nahhh sekarang anda mengerti sedikitlah...kehebatan KEMENYAN),...bgitu juga kehebatan daun teratai yg gka bisa dikotoran air lumpur...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
;eboj kaij temtamg KEMENYAN...
« Reply #39 on: 09 February 2018, 12:52:36 PM »
Pohon kemenyan atau pohon Boswellia, ditemukan terutama di India. Pohon Boswellia adalah pohon balsamic yang mengeluarkan oleoresins aromatik yang dikumpulkan dari luka kulitnya pohon, saat kering menjadi permen karet. Dalam teks-teks kuno medis Ayurvedic dari India, eksudat bergetah dari Boswellia dikelompokkan dengan resin karet lainnya dan secara keseluruhan disebut GUGUL.

Permen karet-resin dilaporkan untuk memiliki, obat penenang dan aktivitas analgesik. Bila seluruh lemaknya dihilangkan ekstrak eksudat permen karet (oleo-gum-resin) ditemukan memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-rematik ditandai terhadap arthritis ajuvan pada hewan percobaan dan bebas dari racun atau efek samping lainnya. Hal ini juga ditunjukkan untuk memiliki ditandai menurunkan kolesterol dan trigliserida aktivitas. Uji klinis pada pasien rematik telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. asam Boswellic terisolasi dari getah menghambat, dalam konsentrasi dengan cara bergantung, pembentukan produk 5-lipoxygenase dengan IC50 1,5? M. studi toksisitas kronis di monyet sehat mengungkapkan bahwa obat itu
tidak memiliki bio-kimia, dan lain toksisitas hematologi.

permen karet ini dikreditkan dengan zat, stimulan, ekspektoran, diuretik, yg mengeluarkan keringat, antipuretic, emmenagogue obat perut, ecbolic dan sifat antiseptik. Hal ini dilaporkan berguna dalam borok, tumor, gondok, payudara cystic, diare, disentri, tumpukan, asma, bronkitis, laringitis kronis, penyakit kuning, sifilis dan penyakit kulit. Hal ini digunakan dalam penyusunan sebuah salep untuk luka dan digunakan dengan mentega di sifilis. Permen karet-resin adalah zat, anti-menurunkan suhu badan, antidysentry, ekspektoran, diaphosetic, diuretik, obat perut, emmenagogue. Hal ini berguna dalam demam, diaphoresis, kejang, disentri, urethrorrhea, orchiopathy, bronkitis, asma, batuk, stomatitis, penyakit sifilis, radang tenggorokan kronis, penyakit kuning dan arthritis.

Boswellic asam adalah agen-agen anti-inflamasi dan anti-rematik yang efektif, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, rematik jaringan lunak, dan nyeri pinggang. Mereka juga membantu mengendalikan berlebihan lipid darah tinggi dan atherosclerosis, dan melindungi hati terhadap endotoksin bakteri-galactosamine. Bagian non-asam dari permen karet itu telah sakit-relieving dan kualitas obat penenang, dan dalam dosis tinggi dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi denyut jantung pada anjing, melainkan peningkatan dalam katak. Manfaat yang diamati Boswellia termasuk pengurangan mobilitas sendi bengkak, meningkat, steroid hemat tindakan (kurang steroid dibutuhkan dalam kombinasi perlakuan), kekakuan pagi kurang, kekuatan cengkeraman ditingkatkan, dan peningkatan umum dalam kualitas hidup, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

- Pachnanda et al., Ind J. Pharmacol., 1981; 13: 63.
- The Wealth Asia, PID, CSIR, 1996, New Delhi.



kemenyan dlm bentuk MINYAK.....(bisa utk mengharumkan ruang....meditasi
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
LUBAN atao KEMENYAN sih ?
« Reply #40 on: 09 February 2018, 01:03:03 PM »

Luban adalah sejenis tumbuhan dan sejenis damar yang dikenali sebagai getah yang keluar dari pohon yang  yang hidup di benua Arab atau didaerah kering seperti tanah kapor yang tinggi dan rendah nutrisi.Malah di atas batu pun tumbuhan ini boleh tumbuh seperti di Eygpt,Oman,Arab dan Somalia.Luban atau nama saintifiknya boswellia thurifera atau dikenali Frankincense di eropah.

Imam Ali  Bin Musa Ridha a.s berkata “Berikan makanan luban kepada isterimu yang sedang hamil,Jika Diadalam perut isterimu anak lelaki ia akan menjadi seorang yang cergas, Jika bayi yang dikandungnya anak perempuan malah akanmenjadi cantic paras budi pekertinya dan pandai mnghormati suaminya.
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
seberapa hebatnya pohon KEMENYAN ?
« Reply #41 on: 12 February 2018, 01:39:37 PM »


kehebatan pohon kemenyan >>> tumbuh diatas batus...tahan hembusan angin keras ! nahhh
sekarang anda bisa merasakan kehebatan pohon KEMENYAN ini... 8) 8) 8)
merryXmas n happyNewYYYY 2018