Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mohon penjelasan tentang Kalacakra  (Read 6648 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kusaladhamma

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 130
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
  • May All being Realize their true "Self"
Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« on: 18 August 2010, 11:56:27 PM »
 _/\_
ada yang bisa bantu menjelaskan tentang Kalacakra?
mengapa gambar kalacakra melukiskan sosok Bodhisatva yang sedang (maaf) melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya?
agak aneh bagi saya yang bukan umat yang mempelajari tantra melihat gambar seperti itu.
mohon bantuan  dari teman2 sedharma...

Namo Buddhaya

Offline Tai Ji Quan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 17
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Semoga Semua Mahluk berbahagia
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #1 on: 19 August 2010, 12:28:14 AM »
Saya pernah membaca buku yg judulnya Tantra. Katanya Menurut lagenda suci, setelah sang Buddha mencapai pencerahan, Beliau muncul di india membabarkan sutra kebijaksanaan sempurna. Pd saat yg sama beliau juga muncul di tibet dalam wujud kalachakra membabarkan tantra. Kalo gambar atau rupangnya berpasangan dng lawan jenis, ini agak sulit dijelaskan.

Menurut apa yg pernah saya baca, kata bukunya bilang itu merupakan suatu manifestasi dari nikmatnya pencerahan. Tp tdk identik dng pencerahan. Ini hanya simbol saja. Dan yg berpasangan bukan kalachakra saja. Banyak Dharmapala lainnya yg seperti itu. Biasanya yg berpasangan itu gambar atau rupang dari tibet. Saya pernah ketemu yg dari nepal, tetapi tdk ada pasangannya.

Buku yg lain mengatakan bahwa itu adalah latihan tubuh berpasangan. Banyak praktisi tantra yg melakukan latihan ini. Yg terkenal adalah Padma Sambhava. Lhama tsongkapa juga melakukan latihan ini tetapi menggunakan visualisasi. Dewasa ini latihan tersebut praktis tidak dianjurkan. Karena menimbulkan salah paham, selain itu teknik latihan ini sebagian besar sudah hilang. Jd mungkin sudah tidak ada lg yg menguasainya secara lengkap. Memang tantrayana sulit dipahami.

Sekali lg saya tekankan apa yg saya tulis ini saya baca dari buku. Jd saya tdk ingin timbul perdebatan. Hanya sekedar berbagi saja. Terima kasih semoga bermanfaat. Namo Buddhaya...

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #2 on: 19 August 2010, 01:11:40 AM »
_/\_
ada yang bisa bantu menjelaskan tentang Kalacakra?
mengapa gambar kalacakra melukiskan sosok Bodhisatva yang sedang (maaf) melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya?
agak aneh bagi saya yang bukan umat yang mempelajari tantra melihat gambar seperti itu.
mohon bantuan  dari teman2 sedharma...

Namo Buddhaya
tau dari mana lg hubungan sex? emang keliatan?
akh intrepretasi anda saja kale
Samma Vayama

Offline kur0bane

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 8
  • namo buddhaya,namo dhammaya,namo sanghaya
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #3 on: 19 August 2010, 05:55:33 PM »
wah2 kalachakra tanya bikkhu aliran tantrayana aja bro. itu termasuk ajaran lanjut tantra. kalo tanya sembarang orang nanti penjelasannya bisa keliru:D

Offline Wuchi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #4 on: 29 April 2011, 06:14:24 PM »
maaf pengetahuan saya kalacakra adalah bendera kemenangan di mana ketika shakyamuni buddhaya sebelum mencapai nibbana, ketika Sidharta berhasil menaklukkan MARA, Indera dan Sakka mengibarkan bendera kalacakra yg bertanda seorang ARYA telah menaklukkan semua MARA dan mencapai Pandangan Terang yg paling gemilang,Maha gemilang,hingga tiada kata2 yg sempurna untuk mendeskripsikan ini.... beberapa lukisan thangka memang memanifestasikan pasangan, tetapi sekali lagi saya tekankan thangka adalah karya dan manifestasi dr manusia, tergantung persepsi dan pencerapan individualistis, yg pada dasarnya menurut pencerapan saya makhluk berpasangan yg terdapat dalam thangka mengartikan, sang Buddha pun telah menaklukkan nafsu indera..... :)
mohon jangan jadiin perdebatan yack....... karena dharma tidak untuk di jadikan perdebatan dan hanya di mengerti oleh org yg bijaksana....
mari kita ciptakan dharma yg indah di awal, indah di pertengahan dan indah di akhir..... :)

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #5 on: 15 September 2011, 08:57:51 AM »
Bagus banget penjeasannya, ada nggak sutra atau teks yang menyebutkan Kalacakra adalah panji kemenangan Sakyamuni Buddha ?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #6 on: 15 September 2011, 09:06:31 AM »
tidak didebat, cuma tanya2 dan klarifikasi aja...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #7 on: 16 September 2011, 11:25:51 AM »
Johan3000, itu profil pic anda kok crispy lotus root. Itu makanan yah ?

Mending gw denger soal cemilan daripada menanti penafsiran penafsiran baru mengenai dongeng.

Offline indras

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Mohon penjelasan tentang Kalacakra
« Reply #8 on: 18 January 2013, 04:12:12 PM »
Penjelasan kenapa ada gambar berpasangan pria wanita itu ada di buku INTRODUCTION TO TANTRA : The Transformation of Desire, oleh Lama Thubten Yeshe - Jonathan Landaw,
silakan cari di scribd.com :
http://www.scribd.com/doc/118764319/Buddhist-Tantra-Thubten-Geshe-Introduction-to-Tantra
baca hal 31.
di situ dijelaskan secara baik dan sangat jelas, itu cuma simbol ( gambar laki peluk wanita hal 94 ) dan ada filosofinya. Semoga berguna.