//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kamboja menghentikan para evangelist  (Read 7883 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Kamboja menghentikan para evangelist
« on: 23 July 2007, 08:51:32 AM »
ABC Radio Australia, July 18, 2007
Phnom Penh, Kamboja --
Pemerintah kamboja menghentikan kelompok kristiani dan akan membatasi kegiatan religius oleh organisasi no buddhis, yang katanya menganggu masyarakat

Juru bicara dari departemen kepercayaan dan agam menyatakan bahwa "Kristiani dilarang mengunjungi rumah penduduk... Mengetuk pintu dan berkata "Tuhan telah datang"

Pembagian buku/tulisan religi juga terbatas hanya di geraja, yang membutuhkan ijin dahulu sebelum membangun.

Pejabat pemerintah berkata bahwa meskipun peraturan ini berlaku untuk semua kelompok non buddhis, peraturan ini ditujukan untuk membatasi pengaruh evangelist kristiani pada Buddhis di kamboja yang mayoritas, yang sekarang ini sedang marak anak-anak ditipu untuk berpindah keyakinan dengan kue dan pakaian gratis.
Cambodia cracks down on evangelicals

Quote
ABC Radio Australia, July 18, 2007
Phnom Penh, Cambodia -- The Cambodian government has
clamped down on
Christian groups and is seeking to limit religious
activities by other
non-Buddhist organisations, which it says disrupt
society.

A directive from the Ministry of Cults and Religions
states
that "Christians are prohibited from visiting people's
houses ...
knocking on the door and waiting to say 'the Lord has
arrived'."

Distribution of religious literature will also be
confined to
churches, which now must be approved by the ministry
before they can
be built.

Government officials say while the ruling applies to
all non-Buddhist
groups, it is aimed at curbing Christian evangelical
influence in
largely Buddhist Cambodia, amid reports of children
being tricked into
converting with cakes and free clothing.
There is no place like 127.0.0.1

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #1 on: 23 July 2007, 09:08:08 AM »
ABC Radio Australia, July 18, 2007
Phnom Penh, Kamboja --
Pemerintah kamboja menghentikan kelompok kristiani dan akan membatasi kegiatan religius oleh organisasi no buddhis, yang katanya menganggu masyarakat

Juru bicara dari departemen kepercayaan dan agam menyatakan bahwa "Kristiani dilarang mengunjungi rumah penduduk... Mengetuk pintu dan berkata "Tuhan telah datang"

Pembagian buku/tulisan religi juga terbatas hanya di geraja, yang membutuhkan ijin dahulu sebelum membangun.

Pejabat pemerintah berkata bahwa meskipun peraturan ini berlaku untuk semua kelompok non buddhis, peraturan ini ditujukan untuk membatasi pengaruh evangelist kristiani pada Buddhis di kamboja yang mayoritas, yang sekarang ini sedang marak anak-anak ditipu untuk berpindah keyakinan dengan kue dan pakaian gratis.
Cambodia cracks down on evangelicals


tindakan yg menjijikan dari para evangelish sudah menjalar kemana-mana, nti kalo ada larangan gtu, pihak nasrani ngomongnya Buddhism sadis n anarkis, sampe melarang gini gitu, tapi kaga menyadari perbuatan dan tindakannya yg menjijikan...

singkatnya, gw bawa ajaran tuhan tidak boleh di halangi nih, bagi yg halangi berarti setan, terkutuk n pasti salah tuh !  >:(
« Last Edit: 23 July 2007, 09:46:19 AM by dhanuttono »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #2 on: 23 July 2007, 09:20:08 AM »
Iya nantinya jd slg membalas agama buddha di batasi perkembangan nya di negara yg mayoritas kr****n.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #3 on: 23 July 2007, 12:58:21 PM »
Quote
peraturan ini ditujukan untuk membatasi pengaruh evangelist kristiani pada Buddhis di kamboja yang mayoritas, yang sekarang ini sedang marak anak-anak ditipu untuk berpindah keyakinan dengan kue dan pakaian gratis.

sound familiar huh?  ^-^

bedanya yg satunya dgn indomie  =))
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #4 on: 23 July 2007, 02:53:11 PM »
Sy pernah membaca di forum tetangga, menurut mereka justru yg aneh orang2 sini ada yg nyumbang an gereja dicurigai, kalau yg nyumbang agama lain gimana? Spt contoh yg sekarang banyak nyumbang yayasan Buddha Tzu Tzhi (lupa nulisnya gimana) apa itu bukan Buddhanisasi? Kalau menurut saya ada yg menyumbang dari manapun tdk menjadi masalah karena manusia itu diberi kebebasan utk memilih agamanya. Apabila org tersebut misalnya terbeli agamanya oleh sumbangan2 dr agama yg membantunya bukankah itu juga karma dia jg yg berbuah (mendapat berkah dari Tuhan) tp kalau misalnya agama yg menyumbang itu memaksa agar orang yg disumbangnya itu ikut agama dia br keterlaluan.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Wi Tjong

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 40
  • Reputasi: 7
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #5 on: 23 July 2007, 04:01:43 PM »
Sy pernah membaca di forum tetangga, menurut mereka justru yg aneh orang2 sini ada yg nyumbang an gereja dicurigai, kalau yg nyumbang agama lain gimana? Spt contoh yg sekarang banyak nyumbang yayasan Buddha Tzu Tzhi (lupa nulisnya gimana) apa itu bukan Buddhanisasi?

Hallo,
 
Saya bukan siapa2 Tzu Chi, hanya relawan biasa. Itupun jarang.

Kalau ada bilang Tzu Chi melakukan Buddhanisasi, berikut kesaksian saya...

Selama saya bergabung dgn Tzu Chi, tdk pernah ada usaha utk melakukan Budhanisasi. Yang diajarkan oleh Tzu Chi adalah "agama universal" yaitu Cinta Kasih.

Pada saat membagi sembako, biasanya diawali dengan kata sambutan dan doa oleh ustad. Tidak ada dominasi ritual Buddhisme sama sekali. Selalu disebutkan "...beras akan habis dalam seminggu tetapi cinta kasih dan ketulusan akan terjalin dan terkenang selamanya..."

Tidak jarang ada penerima yg sambil menangis bertanya "Kalian kok baik sekali ? Sebenarnya apa sih maunya ?". Kami diajarkan oleh senior2 dalam pelatihan utk menjawab "Ada satu hal yg kami mau. Kami mau apabila suatu saat anda punya rejeki, anda turut berbagi cinta kasih kepada yg kurang beruntung. Jangan Lupa !!". Setelah mendapat sembako, kita wajib mengucapkan terimakasih sambil membungkukan badan sebagai tanda ketulusan.

Banyak pesantren yg direnovasi oleh Tzu Chi, sehingga banyak santri yg ikut bantu angkat juga (bisa mencapai 50 org lebih). Banyak org menderita (terutama yg miskin) yg merasakan manfaat keberadaan yayasan ini. Para umat lain (hindu, kr****n, katholik dan islam) bisa hidup damai dengan Tzu Chi karena sudah membuktikan tidak ada usaha meng-convert mereka sama sekali. Semua menjadi satu agama yaitu "agama Cinta Kasih"

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #6 on: 23 July 2007, 04:04:38 PM »
^
"Buddha Tzu Chi" <- itulah letak Buddhanisasinya
"Tzu Chi" <- ini sendiri berunsur Tionghuanisasi... (read: Buddha, Taoism, Konghucu)
"NoName" <- kalao ini unsurnya "No Name-nisasi"
« Last Edit: 23 July 2007, 04:07:18 PM by Kemenyan »

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #7 on: 23 July 2007, 04:20:10 PM »
kalo dipikir2, sebenernya konyol dan gak mungkin orang bisa pindah kepercayaan cuman gara2 supermie atau kue  :-?

kalo hari ini ada bagi2 mie dan besok udah gak ada, orang cuman dateng satu kali...
kalo bagi2 mie 2 hari, orang dateng cuman 2 hari, trus gak balik2 lagi...
kalo bagi2 mie 7 hari pun, orang dateng cuman 7 hari, trus gak balik2 lagi...

saya pikir esensi dibalik pindah agamanya banyak buddhis ke kr****n, itu karena hangatnya kasih (terlepas dari kasih palsu atau kasih asli)...
saat menerima supermie, kristian bisa menunjukkan kehangatan kasih, perhatian dan persahabatan... itulah yg membuat mereka balik lagi, lagi dan lagi ke gereja, sehingga akhirnya menjadi kristian... sedangkan yg bisa mereka dapat di vihara hanyalah ritual dan bakti yg dingin dan mati...

lagi2 saya menyarankan agar jangan pernah membanggakan dan mengkampanyekan "agama buddha itu logis dan ilmiah". logis dan ilmiah gak bisa memberikan kehangatan di hati...

:)
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #8 on: 23 July 2007, 04:26:58 PM »
pajang nama agama sebenernya ga ada masalah...

yg jadi masalah dr agama-isasi itu kalo ada pemaksaan dan manipulasi.
kl agama tetangga-isasi emang parah, ada yg mo nolong bantuin pengobatan, dgn catatan hrs datang ke tmpt ibadah tsb selama mendpt bantuan pengobatan.
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #9 on: 23 July 2007, 05:27:46 PM »
Memang apalagi jd jemaatnya, maka apabila ingin berobat bs di discount. CLB kayanya pernah mengalami nya yah.... :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #10 on: 23 July 2007, 05:42:50 PM »
Yg saya alami sekarang, adik ce sy asalnya bekerja, nah kemudian dr pihak gerejanya mengatakan bhw kamu ini ada panggilan dari Tuhan untuk melayaniNya. Maka kamu untuk apa bekerja? Mengejar keduniawian sudah aja keluar kerja melayani gereja, akhirnya dia keluar kerja (nah yg sering sy omongin kadang otaknya ga di pake kenapa, ya dia ga mikir keluarganya susah, trus keluar kerja lha mau melayani Tuhan pake apa? Sedangkan gerejanya saja ga menanggung keuangan dia, tetap saja jadinya menyusahkan keluarganya).
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #11 on: 23 July 2007, 06:36:27 PM »
ryu : wah.. bukan pengalaman pribadi, tp pengalamannya pembantu tetangga. yg mo bantuin tp pake syarat, tetangga yg lain lagi. jadinya urusannya agak2 belibet, bikin ga enak hubungan antara i ama k.
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #12 on: 24 July 2007, 08:02:46 PM »
Diskusi di pisah thread ke

http://www.dhammacitta.org/forum/index.php/topic,183.0.html

Karena topik beralih ke Tzu Chi -> Buddhanisasi

 _/\_
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #13 on: 25 July 2007, 10:30:48 AM »


lagi2 saya menyarankan agar jangan pernah membanggakan dan mengkampanyekan "agama buddha itu logis dan ilmiah". logis dan ilmiah gak bisa memberikan kehangatan di hati...
:)


Sorry saya tidak terlalu sependapat dengan anda, khususnya mengenai kelogisan apalagi kelogisan yang sempit. Setiap orang mendambakan kebahagiaan dan saat memberi seseorang juga akan merasakan kebahagaian dan kenyamanan. Ini hal yang logis, dan ini bisa memberikan alasan bagi seseorang yang awam untuk berbagi. Bahkan logis (tidak dalam arti sempit) bisa memberikan alasan mengapa memberikan arti lebih dalam dari sebuah kehangatan di hati.

Sorry OT. Selanjutnya no commnet.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Upaseno

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 244
  • Reputasi: 17
  • Gender: Male
Re: Kamboja menghentikan para evangelist
« Reply #14 on: 26 July 2007, 08:52:25 AM »


lagi2 saya menyarankan agar jangan pernah membanggakan dan mengkampanyekan "agama buddha itu logis dan ilmiah". logis dan ilmiah gak bisa memberikan kehangatan di hati...
:)


Sorry saya tidak terlalu sependapat dengan anda, khususnya mengenai kelogisan apalagi kelogisan yang sempit. Setiap orang mendambakan kebahagiaan dan saat memberi seseorang juga akan merasakan kebahagaian dan kenyamanan. Ini hal yang logis, dan ini bisa memberikan alasan bagi seseorang yang awam untuk berbagi. Bahkan logis (tidak dalam arti sempit) bisa memberikan alasan mengapa memberikan arti lebih dalam dari sebuah kehangatan di hati.

Sorry OT. Selanjutnya no commnet.

Dhamma is beyond logic and science.  Logic and science is under the law of Dhamma.
Tapi, banyak buddhist menyamakan Dhamma dengan logic dan science.  Itu karena science lagi ngetrend aja di dunia ini, sehingga dipikir bahwa science is wonderful.
Nah...coba sekali-sekali masuk ke mata kuliah LOGIKA di fakultas Filsafat.
Bandingkan deh...