//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?  (Read 19517 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Tan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 510
  • Reputasi: 31
Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« on: 22 July 2007, 01:55:15 AM »
Namo Buddhaya,

Beberapa waktu yang lalu saya menjumpai posting pada salah satu milis Buddha, yang menyatakan bahwa dewasa ini Buddhisme merupakan agama terbesar kedua di dunia, dengan jumlah pengikut 1 milyar lebih. Tetapi ternyata waktu saya cari di internet, yang saya dapati ternyata jumlah umat Buddha hanya berkisar antara 360 - 380 juta, atau menempati urutan keempat atau kelima, dan itu masih tertinggal jauh dengan agama-agama di atasnya (kr****n, Muslim, Hindu, agnostik/atheis). Manakah stastik yang benar dan dari manakah sumber yang menyatakan bahwa agama Buddha kini berpenganut 1 milyar lebih? Mohon infomasinya.

Metta,

Tan

=================================

Christian   2,173,183,400
   Roman Catholics   1,135,729,000
   Independents*   432,223,000
   Protestants   382,179,000
   Orthodox   219,433,000
   Anglicans   81,237,000
Muslims   1,335,964,100
Hindus   871,982,000
Chinese universists        386,666,900
Buddhists   382,542,000
Sikhs   25,880,100
Jews   15,118,000

==================================

http://www.religioustolerance.org/worldrel.htm

Religion   Date Founded   Sacred Texts   Membership 5   % of World 6
Christianity
30 CE
The Bible   2,039 million    32% (dropping)
Islam
622 CE   Qur'an & Hadith   1,226 million   19% (growing)
Hinduism
1,500 BCE with truly ancient roots   Bhagavad-Gita, Upanishads, & Rig Veda   828 million   13% (stable)
No religion
(Note 1)   -   None   775 million   12% (dropping)
Chinese folk rel.   270 BCE   None   390 million   6%
Buddhism
523 BCE   The Tripitaka & Sutras   364 million   6% (stable)



Branch   Number of Adherents
Mahayana   185,000,000
Theravada   124,000,000
Lamaism (Vajrayana/Tibetan/Tantric)   20,000,000

==============================

http://www.buddhanet.net/e-learning/history/bud_statwrld.htm


World Religions   Number of Adherents
Christianity   2 billion
Islam   1.3 billion
Hinduism   900 million
Secular/Nonreligious/Agnostic/Atheist   850 million
Buddhism   360 million
Chinese traditional religion   225 million
Primal-indigenous   190 million
Yoruba religion   20 million
Juche   19 million
Sikhism   18 million
Judaism   15 million
Spiritism   14 million
Babi and Bahai faiths   6 million
Jainism   4 million
Shinto   4 million
Cao Dai    3 million
Tenrikyo   2.4 million
Neo-Paganism   1 million
Unitarian-Universalism   800 thousand
Scientology   750 thousand
Rastafarianism   700 thousand
Zoroastrianism   150 thousand


Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #1 on: 23 July 2007, 12:29:42 AM »
_/\_

mau 360jt ato 1M, yang penting gw termasuk di dalemnya, cukup...

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #2 on: 23 July 2007, 10:03:56 AM »
_/\_

mau 360jt ato 1M, yang penting gw termasuk di dalemnya, cukup...

hahaha, betul...  ;D tidak penting suatu batasan jumlah umat, apakah jumlah bs menyatakan hal yg sebaliknya mengenai ajaran agama itu ? tidak, kecuali sengaja dibuat-buat great sendiri seh, tp tidak beda dengan tindakan anak kecil... (biasa ini dari penganut agama Samawi) jumlah yg byk toh tidak bs memberikan perubahan yg berarti bagi dunia, betul ? malah ego makin gde...  :whistle:

yg saya tau, jumlah Buddhist yg mencapai 1 Miliar, itu karena dimasukkan semua penganut Buddhism yg tidak jelas dan agama lainnya yg dekat dengan Buddhism (seperti Tridhamma, Taoisme dan lainnnya...) tapi tidak terlalu penting untuk dipermasalahkan

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #3 on: 23 July 2007, 01:29:10 PM »
http://www.vipassanafoundation.com/Buddhists.html

Total Buddhists in the world, liberal estimate                  1,709,769,702 (about 1.7 billion)
Total Buddhists in the world, conservative estimate                1,299,995,617 (about 1.3 billion)

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_religious_populations

Christianity    1.644 billion - 1.840 billion    25% - 28%    Christianity by country
Buddhism      1.512 billion                        23%            Buddhism by country
Islam               1.449 billion                     22%                 Islam by country
Hinduism    942 million                         14%             Hinduism by country
*sorry jd berantakan*

nahlo... ternyata buddhist banyak juga ya? kok ga kedengeran suaranya?   :D
kl islam ama kr****n kan slalu adaaa aja beritanya  ^-^
« Last Edit: 23 July 2007, 01:30:56 PM by langitbiru »
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #4 on: 23 July 2007, 09:13:43 PM »
Siapa di sini yg bangga menjadi Buddhist acungkan tangannya :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #5 on: 23 July 2007, 10:20:22 PM »
biasa aja sih... bukan bangga jadi Buddhisnya.. tapi bangga, ngerasa beruntung berkesempatan mengecap ajaran Buddha  :-[

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #6 on: 31 July 2007, 01:30:46 PM »
wah.. ternyata Buddhist bukan minoritas yak  ;D

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #7 on: 31 July 2007, 02:03:16 PM »
keget ya?  ^-^ samaa..  :-?
tp sptnya kurang kompak nih, jd jrg kedengeran sepakterjangnya  :-?
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #8 on: 31 July 2007, 02:06:08 PM »
betul. cuma kurang kompak... liat aja disini aja ada konflik kecil  ^-^

-tobat-
« Last Edit: 01 August 2007, 01:16:24 AM by 7th »

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #9 on: 31 July 2007, 02:14:38 PM »
betul. cuma kurang kompak... liat aja disini aja ada konflik kecil  ^-^

harusnya kita kudu sering" baca paritta bersama diiringi band, lompat" menghormati Sang Buddha...
pasti kompak ntar  :)

ya maklum la umat Buddhism kan low profile, malu-malu gitu... jd pada kaget semua kalo baca data itu...

eh jangan cuma diiringi band dan lompat" menghormat Sang Buddha, jangan lupa tambahkan lampu disko dan tambahkan lagu" pujian yg slow rock/rock n'roll... pasti seru tuh, besok pasti penuh tuh  ^-^  [ya mudahan yg baca tulisan ini ngerti apa yg gua maksud dah, kalo ga SKIP aja tulisan ini]

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #10 on: 31 July 2007, 09:29:55 PM »
SKIP
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #11 on: 01 August 2007, 06:55:05 PM »
keget ya?  ^-^ samaa..  :-?
tp sptnya kurang kompak nih, jd jrg kedengeran sepakterjangnya  :-?

Wow...masa sih  :o
Tapi kalau di perkirakan sih mungkin saja, jika melihat jumlah Buddhist di Ausi, kemudian terjadi perpindahan agama besar-besaran di India dari Hindu ke Buddha. Tapi satu yang saya khawatirkan, yaitu kualitasnya. Dan semakin tinggi pohon semakin banyak angin menerpa. Jadi siap-siap saja umat Buddha menghadapi angin tersebut.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #12 on: 01 August 2007, 07:07:57 PM »
nah itu dia  :-?

bagaimana meningkatkan kualitas umat buddha? :-?
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #13 on: 01 August 2007, 07:12:40 PM »
Disuruh join ke Dhammacitta ?  :>-
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Berapakah Jumlah Sebenarnya Seluruh Umat Buddha di Dunia?
« Reply #14 on: 01 August 2007, 07:54:40 PM »
Emang bisa meningkatkan kualitas? Paling juga meningkatkan postingan. ;)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

 

anything