News:

Semoga anda berbahagia _/\_

Main Menu

Tentang marketing

Started by intan mutiara sari, 01 May 2010, 08:14:35 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

No Pain No Gain

Quote from: hatRed on 02 May 2010, 06:18:55 PM
dalam marketing, bagaimana sih cara menilai kemungkinan keberhasilan suatu pemasaran suatu produk?

dan bagaimana cara menilai apakah teknik marketing yang dilakukan itu berhasil atau tidak?

dan bagaimanakah cara menghitung budget yang diperlukan untuk anggaran marketing suatu produk?


Sebelumnya terima kasih banyak

ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran itu sendiri...salah satu cara untuk mengetahui kemungkinan keberhasilan suatu bisnis itu sendiri adalah dengan melakukan analisa SWOT..dalam hal ini marketing tidak dapat berdiri sendiri dalam suatu keberhasilan bisnis...biasanya untuk memperbesar peluang keberhasilan suatu bisnis itu sendiri, dilakuakn business planning..suatu teknik marketting dikatakan berhasil apabila telah merealisasikan tujuan strategis perusahaan berkaitan dengan pemasaran sesuai target dan jangka waktu yang telah direncanakn pada mulanya..nah, tujuan strategis psh itu dapat berupa meningkatakan keuntungan, nilai saham, pangsa pasar, loyalitas konsumen, kepuasan pelanggan, daya saing, dll..
bagaimana menentukan anggaran pemasaran?
tergantung dari seberapa besar bisnis anda dan bagaimana strategi pemsaran anda..seberapa besar dana yang harus dikeluarkan agar mendapatakan pangsa pasar yang diharapkan? jawabnnya tidak boleh berupa tebakan, harus dihitung secara cermat dan disesuaikan dengan kondisi atau situasi kala itu..jika kita pemain baru dalam dunia bisnis, maka biaya yang dikeluarkan akan lbh besar dr industri rata2 agar keberadaan persh + produknya diakui pasar..dan jika kita ingin mendapatkan pangsa pasar tertentu dalam beberapa tahu ke depan , kita harus berani mengeluarkan biaya yang lbh besar dr rata2.tetapi jika kita hanya ingin menjaga pangsa pasar yang telah ada dan pada tahun ini diperkirakan tidak ada pesaing baru yang akan memasukinya, maka kita dapat menetapkan angka biaya pemsaran yang paling mendekati rata2 industri..dan perlu dipahami terutama oleh pebisnis pemula bahwa jarang sekali terjadi proyeksi anggaran pemasaran di bawah rata2 industri..biasanya yah melebihi dari yang direncanakan..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

No Pain No Gain

Quote from: johan3000 on 02 May 2010, 06:29:54 PM
Quote from: andry on 02 May 2010, 05:32:45 PM
Quote from: johan3000 on 01 May 2010, 09:40:41 PM
marketing....

kalau bosen dgn 4P... product, price, promotion & place....

bisa mulai dgn huruf R
apakah itu R ?

[spoiler=??]R = Remarkable (luar biasa, bukan yg biasa2.... sungguh mengejutkan..)[/spoiler]
emang ada? baru denger saia
teorinya siapa?

Ya jelas lah bro, kalau semua org melakukan 4P
maka menjadi tidak special... maka perlu itu R
(remarkable, dlm buku purple cow...)


pertanyaan :
1. seberapa besar kekuasaan dept marketing utk menentukan jenis produk
mapun customer services dlm perusahaan ?
2. ada yg bilang, semua marketing adala pembual(pembohong) besar! setujukah anda?
1. tidak ada batasan yang mutlak dalam hal ini..masing2 persh mempunyai kebijakan yang berbeda2..dan memang biasanay dept. marketing mempunyai andil besar sejauh mereka melakukan riset atau survei pasar untuk melihat kecenderungan pasar... Dalam hal ini, dept marketing lebih banyak berinteraksi dengan pasar..tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dept lain untuk menentukan produk, misalnya dept. pemgembangan produk
2. itu tergantung juga..sesuai dengan tujuan strategis persh..jika tujuan strategis persh hanya ingin mencapai keuntungan saja..mungkin hal tersebut dapat terjadi..sedngkan kalo orientasi perusahaan untuk menjaga loyalitas konsumen trhadap prdouknya..kemungkinan kecil itu akan terjadi...
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

andry

Quote from: hatRed on 02 May 2010, 06:18:55 PM
dalam marketing, bagaimana sih cara menilai kemungkinan keberhasilan suatu pemasaran suatu produk?

dan bagaimana cara menilai apakah teknik marketing yang dilakukan itu berhasil atau tidak?

dan bagaimanakah cara menghitung budget yang diperlukan untuk anggaran marketing suatu produk?


Sebelumnya terima kasih banyak
segmenting targeting positioning, dan harus di hitung berdasarkan statistika dengan minimal rentang error 5%.

tentu saja dengan segmenting juga...
contoh:
cari penjahit yg oke punya.
gmn caranya?
Koran << Apakah penjahit baca koran?
TV << apakah penjahit suka nonton TV?
Internet << apakah penjahit suka browsing?

Level pendidikan penjahit? dll....

untuk no 3, saya bilang agak pelik bro... sudah menyangkut uang, maka Keuangan bakalan perang dengan Marketeuuuing.

Ini seh saya bilang menggapai angan2 dan impian.. wkwkwkwk
1, bisa dilihat dari keefektivitasan pemasaran dengan kaitannya barang yg berhasil terjual/laku di pasaran.
   Jika YA, lanjut. Jika tidak NO
2, Jika YA, mulai deh minta duit sama manajer keuangan.. wkwkkw

semua divisi harus ngumpul bro...
tahun depan mo ngeluarin product apa saja?
Timingnya kapan?
Kemasan product?
marketing mix nya gmn?
efektivitasnya gmn?
ribet dehhh, tp asikkkk
Samma Vayama

andry

Quote from: johan3000 on 02 May 2010, 06:29:54 PM
pertanyaan :
1. seberapa besar kekuasaan dept marketing utk menentukan jenis produk
mapun customer services dlm perusahaan ?
2. ada yg bilang, semua marketing adala pembual(pembohong) besar! setujukah anda?

Setahu saua tergantung kebijakan perusahaan dan visi misi dari suatu perushaan.
Biasanya yg andil besar dr pembuatan product ialah owner/R&D. karena di tau,
cost murah, hight profit.
yg kasihannya yg produksi, cost di tekan.
Bagian marketing di push agar barang bnyk keluar...
ekekek

2.,1/2 setuju. karena rata2 mereka ngomong tidak apa adanya. ngomong cuma yg + nya ajah.. aka gak jujur bgt
Samma Vayama

hatRed

thanks to andry and no pain no gain

untk menghitung biaya anggaran promosi serta marketing ini ada hitungan matematisnya gak?

mungkin menyangkut ke variable laba , harga produk serta hubungannya dengan 4P diatas?

i'm just a mammal with troubled soul



andry

Quote from: hatRed on 02 May 2010, 08:34:31 PM
thanks to andry and no pain no gain

untk menghitung biaya anggaran promosi serta marketing ini ada hitungan matematisnya gak?

mungkin menyangkut ke variable laba , harga produk serta hubungannya dengan 4P diatas?


ada bro, balik lagi ke kumpul2 all divisi. simpelnya gini
gue mo ngeluarin produk chiki dgn nama *leu

Bakalan laku ngak? gak tau.....
katakan lah sudah free test di bbrapa tempat, dan dr data okeh...
jd ada itungan matematis... (tp namanya juga masi angan2 dan impian)

Profit dr 1 pcs chiki brp?
Jika penjualan tanpa di dukung adv, brapa pcs?
Jika didukung adv, brapa pcs peningkatan/brapa % kenaikan?
apakah signifikan? atau tetap.
Jika Ya, invest... mo dimana?


Iklan televisi , karena Chiki=makanan anak2, invest di TV yg bnyk siaran anak.
pada saat jam anak2 nonton, begitu pula dgn hari nya.

Mau taruh di mana Iklan nya? di awal/di akhir (setelah film anak2 di putar)
bayaran per detik? ke tutup gak? jika Ya, okeh invest...


2. mksd nya gmn bro? bisa di perjelas? hubungan laba dengan 4p? gituh??
Samma Vayama

No Pain No Gain

Quote from: hatRed on 02 May 2010, 08:34:31 PM
thanks to andry and no pain no gain

untk menghitung biaya anggaran promosi serta marketing ini ada hitungan matematisnya gak?

mungkin menyangkut ke variable laba , harga produk serta hubungannya dengan 4P diatas?



seperti kata bro andry, pertama kali memang kita harus melihat keefektivitasan dari periklanan serta promosi pada pemasaran kita..
harap dibedakan antara periklanan, promosi, dan pemasaran. kedengarannya memang sama, tetapi tidak sama.

apa saja yang perlu diperhitungkan dalam budget pemasaran? iklan, eksibisi,humas,katalog,pos langsung, gaji pemasaran,dll. di sini anda yang harus turun ke lapangan untuk menyelidikinya...

tentunya nanti biaya pemasaran juga ntar mempengaruhi harga produk..jadi hati2 dalam menentukan anggaran pemsaran..bisa2 biaya produk anda jauh lbh tinggi dibandingkan pesaing.

No matter how dirty my past is,my future is still spotless

No Pain No Gain

Quotetahun depan mo ngeluarin product apa saja?
Timingnya kapan?
Kemasan product?
marketing mix nya gmn?
efektivitasnya gmn?
ribet dehhh, tp asikkkk

sekarang lagi pelajari ini neh..susah2 gampang jg...ada yang bisa adobe illustrator???
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

johan3000

Quote from: No Pain No Gain on 02 May 2010, 09:14:24 PM
Quotetahun depan mo ngeluarin product apa saja?
Timingnya kapan?
Kemasan product?
marketing mix nya gmn?
efektivitasnya gmn?
ribet dehhh, tp asikkkk

sekarang lagi pelajari ini neh..susah2 gampang jg...ada yang bisa adobe illustrator???

Freehand lebih susah lagi, Illustrator medingan, paling enak sih Corel Draw...
tapi Freehand Macromedia udah dibeli Adobe, jadinya Illustrator deh....
mungkin bro bisa buat di CorelDraw... export ke AI...(hahahaaa)

mau belajar, tingal nyari video trainingnya.... spt total training atau Lynda...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

andry

Samma Vayama

an_atta

#25
Quote from: No Pain No Gain on 02 May 2010, 05:52:58 PM
[at] bro sis titin

sekedar info aja..

4P itu hanya berlaku kalo perusahaan itu perusahaan yang menghasilkan produk, sedangkan untuk industri jasa biasanya mereka menambahkan 3P jadinya 4P+3P..



Thanks utk infonya!:) wow waktu dulu saya kuliah marketing, sepertinya ga pernah dibahas ttg 3Ps... mungkin karena saya ngga ambil jurusan marketing, jd tdk dikupas lbh mendalam, tapi konsepnya sih ada dipelajari di pelajaran merketing, hanya ngga spesifik dikategorikan dalam 3Ps.

http://www.peoi.org/Courses/Coursesen/emarket/emarket2.html
The service elements of the marketing mix are as important in the virtual world as they are in the physical world. The extended marketing mix is also known as "the 3 P's", that add to the initial 4 P's.

People

The people element of the extended marketing mix refers to the how the staff of an organization interacts with customers and other stakeholders.

The main aspect of the people element when we are active in an online market, is the degree in which we can replace the staff with automation capabilities of the internet. There are several way we can do that:

                + Autoresponders: automatically generated response when a company e-mails an organisation, or submits an online form.
                + E-mail notification, generated by a company' system, with the purpose of updating customers on the status of their order.
                + Call-back facility offers customers the opportunity to fill in their phone number on a form and specify a convenient time to be contacted.
                + Frequently Asked Questions (FAQs). For these, the art is in compiling and categorising the questions so customers can easily find the question and a helpful answer with a possible solution.
                + On-site search engines, to help customers find what they're looking for. Site maps are sometimes used with the same purpose.   

Process


The process element of the marketing mix refers to the methods and procedures companies use to achieve all marketing functions such as new product development, promotion, sales and customer service. The restructuring of the organization and channel structures described for the product, price, place and promotion all require new processes to be performed.

promotion, sales and customer service tsb apakah tdk tumpang tindih dgn Promotion yang ada di 4Ps?

Process di sini maksudnya apakah pengalaman yg dialami oleh customer sewaktu mendapatkan dan mengkonsumsi jasa yg ditawarkan?

Physical evidence is the element of the marketing mix that refers to the tangible expression of a product and how it is purchased and used. In an online context, physical evidence refers to customers' experience of the company through the web site and associated support. It includes issues such as site ease of use or navigation, availability and performance (Chaffey).

Johan3000: * Make sure that your product is something that is useful to your intended customers.
    Kalau yg ini gw tidak setuju,... alasannya gak bisa posting disini....sensitif matter...hahaha
    (tapi customer yg tau..........
     spt : taukah anda minyak kayu putih sangat manjur membersihkan bolot badan?)

boleh tolong jelaskan alasannya via PM ga? kenapa sensitif matter? saya masih ga ngerti, soalnya saya nangkepnya intended customers = target market perusahaan.

Is that guarantee really a guarantee ?
3000: kalau perlu nota pembelian, kartu garantee segala... itu namanya gak niat..

nota pembelian itu utk lihat tgl pembeliannya kan? karena garansinya ada jangka waktunya.

3000: corespondent bahasa english (bukan tanya dlm bahasa cina lho)...
tapi tiap etika di tiap negara lain2...cara berpikir maupun penyampainnya...

contoh corespondent utk :

cina...
            tulisnya 1/2 halaman dimulai dgn sapa tanya, menanyakan keluarga, dll
            point penting nya cuma 2 atau 3 baris... ditengah
            jadi banyak basa basi.
usa
            tulisan singkat, langsung to the point
ind
            ini senang kalau semua titelnya ditulis lengkap (hahahahaaa)
            kalau bisa font size nya sekali dibesarin...

Thanks, akan saya diskusikan lagi dgn rekan kerja saya ttg point ini, supaya lebih detail dan utk memastikan bukan generalisasi dan dapat ditransfer ke murid2 saya. :)

_/\_