Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka  (Read 18919 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« on: 03 April 2010, 12:57:45 PM »
Ada yang bisa share ga disini, Kehidupan alam dewa bagaimana ?
Pakaian alam dewa di jaman dulu motifnya baju perang (dilihat dari beberapa mitos dan foto di Lord Buddha ) kalo orang yang terlahir di alam dewa saat ini pakaiannya bagaimana?

Bagaimana juga kehidupan di neraka? Jaman dulu menghukum mati manusia menggunakan api tuk membakar, dll, jaman sekarang menggunakan listrik menyetrum mati orng, apakah ada perubahan di alam neraka?



Pertanyaan konyol yang penuh penasaran.
 _/\_
« Last Edit: 03 April 2010, 01:04:19 PM by Mr. pao »
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #1 on: 03 April 2010, 01:12:49 PM »
hanya 1 jawaban dari saya anda meditasi sampai anda sendiri bisa berkunjung ke alam dewa n neraka abis itu anda ceritakan di forum dc :)) emangnya aye cenayang :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #2 on: 03 April 2010, 01:14:50 PM »
hanya 1 jawaban dari saya anda meditasi sampai anda sendiri bisa berkunjung ke alam dewa n neraka abis itu anda ceritakan di forum dc :)) emangnya aye cenayang :))
Justru meditasi gak maju baru cari jalan pintas. Kalo seumur hidup gak maju, bearti bawa penasaran sampai mati dong wkwkwkwkwkwk.......
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #3 on: 03 April 2010, 01:18:42 PM »
^
ini lah manusia selalu mencari jalan pintas
usah untuk meditasi kurang kuat kale
jadi bhikkhu aja biar lingkungan untuk meditasi juga m,endukung hahah
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #4 on: 03 April 2010, 01:28:50 PM »
kemajuan meditasi gak bisa dipaksakan pula, so latihannya pun sesuai ritme aja lah. Om puto kalo tau share disini dong...
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #5 on: 03 April 2010, 01:31:40 PM »
wah saya udah lupa waktu tinggal di alam dewa pake baju apa hahahah
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #6 on: 03 April 2010, 01:44:10 PM »
kemajuan meditasi gak bisa dipaksakan pula, so latihannya pun sesuai ritme aja lah. Om puto kalo tau share disini dong...

ini sih kalo kata org : nafsu gede, tenaga kurang

banyak kemauan tapi usahanya cuma segitu2 doang......  :P

misal anda udah tau pun, lalu apa gunanya? apa dengan itu, lalu membuat jadi "bersemangat" menjalankan hidup suci?

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #7 on: 03 April 2010, 01:46:09 PM »
Tergantung persepsi kita dan suka2nya dewa mo pake baju apa. Dan yang pasti dewanya ngak muncul pake bikini.
« Last Edit: 03 April 2010, 01:56:33 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #8 on: 03 April 2010, 01:53:26 PM »
kemajuan meditasi gak bisa dipaksakan pula, so latihannya pun sesuai ritme aja lah. Om puto kalo tau share disini dong...

ini sih kalo kata org : nafsu gede, tenaga kurang

banyak kemauan tapi usahanya cuma segitu2 doang......  :P

misal anda udah tau pun, lalu apa gunanya? apa dengan itu, lalu membuat jadi "bersemangat" menjalankan hidup suci?
Yap tentu saja gw gerti teman-2 akan menyarankan hal2 seperti gitu tidak berguna karena tidak bermanfaat bagi kemajuan spritual, tapi gobrol santai ajalah, gak usah terlalu serius, kehidupan kita juga banyak melakukan hal2 yang tidak begitu bermanfaat dengan spritual juga kan? misalnya bermain game gitu...
Mana tau ada yang suka dengan topik ini, mereka sering2 chat di DC.
 _/\_
begitu juga gw dan mungkin teman2 lainnya ada yang ingin tau, boleh dibilang sekedar penasaran aja. Tidak lebih dari orang yang main playstation koq. tanggapi dengan biasa2 aja deh...
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #9 on: 03 April 2010, 01:56:10 PM »
Tergantung persepsi kita dan suka2nya dewa mo pake baju apa.

maksudnya gmn? Apakah dewa bisa mengubah tampilan sesuai dengan persepsi kita?
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #10 on: 03 April 2010, 01:59:46 PM »
Tergantung persepsi kita dan suka2nya dewa mo pake baju apa.

maksudnya gmn? Apakah dewa bisa mengubah tampilan sesuai dengan persepsi kita?


Saya ambil contoh Dewa Kwankong. Katakan dia sudah terlahir lagi. Lalu kembali menjadi dewa kembali. Nah orang hanya tau Dewa Kwankong dengan wujud Kwankong masih hidup. Padahal saat lahir kembali dan menjadi dewa dalam wujud lainnya tentu tidak sama. Tapi karena persepsi kita Ya dia muncul seperti itu supaya dikenali. Kecuali dewa yang tidak kita kenali sama sekali dan kita tidak berpesepsi apapun. Atau kita tahu yang sebenarnya.
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #11 on: 04 April 2010, 12:18:38 AM »
[at] Mr. pao

Daripada menerka-nerka dan menduga-duga  ;D
mending denger ceramah dhamma ..... lebih bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang dhamma ......

silakan : http://www.ceramahdhamma.com/contents/ceramah-pandita/dr-ratna-surya-widya/31-alam-kehidupan
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #12 on: 04 April 2010, 06:31:19 AM »
hanya 1 jawaban dari saya anda meditasi sampai anda sendiri bisa berkunjung ke alam dewa n neraka abis itu anda ceritakan di forum dc :)) emangnya aye cenayang :))
umumnya buddhist seenaknya bilang ke umat agama lain meditasi saja untuk membuktikan alam dewa ada atau tidak padahal sendirinya saja belum ehipassiko, apakah layak untuk bicara seperti ini? bagaimana kalau setelah meditasi anda tidak bisa melihat alam dewa? bagaimana kalau semua itu tahayul? itu tampaknya seperti iman dalam agama lain yang mengatakan Tuhan itu ada dan umat buddhist tidak percaya pada Tuhan dan umat agama lain bisa saja bilang anda belum mengimani Tuhan karena itu anda tidak bisa melihat Tuhan.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #13 on: 04 April 2010, 07:33:01 AM »
hanya 1 jawaban dari saya anda meditasi sampai anda sendiri bisa berkunjung ke alam dewa n neraka abis itu anda ceritakan di forum dc :)) emangnya aye cenayang :))
umumnya buddhist seenaknya bilang ke umat agama lain meditasi saja untuk membuktikan alam dewa ada atau tidak padahal sendirinya saja belum ehipassiko, apakah layak untuk bicara seperti ini? bagaimana kalau setelah meditasi anda tidak bisa melihat alam dewa? bagaimana kalau semua itu tahayul? itu tampaknya seperti iman dalam agama lain yang mengatakan Tuhan itu ada dan umat buddhist tidak percaya pada Tuhan dan umat agama lain bisa saja bilang anda belum mengimani Tuhan karena itu anda tidak bisa melihat Tuhan.

kalau begitu mau jawab apa bang ryu ? tolong dibantu donk !!!

kembali lagi kalau mengenai tuhan memang sudah dibuktikan Buddha & muridnya Arahanta yang telah mencapai Pencerahan dan mempunyai Abhinna tidak pernah mengatakan adanya sesosok tuhan yang bersifat pribadi dan sangat berkuasa, pencipta, pengatur serta eksis terhadap alam semesta ini.

Jadi gimana mau umat Buddhis bisa yakin adanya tuhan yang mereka agungkan !!!!!!

Kalau makhluk dewa dan lainnya memang sudah dibuktikan ada oleh Buddha dan murid2nya.
umat awam lainnya juga bisa membuktikan dengan meditasi yang sudah mencapai Jhana.

kam sia

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Kehidupan Alam Dewa dan Neraka
« Reply #14 on: 04 April 2010, 07:42:14 AM »
anda tau darimana Buddha sudah membuktikan? kok anda begitu yakin? apa anda sudah bertemu langsung dengan Buddha? atau itu hanya iman anda saja kepada Buddha dan ajarannya?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))