Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Seperti apakah Jhana itu (Menurut Sutta) ?  (Read 90210 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Seperti apakah Jhana itu (Menurut Sutta) ?
« on: 19 July 2007, 03:21:11 PM »
Well, sebenarnya ini pertanyaan lama. Sudah menguak banyak referensi dan crosscek dengan pengalaman sebelumnya juga. Nah ingin tahu seperti apakah Jhana menurut rekan2x ?

Yah ada yg bilang semua indra tertutup, dst dst,

menurut anda ?
« Last Edit: 02 September 2008, 11:14:44 AM by Mod »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #1 on: 19 July 2007, 06:11:56 PM »
Emang di sini ada yang sudah mengalami Jhana ?
Share donk..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #2 on: 19 July 2007, 07:28:01 PM »
Sebelum mulai yaah, definisi jhana dulu. Definisinya aja beda2x....
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #3 on: 19 July 2007, 08:04:31 PM »
Wah.. Yang senior dulu d..
Aye masih junior.. :-[
« Last Edit: 19 July 2007, 08:07:11 PM by Hedi Kasmanto »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #4 on: 19 July 2007, 08:19:49 PM »
Ini potongan dari Maha-Saccaka Sutta,

Quote
So when I had taken solid food and regained strength, then — quite withdrawn from sensuality, withdrawn from unskillful mental qualities, I entered & remained in the first jhana: rapture & pleasure born from withdrawal, accompanied by directed thought & evaluation. But the pleasant feeling that arose in this way did not invade my mind or remain

Komponen Jhana 1
1. Rapture & pleasure born from withdrawal (rasa nikmat & puas karena melepas)
2. Directed Thought & evaluation (pemikiran dan evaluasi/analisa yang terarah)

Kalau dari potongan itu, siapa yang pernah pada Jhana 1 ?



« Last Edit: 19 July 2007, 08:22:12 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #5 on: 19 July 2007, 09:19:16 PM »
Suatu pertanyaan yg sulit,
Sebab...
Jika menjawab sudah mendapatkan Jhana 1,
berarti belum melepas, masih terikat dengan "nikmat" itu sendiri...

Menjawab Jhana 2,3,4 ?
jauh lebih sulit lage...

Rasanya ndak ada yg bisa menjawab pencapaian Jhana sampai sang pelaku benar-benar memiliki Iddhi,
dan... Iddhi itu sendiri belum mutlak (kekal), bisa mengalami kemunduran...

So... ? :??

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #6 on: 19 July 2007, 09:45:27 PM »
yah ketika menjawab sudah Jhana 1, terlepas terikat atau tidak dengan 'nikmat' kan tetap ada kualitas Jhana 1 juga kan.

Kalau tidak salah Iddhi itu dicapai di Jhana 4 yang dilatih deh. Jhana 1-4 bisa didapat tanpa Iddhi juga.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #7 on: 19 July 2007, 09:54:10 PM »
Yang saya tahu ketika sampai Jhana 1, mata kita jadi silau oleh cahaya yang sangat terang. (Kata Romo yang ngajarin agama Buddha dulu seh)

Benar kagak ?

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #8 on: 19 July 2007, 10:26:38 PM »
Yang saya tahu ketika sampai Jhana 1, mata kita jadi silau oleh cahaya yang sangat terang. (Kata Romo yang ngajarin agama Buddha dulu seh)

Benar kagak ?


mode bercanda on, itu mungkin saat dah konsen, tiba-tiba ada orang usil nyenterin mata kita yg tertutup dengan senter....  :))

sebenarnya hal ini susah untuk di jawab n diterangkan krn kita blom mencapainya ehm...  :-? kalo tidak salah (ini dikasih tau salah satu mentor meditasi) pencapaian jhana ketika konsentrasi kita terpusat penuh pada objek, dimana pikiran dapat memegang objek dengan kuat, sehingga indra kita seakan tertutup (ini kalo mau dirasakan dan dijamin pikiran pasti terlepas dari objek seketika ^-^) contohnya kita tidak merasakan ketika ada nyamuk yg menggigit tangan kita, kita tidak mendengar suara apa pun walau disebelah kita ada kompor meledak (asal ga ikut meledak aja :whistle:) dan kita akan menikmati ketenangan (pitti) yg luar biasa (sesuai referensi dari Sutta), tp ati-ati ntar jd meditabo (meditasi bo-bo) ^-^  sangkin nikmatnya eh malah ketiduran... tapi nti pas meditasi jgn dicari2 ketenangannya itu dijamin pasti ga nemu (karena pikiran sibuk sendiri untuk mencari/proses berpikir sehingga sulit untuk di arahkan) :whistle:

eh bukan berarti gw dah capai jhana (masih jauh kale...) itu cuma penjelasan yg dijelaskan mentor meditasi, apa ada yg telah mencapai jhana ? minimal jhana 1, mungkin bs share pengalaman unik nya  _/\_
« Last Edit: 19 July 2007, 10:31:36 PM by dhanuttono »
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #9 on: 20 July 2007, 12:57:09 AM »
Quote
Komponen Jhana 1
1. Rapture & pleasure born from withdrawal (rasa nikmat & puas karena melepas)
2. Directed Thought & evaluation (pemikiran dan evaluasi/analisa yang terarah)

yang bikin saya penasaran itu, ini bukan?
ga mungkin deh, masa baru sekali aja langsung Jhana...


Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #10 on: 20 July 2007, 06:00:44 AM »
Bisa jadi loh...

Yang definisi putih, silau, nimitta itu kan setahu aye di visudhimagga, di sutta sendiri Sang Buddha nga pernah ada jelasin itu deh, unless I miss something here. Kalau punya referensi di Sutta tolong yah bantuannya.

Soal badan masih merasa digigit nyamuk sendiri, saya rasa tidak demikian. Pada Jhana ke 3 masih bisa merasakan badan koq.

Quote
With the fading of rapture I remained in equanimity, mindful & alert, and physically sensitive of pleasure. I entered & remained in the third jhana, of which the Noble Ones declare, 'Equanimous & mindful, he has a pleasurable abiding.'


Bisa jadi kita sudah banyak mencapai Jhana 1, menurut definisi di Sutta.  :-?


There is no place like 127.0.0.1

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #11 on: 20 July 2007, 06:40:51 AM »
PENGERTIAN JHANA
Jhana berarti kesadaran/pikiran yang memusat dan melekat kuat pada obyek kammatthana/meditasi, yaitu kesadaran/pikiran terkonsentrasi pada obyek dengan kekuatan appana-samadhi (konsentrasi yang mantap, yaitu kesadaran/pikiran terkonsentrasi pada obyek yang kuat).

Jhana merupakan keadaan batin yang sudah di luar aktivitas panca indera. Keadaan ini hanya dapat dicapai dengan usaha yang ulet dan tekun. Dalam keadaan ini, aktivitas panca indera berhenti, tidak muncul kesan-kesan penglihatan maupun pendengaran, pun tidak muncul perasaan badan jasmani. Walaupun kesan-kesan dari luar telah berhenti, batin masih tetap aktif dan berjaga secara sempurna serta sadar sepenuhnya.

Jhana hanya mampu menekan atau mengendapkan kekotoran batin untuk sementara waktu. Ia tidak dapat melenyapkan kekotoran batin. Sewaktu-waktu jhana dapat merosot, karena jhana tidak kekal.

Um... bukankah tingkat-tingkat Jhana ada dijelaskan di eBook-nya
The Purpose of Practising Kammatthana Meditation.pdf - donlod di dhammacitta.org juga :D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #12 on: 20 July 2007, 08:41:30 AM »
Yah itu menurut Mahasi Sayadaw.
Saya coba melihat bahwa banyak sekali pandangan apa itu jhana yang berbeda, menurut Mahasi Sayadaw itu berdasarkan penjelasan dari Abhidhamma.

Saya melihat ada perbedaan dengan penjelasan di Sutta. Contohnya Jhana Sutta (Anguttara Nikaya 4.123 dan 9.36)

ini potongannya, sejalan dengan Maha-Saccaka Sutta

Quote
There is the case where an individual, withdrawn from sensuality, withdrawn from unskillful qualities, enters & remains in the first jhana: rapture & pleasure born from withdrawal, accompanied by directed thought & evaluation.

Begitu loh mbah.

There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #13 on: 20 July 2007, 09:02:23 AM »
jhana diterangkan dengan sangat sangat jelas di buku ajahn brahm yg baru...
beli aja nti pas udah keluar...

singkatnya di jhana pertama seluruh objek yg masuk lewat indra gak bisa terus masup ke kesadaran, karena kesadaran sepenuhnya terserap ke keadaan jhana 1. gak ada gambaran yg bisa diberikan mengenai keadaan jhana 1 karena seluruh dunia kita tercipta karena ada indra, sedangkan keadaan jhana ada di luar indra. jhana adalah keadaan di mana anda berhadapan langsung dengan dunia mind, dunia indra lenyap. kata yg paling dekat untuk menggambarkannya mungkin adalah 'bliss'.
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Seperti apakah Jhana itu ?
« Reply #14 on: 20 July 2007, 09:35:58 AM »
jhana diterangkan dengan sangat sangat jelas di buku ajahn brahm yg baru...
beli aja nti pas udah keluar...

Boleh tahu judul bukunya Sdr. Morpheus ? ^:)^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl