Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tahukah Anda?  (Read 83717 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #45 on: 02 April 2010, 10:05:44 PM »
Tahukah Anda?? ......

manusia tak akan mampu menjilat siku tangannya sendiri .....  ;D

Tahukah Anda :
Spoiler: ShowHide
hampir dipastikan orang2 yg membaca  akan melakukan percobaan ini dgn cara menjilat siku sendiri  =))
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #46 on: 02 April 2010, 10:38:12 PM »
Tahukah Anda :

Dilarang Mengambil Gambar “Eiffel” di Malam Hari?



Paris merupakan kota fashion yang juga merupakan kota romantis favorit bagi kebanyakan pasangan.  Paris juga merupakan salah satu kota sibuk selain beberapa kota penting lainnya di amerika dan eropa. Lihat saja kota ini menjadi tempat kunjungan favorit selain kota-kota besar lainnya di eropa dan amerika.

Ditambah dengan menara Eiffel yang menjadi ikon kota Paris dan juga negara Perancis, kota ini menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi pemandangan menara Eiffel yang sungguh menawan terlihat pada malam hari membuat kota ini menjadi digemari.

Namun, tahukah anda bahwa menara Eiffel ini telah diberikan hak cipta?

Tahun 2003, SNTE (Société nouvelle d’exploitation de la tour Eiffel) memasang penerangan baru di menara Eiffel. Efek ini bertujuan membuat gambar malam lain menara dan penampilan penerangannya di bawah hak cipta. Sebagai hasilnya, tidak lama lagi dibolehkan menyebarkan foto menara di malam hari tanpa izin di beberapa negara.

Pemberian hak cipta ini kontroversial. Direktur Dokumentasi untuk SNTE, Stéphane Dieu, berkomentar pada Januari 2005, “Hal ini hanya bertujuan untuk menjaga penggunaan komersial gambar, sehingga tidak digunakan dalam cara-cara yang tidak kami setujui.” Tetapi, juga mungkin memiliki efek melarang foto turis pada menara di malam hari disebarkan juga penyebaran gambar yang tidak bertujuan mencari keuntungan dan semi-komersial terhadap menara.

Dalam keputusan terbaru, Pengadilan Kasasi menyatakan bahwa hak cipta tidak dapat diklaim terhadap gambar yang meliputi bangunan berhak cipta bila foto meliputi wilayah yang lebih luas. Ini menandakan bahwa SNTE tidak dapat mengklaim hak cipta atas foto di Paris yang meliputi pemunculan menara.

Di beberapa yurisdiksi, klaim hak cipta ini sangat tidak diizinkan. Pada hukum hak cipta Republik Irlandia, pekerjaan “permanen yang dilakukan di tempat umum atau tempat yang dibuka untuk umum” dapat dimasukan secara bebas pada reproduksi visual.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #47 on: 14 April 2010, 09:17:11 AM »
Quote
-Seekor ikan mas hanya memiliki 3 detik saja ingatan di otaknya.
Ini tidak benar. Mitos ini mengatakan ikan mas melihat semua area tempat tinggalnya sebagai tempat baru walaupun ditaruh di aquarium yang sangat kecil. Rory Stokes, seorang siswa berumur 15 tahun membuktikan bahwa ikan mas bisa mengingat. Ia menaruh suar tempat ikan itu bisa makan. Setelah seminggu, waktu yang dibutuhkan untuk berenang ke suar itu turun dari lebih dari semenit sampai ke 5 detik saja. Setelah 3 minggu, suar itu dihilangkan selama 6 hari. Setelah 6 hari, ditaruh kembali dan ternyata ikan itu tetap mengingatnya.

Hmm.. saya kadang kasih makan ikan mas. Awalnya mereka tenang, tapi ketika mereka lihat saya mengeluarkan bungkus makanan (berwarna orange terang), mereka otomatis bergerak cepat ke atas walaupun makanan itu belum ditaburkan. Memang sepertinya mereka ingat. IMO, sbetulnya sulit sih menentukan daya ingat binatang. Heran juga kenapa bisa muncul mitos demikian. Mungkin krn muka ikannya keliatan inosen, gak bosen dengan keadaan sekitarnya yang itu-itu aja ? (jangan-jangan ikannya diam-diam protes, “don't judge a book by its cover”  :|  )

Tahukah anda, zat Capsaicin dalam cabai bisa mengencerkan lendir, makanya lendir di rongga hidung bisa menjadi encer dan keluar? Hmm... pantes kalo makan cabai bisa ingusan ya...

Offline Crescent

  • Sebelumnya: Deviol
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 227
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #48 on: 14 April 2010, 09:30:26 AM »
pinguin dapat menentukan pasangan hidupnya atau bukan hanya dengan saling memandang selama 10 detik....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #49 on: 23 April 2010, 02:49:22 AM »
Tahukah Anda??

Hal Serupa Tapi Tak Sama

KODOK VS KATAK

kodok

Katak


Ada garis tipis yang memisahkan katak (frog) dengan kodok (toad). Jika melihat foto ini, anda mungkin beranggapan bahwa kodok adalah sejenis katak yang disuntik steroid. Padahal keduanya adalah hewan yang berbeda famili. Ya, berbeda.

Bagaimana membedakan kodok dan katak? Menurut ilmu perkodokan yang ada di sini. Katak itu berasal dari banyak famili, bertubuh langsing, berkulit tipis dan basah, serta punya loncatan yang jauh karena kaki belakangnya panjang.

Sementara kodok berasal dari famili Bufonidae, bertubuh gempal, berkulit tebal dan kering, serta berkaki belakang pendek. Kenapa kodok dan katak tergolong amfibi? Karena mereka hidup di air dan di darat. Kenapa katak bisa melompat jauh? Karena kaki belakangnya panjang dan kuat. Kenapa kodok kalau nyebrang rel kereta api juga melompat? Soalnya kalau muter jauh  :)) :P



 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #50 on: 23 April 2010, 02:54:05 AM »
KAISAR VS RAJA




raja memimpin sebuah bangsa, sementara kaisar memimpin sejumlah bangsa. Wilayah yang dipimpin raja disebut kerajaan (kingdom), sedangkan kaisar memimpin kekaisaran (empire). Ada kisah Injil yang layak jadi contoh.

Raja Herodes adalah raja Yudea, Yudea sendiri merupakan sebuah kerajaan (bangsa) yang eksis di bawah kekaisaran Romawi yang pada waktu itu dipimpin oleh Kaisar Agustus. Yudea merupakan sebuah kerajaan bagi satu bangsa, sementara itu Romawi adalah kekaisaran yang menguasai banyak bangsa dan kerajaan, termasuk Yudea.


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tahukah Anda?
« Reply #51 on: 24 April 2010, 02:20:21 PM »
Yuk, bagi-bagi info unik... Awali dengan kata “Tahukah Anda” ya...
G duluan...

Tahukah anda, tanduk badak sebenarnya adalah rambutnya yang mengeras?

(ternyata gak hanya manusia aja yang bisa cepak, badak pun bisa  ;D )

ohhhh, tapi gw heran kenapa yg diujung kepala rambutnya yg mengeras ?
bagaimana dgn ditempat lain ? apakah ditempat lain juga gak ada rambut dan
juga tidak mengeras ? mohon klarifikasi kebenarannya. dan koq cuma 1 rambut
yg mengeras.... itu kan cukup aneh bin ajaib ?

anda tau ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline an_atta

  • Sebelumnya: Titin
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 15
  • Gender: Female
Re: Tahukah Anda?
« Reply #52 on: 24 April 2010, 04:41:52 PM »
Tahukah Anda.... Hukum 72 untuk menghitung kapan nilai investasi menjadi berlipat dua.

Kalau Anda melakukan investasi sekali saja, maka ada saatnya dimana jumlah investasi Anda akan berlipat dua.
Sebagai contoh, bila Anda menginvestasikan Rp 1 juta pada deposito yang memberikan suku bunga 12% per tahun (di roll over setiap tahun), maka uang Rp 1 juta Anda akan berlipat dua dalam waktu enam tahun.

Cara menghitungnya adalah dengan menggunakan Hukum 72.
Bagi angka 72 dengan suku bunga dari produk investasi Anda.
Ini berarti:
= 72 : 12
= 6 tahun.
Itulah jangka waktu yang dibutuhkan agar investasi Anda bisa berlipat dua.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Tahukah Anda?
« Reply #53 on: 28 April 2010, 08:23:44 PM »
Yuk, bagi-bagi info unik... Awali dengan kata “Tahukah Anda” ya...
G duluan...

Tahukah anda, tanduk badak sebenarnya adalah rambutnya yang mengeras?

(ternyata gak hanya manusia aja yang bisa cepak, badak pun bisa  ;D )

ohhhh, tapi gw heran kenapa yg diujung kepala rambutnya yg mengeras ?
bagaimana dgn ditempat lain ? apakah ditempat lain juga gak ada rambut dan
juga tidak mengeras ? mohon klarifikasi kebenarannya. dan koq cuma 1 rambut
yg mengeras.... itu kan cukup aneh bin ajaib ?

anda tau ?

itu gampang bro karena ada dna nya, dna badak berbeda dengan dna manusia gitu lohh makanya cula badak itu ada kahasiat nya buat obat dibanding dengan rambut manusia atau rambut monyet.

itu yang pertama kata kata yang dibuat untuk melindungi badak dari perburuan cula hanya menampilkan pengetahuan pada jaman nya ( waktu itu pengetahuan, belum ada tehnologi/pengetahuan sampai tentang dna).

tetapi manusia toh tidak bodoh bodoh amat buktinya cula badak tetap ada yang cari kenapa karena ada khasiat obat nya dan terbukti toh bagi mereka yang memakan nya dan sembuh. jadi mestinya tuh membuat tiruan cula badak ini atau meneliti sebenarnya apa khasiat sebenarnya atau bahan apa yang ada dalam cula badak ini yang berkhasiat dan di buat sintessnya kalau bisa.
« Last Edit: 28 April 2010, 08:31:11 PM by daimond »

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tahukah Anda?
« Reply #54 on: 28 April 2010, 11:41:56 PM »


Tahukah Anda?


Bagaimana benda diatas dibuat ? (kalau nyerah, lihatlah link dari image tsb)

 _/\_ :x
« Last Edit: 28 April 2010, 11:59:50 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #55 on: 29 April 2010, 01:23:47 AM »
Tahukah Anda ?

Hal Serupa Tapi Tak Sama

PSIKOLOG VS PSIKIATER



hal yang satu ini paling sering ditanyakan : ke yang manakah dia harus pergi untuk mengatasi masalahnya? Tentu saja tergantung masalahnya. Keduanya profesi yang berbeda. Psikolog adalah ahli psikologi. Tugasnya melayani curhatan serta konsultasi psikologi.

Sementara itu, psikiater adalah dokter (barangkali karena sama-sama ada "ter"-nya). Jadi psikiater itu dapat juga disebut dokter kejiwaan. Dengan demikian, tentu saja psikiater mempunyai hak memberikan resep, misalnya obat anti-depressan, sementara psikolog tidak. Perbedaan lain? psikolog itu lulusan psikologi. Sementara psikiater itu lulusan kedokteran. Apabila agan-agan dipaksa ke psikolog barangkali anda butuh curhat, sementara jika agan-agan dipaksa ke psikiater boleh jadi anda butuh treatment sakit jiwa
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #56 on: 07 May 2010, 10:34:12 AM »
Tahukah anda, gas elpiji adalah gas yang berat?

Ketika terjadi kebocoran gas elpiji, gas tersebut cenderung merayap di lantai. Jadi ketika tercium kebocoran gas, segera bukalah pintu (selain jendela) agar gas tsb bisa cepat keluar dari ruangan.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #57 on: 08 May 2010, 10:57:30 PM »
Tahukah Anda

Anjing-pun bisa ngantri  ;D

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #58 on: 14 May 2010, 11:10:11 PM »
Tahukah Anda ?

Kenapa Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik ?


Anda mungkin pernah liat kucing yang jatuh dari tempat tinggi bisa mendarat dengan mulus dan tidak mengalami cedera. Kenapa bisa?

Hal ini terjadi karena kucing (dan beberapa hewan lain) punya sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa. Sistem inilah yang membuat kucing, ketika jatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh. Kalo dia jatuh dalam posisi terbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelah bawah, dan bersiap untuk mendarat. Mendaratnya juga ga asal regangin kaki. Kalo manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, biasanya pasti patah kan. Kalo kucing pinter, mereka setelah memutar kaki ke bawah, segera meregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhan dengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.

Spoiler: ShowHide


Rekor tertinggi pernah mencatat bahwa kucing pernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (walaupun sambil jatuh dia sempat mantul2 ke kanopi2) dan tetap bisa bangun dan berjalan dengan agak terpincang. luar biasa kan. Kalo manusia dah mati tuh. Tapi penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kucing jatuh, makin banyak tulangnya yang patah. Tapi cuma sampe batas lantai 5 tingkat doang. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurun drastis, apalagi kalo semakin tinggi.

Nah rahasianya adalah, kucing (dan beberapa hewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity, yaitu kecepatan jatuh maksimum yaitu 60 mil perjam. Saat kucing jatuh, kan sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing makin bertambah. Ternyata, saat kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Nah itulah sebabnya makin tinggi dia jatuh, makin ada dia kesempatan untuk merasa rileks. Itu juga sebabnya kalo dijatuhin dari tempat yang rendah, dia ga sempat ngerasa rileks. Makanya jatuhnya lebih berasa.

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Tahukah Anda?
« Reply #59 on: 15 May 2010, 01:24:00 AM »
apa rasanya yah jatoh dari lantai 46? bayangin nya aja serem iiiii