Thich Nhat Hanh di Oprah Exclusive Interview (2010)

Started by johan3000, 27 February 2010, 07:39:10 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

johan3000


Thich Nhat Hanh di Oprah Exclusive Interview  O, The Oprah Magazine  |  February 16, 2010

(part1)
Dia sudah menjadi seorang biksu Buddha selama 60 tahun, juga sebagai guru, penulis, dan penentang keras perang-sebuah sikap yang membuatnya diasingkan dari tanah kelahirannya Vietnam selama empat dekade. Sekarang pria Martin Luther King Jr disebut "rasul perdamaian dan anti kekerasan" mencerminkan keindahan saat ini. Bersyukur untuk setiap napas, dan kebebasan dan kebahagiaan yang dapat ditemukan dalam secangkir teh sederhana.

Saat aku bertemu dengan Thich Nhat Hanh di Four Seasons Hotel di Manhattan, aku (Oprah) merasakan perasaan tenang. Sebuah kehadiran sangat tenang tampaknya mengelilingi Buddha Zen master.

Tapi Nhat Hanh 83 tahun lahir di Vietnam dgn sikap tenang adalah pejuang yang berani. bergabung dengan biara ketika ia berusia 16, dengan gagah berani menentang pemerintah sendiri selama Perang Vietnam. Bahkan ketika ia memeluk kehidupan kontemplatif seorang biarawan, perang dihadapkan dengan pilihan: Apakah ia akan tetap tersembunyi di biara cenderung untuk masalah-masalah roh, atau pergi keluar dan membantu penduduk desa yang menderita? Nhat Hanh keputusan untuk melakukan keduanya adalah apa yang melahirkan "Gabungan Buddhisme"-suatu gerakan yang melibatkan aktivisme damai untuk tujuan reformasi sosial. Martin Luther King Jr mencalonkan dia untuk Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1967.

Sebagai bagian dari pengaduan dari kekerasan yang ditimbulkan pada bangsanya, Nhat Hanh mendirikan sebuah organisasi bantuan yang dibangun Vietnam mengebom desa-desa, mendirikan sekolah-sekolah dan pusat kesehatan, dan pindah tempat tinggal keluarga tunawisma. Nhat Hanh Buddhis juga menciptakan universitas, rumah penerbitan, dan majalah-aktivis perdamaian yang semuanya memimpin pemerintah Vietnam untuk melarang dia, pada tahun 1966, untuk pulang setelah ia meninggalkan negara pada misi perdamaian. Ia tinggal di pengasingan selama 39 tahun.

Sebelum pembuangan, Nhat Hanh telah menghabiskan waktu di Barat (belajar di Princeton dan mengajar di Universitas Columbia di awal 1960-an), dan itu ke Barat bahwa ia sekarang kembali. Melihat kesempatan untuk menyebarkan pemikiran Buddha dan damai mendorong aktivisme, ia memimpin Delegasi Perdamaian Buddhis ke Perundingan Damai Paris pada tahun 1969, mendirikan vihara Buddhist yg utuh dan kompak di Perancis, dan terus menulis lebih dari 100 buku, termasuk tahun 1995 laris Buddha hidup, Hidup Kristus-volume yang tidak pernah meninggalkan meja samping tempat tidur.

Nhat Hanh menetap di Perancis Selatan dan mendirikan Plum Village, praktek meditasi Buddhis pusat dan biara di mana ia masih hidup. Ribuan orang perjalanan ke sana setiap tahun untuk bergabung dengannya dalam mengeksplorasi ajaran Buddhisme-termasuk mindfulness (sengaja menyelaraskan pada saat sekarang), perkembangan praktek (kegiatan rutin, seperti sadar berjalan, yang mengarahkan Anda ke arah pemikiran yang benar ), dan pencerahan (pembebasan dari penderitaan yang datang ketika Anda bangun ke hakikat realitas). Prinsip-prinsip ini diperkenalkan ke dunia lebih dari 2.000 tahun yang lalu oleh Siddhartha Gautama, atau Buddha, kelahiran India pangeran yang meninggalkan kehidupan yang nyaman dan kegemaran dalam rangka untuk mencari pencerahan-dan mendirikan sebuah agama di sepanjang jalan.

Thich Nhat Hanh-atau, seperti murid-muridnya memanggil dia, Thay, kata Vietnam untuk "guru"-membawa sekelompok sepanjang Desa Plum biarawan dan biarawati untuk mendengarkan pembicaraan kami. Dalam beberapa tradisi spiritual, ada konsep yang disebut "memegang ruang"-atau muncul sebagai pendengar yang penuh belas kasih. Thay's teman-teman adalah pemegang ruang yang telah dijalani dengan dia dari Perancis, dan saat kami mengambil foto bersama sesaat sebelum obrolan kami, mereka mendatangkan suasana damai oleh kolektif menyanyikan sebuah lagu Buddhis: "Kita semua adalah daun dari satu pohon; kami semua gelombang dari satu lautan, sudah tiba saatnya bagi semua untuk hidup sebagai satu. "

... bersambung ke (part2) dan seterusnya  :x

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Thich Nhat Hanh di Oprah Exclusive Interview (2010)  part 2

Oprah Terima kasih atas kehormatan untuk berbicara dengan Anda. Hanya berada di hadapan Anda, saya merasa lebih lega dari sehari sebelum. Anda memiliki aura yang damai. Apakah Anda selalu konten ini?

Nhat Hanh Ini adalah pelatihan saya, ini adalah praktek saya. Dan aku mencoba menjalani setiap saat seperti itu, untuk menjaga kedamaian dalam diriku sendiri.

Oprah Karena Anda tidak bisa memberikannya kepada orang lain jika Anda tidak memilikinya dalam diri Anda.

Nhat Hanh Benar.

Oprah saya lihat. Aku tahu bahwa Anda lahir di Vietnam pada 1926. Apakah ada kenangan indah masa  kecil Anda bahwa Anda dapat berbagi?

Nhat Hanh Pada hari aku melihat gambar Buddha di majalah.

Oprah Berapa umurmu?

Nhat Hanh Saya adalah 7, 8. Dia sedang duduk di rumput, sangat damai, tersenyum. Aku berkesan.  Sekitar saya, orang-orang tidak seperti itu, jadi saya punya keinginan untuk menjadi seperti dia. Dan aku memupuk keinginan sampai usia 16 tahun, ketika aku memiliki izin dari orang tua saya untuk pergi dan menahbiskan sebagai biksu.

Oprah Apakah orangtuamu mendorong Anda?

Nhat Hanh Pada awalnya, mereka enggan karena mereka berpikir bahwa kehidupan seorang biarawan sulit.

Oprah Pada 16, apakah Anda memahami apa yg akan terjadi dgn kehidupan anda?

Nhat Hanh Tidak banyak. Hanya ada hasrat yang sangat kuat. Perasaan bahwa aku tidak akan bahagia jika aku tidak bisa menjadi seorang biarawan. Mereka menyebutnya pikiran pemula-yang dalam niat, keinginan yang terdalam yg mungkin memiliki. Dan saya dapat mengatakan bahwa sampai hari ini, pikiran pemula ini masih hidup dalam diriku.

Oprah Itu yang banyak orang sebut sebagai gairah. Ini cara saya merasa tentang pekerjaan saya hampir setiap hari. Ketika Anda bergairah tentang pekerjaan Anda, rasanya seperti kau akan melakukannya bahkan jika tidak ada orang yang membayar Anda.

Nhat Hanh Dan kau menikmatinya.

Oprah Anda menikmatinya. Mari kita bicara tentang saat pertama kali tiba di Amerika. Anda adalah seorang mahasiswa di Princeton. Apakah itu menantang sebagai biksu untuk membentuk persahabatan dengan siswa lain? Apakah anda kesepian?

Nhat Hanh Nah, Princeton University itu seperti sebuah biara. Hanya ada siswa laki-laki pada waktu itu. Dan tidak ada banyak orang Vietnam yang tinggal di Amerika Serikat. Selama enam bulan pertama, saya tidak berbahasa Vietnam. Tapi kampus itu sangat indah. Dan semuanya masih baru-pohon-pohon dan burung-burung dan makanan. Salju, penggunaan pemanas, dan musim gugur saya adalah di Princeton.

Oprah Ketika daun berubah (musim gugur).

Nhat Hanh Di Vietnam, kami tidak melihat hal-hal seperti itu.

Oprah Pada waktu itu, apakah Anda mengenakan jubah biarawan Anda?

Nhat Hanh Ya.

Oprah Tidak harus khawatir tentang membeli pakaian, kan? Selalu saja jubah.

Nhat Hanh Ya.

Oprah Apakah Anda memiliki jubah yang berbeda untuk berbagai kesempatan?

Nhat Hanh Anda memiliki jubah upacara, kunyit warna. Itu saja. Saya merasa nyaman bengenakan jubah semacam ini. Dan bahagia mengingatkan kita bahwa kita adalah biarawan.

Oprah Apa artinya menjadi seorang biarawan?

Nhat Hanh Untuk menjadi seorang biarawan adalah memiliki waktu untuk berlatih untuk transformasi dan penyembuhan. Dan setelah itu untuk membantu transformasi dan penyembuhan orang lain.

Oprah Apakah kebanyakan biarawan tercerahkan, atau mencari pencerahan?

Nhat Hanh Pencerahan selalu ada. Pencerahan kecil akan membawa pencerahan besar. Jika Anda bernafas dalam dan menyadari bahwa Anda masih hidup-bahwa Anda dapat menyentuh keajaiban yang hidup-maka itu adalah semacam pencerahan. Banyak orang yang hidup tetapi tidak menyentuh keajaiban hidup.

Oprah saya yakin Anda melihat semua di sekeliling Anda-aku bersalah sendiri-bahwa kami hanya
mencoba untuk melewati hal berikutnya. Di negara kita, orang begitu sibuk. Bahkan anak-anak sibuk. Aku mendapat kesan sangat sedikit dari kita yang melakukan apa yang Anda katakan-menyentuh keajaiban bahwa Anda masih hidup.

Nhat Hanh Itulah orang-orang lingkungan hidup masuk Tapi dengan latihan, kita bisa selalu tetap hidup di saat ini. Dengan perhatian penuh, Anda dapat menetapkan sendiri pada masa sekarang untuk menyentuh keajaiban hidup yang tersedia pada saat itu. Adalah mungkin untuk hidup bahagia di sini dan sekarang. Begitu banyak kondisi kebahagiaan yang tersedia-lebih dari cukup untuk kau bahagia sekarang. Anda tidak perlu lari ke masa depan untuk mendapatkan lebih banyak.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Riky_dave

Quotemendirikan Gereja Budha Bersatu di Perancis, dan terus menulis lebih dari 100 buku, termasuk tahun 1995 laris Buddha hidup, Hidup Kristus-volume yang tidak pernah meninggalkan meja samping tempat tidur.

Maksudnya apa ya??
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

johan3000

Oprah  Apa itu kebahagiaan?

Nhat HanhKebahagiaan adalah hentinya penderitaan. Kesejahteraan. Sebagai contoh, ketika saya latihan ini pernapasan dalam, aku sadar mataku; bernafas keluar, aku tersenyum mataku dan menyadari bahwa mereka masih dalam kondisi baik. Ada surga bentuk dan warna di dunia. Dan karena Anda punya mata masih dalam kondisi baik, Anda dapat berhubungan dengan surga. Jadi ketika saya menjadi sadar mataku, aku menyentuh salah satu dari kondisi kebahagiaan. Dan ketika aku menyentuhnya, kebahagiaan datang.

Oprah  Dan Anda bisa melakukannya dengan setiap bagian dari tubuh Anda.

Nhat HanhYa. Bernapas dalam, saya sadar hati saya. Bernafas keluar, aku tersenyum hatiku dan tahu bahwa hatiku masih berfungsi normal. Aku merasa bersyukur karena hatiku.

Oprah  Jadi ini tentang menjadi sadar dan bersyukur atas apa yang kita miliki.

Nhat HanhYa.

Oprah  Dan bukan hanya hal materi, tapi fakta bahwa kita memiliki napas kita.

Nhat HanhYa. Anda perlu praktek mindfulness untuk membawa pikiran Anda kembali ke tubuh dan membangun diri Anda pada saat itu. Jika Anda benar-benar hadir, Anda hanya perlu membuat langkah atau mengambil napas dalam rangka untuk memasuki Kerajaan Allah. Dan sekali Anda memiliki kerajaan, Anda tidak perlu dijalankan setelah objek keinginan Anda, seperti kekuasaan, ketenaran, kesenangan sensual, dan seterusnya. Perdamaian adalah mungkin. Kebahagiaan adalah mungkin. Dan praktek ini cukup sederhana bagi setiap orang untuk melakukannya.

Oprah  Katakan padaku bagaimana kita melakukannya.

Nhat HanhAnggaplah Anda sedang minum secangkir teh. Bila Anda memegang cangkir Anda, Anda mungkin ingin bernapas dalam, untuk membawa pikiran Anda kembali ke tubuh Anda, dan Anda menjadi sepenuhnya hadir. Dan ketika Anda benar-benar ada, sesuatu yang lain juga ada kehidupan, yang diwakili oleh secangkir teh. Pada saat itu Anda adalah nyata, dan secangkir teh adalah nyata. Anda tidak hilang di masa lalu, di masa depan, dalam proyek Anda, dalam kekhawatiran Anda. Anda bebas dari semua penderitaan ini. Dan dalam keadaan yang bebas, anda menikmati teh. Itu adalah momen kebahagiaan, dan kedamaian. Bila Anda menyikat gigi, Anda mungkin hanya dua menit, tetapi menurut praktek ini, adalah mungkin untuk menghasilkan kebebasan dan kebahagiaan selama waktu itu, karena Anda yang didirikan di sini dan sekarang. Jika Anda mampu menyikat gigi dalam kesadaran Anda, maka Anda akan dapat menikmati saat ketika Anda mandi, memasak sarapan, menyeruput teh Anda.
Oprah  Jadi dari sudut pandang ini, ada kondisi tak berujung kebahagiaan.

Nhat HanhYa. Mindfulness membantu Anda pulang ke masa kini. Dan setiap kali Anda pergi ke sana dan mengenali suatu kondisi kebahagiaan yang Anda miliki, kebahagiaan datang.

OprahDengan Anda, teh adalah nyata.

Nhat HanhAku nyata, dan teh adalah nyata. Aku di masa kini. Aku tidak memikirkan masa lalu. Aku tidak memikirkan masa depan. Ada perjumpaan nyata antara aku dan teh, dan kedamaian, kebahagiaan dan kegembiraan yang mungkin selama waktu aku minum.

OprahSaya tidak pernah banyak memikirkan secangkir teh.

Nhat Hanh Kami memiliki teh praktek meditasi. Kami duduk, menikmati secangkir teh dan persaudaraan kita, persaudaraan. Diperlukan waktu selama satu jam untuk hanya menikmati secangkir teh.

Oprah Secangkir teh, seperti ini? [sambil memegang cangkirnya. ]

Nhat Hanh Ya.

Oprah Satu jam.

Nhat Hanh Setiap saat adalah saat kebahagiaan. Dan selama meditasi, kita memupuk kegembiraan, persaudaraan, persaudaraan, tinggal di sini dan sekarang.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

#4
Quote from: Riky_dave on 27 February 2010, 07:47:53 PM
Quotemendirikan Gereja Budha Bersatu di Perancis, dan terus menulis lebih dari 100 buku, termasuk tahun 1995 laris Buddha hidup, Hidup Kristus-volume yang tidak pernah meninggalkan meja samping tempat tidur.

Maksudnya apa ya??

Gereja Budha Bersatu di Perancis,


Gereja yg utuh (kompak)  (UNIFIED)

Mendirikan vihara Buddhist yg utuh dan kompak di prancis


bro Riky_dave,
mohon maaf kalau translationnya ada yg gak pass. Trims atas masukannya  :-[
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Riky_dave

Quote from: johan3000 on 27 February 2010, 08:04:02 PM
Quote from: Riky_dave on 27 February 2010, 07:47:53 PM
Quotemendirikan Gereja Budha Bersatu di Perancis, dan terus menulis lebih dari 100 buku, termasuk tahun 1995 laris Buddha hidup, Hidup Kristus-volume yang tidak pernah meninggalkan meja samping tempat tidur.

Maksudnya apa ya??

Gereja Budha Bersatu di Perancis,

Gereja yg utuh (kompak)  (UNIFIED)

Mendirikan vihara Buddhist yg utuh dan kompak di prancis


bro Riky_dave,
mohon maaf kalau translationnya ada yg gak pass. Trims atas masukannya  :-[

tidak apa2 koq,saya hanya bingung dengan kata "gereja" nya...sudah beruntung member disini,ada yang mau translatekan Dhamma ...hihi

Anumodana _/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

johan3000

Oprah  Apakah Anda melakukan hal yang sama dengan semua makanan?

Nhat Hanh Ya. Kami melakukan makan dgn penuh perhatian dan tenang sehingga kita bisa berhubungan dengan kosmos, dengan setiap potong makanan.

Oprah  Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan melalui makan? Sepanjang hari?

Nhat Hanh Satu jam sudah cukup. Kami duduk sebagai komunitas, dan menikmati makan bersama kami. Jadi apakah Anda sedang makan, minum teh Anda, atau melakukan piring Anda, Anda melakukannya sedemikian rupa sehingga kebebasan, sukacita, kebahagiaan yang mungkin. Banyak orang datang ke pusat kami dan belajar seni ini sadar hidup. Dan kembali ke tempat asal mereka dan mendirikan sangha, sebuah komunitas, untuk melakukan hal yang sama. Kami telah membantu mendirikan sanghas seluruh dunia.

Oprah  Sangha adalah komunitas tercinta.

Nhat Hanh Ya.

Oprah  Seberapa penting dalam hidup kita? Orang dengan keluarga mereka sendiri, dan kemudian Anda mengembangkan komunitas tercinta menyertakan orang lain (melampauin batas satu keluarga). Jadi semangkin besar komunitas tercinta Anda, semakin banyak yang dapat Anda capai di dunia.

Nhat Hanh Benar.

Oprah  Pada subjek masyarakat, mari kita kembali ke 1966. Anda diundang untuk datang dan berbicara di Cornell University, dan tak lama setelah itu, Anda tidak diizinkan kembali ke negara Anda. Anda diasingkan selama 39 tahun. Bagaimana Anda mengatasi perasaan-perasaan?

Nhat Hanh Yah, aku seperti seekor lebah yang diambil dari sarang lebah. Tapi karena aku membawa masyarakat yang terkasih dalam hatiku, aku mencari unsur-unsur dari sangha di sekitar saya di Amerika dan di Eropa. Dan aku mulai membangun sebuah komunitas yang bekerja untuk perdamaian.

Oprah  Apakah Anda merasa marah pada awalnya? Terluka?

Nhat Hanh Marah, khawatir, sedih, sakit hati. Praktek mindfulness membantu saya mengakui itu. Pada tahun pertama, aku bermimpi hampir setiap malam pulang. Aku sedang mendaki bukit yang indah, sangat hijau, sangat bahagia, dan tiba-tiba aku terbangun dan menemukan bahwa aku berada di pengasingan. Jadi praktik saya untuk bersentuhan dengan pohon-pohon, burung-burung, bunga, anak-anak, orang-orang di Barat-dan membuat mereka komunitas saya. Dan karena itu praktek, saya menemukan rumah di luar rumah. Satu tahun kemudian, mimpi berhenti.

Oprah  Apa alasan Anda tidak diizinkan kembali ke negara?

Nhat Hanh Selama perang, pihak yang bertikai semua menyatakan bahwa mereka ingin melawan sampai akhir. Dan orang-orang dari kita yang mencoba berbicara tentang rekonsiliasi antara saudara-saudara-mereka tidak mengizinkan kita.

Oprah  Jadi, ketika kau seorang pria tanpa sebuah negara, Anda membuat sebuah rumah di negara lain.

Nhat Hanh Ya.

Oprah  Dan satu juga di Amerika Serikat.
Nhat Hanh Ya.

Oprah  Bagaimana Anda bertemu Martin Luther King?

Nhat Hanh Pada bulan Juni 1965, saya menulis sebuah surat yang menjelaskan mengapa para biarawan di Vietnam immolated sendiri. Aku berkata bahwa ini bukan bunuh diri. Saya mengatakan bahwa dalam situasi-situasi seperti yang di Vietnam, untuk membuat suara Anda dengar adalah sulit. Kadang-kadang kita harus membakar diri kita sendiri dalam rangka untuk didengar. Hal ini karena kasihan bahwa Anda melakukan itu. Ini adalah tindakan kasih dan tidak putus asa. Dan tepat satu tahun setelah saya menulis surat itu, saya bertemu dengannya di Chicago. Kami melakukan diskusi tentang perdamaian, kebebasan, dan masyarakat. Dan kita sepakat bahwa tanpa masyarakat, kita tidak bisa pergi terlalu jauh.

Oprah  Berapa lama diskusi?

Nhat Hanh Mungkin lima menit atau lebih. Dan setelah itu, ada konferensi pers, dan ia keluar sangat kuat menentang perang di Vietnam.

Oprah  Apakah Anda berpikir bahwa ini adalah hasil dari pembicaraan Anda?

Nhat Hanh Saya yakin begitu. Kami melanjutkan pekerjaan kami, dan terakhir kali saya bertemu dia berada di Jenewa selama konferensi perdamaian.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Oprah Apakah Anda berdua berbicara kemudian?

Nhat Hanh Ya. Dia mengundang saya untuk sarapan, untuk membicarakan masalah ini lagi. Aku terjebak dalam konferensi pers di lantai bawah dan datang terlambat, tapi ia menjaga sarapan saya tetap hangat. Dan saya mengatakan kepadanya bahwa orang-orang di Vietnam menyebutnya Bodhisattva-pencerahan yang-karena apa yang ia lakukan bagi umat-Nya, negaranya, dan dunia.

Oprah Dan fakta bahwa ia melakukannya nonviolently (tanpa kekerasan).

Nhat Hanh Ya. Itu adalah karya seorang bodhisattva, seorang Buddha, selalu dengan kasih sayang dan antikekerasan. Ketika saya mendengar tentang pembunuhan, aku tidak percaya. Saya berpikir, "Rakyat Amerika telah menghasilkan Raja tetapi tidak mampu menjaga dirinya." Aku sedikit marah. Aku tidak makan, aku tidak tidur. Tapi tekad saya untuk terus membangun masyarakat tercinta terus selalu. Dan aku berpikir bahwa aku merasa dukungannya selalu.

Oprah Selalu.

Nhat Hanh Ya.

Oprah Oke. Kita telah berbicara tentang perhatian penuh, dan Anda telah disebutkan sadar berjalan. Bagaimana bekerja?

Nhat Hanh Saat Anda berjalan, Anda menyentuh tanah mindful, dan setiap langkah yang dapat membawa Anda kekerasan dan kegembiraan dan kebebasan. Kebebasan dari penyesalan Anda mengenai masa lalu, dan kebebasan dari rasa takut Anda tentang masa depan.

Oprah Kebanyakan orang ketika mereka sedang berjalan berpikir tentang di mana mereka harus pergi dan apa yang harus mereka lakukan. Tapi anda akan mengatakan bahwa memindahkan kita dari kebahagiaan.

Nhat Hanh Orang-orang mengorbankan sekarang untuk masa depan. Tetapi hidup hanya tersedia pada masa kini. Itulah sebabnya mengapa kita harus berjalan sedemikian rupa sehingga setiap langkah dapat membawa kita ke sini dan sekarang.

Oprah Bagaimana jika ada tagihan harus dibayar? Aku berjalan, tapi aku berpikir tentang tagihan.

Nhat Hanh Ada waktu untuk segalanya. Ada saat ketika aku duduk, aku berkonsentrasi diri pada masalah tagihan, tapi aku tidak akan khawatir sebelum itu. Satu hal pada satu waktu. Kami berlatih berjalan berhati-hati untuk menyembuhkan diri sendiri, karena berjalan seperti yang benar-benar meredakan kekhawatiran kita, tekanan, ketegangan di tubuh kita dan dalam pikiran kita.

Oprah Kasus ini sama untuk mendengarkan mendalam, yang saya sudah mendengar Anda lihat.

Nhat Hanh mendengarkan yg dalam adalah jenis mendengarkan yang dapat membantu meringankan penderitaan orang lain. Anda dapat menyebutnya penuh belas kasih mendengarkan. Anda mendengarkan dengan hanya satu tujuan[/b] untuk membantu dia untuk mengosongkan hatinya. Bahkan jika dia mengatakan hal-hal yang penuh dengan persepsi yang salah, penuh kepahitan, Anda masih mampu terus mendengarkan dengan belas kasihan. Karena Anda tahu bahwa mendengarkan seperti itu, Anda memberi orang itu kesempatan untuk menderita kurang. Jika anda ingin membantu dia untuk mengoreksi persepsinya, Anda menunggu untuk lain waktu. Untuk sekarang, Anda tidak menyela. Anda tidak membantah. Jika Anda melakukannya, ia kehilangan kesempatan. Anda hanya mendengarkan dengan kasih sayang dan membantu dia untuk menderita kurang. Satu jam seperti yang dapat membawa transformasi dan penyembuhan.

Oprah Saya suka ide ini dalam mendengarkan, karena sering kali ketika seseorang datang kepada Anda dan ingin melampiaskan, itu begitu menggoda untuk memulai memberi nasihat. Tapi jika Anda membiarkan orang hanya untuk membiarkan perasaan keluar, dan kemudian di lain waktu kembali dengan saran atau komentar, orang itu akan mengalami penyembuhan yang lebih mendalam. Itulah apa yang Anda katakan.

Nhat Hanh Ya. mendengarkan dgn dalam membantu kita untuk mengenali adanya persepsi yang salah pada orang lain dan salah persepsi dalam diri kita. Orang lain telah salah persepsi tentang dirinya dan tentang kami. Dan kami memiliki persepsi yang salah tentang diri sendiri dan orang lain. Dan itu adalah dasar bagi kekerasan dan konflik dan perang. Para teroris, mereka memiliki persepsi yang salah. Mereka percaya bahwa kelompok lain berusaha untuk menghancurkan mereka sebagai sebuah agama, sebagai sebuah peradaban. Jadi mereka ingin menghapuskan kita, membunuh kita sebelum kita dapat membunuh mereka. Dan antiteroris mungkin berpikir sangat banyak cara yang sama-bahwa ini adalah teroris dan mereka berusaha untuk menghapuskan kita, jadi kita harus menyingkirkan mereka terlebih dahulu. Kedua belah pihak dimotivasi oleh rasa takut, kemarahan, dan oleh salah persepsi. Tetapi salah persepsi tidak dapat dihilangkan dengan senjata dan bom. Mereka harus dihilangkan dengan mendengarkan mendalam, penuh belas kasih mendengarkan, dan penuh kasih.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Oprah Satu-satunya cara untuk mengakhiri perang adalah komunikasi antara manusia.

Nhat Hanh: Ya. Kita harus dapat mengatakan ini: "Dear teman-teman, sayang orang, saya tahu bahwa Anda menderita. Aku belum cukup mengerti kesulitan dan penderitaan Anda. Ini bukan niat kita untuk membuat Anda menderita lebih banyak. Ini adalah sebaliknya. Kami tidak ' t ingin kau menderita. Tapi kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dan kami mungkin melakukan hal yang salah jika Anda tidak membantu kita untuk memahami. Jadi tolong beritahu kami tentang kesulitan Anda. aku bersemangat untuk belajar, untuk mengerti. " Kita harus mencintai pidato. Dan jika kita jujur, jika kita benar, mereka akan membuka hati mereka. Kemudian kita berlatih penuh belas kasih mendengarkan, dan kita bisa belajar banyak tentang persepsi kita sendiri dan persepsi mereka. Hanya setelah itu kita bisa membantu menghilangkan persepsi salah. Itu adalah cara terbaik, satu-satunya cara, untuk menghapus terorisme.

Oprah Tapi apa yang Anda katakan juga berlaku untuk kesulitan antara diri sendiri dan anggota keluarga atau teman. Prinsipnya sama, tidak perlu konflik.

Nhat Hanh: Benar. Dan perundingan damai harus dilakukan dengan cara itu. Ketika kami datang ke meja, kita tidak boleh bernegosiasi langsung. Kita harus menghabiskan waktu berjalan bersama, makan bersama, membuat kenalan, saling bercerita tentang penderitaan kita sendiri, tanpa menyalahkan atau penghukuman. Diperlukan mungkin satu, dua, tiga minggu untuk melakukan itu. Dan jika komunikasi dan pemahaman mungkin, negosiasi akan lebih mudah. Jadi, jika saya untuk mengadakan negosiasi perdamaian, saya akan mengaturnya dengan cara itu.

Oprah Anda akan mulai dengan teh?

Nhat Hanh: Dengan teh dan jalan meditasi.

Oprah Mengingat teh.

Nhat Hanh: Dan berbagi kebahagiaan dan penderitaan kita. Dan dalam pidato mendengarkan dan penuh kasih.

Oprah Apakah pernah ada tempat untuk kemarahan?

Nhat Hanh: Marah adalah energi yang digunakan orang untuk bertindak. Tetapi ketika Anda marah, Anda tidak jelas, dan Anda mungkin melakukan hal yang salah. Itu sebabnya kasih sayang adalah energi yang lebih baik. Dan energi kasih sayang yang sangat kuat. Kita menderita. Yang nyata. Tapi kita harus belajar untuk tidak marah dan tidak membiarkan diri kita terbawa oleh kemarahan. Kami menyadari langsung bahwa adalah ketakutan. Itu adalah korupsi.

Oprah Bagaimana jika di saat mindfulness Anda ditantang? Sebagai contoh, seseorang mengugat saya, dan sulit untuk merasa bahagia ketika kita akan berhadapan dengan pengadilan.

Nhat Hanh: Praktek ini untuk pergi ke kecemasan, kekhawatiran -

Oprah Ketakutan. Hal pertama yang terjadi adalah rasa takut merasuk, seperti, Apa yang saya lakukan?

Nhat Hanh: Jadi Anda mengakui bahwa rasa takut. Anda menerimanya dengan lembut dan melihat secara mendalam ke dalamnya. Dan ketika Anda merangkul rasa sakit Anda, Anda mendapatkan bantuan dan Anda mencari tahu bagaimana menangani emosi itu. Dan jika Anda tahu bagaimana menangani rasa takut, maka Anda memiliki wawasan yang cukup untuk menyelesaikan masalah. Masalahnya adalah tidak memungkinkan bahwa kecemasan untuk mengambil alih. Ketika perasaan ini muncul, Anda harus berlatih agar dapat menggunakan energi perhatian penuh untuk mengenali mereka, memeluk mereka, melihat secara mendalam ke dalamnya. Ini seperti seorang ibu ketika bayi menangis. Kecemasan Anda adalah bayi Anda. Anda harus mengurusnya. Anda harus kembali ke diri sendiri, mengenali penderitaan di dalam kamu, merangkul penderitaan, dan Anda mendapatkan bantuan. Dan jika Anda melanjutkan dengan praktek mindfulness, Anda memahami akar, sifat penderitaan, dan kau tahu cara untuk mengubahnya.

Oprah Anda menggunakan kata menderita banyak. Saya pikir banyak orang berpikir bahwa penderitaan adalah menakutkan kelaparan atau kemiskinan. Tapi ketika Anda berbicara tentang penderitaan, maksudmu apa?

Nhat Hanh: Maksud saya ketakutan, kemarahan, keputusasaan, kegelisahan di dalam diri kita. Jika Anda tahu bagaimana menghadapi itu, maka Anda akan dapat mengatasi masalah perang dan kemiskinan dan konflik. Jika kita memiliki rasa takut dan putus asa dalam diri kita, kita tidak bisa menghapus penderitaan dalam masyarakat.

Oprah Sifat Buddha, sepertinya aku mengerti, adalah untuk percaya bahwa kita semua adalah murni dan cerah pada inti kami. Namun kita lihat di sekitar kita begitu banyak bukti bahwa orang tidak bertindak dari tempat kesucian dan cahaya. Bagaimana kita mendamaikan itu?

Nhat Hanh: Yah, kebahagiaan dan penderitaan saling mendukung. Untuk menjadi adalah antar calon. Ini seperti kiri dan kanan. Jika sebelah kiri tidak ada, yang benar tidak dapat di sana. Hal yang sama berlaku dengan penderitaan dan kebahagiaan, baik dan jahat. Dalam setiap satu dari kita ada benih yang baik dan buruk. Kita memiliki benih persaudaraan, cinta, kasih sayang, wawasan. Tetapi kita juga telah benih kemarahan, kebencian, perbedaan pendapat.

Oprah Itu sifat manusia.

Nhat Hanh: Ya. Ada lumpur, dan ada teratai yang tumbuh dari lumpur. Kita perlu lumpur untuk membuat teratai.

Oprah Tidak dapat memiliki satu tanpa yang lain.

Nhat Hanh: Ya. Anda hanya dapat mengenali kebahagiaan Anda dengan latar belakang penderitaan. Jika Anda belum menderita kelaparan, kamu tidak menghargai memiliki sesuatu untuk dimakan. Jika Anda telah tidak melalui perang, Anda tidak tahu nilai perdamaian. Itulah sebabnya mengapa kita tidak mencoba untuk melarikan diri dari satu hal setelah hal lain. Menggenggam pada penderitaan kita, melihat secara mendalam ke dalamnya, kita menemukan cara untuk kebahagiaan.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Oprah Apakah Anda bermeditasi setiap hari?

Nhat Hanh: Kami mencoba untuk melakukannya tidak hanya setiap hari tetapi setiap saat. Sambil minum, sambil berbicara, saat menulis, sementara penyiraman kebun kami, itu selalu mungkin untuk berlatih tinggal di sini dan sekarang.

Oprah Tapi apakah Anda pernah duduk diam dengan diri sendiri atau membacakan mantra-atau tidak membacakan mantra?

Nhat Hanh: Ya. Kami duduk sendirian, kami duduk bersama-sama.

Oprah Semakin banyak orang yang duduk bersama, semakin baik.

Nhat Hanh: Ya, energi kolektif sangat membantu. Saya ingin bicara tentang mantra yang baru saja Anda sebutkan. Yang pertama adalah "Sayang, aku di sini untukmu." Ketika Anda mencintai seseorang, yang terbaik yang bisa Anda tawarkan adalah kehadiran Anda. Bagaimana Anda bisa mencintai jika Anda tidak ada di sana?

Oprah Itu mantra yang indah.

Nhat Hanh: Anda menatap mata mereka dan Anda berkata, "Sayang, kau tahu sesuatu? Aku di sini untukmu." Anda menawarkan kepadanya kehadiran Anda. Anda tidak sibuk dengan masa lalu atau masa depan; Anda berada di sana untuk kekasih Anda. Mantra kedua, "Sayang, aku tahu Anda berada di sana dan saya sangat bahagia." Karena Anda sepenuhnya di sana, Anda mengenali kehadiran tercinta Anda sebagai sesuatu yang sangat berharga. Anda merangkul kekasih Anda dengan mindfulness. Dan ia akan mekar seperti bunga. Untuk dicintai berarti untuk diakui sebagai ada. Dan kedua mantra dapat membawa kebahagiaan segera, bahkan jika kekasih Anda tidak ada. Anda dapat menggunakan telepon Anda dan praktek mantra.

Oprah Atau e-mail.

Nhat Hanh: E-mail. Anda tidak harus berlatih itu dalam bahasa Sansekerta atau Tibet-Anda dapat berlatih dalam bahasa Inggris.

Oprah Sayang, aku di sini untukmu.

Nhat Hanh: Dan aku sangat bahagia. Mantra ketiga adalah apa yang Anda berlatih ketika kekasih Anda adalah penderitaan. "Sayang, aku tahu kau menderita. Itu sebabnya aku di sini untukmu." Sebelum Anda melakukan sesuatu untuk membantu, kehadiran Anda sudah dapat membawa sedikit lega.

Oprah The pengakuan dari penderitaan atau menyakiti.

Nhat Hanh: Ya. Dan keempat mantra sedikit lebih sulit. Ini adalah ketika Anda menderita dan Anda yakin bahwa Anda telah penderitaan yang disebabkan oleh kekasih Anda. Jika orang lain telah melakukan kesalahan yang sama kepada Anda, Anda akan menderita kurang. Tapi ini adalah orang yang paling Anda cintai, jadi Anda menderita dalam-dalam. Anda lebih suka pergi ke kamar dan menutup pintu dan menderita sendirian.

Oprah Ya.

Nhat Hanh: Anda terluka. Dan Anda ingin menghukum dia atau dia karena telah membuat Anda menderita. Mantra adalah untuk mengatasi itu: "Sayang, aku menderita. Saya mencoba sebaik mungkin untuk berlatih. Tolong bantu aku." Anda pergi kepadanya, kau pergi kepadanya, dan praktek itu. Dan jika Anda bisa membawa diri untuk mengatakan bahwa mantra, Anda menderita kurang benar pergi. Karena Anda tidak memiliki hambatan yang berdiri di antara Anda dan orang lain.

Oprah "Sayang, aku menderita. Tolong bantu aku."

Nhat Hanh: "Tolonglah aku."

Oprah Bagaimana jika dia tidak bersedia membantu Anda?

Nhat Hanh: Pertama-tama, ketika Anda mencintai seseorang, kau ingin berbagi segalanya dengannya. Jadi itu adalah tugas Anda untuk mengatakan, "Saya menderita dan aku ingin kau tahu"-dan dia akan, dia akan, menghargai itu.

Oprah Jika ia mencintai Anda.

Nhat Hanh: Ya. Ini adalah kasus dua orang yang saling mencintai. Kekasih Anda.

Oprah Semua benar.

Nhat Hanh: "Dan ketika aku telah berusaha sebaik mungkin untuk melihat secara mendalam, untuk melihat apakah penderitaan ini berasal dari persepsi yang salah saya dan saya mungkin dapat mengubahnya, tetapi dalam hal ini saya tidak bisa mengubahnya, Anda harus membantu saya, Sayang . Anda harus katakan padaku mengapa kau telah melakukan hal semacam itu kepada saya, mengatakan hal semacam itu kepadaku. " Dengan cara itu, Anda telah mengekspresikan kepercayaan Anda, kepercayaan diri Anda. Anda tidak ingin menghukum lagi. Dan itulah sebabnya Anda menderita kurang benar pergi.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Oprah Beautiful. Sekarang aku akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang monkdom. Apakah Anda berolahraga to stay in shape?

Nhat Hanh: Ya. Kami memiliki sepuluh mindful gerakan. Kami berjalan meditasi setiap hari. Kami berlatih ingat makan.

Oprah Are you vegetarian?

Nhat Hanh: Ya. Vegetarian. Lengkap. Kami tidak menggunakan lagi produk-produk hewani.

Oprah Jadi Anda tidak akan makan telur.

Nhat Hanh: Tidak ada telur, tidak ada susu, tidak ada keju. Karena kita tahu bahwa mindful makan dapat membantu menyelamatkan planet kita.

Oprah Apakah Anda menonton televisi?

Nhat Hanh: No Tapi aku bersentuhan dengan dunia. Jika ada sesuatu yang benar-benar penting terjadi, seseorang akan memberitahuku.

Oprah Begitulah aku merasa!

Nhat Hanh: Anda tidak perlu untuk mendengarkan berita tiga kali sehari atau membaca koran satu demi satu.

Oprah Itu benar. Sekarang, kehidupan seorang biarawan adalah kehidupan selibat, benar?

Nhat Hanh: Ya.

Oprah Anda tidak pernah mengalami kesulitan dengan ide menyerah perkawinan atau anak-anak?

Nhat Hanh: Suatu hari ketika aku berada di usia 30-an, saya berlatih meditasi di sebuah taman di Prancis. Aku melihat seorang ibu muda dengan bayi yang cantik. Dan dalam sekejap aku berpikir bahwa jika aku bukan seorang biarawan, saya akan punya istri dan anak seperti itu. Ide hanya berlangsung selama satu detik. Saya mengatasi sangat cepat.

Oprah Itu bukan kehidupan untuk Anda. Dan berbicara tentang kehidupan, bagaimana dengan kematian? Apa yang terjadi ketika kita mati, apakah Anda percaya?

Nhat Hanh: Pertanyaan dapat dijawab bila Anda dapat menjawab ini: Apa yang terjadi pada saat sekarang? Pada saat ini, Anda menghasilkan pikiran, ucapan, dan tindakan. Dan mereka terus di dunia. Setiap pikiran Anda menghasilkan, apa pun yang Anda katakan, setiap tindakan yang Anda lakukan, yang berjumlah tanda tangan Anda. Tindakan ini disebut karma. Dan itu kelanjutan Anda. Ketika tubuh ini hancur, Anda melanjutkan dengan tindakan Anda. Ini seperti awan di langit. Bila awan tidak lagi di langit, itu tidak mati. Awan dilanjutkan dalam bentuk lain seperti hujan atau salju atau es. Alam kita adalah sifat tidak lahir dan tidak ada kematian. Tidak mungkin bagi awan untuk lulus dari menjadi ke ketidakberadaan. Dan itu benar dengan orang yang dicintai. Mereka belum mati. Mereka terus dalam berbagai bentuk-bentuk baru dan Anda dapat melihat secara mendalam dan mengenali mereka dalam Anda dan di sekitar Anda.

Oprah Apakah itu yang Anda maksudkan ketika Anda menulis salah satu puisi favorit saya, "Call Me By My True Name"?

Nhat Hanh: Ya. Ketika Anda menelepon saya Eropa, saya mengatakan ya. Ketika Anda memanggil saya Arab, saya mengatakan ya. Ketika Anda memanggil saya hitam, aku bilang ya. Ketika Anda menelepon saya putih, saya mengatakan ya. Karena aku di dalam kamu dan kamu di dalam Aku. Kita harus antar-akan dengan segala sesuatu di kosmos.

Oprah [Membaca dari puisi] "I am a mayfly metamorphosing di permukaan sungai. Dan aku adalah burung yang swoops ke menelan mayfly. ... Saya anak di Uganda, semua kulit dan tulang, kakiku sebagai tipis seperti tongkat bambu. Dan aku adalah pedagang senjata, menjual senjata mematikan ke Uganda. saya 12 tahun gadis, pengungsi di atas perahu kecil, yang melempar diri ke laut setelah diperkosa oleh seorang bajak laut. Dan aku am the bajak laut, hatiku belum mampu melihat dan mencintai .... Tolong panggil aku dengan nama sejati saya, sehingga saya dapat mendengar semua teriakan dan tawa sekaligus, jadi saya bisa melihat bahwa sukacita dan rasa sakit adalah satu. Please call me oleh nama sejati, jadi aku bisa bangun dan pintu hatiku bisa dibiarkan terbuka, pintu dari kasih sayang. " Apa puisi itu?

Nhat Hanh: Itu berarti kasih sayang adalah praktek yang paling penting. Memahami membawa kasih sayang. Memahami penderitaan bahwa makhluk hidup mengalami membantu membebaskan energi belas kasih. Dan dengan energi yang Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Oprah Oke. Pada akhir majalah ini, saya memiliki kolom berjudul "Apa yang Kuketahui Tentu." Apa yang Anda tahu pasti?

Nhat Hanh: Saya tahu bahwa kita tidak tahu cukup. Kita harus terus belajar. Kita harus terbuka. Dan kita harus siap untuk membebaskan pengetahuan kita dalam rangka untuk datang ke pemahaman yang lebih tinggi dari realitas. Ketika Anda menaiki tangga dan tiba di langkah keenam dan Anda berpikir bahwa adalah yang tertinggi, maka anda tidak bisa datang ke ketujuh. Jadi, teknik ini untuk meninggalkan keenam agar ketujuh langkah menjadi mungkin. Dan ini adalah latihan kita, untuk melepaskan pandangan kami. Praktek ketidakterikatan untuk dilihat adalah inti dari latihan meditasi Buddhis. Orang menderita karena mereka terjebak dalam pandangan mereka. Begitu kita melepaskan pandangan tersebut, kita bebas dan kita tidak menderita lagi.

Oprah Bukankah pencarian sejati untuk bebas?

Nhat Hanh: Ya. Untuk menjadi bebas, pertama-tama, adalah untuk bebas dari salah pandangan yang merupakan dasar dari semua jenis penderitaan dan rasa takut dan kekerasan.

Oprah Telah kehormatan saya untuk berbicara dengan Anda hari ini.

Nhat Hanh: Terima kasih. Sesaat kebahagiaan yang mungkin membantu orang.

Oprah Saya kira akan.




Dia sudah seorang biksu Buddha selama lebih dari 60 tahun, juga sebagai guru, penulis, dan penentang keras perang - suatu sikap yang membuatnya diasingkan dari tanah kelahirannya di Vietnam selama empat dekade. Sekarang ia mencerminkan keindahan saat ini, bersyukur untuk setiap




END




source : http://www.oprah.com/spirit/Oprah-Talks-to-Thich-Nhat-Hanh/1

Silahkan komentar atau koreksi/tanya kalau translationnya ada yg salah...

_/\_ :x
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Tanggapan dari pembaca majalah Oprah....
Posted: Thu 2/25/2010 11:34

DeniseBillings: Aku hampir melewatkan artikel ini, berpikir aku tidak tertarik pada seorang biarawan. Aku senang sekali saya membaca wawancara ini. Aku meneteskan air mata dua kali, (karena aku merasakan kehadiran Allah) dan telah berpikir tentang mindfulness sepanjang hari, setiap hari sejak. Aku sudah mengatakan kepada suami saya "Sayang, aku di sini untukmu." Aku punya sebagian besar artikel disorot. Saya telah tercerahkan. Sekarang aku punya empat dari Thich Nhat Hanh buku-buku di Kindle. Aku sudah bernapas diri ke dalam Kerajaan Allah. Aku sudah mengatakan kepada semua orang yang mau mendengarkan berapa banyak hal ini berarti bagi saya. Aku sangat HAPPY! Anda telah pasti membantu saya, kalau-kalau kau ingin tahu. Aku sudah sadar ketika saya mengendarai sepeda, ketika aku berkebun, saat aku berdiri dalam antrean di kantor pos, saat aku melipat cucian, baik Anda mendapatkan gambar. Apa cara yang mengagumkan untuk hidup.

Terima kasih banyak.

:P
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Sunkmanitu Tanka Ob'waci

di latar belakang kayaknya ada 1 member sini deh
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days