Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tips Membuat Surat Lamaran  (Read 2464 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Tips Membuat Surat Lamaran
« on: 10 December 2009, 12:30:21 AM »
Sudah ribuan kali ngirim surat lamaran kerja tapi belum ada balasan? Segala cara sudah anda lakukan untuk membuatnya, namun masih belum juga ada balasan. Mungkin salah satu tips dibawah ini adalah masalahnya..!!

1. JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN]
Dgn Hrmt.
ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn, rdri thn 1999 – 2004 , sy tlh bkj di aptk km farma , di bag cln srv. dri thn 2004-2005 , sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri thn 2005- smp skrg jd tkg pkr di BIp

2. JANGAN TERLALU BANYAK LAMPIRAN
Sebagai bahan pertimbangan bapak, bersama ini saya sertakan :
a. foto copy KTP bapak saya
b. pas foto saya waktu disunat
c. surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. bon hutang selama 1 tahun
e. proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di Rt saya

3. BAHASANYA SOK GAUL
Dgn hromat banget , boss!!!!
halo boss , capee deeehhh!!!! apa kabar nich…..? baik baik aja dong , iya kan iya dong , bener kan bener dong….? saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong…please…boleh ya…?

4. BAHASANYA SOK PREMAN
Gue pernah kerja di kantor bokap, tapi lantaran gue sering bolos sama sering ngegodain skertaris kantor, gue dikeluarin, setan banget deehhh!!!!. Makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo , ga usah khawatir soal jabatan deh…..gue sih yg penting dibayar gede sama elo. ok deh!! gue tunggu panggilan kerja dari elo di rumah gue , kalo sampe tiga hari belom juga ada panggilan , elo bakal tau sendiri akibatnya….!!!!!!!

5. BAHASANYA SOK AKRAB
Dengan hormat,
Hai apa kabar nih…? baik baik aja kan…?
saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat, semoga kamu juga baik baik aja seperti saya disini. ngomong ngomong gimana kabar anak anak , sehat kan..? istri pasti makin cantik aja…..salam aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan kamu bisa kan..?

6. TERLALU RESMI DAN BERTELE TELE
Dengan hormat,
Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di ibukota , saya sangat tertarik dengan iklan yang anda muat disitu. oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut dan juga sekalian harapan saya , dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua , bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi…

Semoga Tips singkat ini bisa membantu anda dalam membuat lamaran agar lebih baik lagi… diterima (disisi-NYA) hahahaha .....  :P
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.376
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #1 on: 10 December 2009, 08:22:02 AM »
1. JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN]
Justru jangan menggunakan singkatan sama sekali. Gunakanlah EYD dengan benar.

2. JANGAN TERLALU BANYAK LAMPIRAN
So far, Elin gak pernah kasih lampiran pas kirim lamaran utk pertama kalinya..
saat dipanggil interview, baru deh tanya dokumen apa lagi yg diperlukan?
Kadang Elin bawa ijazah, transkrip nilai, dan surat izin profesi kerja aja.. Not more..


3. BAHASANYA SOK GAUL
4. BAHASANYA SOK PREMAN
5. BAHASANYA SOK AKRAB
Yaaa iyalaah, jangan menggunakan bahasa slank (sehari2 yg non baku)..

6. TERLALU RESMI DAN BERTELE TELE
Resmi nya biasa aja sih, gunakan bahasa yg singkat, jelas dan padat.. Gak perlu panjang2 sampai menuhin satu halaman resume.. Rincian data pribadi ditulis pada CV saja..

plus ada tambahan, usahakanlah membuat CV & resume in ENGLISH version..
Kalo dlm bhs Indo, mereka bs curiga kita gak bs English sama sekali.
Padahal itu sudah tuntutan hampir disetiap pekerjaan pada masa sekarang ini..

:)

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #2 on: 10 December 2009, 04:01:17 PM »
bah post saya hilangggg. ;D

 _/\_

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #3 on: 10 December 2009, 07:01:34 PM »
bah post saya hilangggg. ;D

 _/\_

Itu tandanya MOD benar2 bekerja...........dgn cekatan........

thanks atas moderasinya....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #4 on: 10 December 2009, 08:42:23 PM »
=)) =)) =))
kyknya nga ada kata kata kasar didalamnya lol,,, jg nga ada kata kata yg salah, masa dihilangkannnnnnn... hahaha
tp nga apa apa larrrr................

 _/\_

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.376
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #5 on: 10 December 2009, 09:11:48 PM »
Itu kan masih kaya nya....
Kalo emang gak ada, gak mungkin dihapus kok..

Next time, harus lbh hati2 memilih kata sblm posting :)

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #6 on: 10 December 2009, 09:15:13 PM »
amin
Samma Vayama

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #7 on: 10 December 2009, 10:20:48 PM »
Itu kan masih kaya nya....
Kalo emang gak ada, gak mungkin dihapus kok..

Next time, harus lbh hati2 memilih kata sblm posting :)


ya jg =)) =)) =)) kata kata emank sensi...
=))

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.376
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Tips Membuat Surat Lamaran
« Reply #8 on: 11 December 2009, 07:47:59 AM »
Itu kan masih kaya nya....
Kalo emang gak ada, gak mungkin dihapus kok..

Next time, harus lbh hati2 memilih kata sblm posting :)


ya jg =)) =)) =)) kata kata emank sensi...
=))

:hammer:  :hammer: