//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?  (Read 9196 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline olen_lie

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 2
mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« on: 21 October 2009, 11:43:17 AM »
 _/\_ saya udah agama buddha cuma di ktp aja....
ga pernah ke wihara ataupun berdoa yang benar
karena dari dulu orang tuanya juga ga pernah ngajak...
dari kecil cuma diajak ke klenteng unutk sembayang...
saya pingin deh jadi orang yang agamnya buddha beneran?
apa aja yah harus dilakukan?
apakah harus tiap minggu dateng ke vihara?
terus apa aja yg dilakukan di vihara?
apa kah ikut kelas gitu
atau dengar ceramah?
atau giman ya?
saya ke klenteng atau gimana ya?

thank u all

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #1 on: 21 October 2009, 11:53:01 AM »
Menjadi umat Buddha yang benar adalah :
Menjalankan 5 latihan kemoralan (sila) dan bertekad untuk :
- Menghindari pembunuhan terhadap makhluk hidup
- Menghindari pencurian
- Menghindari perbuatan asusila
- Menghindari berbohong, berkata kasar, menfitnah
- Menghindari minuman keras, obat2 terlarang

Kalo bisa berbuat baik dengan berdana baik materi atau tenaga pada orang/makhluk lain yang membutuhkan

Ke Vihara itu perlu agar bisa bergaul dengan rekan2 sesama Buddhist serta mendengarkan Ajaran Buddha, juga belajar membaca Paritta

Inti Ajaran Buddha adalah :
- Tidak melakukan kejahatan
- Senantiasa mengembangkan kebajikan
- Sucikan hati dan pikiran

Semoga penjelasan ini membantu anda

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #2 on: 21 October 2009, 11:53:28 AM »
[at] olen_lie

Sederhana saja. Tidak ada keharusan untuk ke vihara agar menjadi seorang umat Buddha yang baik. Tapi jika memang Anda ingin mendapat banyak teman yang seagama, Anda bisa ke vihara. Mungkin Anda bisa banyak mendapat pengetahuan dari teman-teman di sana atau dari buku dan ceramah.

Karena Anda masih pemula, sebaiknya Anda banyak membaca buku Buddhisme dan aktif berdiskusi.

:)

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #3 on: 21 October 2009, 12:20:47 PM »
 [at]  olen_lie ...

"Menghindari diri dari perbuatan jahat, perbanyak perbuatan baik, sucikan hati dan pikiran, inilah Ajaran Para Buddha."

Susah banget kan ? :)

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #4 on: 21 October 2009, 12:43:26 PM »
 _/\_

Menjadi umat Buddha yang baik adalah dengan mempelajari Buddha Dhamma dan memahaminya terlebih dahulu. Jika anda telah mampu memahami apa itu Buddha Dhamma, maka keyakinan anda akan bertambah,....

 _/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #5 on: 21 October 2009, 12:59:35 PM »
percaya aja, trus baca keng tiap hari nanti anda akan bahagia
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #6 on: 21 October 2009, 01:04:31 PM »
 [at] olen_lie
Setiap hari mampir ke Dc,dalam 3 bulan anda akan jadi buddhist.. ;D
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline hariyono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 17
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #7 on: 21 October 2009, 01:05:45 PM »
Di Kelenteng atau yang disebut Tempat Ibadah Tri Dharma
Sebenarnya adalah tempat ber doa untuk Umat Buddhis , Konghucu , Dan Tao / Dao
Rekan Olen_Lie
bisa berdoa dengan cara Buddhis yang ada untuk umat Buddhis .
Memang disana tak ada tempat yang khusus untuk setiap aliran Buddhis tapi hanya satu tempat untuk semua aliran Buddhis .
Bilah rekan Olen_ Lie menganut sebuah aliran Buddhis bisa mencari vihara aliran yang dipilih .
Untuk tempat yang terdekat dengan rumah anda ..dan bisa mencari informasi di forum ini .
Jadi anda merasa Buddhis tapi ke kelenteng sebenarnya sama aja bila anda ketempat yang disediakan Untuk umat Buddhis .
 _/\_

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #8 on: 21 October 2009, 01:14:02 PM »
percaya aja, trus baca keng tiap hari nanti anda akan bahagia

Gak salah tu?? kok percaya aja?? baca keng bisa bahagia???
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #9 on: 21 October 2009, 01:15:08 PM »
percaya aja, trus baca keng tiap hari nanti anda akan bahagia

Gak salah tu?? kok percaya aja?? baca keng bisa bahagia???
blom pernah denger ya? duh kasian
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #10 on: 21 October 2009, 01:17:45 PM »
_/\_ saya udah agama buddha cuma di ktp aja....
ga pernah ke wihara ataupun berdoa yang benar
karena dari dulu orang tuanya juga ga pernah ngajak...
dari kecil cuma diajak ke klenteng unutk sembayang...
saya pingin deh jadi orang yang agamnya buddha beneran?
apa aja yah harus dilakukan?
apakah harus tiap minggu dateng ke vihara?
terus apa aja yg dilakukan di vihara?
apa kah ikut kelas gitu
atau dengar ceramah?
atau giman ya?
saya ke klenteng atau gimana ya?

thank u all

untuk menjadi seorang buddhist tidak harus pergi ke vihara..yang penting anda memahami Dhamma dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari2...sekarang tersedia teknologi yang canggih sehingga sumber untuk mempelajari Dhamma banyak tersedia..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #11 on: 21 October 2009, 01:29:11 PM »
Ryu,
orang mw bener2 belajar Agama Buddha koq jawabnya begitu. Jgn menyesatkan orang ah. Mau jd bahagia bukan cuma Yakin dan Baca Keng aja, tp juga harus belajar Dharma dgn sering ke Vihara denger Ceramah, ikut Kebaktian, baca Buku Dharma, bertanya pd teman yg lbh mengerti Dharma, tanya Bhante, dll.
Olen tinggalnya di mana? Cari Vihara yg dekat dgn rumah kamu. Ikut Kebaktian, Dengar Ceramah, ikut latihan Meditasi, baca Buku Dharma, tanya sama rekan2 di DC, di sini byk yg mw membantu menjelaskan, nanti kalau udah sering ke Vihara bisa jd Sukarelawan di Vihara misal ada Baksos, Fang Shen, Perayaan Kathina, Waisak, dsbnya.
Banyak manfaatnya ke Vihara, bisa tambah teman, kesempatan Berbuat Baik banyak, jd lbh mengerti Dharma, Keyakinan pd Dharma semakin kuat, dll.
Semoga bermanfaat
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline ajan

  • Teman
  • **
  • Posts: 71
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #12 on: 21 October 2009, 03:02:22 PM »
[at] olen_lie
Setiap hari mampir ke Dc,dalam 3 bulan anda akan jadi buddhist.. ;D

setuju Mr.Jhonz, emang DC racunnya ganas, kalau sering maen ke sini lama2 jadi Buddhist, contohnya gw udah jadi korban  :hammer:

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #13 on: 21 October 2009, 03:10:22 PM »
 _/\_

Korban  :o  ... Mao jd korban saya.. :)) :)) :))

 _/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: mau jadi seorang agama buddha yang bener gimana ya?
« Reply #14 on: 21 October 2009, 03:16:37 PM »
Ryu,
orang mw bener2 belajar Agama Buddha koq jawabnya begitu. Jgn menyesatkan orang ah. Mau jd bahagia bukan cuma Yakin dan Baca Keng aja, tp juga harus belajar Dharma dgn sering ke Vihara denger Ceramah, ikut Kebaktian, baca Buku Dharma, bertanya pd teman yg lbh mengerti Dharma, tanya Bhante, dll.
Olen tinggalnya di mana? Cari Vihara yg dekat dgn rumah kamu. Ikut Kebaktian, Dengar Ceramah, ikut latihan Meditasi, baca Buku Dharma, tanya sama rekan2 di DC, di sini byk yg mw membantu menjelaskan, nanti kalau udah sering ke Vihara bisa jd Sukarelawan di Vihara misal ada Baksos, Fang Shen, Perayaan Kathina, Waisak, dsbnya.
Banyak manfaatnya ke Vihara, bisa tambah teman, kesempatan Berbuat Baik banyak, jd lbh mengerti Dharma, Keyakinan pd Dharma semakin kuat, dll.
Semoga bermanfaat
aye kaga pernah semua yang di bold :)) pantes keyakinan pada dhammanya ga kuat :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

 

anything