Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Lotus *Bukan teratai*  (Read 26342 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Lotus *Bukan teratai*
« on: 24 September 2009, 03:59:32 PM »
Topik untuk membahas segala tentang Lotus [Nelumbo SP]



utk teratai disini -> http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,12794.0.html

Silahken berdiskusi dan bertukar pendapat disini
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #1 on: 24 September 2009, 04:03:05 PM »
utk yg lotus merah, aye ada 15 buah bijinya yg bisa ditanam *baru di ambil kemaren, ada 2 pod yg jadi*. kalau ada yg tertarik menanam dari biji, silahken... nanti aye kasih.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Xzone

  • Sebelumnya hans75
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 219
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #2 on: 24 September 2009, 04:16:11 PM »
Wah...aye mau donk suhu..._/\_
Selama buah dari suatu perbuatan jahat belum masak, maka orang bodoh akan
menganggapnya manis seperti madu;
Tetapi apabila buah perbuatan itu telah masak, maka ia akan merasakan pahitnya
penderitaan.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #3 on: 24 September 2009, 04:20:57 PM »
tinggal atur jadwal aja secara di tangerang jg kan?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #4 on: 24 September 2009, 08:38:08 PM »
tiap kali mampir ke postingan lotus n teratai, langsung lobha muncul...kalo ekke mau boleh ga suhu? bijinya kan bisa dibikin sop tuh. suhu pernah nyoba?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #5 on: 24 September 2009, 09:04:06 PM »
yah boleh2x aja.

bijinya emang makanan dari kecil :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #6 on: 24 September 2009, 09:27:42 PM »
thanks ya suhu..bijinya nanti dikeringin berapa lama sebelum dijadikan masakan?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #7 on: 24 September 2009, 09:34:23 PM »
kirain mau ditanam. kalau buat masak nga boleh ah...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Xzone

  • Sebelumnya hans75
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 219
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #8 on: 24 September 2009, 09:40:26 PM »
Cara tanamnya gimana suhu? mirip kaya tanam adenium ngak ya ;D
Selama buah dari suatu perbuatan jahat belum masak, maka orang bodoh akan
menganggapnya manis seperti madu;
Tetapi apabila buah perbuatan itu telah masak, maka ia akan merasakan pahitnya
penderitaan.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #9 on: 24 September 2009, 10:15:08 PM »
yang pasti beda ;D . biji teratainya perlu di amplas atau dibolongin dahulu agar air bisa masuk dan mulai tumbuh.



setelah sudah muncul daunnya, baru bsa ditanam.

dari tanam bijinya sampe berbunga bisa 1 tahun, kalau kondisi bagus, bisa lebih cepat lagi.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Xzone

  • Sebelumnya hans75
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 219
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #10 on: 24 September 2009, 10:44:43 PM »
Wah...diamplas / dibolongin kalo dialam bebas bagaimana bisa berkembang biaknya ya :-/

Ngak apa2 lah itung2 melatih kesabaran ;D
Selama buah dari suatu perbuatan jahat belum masak, maka orang bodoh akan
menganggapnya manis seperti madu;
Tetapi apabila buah perbuatan itu telah masak, maka ia akan merasakan pahitnya
penderitaan.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #11 on: 25 September 2009, 01:57:49 AM »
cara tanamnya gimana? kalo tanam rosela gw tau, kalo lotus gw ndak tau hehehe

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #12 on: 25 September 2009, 06:56:03 AM »
kalau dialam bebas bijinya itu memang ditargetkan utk jangka waktu lama. bijinya itu terendam sampai kulit luarnya "bonyok". selain berkembang biak dengan biji, lotus juga berkembang dengan tumbuh kesamping akarnya yg menjalar terus.

kalau mau direndam tanpa diamplas/dibolongin sih bisa saja, cuma lama.


 [at] wiithink: kalau sudah muncul daunnya dari bijinya itu sekitar 10cm, bisa ditanam di kolam atau pot tidak berlubang dengan tanah lumpur/tanah yg berat *bukan seperti media tanam yg ringan* yg terendam air. Seperti dikolam yg dasarnya lumpur.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #13 on: 25 September 2009, 08:58:22 AM »
Suhuuu jaahaaaat...masa' gak boleh sih. Kan kirain kalau bijinya udah kering, pot gak muat, setelahnya dijadiin masakan. Jadinya kek apotik hidup gitu...pas mekar bunga dinikmati, pas kering dijadikan makanan, daunnya dijadiin bungkus ketan....
Jadi mau ngasih nggak suhu?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Lotus *Bukan teratai*
« Reply #14 on: 25 September 2009, 09:25:42 AM »
 >:D nga aaah.  umurnya biji teratai itu panjang koq. contohnya yg di piramid itu kan dalemnya ada biji teratai, waktu ditemukan masih bisa ditanam padahal udah ribuan tahun

lagi pula utk bisa dimakan, rada ribet untuk dikupas 2 lapisan kulitnya dan dibuang inti bijinya yg ada daunnya yg bikin pahit. not worth the effort utk kupas itu secara keras. kalau di keprek bisa sih tapi jadi pecah. lagipula ukurannya tidak sebesar yg biasa dijual jadi kurang berasa.
There is no place like 127.0.0.1