//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan2 chicken[meditasi]  (Read 36002 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« on: 14 May 2009, 07:51:11 PM »
Selama +/- 6 bulan sy berlatih meditasi timbul banyak pertanyaan di dalam batin...
Agar meditasiku tidak melenceng pada pandangan salah maka terciptalah thread ini ;D
thread ini berisi pertanyaan2 mengenai latihan meditasiku...

Kepada para meditator2 handal agar bersedia untuk membantuku,memberikan penjelasan2.

Thank
wandi jp/mr.jhonz/chikenn
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.400
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #1 on: 14 May 2009, 08:02:28 PM »
breath in, breath out......
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #2 on: 14 May 2009, 08:08:08 PM »
1.apakah dalam meditasi mengenal objek suara?
Karena akhir2 ini mood meditasiku down/menurun sehingga ketika meditasi sangat sulit untuk memusatkan perhatian pada objek nafas,dan sy mencoba untuk meditasi dgn objek suara ternyata sy lebih mudah memusatkan perhatian

*objek suara yg ku maksud adalah alunan liamkeng 'om mani padme hum' dalam bentuk mp3..

 
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.400
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #3 on: 14 May 2009, 08:12:17 PM »
karena enak didengar :)

back to nafas.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #4 on: 14 May 2009, 08:15:51 PM »
 [at] ko_medho
Ehmm..
Begini caraku bermeditasi
meditasi jam 10an(malam)
1.cuci muka,basahin seluruh kepala=segarr
2.lalu,mendengarkan liamkeng(tapi dijadikan objek meditasi).-/+20 menit
3.lalu,meditasi dgn objek nafas

nah,mungkin karena udah ngantuk dan efek segar ketika cuci muka tadi udah hilang,jadinya pas medit pada objek nafas sangat sulit(sikera melayang-melayang)

nb,gw lebih gampang musatin perhatian pada objek suara daripada objek nafas
« Last Edit: 14 May 2009, 08:30:20 PM by Mr.Jhonz »
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.400
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #5 on: 14 May 2009, 08:45:59 PM »
kalo dari 1 lalu 3 saja?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #6 on: 14 May 2009, 10:16:15 PM »
kalo dari 1 lalu 3 saja?
nanti sy coba ;D

thank
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #7 on: 14 May 2009, 10:57:54 PM »
liam keng dibuang... terbukti mengganggu kan ;D karena bukan utk meditasi tujuannya.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #8 on: 15 May 2009, 09:48:42 AM »
[at] ko_medho
Ehmm..
Begini caraku bermeditasi
meditasi jam 10an(malam)
1.cuci muka,basahin seluruh kepala=segarr
2.lalu,mendengarkan liamkeng(tapi dijadikan objek meditasi).-/+20 menit
3.lalu,meditasi dgn objek nafas

nah,mungkin karena udah ngantuk dan efek segar ketika cuci muka tadi udah hilang,jadinya pas medit pada objek nafas sangat sulit(sikera melayang-melayang)

nb,gw lebih gampang musatin perhatian pada objek suara daripada objek nafas


kalo menurut g asal musiknya tuk menambah suasana medit spy lebih enak ya gpp .
tp kalo bisa jgn dijadikan objek meditnya .. jadi dr 1 lngsung ke 3 .
kalo meditnya udh semakin maju , ya musiknya jgn dipake lg .

jia you chicken :)


thanks Buddha...

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #9 on: 15 May 2009, 11:25:33 PM »
1.apakah dalam meditasi mengenal objek suara?
Karena akhir2 ini mood meditasiku down/menurun sehingga ketika meditasi sangat sulit untuk memusatkan perhatian pada objek nafas,dan sy mencoba untuk meditasi dgn objek suara ternyata sy lebih mudah memusatkan perhatian

*objek suara yg ku maksud adalah alunan liamkeng 'om mani padme hum' dalam bentuk mp3..

 
coba jangan pake alunan liamkeng ......
kyknya bagi ayeee, kalo pake bunyi2an malah gak bisa konsentrasi

pernah post disini ..... ayee copas aja yaaaah

Gw Share, waktu mengikuti  KELAS VISUDDHI MAGGA DAN MEDITASI
Pengajar : DR. Mehm Tin Mon. disesi akhir diadakan meditasi selama 1 jam

sebelum meditasi di mulai, DR. Mehm Tin Mon memberi petunjuk dan arahan
sebelum meditasi benar2 di mulai, gw bertekad dalam hati, hari ini gw mesti konsentrasi dan tidak akan membiarkan pikiran mengembara kemana-mana .......
waktu berlalu ..... pikiran ini masih mengembara. entah ketika kita ketemu teman lama di vihara, entah ingat rumah, sampe kerongkongan kering (mungkin haus  ;D ) kemudian ada batuk2 (jadi gak enak, takut menggangu yg lain  :-[ ) ..... cepat gw sadari dan kembali ke object pernafasan
o .... yaaah DR Mon menganjurkan : sangatlah bijaksana bagi Meditasi pemula, utk memakai metode hitung
dengan cara masuk nafas + keluar nafas dihitung 1 .... ,2,3 dan seterusnya sampe angka 8, kemudian dimulai lagi dengan angka 1 - 8 . memakai hitungan sampe 8, mengingatkan kita pada 8 ruas jalan utama
Metode hitung ini menurut gw sangat membantu dan bermanfaat untuk mengerem pikiran kita kemana-mana
setelah mulai konsentrasi pd pernafasan, metode hitung ini bole dilepaskan ......

lanjut .......
setelah banyak gangguan, akhirnya gw benar2 masuk pada fokus pernafasan
ada sensasi tenang dan nyaman, sedikit liat cahaya menetap (mungkin cahaya ini berasal dari lampu depan yg memang gak dimatiin total)
dari sensasi tenang ...... kemudian gw merasakan getaran nafas keluar-masuk yg sangat halus,
dari sini gw merasakan kegembiraan ....... amat bahagia   :)
setelah itu ada gangguan lagi, tapi bukan pikiran yg kemana-mana, tapi kaki dan tangan terasa baal/kesemutan
mungkin karna diam tak bergerak ...... disusul ada sesuatu yg bergerak dari leher sampe ke muka .....
tapi gw bertekad segala gangguan ini harus di abaikan ....... abaikan
kembali lagi ke object pernafasan ........ tak lama kemudian meditasi selesai, kurang lebih 1 jam
baru kali gw merasakan meditasinya kurang lamaaaaaaaaaaa ........  :))  1jam terasa 30menit   ;D

sensasi yg bergerak dari leher sampe ke muka ....... ternyata ada seekor SEMUT!!! yg lagi jalan2 di tubuh gw   :P ;D
ini gw ketahui ...... setelah bubar dan mao pulang naek motor. tiba-tiba di tengkuk (leher belakang) terasa gatel dengan reflek tangan gw meraba dan mengosok2 ..... hiks tak taunya ada seekor semut yg telah mati  :'(  akibat tangan gw yg mengosok ....... maafkan gw semut   _/\_

itu pengalaman Meditasi, yg selama 7 x (kalo gak salah ) baru pertama kali gw merasakan halusnya keluar-masuk pernafasan dan sensasi tenang dan bahagia .......
mungkin kuncinya ....... kita harus ada tekad yg kuat utk konsentrasi pada fokus pernafasan
dan jangan pernah mengharapkan "SESUATU" yg kita dapatkan dari Meditasi, fokus saja pada object ......

dihari lain, ketika gw akan bermeditasi kembali ...... gw jg tak akan mengharapkan kembali sensasi2 itu akan bisa gw raih .......

Semoga bermanfaat .........   _/\_



  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #10 on: 16 May 2009, 08:01:37 AM »
 [at]  virya
anumodana atas sharenya

hampir 6 bulan gw berlatih meditasi paling cuma 3x masuk sensasi damai dan tenang,selebihnya cuma berusaha memusatkan pikiran pada nafas,

rintangan meditasi gw ada 3;
1.mood kadang down alhasil jadi malas
2.ketika meditasi pikiran cenderung melayang ke masa lalu atau masa depan
3.obrolan dalam hati

point 1.udah bisa kendalikan
point 2.udah bisa dikendalikan walau kadang masih kebobolan
point 3.yang sulit,ketika meditasi gw bertekad untuk tidak berdiskusi dlm hati,ternyata tekad gw itu menciptakan diskusi yg baru..
Pikiran ini terlalu sok menilai "ini bagus","ini nafas bagus","ini jelas",dan "apa itu"
parahnya 3x sensasi damai dan tenang itu tadi,juga di rusak oleh obrolan dalam hati..


Teori meditasi yg baik sudah ku mengerti tapi mempraktekan teori itu yg sulit.
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline bungajeruk

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 1
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #11 on: 17 August 2009, 04:20:08 PM »
apa pemikiran yg perlu ada masa meditasi?
« Last Edit: 17 August 2009, 05:10:05 PM by Sumedho »

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #12 on: 24 December 2009, 09:47:37 PM »
[at]  virya
anumodana atas sharenya

hampir 6 bulan gw berlatih meditasi paling cuma 3x masuk sensasi damai dan tenang,selebihnya cuma berusaha memusatkan pikiran pada nafas,

rintangan meditasi gw ada 3;
1.mood kadang down alhasil jadi malas
2.ketika meditasi pikiran cenderung melayang ke masa lalu atau masa depan
3.obrolan dalam hati

point 1.udah bisa kendalikan
point 2.udah bisa dikendalikan walau kadang masih kebobolan
point 3.yang sulit,ketika meditasi gw bertekad untuk tidak berdiskusi dlm hati,ternyata tekad gw itu menciptakan diskusi yg baru..
Pikiran ini terlalu sok menilai "ini bagus","ini nafas bagus","ini jelas",dan "apa itu"
parahnya 3x sensasi damai dan tenang itu tadi,juga di rusak oleh obrolan dalam hati..


Teori meditasi yg baik sudah ku mengerti tapi mempraktekan teori itu yg sulit.

Saudara Jhonz yang baik, sebelum melanjutkan membantu menjawab, bolehkah saya bertanya, pda waktu meditasi saudara berlatih Samatha atau berlatih Vipassana?

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #13 on: 24 December 2009, 11:00:44 PM »
Samatha,tepatnya anapasati ;D

thank atas perhatiannya
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Pertanyaan2 chicken[meditasi]
« Reply #14 on: 24 December 2009, 11:15:44 PM »
saya pikir itu bukan anapanasati...
ati2 antara perenungan pada masuk keluar nafas, dan ttg sentuhan/gesekan. harap disadari.
karena udah beda objek..(kalau gak salah unsur angin maen disini) gw gak inget bahasa palinya..
Samma Vayama