//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: MEDITASI  (Read 6389 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
MEDITASI
« on: 11 May 2009, 09:29:22 AM »
Namo Buddhaya,

kk kk ketemu lagi,
thread Buddha saya di kunci ngga apa kok, yang penting saya udah ada gambaran mengenai pendapat dan pandangan beraneka ragam tentang Buddha dan lain sebagainya.

Di sini saya mau bertanya saja, bukan diskusi, jadi saya tidak akan mengungkapkan pendapat saya, akan tetapi bila saya masih kurang paham, saya akan lanjut bertanya.

Tidak ada maksud saya untuk merendahkan keyakinan masing-masing.

sekali lagi saya mau bertanya saja. Just bertanya.

ini pertanyaannya :

Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?

Terima kasih

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: MEDITASI
« Reply #1 on: 11 May 2009, 09:37:10 AM »
dengan hormat sekali lagi saya menanyakan dari sudut pandang :

pendapat pribadi masing masing.

saya mohon tidak usah membawa bawa hal hal di thread sebelumnya, kalau masih mau dibawa ya dibuka lagi aja itu thrteadnya, disini saya bertanya lain hal lagi.

Dan lagi saya ngga maksa, kalau mau menjawab mengutarakan uneg unegnya ngga apa, saya terim akasih

tapi kalau ngga mau jawab juga ngga apa, saya menghormati, lebih baik diam daripada mengganggu menuduh saya yang buakn bukan.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: MEDITASI
« Reply #2 on: 11 May 2009, 09:39:31 AM »
sepengetahuan saya.....

Kualitas meditasi seseorang harus didasari sila yg kuat

saya hanya memegang satu rumus ini

Sila -> Samadhi -> Panna

dimana
Sila = Perilaku/sikap moralitas......
Samadhi = Perhatian dan kesadaran (diraih dengan meditasi)
Panna = kebijaksanaan

Jadi rumus  Sila -> Samadhi -> Panna

itu berarti bila kita menjalankan Sila/mengatur perilaku kita baik pikiran, ucapan, maupun tindakan... dengan Baik... maka hasil perolehan dalam Samadhi juga baik...

jadi semakin baik Sila seseorang maka Samadhi nya juga semakin baik.... dan Semakin baik Samadhi seseorang maka Panna nya juga semakin baik...

kalau di bahasa indonesiakan

Semakin seseorang mengatur perilaku baik ucapan, pikiran, dan tindakannya agar menjadi baik, maka kesadaran dan perhatiannya juga semakin Kuat....... dan semakin kuat perhatian dan kesadarannya.... maka seseorang akan menjadi semakin bijaksana...




mengenai pertanyaaan bagaimana kita menilai kualitas meditasi seseorang, maka kita dapat melihat perilakunya atau Sila nya itu apakah baik atau tidak.......

bila ia orang yg tidak bisa menjaga perilaku dengan baik... maka kualitas samadhi seseorang juga akan menjadi tidak baik....

dan begitu pula sebaliknya

bila ia dapat berperilaku yg baik... maka dapat disebut orang tersebut mempunyai kualitas meditasi yg baik....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: MEDITASI
« Reply #3 on: 11 May 2009, 11:46:40 AM »
makasi kk hatred, lugas sekali tidak bertele tele penjelasannya...makasii

Saya pernah bertemu dengan seseorang yang mampu menjelaskan banyak tentang meditasi dan tingkatan - tingkatannya, saya sampe terkagum kagum...namun saya agak kaget saat tahu bahwa dia sangat mudah sekali "terbakar" dan agaknya dalam berucap sering bernada merendahkan pihak lain entah itu beralasan atau tidak, intinya dia selalu meledak ledak dan kata kata yang dikeluarkan ekstrim sekali, fanatiknya jadi seperti agama tertentu yang mengecap bahwa semua orang keyakinan lain dan sekte lain adalah brengsek ataupun dengan kata lain sampah dan sangat tolol,  namun di lain pihak dia juga mengajar sebuah kelas meditasi....
namun sebuah emosi dan ketidak mampuan dia mengontrol kata kata supaya tidak menyakiti orang lain kan tidak bisa juga dibilang melanggar sila. Jadi mengenai kasus ini bagaimana pendapat kk sekalian ?? apakah orang tersebut pasti mampu meraih konsetrasi yang kokoh dalam meditasinya ?

hal ini membuat saya mengamati dan merenung sejenak, sekaligus merasa takjub akan fenoena gejolak kesadaran manusia....

Kalau saya pribadi berpedoman, tidak peduli keyakinan apa atau ideologi apa yang dianut , pada saat batin bergejolak tak terkendali saat itulah merupakan penyimpangan terhadap Dharma yang sejati...
« Last Edit: 11 May 2009, 11:51:04 AM by lucky »

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: MEDITASI
« Reply #4 on: 11 May 2009, 11:58:59 AM »
begini loh.. sodara lucky...

saat seseorang marah2, dan merendahkan orang lain itu kan tandanya dia tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri... sehingga membiarkan emosinya menguasai dirinya........

nah itu adalah tanda orang dengan kebijaksanaan (Panna) yg kurang......

nah kalau dilihat lagi dari tautan Sila -> Samadhi -> Panna

maka orang yg kurang kebijaksanaannya tentunya karena perhatian dan kesadaran atas batinnya itu lemah...

nah sesuai sekali kan dengan contoh diatas.... dan juga saya rasa orang yg meledak2 emosinya adalah orang yg kurang dapat mengendalikan diri.... dimana kesadaran itu diperlukan dalam mengendalikan diri....

dan tentu saja.... dalam hal mengendalikan diri ini, tidak datang dengan instan atau cepat... perlu latihan.. sehingga menjadi kebiasaan...

maka itulah diperlukan latihan sila/perilaku untuk itu...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: MEDITASI
« Reply #5 on: 11 May 2009, 12:07:02 PM »
Bonus...   ;D

Panna
 . Pandangan Benar
 . Pikiran Benar

Sila
 . Perkataan Benar
 . Perbuatan Benar
 . Penghidupan Benar
 . Usaha Benar

Samadhi
 . Perhatian Benar
 . Pemusatan Benar
i'm just a mammal with troubled soul



Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: MEDITASI
« Reply #6 on: 11 May 2009, 12:14:16 PM »
Quote
namun sebuah emosi dan ketidak mampuan dia mengontrol kata kata supaya tidak menyakiti orang lain kan tidak bisa juga dibilang melanggar sila. Jadi mengenai kasus ini bagaimana pendapat kk sekalian ?? apakah orang tersebut pasti mampu meraih konsetrasi yang kokoh dalam meditasinya ?

Dear Lucky... :)

Dalam hal melatih konsentrasi, seseorang yang mencapai tingkat konsentrasi yang cukp tinggi bisa saja batinnya masih bergejolak... Tapi biasanya hal tersebut dapat segera di netralisir sehingga kalaupun ada perkataan ataupun perbuatan yang sudah terlanjur diucap atau diperbuat, dapat segera di ralatnya (ataupun kalau seseorang yang bisa konsentrasi kuat mengeluarkan ucapan tertentu yang tidak dapat diterima pihak lain, bukan berarti ucapannya yang salah tapi juga ada argumen kuat dari orang tersebut)...

Seperti halnya kalau seseorang menerima sesuatu hal yang baru yang akan di'pakai'nya dikemudian hari sebagai 'ilmu hidup', tentunya perlu alasan-alasan yang sangat jelas baginya untuk dapat menerima hal baru tersebut... :)

Contoh-contoh yang jelas ada pada buku-buku pada jaman Sang Buddha...
Sebelum Dhamma Agung di temukan kembali oleh Sang Buddha, banyak sekali para pertapa mempunyai konsentrasi yang tahap pencapaiannya sudah luar biasa tinggi, namun tetap saja mereka tidak dapat dengan secara bijaksana mengungkapkan obat dari usia tua, sakit dan mati...

Dari situ, kita ambil kesimpulan bahwa, tingkat konsentrasi bukanlah satu-satunya jalan untuk mencapai pembebasan tanpa diimbangi kebijaksanaan untuk itu... (yang kemudian metode samatha bhavana yang dikenal saat itu, di sempurnakan menjadi vipassana bhavana oleh Sang Buddha)... :)

salam... Namo Buddhaya... _/\_ ...

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: MEDITASI
« Reply #7 on: 18 May 2009, 08:03:19 PM »
Namo Buddhaya,

kk kk ketemu lagi,
thread Buddha saya di kunci ngga apa kok, yang penting saya udah ada gambaran mengenai pendapat dan pandangan beraneka ragam tentang Buddha dan lain sebagainya.

Di sini saya mau bertanya saja, bukan diskusi, jadi saya tidak akan mengungkapkan pendapat saya, akan tetapi bila saya masih kurang paham, saya akan lanjut bertanya.

Tidak ada maksud saya untuk merendahkan keyakinan masing-masing.

sekali lagi saya mau bertanya saja. Just bertanya.

ini pertanyaannya :

Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?

Terima kasih

kalau sampai sang Buddha sendiri saja harus mengungkapkan sendiri secara langsung ttg hal "kebuddhaannya" kpd para petapa seperjalanannya dulu, apalagi cuma hal meditasi, ...

itu sgt2 sulit utk diketahui org lain!!!


ika.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: MEDITASI
« Reply #8 on: 19 May 2009, 12:39:12 AM »
ini pertanyaannya :
Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?
Terima kasih
Kalau untuk mengetahui background cewek cantik penting itu.
sebab ada gunanya.

Kalau untuk mengetahui batin orang buat apa?
buat sombong2 an...
neh gue lebih tinggi batinnya.. getuhhh??
Samma Vayama

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: MEDITASI
« Reply #9 on: 24 May 2009, 10:30:56 AM »
Namo Buddhaya,

kk kk ketemu lagi,
thread Buddha saya di kunci ngga apa kok, yang penting saya udah ada gambaran mengenai pendapat dan pandangan beraneka ragam tentang Buddha dan lain sebagainya.

Di sini saya mau bertanya saja, bukan diskusi, jadi saya tidak akan mengungkapkan pendapat saya, akan tetapi bila saya masih kurang paham, saya akan lanjut bertanya.

Tidak ada maksud saya untuk merendahkan keyakinan masing-masing.

sekali lagi saya mau bertanya saja. Just bertanya.

ini pertanyaannya :

Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?

Terima kasih

kalau sampai sang Buddha sendiri saja harus mengungkapkan sendiri secara langsung ttg hal "kebuddhaannya" kpd para petapa seperjalanannya dulu, apalagi cuma hal meditasi, ...

itu sgt2 sulit utk diketahui org lain!!!


ika.
ini pertanyaannya :
Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?
Terima kasih
Kalau untuk mengetahui background cewek cantik penting itu.
sebab ada gunanya.

Kalau untuk mengetahui batin orang buat apa?
buat sombong2 an...
neh gue lebih tinggi batinnya.. getuhhh??


saya pikir pernyataan2 diatas itu tidak dimaksudkan secuilpun utk menghambat semua kita melakukan praktikum meditasi.

ika.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: MEDITASI
« Reply #10 on: 24 May 2009, 10:44:46 AM »
Namo Buddhaya,

kk kk ketemu lagi,
thread Buddha saya di kunci ngga apa kok, yang penting saya udah ada gambaran mengenai pendapat dan pandangan beraneka ragam tentang Buddha dan lain sebagainya.

Di sini saya mau bertanya saja, bukan diskusi, jadi saya tidak akan mengungkapkan pendapat saya, akan tetapi bila saya masih kurang paham, saya akan lanjut bertanya.

Tidak ada maksud saya untuk merendahkan keyakinan masing-masing.

sekali lagi saya mau bertanya saja. Just bertanya.

ini pertanyaannya :

Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?

Terima kasih

Gampang sekali bro,...

yg penting bro bener2 pingin tau, bukan cuma main2
pingin tau,...  atau asal2 tau...

makan telur ayam, petis, durian, dsb sehari sebelumnya...
dan jangan beol...........

begitu orang yg mau di cek kwalitas meditasinya....
minta dia meditasi... atau cari kesempatan bila dia lagi
meditasi....

Nah diam2 pelan2... didepan hidungnya
   bro membungkuk dan kentut PELAN2...

Nanti hasilnya PASTI KELUAR....(tetapi resiko tetap ditanggun bro)..

cause ACTION IS STRONGER THAN WORDS!

mohon kabarin hasilnya lho!
« Last Edit: 24 May 2009, 10:48:18 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline epicentrum

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 169
  • Reputasi: 17
  • Gender: Female
Re: MEDITASI
« Reply #11 on: 22 June 2009, 03:45:21 AM »
Menurut kaka kaka sekalian, bagaimana kita bisa mengetahui kualitas meditasi seseorang ?

kualitas meditasi seseorang yg dimaksud disini mungkin pencapaiannya yah?
kalau meditasi samatha bisa diliat dr pencapaian jhana-nya, kalau vipassana bisa diliat dr sampai mana dia bisa memahami 4 kesunyataan mulia dstnya ampe mencapai nibbana....

mengetahui kualitas meditasi orang lain bukanlah hal yg penting bagi qta, karena dg mengetahui kualitas org lain, qta tetap saja masi berada di alam samsara, sedangkan tujuan qta untuk terbebas dr alam samsara ini. ada baiknya qta memfokuskan diri dengan latihan meditasi qta sehingga qta pun bisa segera tercerahkan. di sisi lain, apabila qta mengetahui pencapaian orang lain, hendaknya qta bersuka cita n menjadikan hal itu sebagai pemacu semangat qta untuk terus berlatih
_/\_
tiada 1 sebab menghasilkan 1 akibat
tiada banyak sebab menghasilkan 1 akibat
tiada 1 sebab menghasilkan banyak akibat
yg ada banyak sebab menghasilkan banyak akibat

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: MEDITASI
« Reply #12 on: 27 June 2009, 08:22:14 PM »
cara pencapaian jhana gimana yah wa lupa nih di thread mana ubek punya ubek tidak ketemu nihh( rasa nya ada penjelasaan nya bagaimana mencapai jhana tapi gak nemu lagi dimana thread nya )

Offline epicentrum

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 169
  • Reputasi: 17
  • Gender: Female
Re: MEDITASI
« Reply #13 on: 28 June 2009, 12:26:06 AM »
tiada 1 sebab menghasilkan 1 akibat
tiada banyak sebab menghasilkan 1 akibat
tiada 1 sebab menghasilkan banyak akibat
yg ada banyak sebab menghasilkan banyak akibat

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: MEDITASI
« Reply #14 on: 30 June 2009, 09:23:57 AM »
makasi kk hatred, lugas sekali tidak bertele tele penjelasannya...makasii

Saya pernah bertemu dengan seseorang yang mampu menjelaskan banyak tentang meditasi dan tingkatan - tingkatannya, saya sampe terkagum kagum...namun saya agak kaget saat tahu bahwa dia sangat mudah sekali "terbakar" dan agaknya dalam berucap sering bernada merendahkan pihak lain entah itu beralasan atau tidak, intinya dia selalu meledak ledak dan kata kata yang dikeluarkan ekstrim sekali, fanatiknya jadi seperti agama tertentu yang mengecap bahwa semua orang keyakinan lain dan sekte lain adalah brengsek ataupun dengan kata lain sampah dan sangat tolol,  namun di lain pihak dia juga mengajar sebuah kelas meditasi....
namun sebuah emosi dan ketidak mampuan dia mengontrol kata kata supaya tidak menyakiti orang lain kan tidak bisa juga dibilang melanggar sila. Jadi mengenai kasus ini bagaimana pendapat kk sekalian ?? apakah orang tersebut pasti mampu meraih konsetrasi yang kokoh dalam meditasinya ?

hal ini membuat saya mengamati dan merenung sejenak, sekaligus merasa takjub akan fenoena gejolak kesadaran manusia....

Kalau saya pribadi berpedoman, tidak peduli keyakinan apa atau ideologi apa yang dianut , pada saat batin bergejolak tak terkendali saat itulah merupakan penyimpangan terhadap Dharma yang sejati...

itu disebabkan oleh orang yg cuma pinter teori tapi tidak praktek

hal serupa bisa dilihat dari praktisi2 meditasi tapi dalam keseharian mereka sering mengucapkan kata2 yg tidak benar, menunjukkan prilaku yg sombong, dsbnya....

 

anything