Mengenai Punabbhava/Tumimbal Lahir

Started by markosprawira, 23 April 2009, 04:19:43 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

markosprawira

Presentasi ini dibawakan pada kebaktian Mahasathi tanggal 19 April 2009 jam 09.30 - 11.10



markosprawira

#1
Disini harap dibedakan antara REBIRTH dalam artian REINKARNASI dengan REBECOMING dalam artian TUMIMBAL LAHIR

dalam pengertian REBIRTH, ada "sesuatu yg kekal, yg berpindah dari kelahiran ke kelahiran dan biasanya wujudnya tetap dalam bentuk manusia

sementara dalam REBECOMING, tidak ada yg kekal, batin/nama dan rupa/fisik terus menerus timbul, berlangsung dan padam. Yang ada hanyalah aliran energi yg berlangsung


Hendra Susanto

bos... gambarnya di resize dulu baru posting biar mantep keliatan semua

markosprawira

#3
Di bawah dapat dilihat penelitian yg dilakukan oleh Ian Stevenson dimana hanya membuktikan mengenai mengenai reinkarnasi yaitu dari manusia, akan terlahir kembali menjadi manusia dengan karakteristik, ciri2 yg sama








Dhamma Sukkha

gbrnya gede amatttt bro markos yg perwiraaa>.<""""
yg di atas ini, gbrnya gede gakk?
klo gak gede wnya mo load imagess ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

markosprawira

Quote from: Hendra Susanto on 23 April 2009, 04:21:37 PM
bos... gambarnya di resize dulu baru posting biar mantep keliatan semua

siap om haa...... abis keburu2, udah kompie lelet bgt (masih pentium 3), wkt ngenet juga dibatesin....

Hendra Susanto

filenya bisa di email ke eike... nanti gw mainkan...

tesla

yah... biasanya kata lahir dalam kosmologi Buddhisme adalah "lahir kembali" (rebirth) atau "tumimbal-lahir" yg Palinya adalah punabbhava.
karena dalam siklus hidup-mati dalam samsara, yg terjadi adalah proses kelahiran kembali, bukan kelahiran pertama, atau kelahiran saja.

namun dalam Paticcasamuppada (Hukum Saling Ketergantungan) uniknya, tidak digunakan kata punabbhava, melainkan  menggunakan kata 'jati' yg artinya hanya lahir (CMIIW).
dalam interpretasi paticcasamuppada tradisional, jati ini disejajarkan dg punabbhava shg diartikan sebagai lahir kembali dan paticcasamuppada adalah sebuah proses yg menggambarkan 3 siklus kehidupan, yaitu:
1. kehidupan sebelum kelahiran sekarang, (kehidupan lampau)
2. kehidupan setelah kelahiran sekarang sampai kematiannya, (kehidupan kini)
3. kehidupan setelah kematian dari kelahiran sekarang. (kehidupan yg akan datang)

padahal lebih tepatnya Sang Buddha menggunakan kata punabbhava di sana daripada jati (jika paticcasamuppada memang benar adalah siklus 3 kehidupan)

:)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Kelana

Quote from: markosprawira on 23 April 2009, 04:20:37 PM
Disini harap dibedakan antara REBIRTH dalam artian REINKARNASI dengan REBECOMING dalam artian TUMIMBAL LAHIR

dalam pengertian REBIRTH, ada "sesuatu yg kekal, yg berpindah dari kelahiran ke kelahiran dan biasanya wujudnya tetap dalam bentuk manusia

sementara dalam REBECOMING, tidak ada yg kekal, batin/nama dan rupa/fisik terus menerus timbul, berlangsung dan padam. Yang ada hanyalah aliran energi yg berlangsung

Saya tidak sependapat mengenai pemaknaan kata ini.

Jika kita meninjau dari asal kata, rebirth berasal dari kata re (kembali) + birth (lahir) = kembali lahir
sedangkan reinkarnasi berasal dari re (kembali) + in (dalam) + carne/carnation (daging) = kembali masuk ke daging.
sedang rebecoming berasal dari re (kembali) + become(ing) (menjadi) = kembali menjadi.

Dari pengertian ini bagaimana mungkin kita menyandingkan rebirth sebagai bentuk reinkarnasi dengan menyatakan "rebirth/reinkarnasi"?
Reinkarnasi sendiri sudah memiliki makna yang spesifik, yaitu sesuatu yang kembali masuk ke daging (ada proses yang dijelaskan). Sedangkan rebirth dan rebecoming tidaklah begitu spesifik (tidak ada proses yang dijelaskan), namun keduanya memiliki makna yang hampir sama.

Jadi yang disandingkan dengan rebirth seharusnya rebecoming bukan reinkarnasi.
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -

markosprawira

Quote from: Kelana on 23 April 2009, 08:30:29 PM
Quote from: markosprawira on 23 April 2009, 04:20:37 PM
Disini harap dibedakan antara REBIRTH dalam artian REINKARNASI dengan REBECOMING dalam artian TUMIMBAL LAHIR

dalam pengertian REBIRTH, ada "sesuatu yg kekal, yg berpindah dari kelahiran ke kelahiran dan biasanya wujudnya tetap dalam bentuk manusia

sementara dalam REBECOMING, tidak ada yg kekal, batin/nama dan rupa/fisik terus menerus timbul, berlangsung dan padam. Yang ada hanyalah aliran energi yg berlangsung

Saya tidak sependapat mengenai pemaknaan kata ini.

Jika kita meninjau dari asal kata, rebirth berasal dari kata re (kembali) + birth (lahir) = kembali lahir
sedangkan reinkarnasi berasal dari re (kembali) + in (dalam) + carne/carnation (daging) = kembali masuk ke daging.
sedang rebecoming berasal dari re (kembali) + become(ing) (menjadi) = kembali menjadi.

Dari pengertian ini bagaimana mungkin kita menyandingkan rebirth sebagai bentuk reinkarnasi dengan menyatakan "rebirth/reinkarnasi"?
Reinkarnasi sendiri sudah memiliki makna yang spesifik, yaitu sesuatu yang kembali masuk ke daging (ada proses yang dijelaskan). Sedangkan rebirth dan rebecoming tidaklah begitu spesifik (tidak ada proses yang dijelaskan), namun keduanya memiliki makna yang hampir sama.

Jadi yang disandingkan dengan rebirth seharusnya rebecoming bukan reinkarnasi.

dear bro,

lama ga keliatan nih... he3....

memang salah satu pengertian dari rebecoming adalah termasuk rebirth. Dapat dilihat di slide lainnya mengenai pengertian Puna-Bhava yaitu :
- menjadi lagi
- lahir kembali

Namun rebirth yg beredar di kalangan umum adalah seperti yg saya sebut diatas yaitu kelahiran kembali dari manusia menjadi manusia kembali
dimana pengertian ini lebih selaras dengan reinkarnasi dimana konsepnya ada "inti"/roh yg kekal, yg berpindah dan yg berbeda hanyalah fisiknya saja

berbeda dengan rebecoming dimana yg terjadi adalah "penjadian kembali" dimana mahluk yg baru tidak sama pun tidak beda dengan mahluk yg sebelumnya baik secara fisik maupun batinnya
konsep inilah yg lebih selaras dengan pengertian Puna-bhava secara lebih menyeluruh

semoga bs dimengerti dan silahkan dilihat slide2 berikut

markosprawira

Quote from: tesla on 23 April 2009, 05:13:08 PM
yah... biasanya kata lahir dalam kosmologi Buddhisme adalah "lahir kembali" (rebirth) atau "tumimbal-lahir" yg Palinya adalah punabbhava.
karena dalam siklus hidup-mati dalam samsara, yg terjadi adalah proses kelahiran kembali, bukan kelahiran pertama, atau kelahiran saja.

namun dalam Paticcasamuppada (Hukum Saling Ketergantungan) uniknya, tidak digunakan kata punabbhava, melainkan  menggunakan kata 'jati' yg artinya hanya lahir (CMIIW).
dalam interpretasi paticcasamuppada tradisional, jati ini disejajarkan dg punabbhava shg diartikan sebagai lahir kembali dan paticcasamuppada adalah sebuah proses yg menggambarkan 3 siklus kehidupan, yaitu:
1. kehidupan sebelum kelahiran sekarang, (kehidupan lampau)
2. kehidupan setelah kelahiran sekarang sampai kematiannya, (kehidupan kini)
3. kehidupan setelah kematian dari kelahiran sekarang. (kehidupan yg akan datang)

padahal lebih tepatnya Sang Buddha menggunakan kata punabbhava di sana daripada jati (jika paticcasamuppada memang benar adalah siklus 3 kehidupan)

:)

Sedikit koreksi bro..... jika bro lihat kembali bhw Bhava itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu
1. Uppatti Bhava
2. Kamma Bhava

Nah yang menjadi Jati adalah Kamma-bhava sedangkan Kamma-bhava itu sendiri adalah hasil dari Uppatti-Bhava
Jadi secara kelahiran, benarlah yg disebut dengan Jati

Namun yg dimaksud dalam Punabbhava adalah lebih luas karena sebenarnya mencakup Uppatti-Bhava yg menjadi sebab dan Kamma-Bhava sebagai akibat dimana dalam hal ini Khanda 5/4 akan menimbulkan perbuatan2
Tapi juga dilihat dari Kamma-Bhava (melakukan perbuatan), yang menimbulkan akibat Uppati-Bhava (Khanda 5/4)

Proses inilah yg tidak serta merta bisa dilihat sebagai hanya Jati/lahirnya saja namun lebih ke proses yg terus menerus berkesinambungan.
Itu kenapa diatas saya selaraskan dengan pengertian "REBECOMING", bukan hanya sekedar "REBIRTH" saja yg hanya melihat lahirnya saja, dan tidak melihat proses dalam BHAVA itu sendiri

semoga bs memperjelas yah

metta

tesla

dari yg saya tangkap bhava (becoming) terbagi 2, yaitu:
1. uppatti bhava (kamma atau sebab)
2. kamma bhava (vipaka atau akibat)

maaf bisa diperjelas, apa itu kamma bhava & uppatti bhava?

note: bhava sendiri juga salah satu mata rantai sebelum jati di paticcasamuppada loh
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

markosprawira

Disini dapat dilihat bahwa yang dimaksud dalam buddhism adalah Puna-BHAVA, bukan semata REBIRTH sebagaimana sering disalah tafsirkan oleh sebagian orang termasuk ilmuwan seperti Ian Stevenson

Bhava disini mencakup proses yang terus menerus dari Uppatti-Bhava (Khanda 5/4) yang menimbulkan Kamma-Bhava (Perbuatan2 secara pikiran, ucapan dan perbuatan) dan juga Kamma-Bhava yang menimbulkan Uppatti-Bhava


markosprawira

Quote from: tesla on 24 April 2009, 09:19:56 AM
dari yg saya tangkap bhava (becoming) terbagi 2, yaitu:
1. uppatti bhava (kamma atau sebab)
2. kamma bhava (vipaka atau akibat)

maaf bisa diperjelas, apa itu kamma bhava & uppatti bhava?

note: bhava sendiri juga salah satu mata rantai sebelum jati di paticcasamuppada loh

Kamma-Bhava adalah perbuatan2 kusala dan akusala yang terdiri dari Cetana 29 (Akusala cetana 12 dan Lokiyakusala cetana 17)

Uppatti-Bhava adalah hasil dari melakukan kamma, dengan timbul sebagai mahluk di 31 alam kehidupan (Khanda 5/4/1)

ini sebenarnya sudah dibahas pada pembahasan mengenai paticca samuppada di http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,9609.15.html pada bagian UPADANA

Betul bhw Bhava adalah sebab yg menimbulkan JATI namun JATI yang dibahas disini sebenarnya adalah Uppatti-Bhava itu sendiri atau dengan kata lain munculnya Khanda itu yg disebut dengan JATI (Bahasa Pali : Jananam Jati)

Pembahasan ini ada di http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,9609.15.html juga, pada bagian BHAVA

silahkan dilihat kembali yah bro........

markosprawira

Disini dapat dilihat mengenai Panca Khanda, yang sebenarnya merupakan JATI/kelahiran itu sendiri (Jananam Jati)

Jati itu adalah Uppatti-Bhava yang merupakan hasil/akibat dari Kamma-Bhava