//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Buddha ?  (Read 28766 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Buddha ?
« on: 21 April 2009, 02:01:23 PM »
16. "'Teman-teman, seorang Tathagata telah muncul di dunia ini, seorang Arahat, Buddha yang telah mencapai Penerangan Sempurna, memiliki kebijaksanaan dan perilaku yang Sempurna, telah sempurna menempuh Sang Jalan, Pengenal seluruh alam, penjinak manusia yang harus dijinakkan yang tiada bandingnya, Guru para dewa dan manusia, Tercerahkan dan Terberkahi. (Mahali Sutta)

Namo Buddhaya,

teman-teman yang budiman, saya baru membaca Mahali Sutta
saya jadi teringat ada pertanyaan dari benak saya sendiri yang membuat saya bingung, kalau saja saya tidak iseng membaca mungkin saya tidak ingat untuk menanyakannya, ini mumpung ingat saya cepat ketik saja.

1. bagaimana kita bisa tahu bahwa Buddha adalah telah mencapai penerangan Sempurna ?

2. Buddha dikatakan memiliki kebijaksanaan yang sempurna dan maha tahu, tapi mengapa Beliau tidak tahu kalau usahanya untuk menolong suku sakya bakal gagal ?

3. Buddha dikatakan sebagai penjinak manusia yang harus dijinakkan, tapi pada kenyataannya walaupun Buddha mampu menjinakkan beberapa orang, namun Buddha juga mengalami kegagalan dalam menjinakkan sebagian orang pula.

4. Apa sih maksudnya Buddha terberkahi ? dan kenapa disebut tercerahkan ? bagaimana kita membuktikan bahwa Buddha itu tercerahkan ?

Terima kasih, maaf banyak sekali pertanyaannya... Embarrassed

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Buddha ?
« Reply #1 on: 21 April 2009, 02:18:10 PM »
Sang Buddha telah tercerahkan terbukti dari Ajaran yg Beliau tinggalkan....

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Buddha ?
« Reply #2 on: 21 April 2009, 02:38:50 PM »
16. "'Teman-teman, seorang Tathagata telah muncul di dunia ini, seorang Arahat, Buddha yang telah mencapai Penerangan Sempurna, memiliki kebijaksanaan dan perilaku yang Sempurna, telah sempurna menempuh Sang Jalan, Pengenal seluruh alam, penjinak manusia yang harus dijinakkan yang tiada bandingnya, Guru para dewa dan manusia, Tercerahkan dan Terberkahi. (Mahali Sutta)

mank Buddha itu pawang apeeee...... suka menjinakkan.....
lebay amat deh....

Quote
teman-teman yang budiman, saya baru membaca Mahali Sutta
saya jadi teringat ada pertanyaan dari benak saya sendiri yang membuat saya bingung, kalau saja saya tidak iseng membaca mungkin saya tidak ingat untuk menanyakannya, ini mumpung ingat saya cepat ketik saja.

:)) kek pembawa acara radio aja... apa orang MLM ???

Quote
1. bagaimana kita bisa tahu bahwa Buddha adalah telah mencapai penerangan Sempurna ?

katanya seh... begono... (liat tipitaka dan kisah riwayat para buddha)

emangnya e tau apa itu penerangan sempurna....?

Quote
2. Buddha dikatakan memiliki kebijaksanaan yang sempurna dan maha tahu, tapi mengapa Beliau tidak tahu kalau usahanya untuk menolong suku sakya bakal gagal ?

mank suku sakya kenapa? emang dia minta tolong ma sang Buddha?ceritanya begemana ya?
maha tahu ini kek apa? maksudnya sang Buddha maha tahu?


Quote
3. Buddha dikatakan sebagai penjinak manusia yang harus dijinakkan, tapi pada kenyataannya walaupun Buddha mampu menjinakkan beberapa orang, namun Buddha juga mengalami kegagalan dalam menjinakkan sebagian orang pula.

hanya diri sendirilah orang dapat menjinakkan dirinya sendiri.....bukan orang laen....
sang Buddha hanya membantu saja.......

Quote
4. Apa sih maksudnya Buddha terberkahi ? dan kenapa disebut tercerahkan ? bagaimana kita membuktikan bahwa Buddha itu tercerahkan ?

keknya gak ada deh.. kata2 terberkahi.. soale.. semua itu udah karmanya masing2......
disebut tercerahkan itu mah sama aja kek pertanyaan nomor pertama...

mo bukti.....wong Buddha Gotamanya aja dah koit.. mo dibuktiin pake apa?

yg penting e tau gak apa itu tercerahkan...

Quote
Terima kasih, maaf banyak sekali pertanyaannya... Embarrassed
sama sama.... btw kurang banyak nanyanya....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Buddha ?
« Reply #3 on: 21 April 2009, 03:02:39 PM »
1. bagaimana kita bisa tahu bahwa Buddha adalah telah mencapai penerangan Sempurna ?
kita tidak tahu.
Buddha Gotama telah tercerahkan sempurna adalah gagasan kita dg membandingkan moralitas & ajarannya (yg tercatat di kitab2) dg manusia biasa yg kita kenal yg mana terdapat perbedaan.

Quote
2. Buddha dikatakan memiliki kebijaksanaan yang sempurna dan maha tahu, tapi mengapa Beliau tidak tahu kalau usahanya untuk menolong suku sakya bakal gagal ?

3. Buddha dikatakan sebagai penjinak manusia yang harus dijinakkan, tapi pada kenyataannya walaupun Buddha mampu menjinakkan beberapa orang, namun Buddha juga mengalami kegagalan dalam menjinakkan sebagian orang pula.

4. Apa sih maksudnya Buddha terberkahi ? dan kenapa disebut tercerahkan ? bagaimana kita membuktikan bahwa Buddha itu tercerahkan ?
maha tahu, kebijaksanaan sempurna, penjinak manusia, terbekahi, tercerahkan, dll, semua hanyalah pujian atau gelar utk Buddha Gotama. masing2 dari arti pujian atau gelar tsb dapat diinterpretasikan berbeda2 tiap orang.

misal, maha tahu bisa diinterpretasikan sebagai tahu segalanya, yg terjadi dimanapun, di masa lalu, masa kini  & masa depan. dg gagasan ini, maha tahu Buddha ditemukan tidak tepat. ada juga gagasan lain, bahwa maha tahu Buddha hanyalah mengerti hal apapun yg ingin diketahuinya, bukan tahu segala2nya. jika ia berkehendak, ia bisa tahu. namun jika tidak berkehendak, ia tidak tahu.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Buddha ?
« Reply #4 on: 21 April 2009, 05:18:27 PM »
1. bagaimana kita bisa tahu bahwa Buddha adalah telah mencapai penerangan Sempurna ?
Kita tidak akan tahu secara pasti karena Buddha pun sekarang sudah parinibbana. Tetapi jika kita menjalani sendiri dhamma seorang Guru dan mencapai kesucian tertinggi, maka kita dengan sendirinya mengetahui bahwa Sang Guru memang telah mencapai penerangan sempurna.


Quote
2. Buddha dikatakan memiliki kebijaksanaan yang sempurna dan maha tahu, tapi mengapa Beliau tidak tahu kalau usahanya untuk menolong suku sakya bakal gagal ?
Gagal dalam apa? Bukankah banyak sekali anggota Suku Sakya yang mencapai kesucian?
Kalau mengenai pembantaian Suku Sakya, itu adalah akibat dari kamma buruk masa lampau ketika Suku Sakya pada kehidupan lampaunya menaruh racun ke sungai dan menyebabkan banyak mahluk meninggal. Dua kali Buddha menggagalkan usaha Raja Vidudabha membunuh para Sakya, namun yang ke tiga kalinya, kamma itu telah matang. Bahkan Buddha Gotama (yang juga mendukung peracunan air di masa lampau) juga menerima akibat dari matangnya kamma buruk itu, yaitu merasakan sakit kepala yang hebat ketika Vidudabha membantai Suku Sakya.


Quote
3. Buddha dikatakan sebagai penjinak manusia yang harus dijinakkan, tapi pada kenyataannya walaupun Buddha mampu menjinakkan beberapa orang, namun Buddha juga mengalami kegagalan dalam menjinakkan sebagian orang pula.
Buddha adalah "penjinak manusia yang pantas dijinakkan", maksudnya adalah Buddha mengerti bagaimana cara membangun potensi seseorang agar mendapat manfaat dari dhamma. Namun, tidak semua manusia memiliki potensi tersebut.

Kalau anda sering baca kisah-kisah Buddha, biasa Buddha Gotama tidak berkhotbah ketika tidak ada orang yang memiliki potensi untuk mengerti, tapi mau bepergian jauh jika saja ada satu orang yang memiliki potensi untuk memahami dhamma.
Untuk orang-orang yang mendengar khotbah, tetapi tidak mencapai kesucian saat itu, mereka bukan tidak mendapat manfaatnya sama sekali, tetapi berbuah di masa depan. Misalnya Saccaka Niganthaputta yang jago berdebat, tidak mencapai kesucian pada masa kehidupan Buddha, tetapi menurut Komentar Majjhima Nikaya, ia terlahir kembali sebagai Bhikkhu Buddharakkhita dan mencapai Kesucian Arahat. Begitu juga seperti Raja Ajatasattu, walaupun harus terlahir di neraka pada kehidupan berikutnya, namun berkat pembabaran dhamma (dalam Samanna-phala sutta), Buddha mengatakan bahwa di masa mendatang, ia akan terlahir dan menjadi seorang Pacceka Buddha bernama Vijitavi.


Quote
4. Apa sih maksudnya Buddha terberkahi ? dan kenapa disebut tercerahkan ? bagaimana kita membuktikan bahwa Buddha itu tercerahkan ?
Untuk istilah2 ini, saya tidak tahu.
Membuktikannya seperti jawaban pertanyaan nomor satu. Kalau anda sudah menjalani ajaran dan membuktikan manfaatnya, maka anda tahu ajaran itu dibabarkan oleh orang yang bagaimana. Jadi kita tidak perlu fanatik dan percaya buta bahwa Buddha pasti begini begitu.


Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Buddha ?
« Reply #5 on: 01 May 2009, 11:16:05 AM »
Sang Buddha telah tercerahkan terbukti dari Ajaran yg Beliau tinggalkan....

::

Tapi, Ko William, yang mana dari ajaran itu yang membuktikan pencerahan ??? sedangkan definisi pencerahan itu sendiri seperti apa ? kenapa umat Buddha mengejar dan bersusah payah untuk sesuatu yang tidak jelas ???

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Buddha ?
« Reply #6 on: 01 May 2009, 12:04:20 PM »
Sang Buddha telah tercerahkan terbukti dari Ajaran yg Beliau tinggalkan....

::

Tapi, Ko William, yang mana dari ajaran itu yang membuktikan pencerahan ??? sedangkan definisi pencerahan itu sendiri seperti apa ? kenapa umat Buddha mengejar dan bersusah payah untuk sesuatu yang tidak jelas ???

hidup anda ya pilihan anda sendiri......

silahkan cerap dan pikir dengan logika anda........ yg menentukan ya tentu saja anda sendiri...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Buddha ?
« Reply #7 on: 02 May 2009, 12:36:49 AM »
Quote
1. bagaimana kita bisa tahu bahwa Buddha adalah telah mencapai penerangan Sempurna ?

Karena apa yang di ajarkan-Nya dapat diterima sebagai kenyataan yang gak pake janji muluk...

Quote
2. Buddha dikatakan memiliki kebijaksanaan yang sempurna dan maha tahu, tapi mengapa Beliau tidak tahu kalau usahanya untuk menolong suku sakya bakal gagal ?

Gagal ? Mending ente jelaskan dulu dimana letak kegagalannya ??? Kalau buat menolong makhluk terbebas dari tua, sakit dan mati itu dah diajarkan caranya koq...

Quote
3. Buddha dikatakan sebagai penjinak manusia yang harus dijinakkan, tapi pada kenyataannya walaupun Buddha mampu menjinakkan beberapa orang, namun Buddha juga mengalami kegagalan dalam menjinakkan sebagian orang pula.

Bro/sis... Ente tau dong tentang perumpamaan jenis-jenis teratai yang mau muncul ke permukaan kolam ???
Kalo Sang Buddha mah gak bakal menjamin seseorang ataupun makhluk tertentu bisa masuk surga hanya karena 'mengakuiNya' seagai nabi atau whatever lah... :))

Quote
4. Apa sih maksudnya Buddha terberkahi ? dan kenapa disebut tercerahkan ? bagaimana kita membuktikan bahwa Buddha itu tercerahkan ?

Terberkahi ? Tercerahkan ?
Beliau terberkahi oleh tumpukan karma baik dan juga niatNya yang begitu luar biasa yang menyebabkan beliau menjadi seorang Sammasam Buddha...
Beliau juga tercerahkan oleh Dhamma mulia yang berhasil diungkapNya setelah lama Dhamma itu dilupakan dialam ini...
saran aja nih...
Mendingan ente jalanin dulu deh tentang apa yang udah diajarkan oleh Sang Buddha... Jadi ente bisa buktiin apa benar Sang Buddha itu dah mencapai pencerahan ... :))

salam... Namo Buddhaya... _/\_ ...

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Buddha ?
« Reply #8 on: 02 May 2009, 11:47:35 AM »
1 . CITRA said :

Karena apa yang di ajarkan-Nya dapat diterima sebagai kenyataan yang gak pake janji muluk...

LUCKY said :

Apakah semua orang yang mengajarkan sesuatu yang dapat diterima kenyataan dan tidak pakai janji muluk adalah orang yang mencapai pencerahan ???

Buddha mengatakan kalau kita berbuat kebajikan dan menjalankan sila, pasti akan terlahir di alam surga. Anda bisa buktikan ?

2. CITRA said :
Gagal ? Mending ente jelaskan dulu dimana letak kegagalannya ??? Kalau buat menolong makhluk terbebas dari tua, sakit dan mati itu dah diajarkan caranya koq...

LUCKY said :
Yangs aya tanyakan adalah gagal dalam menolong Suku Sakya saat hendak terjadinya pembantaian.
Kalau memang maha tahu, kenapa bisa Buddha masih berusaha mencegah terjadinya pembantaian ? toh padahal akhirnya Suku Sakya tetap dibantai.


3. CITRA said :
Bro/sis... Ente tau dong tentang perumpamaan jenis-jenis teratai yang mau muncul ke permukaan kolam ???
Kalo Sang Buddha mah gak bakal menjamin seseorang ataupun makhluk tertentu bisa masuk surga hanya karena 'mengakuiNya' seagai nabi atau whatever lah... :))

LUCKY :
Saya bertanya tentang usaha Buddha yang gagal dalam menasehati beberapa orang. Saya tidak bertanya apakah Buddha ada memasukan orang ke surga dengan mengakuinya.
Aduh kk.......saya ini ngga ngerti tambah ngga ngerti lagi sama penjelasan kk...penjelasannya kok lari kemana mana sich...

4.CITRA :
Terberkahi ? Tercerahkan ?
Beliau terberkahi oleh tumpukan karma baik dan juga niatNya yang begitu luar biasa yang menyebabkan beliau menjadi seorang Sammasam Buddha...
Beliau juga tercerahkan oleh Dhamma mulia yang berhasil diungkapNya setelah lama Dhamma itu dilupakan dialam ini...
saran aja nih...
Mendingan ente jalanin dulu deh tentang apa yang udah diajarkan oleh Sang Buddha... Jadi ente bisa buktiin apa benar Sang Buddha itu dah mencapai pencerahan ... :))

LUCKY :
makasiiii kalau soal Terberkahi dengan Tercerahi ini saya jadi negrti dari penjelasan cc citra...

Tapi kalau disuruh menjalani dulu jangan banyak tanya, terus terang saya ngga setuju.

Kalau disuruh menjalani aja, apa bedanya sama orang agama  lain yg mengatakan :
Jalani aja,kelak buktikan sendiri keberadaan Tuhan dan surga.....
sejujurnya saya merasa agama Buddha ternyata sama saja dengan agama lain, ngga semua bisa dibuktikan, dan semua ajaran yang ada bila dipelajari dan dipercayai tetep ngga menjamin seseorang akan menjadi lebih baik daripada orang agama lain......

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Buddha ?
« Reply #9 on: 02 May 2009, 11:51:33 AM »
sebelumnya LUCKY bertanya lagi :
Tapi, Ko William, yang mana dari ajaran itu yang membuktikan pencerahan ??? sedangkan definisi pencerahan itu sendiri seperti apa ? kenapa umat Buddha mengejar dan bersusah payah untuk sesuatu yang tidak jelas ???

Lalu ternyata kk william menjawab :

hidup anda ya pilihan anda sendiri......

silahkan cerap dan pikir dengan logika anda........ yg menentukan ya tentu saja anda sendiri...

***************

Saya ngga tahu ajaran yang membuktikan pencerahan Buddha....tapi koko william suruh saay mencerap dengan logika, apa yg dicerap ???

kk kalau tahu jangan pelit bagi bagi dongggg..... saya tambah bingung kalau main rahasia rahasia an....

btw makasi ya.. udah bersedia menjelaskan.,....semoga ada jawaban yang memuaskan....hiks

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Buddha ?
« Reply #10 on: 02 May 2009, 11:53:19 AM »
 [at] Lucky

anda mencari agama atau mencari pandangan atas hidup anda?

_/\_

kalau anda mencari agama, maka kalo mo agama buddha ya sudah ke vihara aja secara rutin dan sukur2 batin anda berkembang........

tetapi kalau anda ingin mempelajari buddhisme sebagai agama maka anda tidak akan menemukannya........
i'm just a mammal with troubled soul



Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Buddha ?
« Reply #11 on: 02 May 2009, 12:14:13 PM »
[at] Lucky

anda mencari agama atau mencari pandangan atas hidup anda?

_/\_

kalau anda mencari agama, maka kalo mo agama buddha ya sudah ke vihara aja secara rutin dan sukur2 batin anda berkembang........

tetapi kalau anda ingin mempelajari buddhisme sebagai agama maka anda tidak akan menemukannya........

sekarang tidak ada agama yang saya cari
tidak ada pandangan hidup yang saya cari

saya hanya ingin menanyakan beberapa hal yg tidak saya pahami

semoga kk kk bisa mebantu saya...makasi
« Last Edit: 02 May 2009, 12:16:26 PM by lucky »

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Buddha ?
« Reply #12 on: 02 May 2009, 12:18:47 PM »
apa saja kah itu........

tapi harap dibuat post baru saja disini

http://dhammacitta.org/forum/index.php/board,32.0.html

karena bahasannya tidak sesuai dengan boardnya.....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Buddha ?
« Reply #13 on: 02 May 2009, 12:23:05 PM »
Quote
Apakah semua orang yang mengajarkan sesuatu yang dapat diterima kenyataan dan tidak pakai janji muluk adalah orang yang mencapai pencerahan ????

Bro/sis... :))
Kalau ente nggak menganggap seperti itu, ya gak apa-apa lah... saya gak maksa koq... :))

Quote
Yangs aya tanyakan adalah gagal dalam menolong Suku Sakya saat hendak terjadinya pembantaian.
Kalau memang maha tahu, kenapa bisa Buddha masih berusaha mencegah terjadinya pembantaian ? toh padahal akhirnya Suku Sakya tetap dibantai.

Jadi mau tanya nih...
Apakah waktu itu semua anggota suku sakya terbantai sampe gak ada sisanya ? :-?

Quote
Saya bertanya tentang usaha Buddha yang gagal dalam menasehati beberapa orang. Saya tidak bertanya apakah Buddha ada memasukan orang ke surga dengan mengakuinya.
Aduh kk.......saya ini ngga ngerti tambah ngga ngerti lagi sama penjelasan kk...penjelasannya kok lari kemana mana sich...

:)) ... Bro/sis ... :))
Saya dah diam lho yang masih lari-lari kayaknya ente tuh... :P
Sebelumnya kan dah saya tulis, kalo sampe ada tulisan mengenai kegagalan Sang Buddha dalam 'menjinakkan' manusia, maka manusia yang gagal itu di umpamakan sebagai salah satu dari perumpamaan teratai yang mati dan tidak sempat timbul di permukaan kolam karena sudah habis digerogoti ikan...
Jadi masalahnya bukan Sang Buddha yang gagal, tapi memang orang itu yang belum siap...
Semoga bisa memperjelas yah... :))

Quote
Kalau disuruh menjalani aja, apa bedanya sama orang agama  lain yg mengatakan :
Jalani aja,kelak buktikan sendiri keberadaan Tuhan dan surga.....
sejujurnya saya merasa agama Buddha ternyata sama saja dengan agama lain, ngga semua bisa dibuktikan, dan semua ajaran yang ada bila dipelajari dan dipercayai tetep ngga menjamin seseorang akan menjadi lebih baik daripada orang agama lain......

Bro/sis... :))
Makanya jangan kebanyakan lari dunk... ^-^ akhirnya kan jadi kayak gitu tuh... 'muter-muter' ... =))

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Buddha ?
« Reply #14 on: 02 May 2009, 12:30:45 PM »
nah, singkat saja ya

he he he

kalau memang TAHU bakal gagal, kenapa musti dilakukan ????

berarti ngga TAHU dong.

saya bukan bilang usaha itu ngga boleh lho....

hanya saja, yang berusaha itu TAHU tidak sih ????

lagipula , Buddha sempat ragu mengajar Dharma pada insan, akhirnya diminta oleh para Dewa baru Beliau mau.

Berarti jadi Buddha sama aja dengan orang biasa masih bisa ragu ragu...

sebab keragu raguan adalah salah satu penyebab kita menjadi salah bertindak.... kalau udah salah bertindak.... berarti tindakan tidak sempurna dong.....

Dan lagi tindakan Buddha juga bisa membuat beberapa orang merasa benci... apakah itu tindakan sempurna ???