Klo cara blajar kimia yg gampang kek mana?  :D :D :D
Mohon bimbingannya   ^:)^ ^:)^ ^:)^
			
			
			
				wah... neh makanan om Forte neh :D
kalo i dulu seh.... belajarnya malem hari.... soalnya situsi tenang... tapi pas sekolah jadi sering ngantuk :hammer:
tapi biar gitu di raport 10 loh :D
			
			
			
				hebatttt... klo w kimia blm pernah dpt 10.
Paling rendah kimia w 0  :( :( :( krn sakit gak datang, ujian jd gak bisa  :( :(
			
			
			
				caranya ya cara klasik: dengerin penjelasan guru, buat latihan, pr, klo ujian belajar, beres dah.. kimia ga sulit2 amat kok.. mnrt gw masih lebih sulit fisika, tp masih lebih gampang matematika
			
			
			
				klo denger penjelasan guru kdg bs kdg nggak. Justru latihan yg susah gak ngerti.
Menurut w fisika lbh enteng lha dr kimia. Tp yg paling gampang Matematika \(^0^)/
klo kimia aplikasi ke kehidupan sehari2 susah.  
			
			
			
				klo dgr penjelasan belum bisa ya baca textbook aja, kan textbook itu cukup lengkap :)
bisa juga klo ga bisa kerja latihan tanya teman, minta diajari..
ya pendapat tiap org berbeda sih wajar.. fisika sebenarnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tp biasanya ga ada yang mau ngitung2 dulu, emang orang kurang kerjaan.. misal berjalan kaki dengan kecepatan sekian sejauh sekian meter, masa ada yg mau ngitung dulu entar nyampe tujuan berapa lama.. udah gitu kt jg ga tau kecepatan berjalan kt itu berapa meter/jam.. kimia jg ada aplikasi ke kehidupan sehari2, mis: klo liat komposisi suatu barang, konsep asam basa
tp biologi lbh banyak lagi aplikasinya ke kehidupan sehari2, mis: lagi sakit, kan pasti mikir ttg biologi, dari situ bisa dipikir cara penyembuhannya jg, jd berguna belajar anatomi tubuh manusia, fungsi2 sistem2 di tubuh manusia
klo matematika sih hampir setiap hari dipake.. ngitung2 uang, ngitung2 klo ada diskon jd hrg brp stlh diskon :) (kan enak klo ngitungnya ga usah pake kalkulator), gw pernah kok hampir kena tipu, barang sekian dibilang diskon 25% jd sekian, trus gw iseng2 mau ngitung apa bener stlh didiskon jd sekian, tp waktu itu ada penjualnya lg ngomong2 meyakinkan spy gw beli, jdnya sungkan mau ngeluarin kalkulator, trus gw hitung pake pelajaran matematika (tanpa kalkulator) akhirnya ketemu klo dibohongi, klo diskon 25% jdnya seharusnya lebih murah lagi..  murahnya murah byk lagi.. trus penjualnya jd susah ngomong deh.. akhirnya ngomong klo harganya ga didiskon 25%
			
			
			
				dulu kalo aku paling pinter pelajar kimia disekolah..
abis gampang, kebetulan juga gurunya mengajarnya enakk :D
			
			
			
				Belajar itu seperti pacaran..
Jadi kalau pacaran kan harus saling mengenal dan baru bisa mencintai..
Kimia juga begitu.. kenali dulu.. baru disukai.. 
Gw dulu waktu tamat SMP, belum mengenal kimia, sudah mulai penasaran apa itu kimia, dan ketika diwariskan buku oleh abang gw, gw baca buku kimia. Menarik.. makanya gw terus baca.. Itu tahap "pengenalan dengan kimia"
Setelah masuk, akhirnya tahu kimia itu menarik.. maka mulai suka.. dan tiap kali ada pelajaran kimia, pasti pengen cepat2 ke sekolah.. bawaannya happy.. soalnya "ketemu kimia" seperti ketemu pacar aja.. :D
Intinya seh semua pelajaran sama.. asal dicintai dulu..
			
			
			
				Neh,, ini jurus rahasia g dolo sekolah.... :D
"JANGAN MENCATAT"........................................................potokopi aja ;D
			
			
			
				Quote from: Forte on 20 February 2009, 05:55:07 AM
Belajar itu seperti pacaran..
Jadi kalau pacaran kan harus saling mengenal dan baru bisa mencintai..
Kimia juga begitu.. kenali dulu.. baru disukai.. 
Gw dulu waktu tamat SMP, belum mengenal kimia, sudah mulai penasaran apa itu kimia, dan ketika diwariskan buku oleh abang gw, gw baca buku kimia. Menarik.. makanya gw terus baca.. Itu tahap "pengenalan dengan kimia"
Setelah masuk, akhirnya tahu kimia itu menarik.. maka mulai suka.. dan tiap kali ada pelajaran kimia, pasti pengen cepat2 ke sekolah.. bawaannya happy.. soalnya "ketemu kimia" seperti ketemu pacar aja.. :D
Intinya seh semua pelajaran sama.. asal dicintai dulu..
hmm.. masalahnya dalam sekolah/kuliah, pelajaran yang ga disukaipun juga wajib dikuasai.. T_T, jadi walaupun ga suka pelajaran itu juga harus dipelajari juga.. kecuali mau ga lulus..
klo bisa pilih2 pelajaran sih enak banget.. jd pelajaran yg ga disukai ga usah diambil..hehehe..
trus untuk memaksakan suka pelajaran, klo buat gw ya susah.. dulu pelajaran yg ga gw suka kebykan pelajaran IPS, spt geografi, sosiologi, sejarah.. dari pelajaran IPS yg gw suka cuma ekonomi sama akuntansi
makanya waktu penjurusan kelas 11 gw pilih IPA, hehehe..
			
 
			
			
				blajar kimis itu asik...
smu ktemu guru2 kimia yg asik...
			
			
			
				Quote from: hatRed on 20 February 2009, 08:34:20 AM
Neh,, ini jurus rahasia g dolo sekolah.... :D
"JANGAN MENCATAT"........................................................potokopi aja ;D
cek hatred ngajar gak bgs T_T fotokopi klo gak mengerti lhe???
			
 
			
			
				Quote from: calon_arahat on 19 February 2009, 11:32:52 PM
klo dgr penjelasan belum bisa ya baca textbook aja, kan textbook itu cukup lengkap :)
bisa juga klo ga bisa kerja latihan tanya teman, minta diajari..
ya pendapat tiap org berbeda sih wajar.. fisika sebenarnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tp biasanya ga ada yang mau ngitung2 dulu, emang orang kurang kerjaan.. misal berjalan kaki dengan kecepatan sekian sejauh sekian meter, masa ada yg mau ngitung dulu entar nyampe tujuan berapa lama.. udah gitu kt jg ga tau kecepatan berjalan kt itu berapa meter/jam.. kimia jg ada aplikasi ke kehidupan sehari2, mis: klo liat komposisi suatu barang, konsep asam basa
tp biologi lbh banyak lagi aplikasinya ke kehidupan sehari2, mis: lagi sakit, kan pasti mikir ttg biologi, dari situ bisa dipikir cara penyembuhannya jg, jd berguna belajar anatomi tubuh manusia, fungsi2 sistem2 di tubuh manusia
klo matematika sih hampir setiap hari dipake.. ngitung2 uang, ngitung2 klo ada diskon jd hrg brp stlh diskon :) (kan enak klo ngitungnya ga usah pake kalkulator), gw pernah kok hampir kena tipu, barang sekian dibilang diskon 25% jd sekian, trus gw iseng2 mau ngitung apa bener stlh didiskon jd sekian, tp waktu itu ada penjualnya lg ngomong2 meyakinkan spy gw beli, jdnya sungkan mau ngeluarin kalkulator, trus gw hitung pake pelajaran matematika (tanpa kalkulator) akhirnya ketemu klo dibohongi, klo diskon 25% jdnya seharusnya lebih murah lagi..  murahnya murah byk lagi.. trus penjualnya jd susah ngomong deh.. akhirnya ngomong klo harganya ga didiskon 25%
untung lho ya.. klo nggak diboongi rugi jdnya...
			
 
			
			
				Quote from: calon_arahat on 19 February 2009, 11:32:52 PM
klo dgr penjelasan belum bisa ya baca textbook aja, kan textbook itu cukup lengkap :)
bisa juga klo ga bisa kerja latihan tanya teman, minta diajari..
udh bc text book. Kadang ada yang gak ngerti.. 
Bhs bukukan lumayan sulit...
			
 
			
			
				Quote from: Nanda on 20 February 2009, 12:53:49 AM
dulu kalo aku paling pinter pelajar kimia disekolah..
abis gampang, kebetulan juga gurunya mengajarnya enakk :D
Bantuin ajarin jg ya cek nanda  ^:)^ ^:)^ ^:)^
			
 
			
			
				Quote from: Forte on 20 February 2009, 05:55:07 AM
Belajar itu seperti pacaran..
Jadi kalau pacaran kan harus saling mengenal dan baru bisa mencintai..
Kimia juga begitu.. kenali dulu.. baru disukai.. 
Gw dulu waktu tamat SMP, belum mengenal kimia, sudah mulai penasaran apa itu kimia, dan ketika diwariskan buku oleh abang gw, gw baca buku kimia. Menarik.. makanya gw terus baca.. Itu tahap "pengenalan dengan kimia"
Setelah masuk, akhirnya tahu kimia itu menarik.. maka mulai suka.. dan tiap kali ada pelajaran kimia, pasti pengen cepat2 ke sekolah.. bawaannya happy.. soalnya "ketemu kimia" seperti ketemu pacar aja.. :D
Intinya seh semua pelajaran sama.. asal dicintai dulu..
[/quote
Menariknya kek mn forteraneh  :D :D :D
			 
			
			
				Quote from: HokBen on 20 February 2009, 11:10:45 PM
blajar kimis itu asik...
smu ktemu guru2 kimia yg asik...
blajar kimis itu apa???
kimis ato kismis   :D :D :D
			
 
			
			
				Kdg kimia bs kdg gak bs... :( :( :(
Krn waktu kls 1 dasar kimianya w krg bgs  lhe..
Jd wkt kls 2 jd lbh sulit.. 
Cthnya stoikiometri krg bs..
          hkm2 dasar kimia krg bs (dah baca text book sih wkt kls 1 tp hny ngerti dikit2)
 
			
			
			
				Trimaaaaa kasihhhhh atas bimbingan senior2  _/\_ _/\_ _/\_
ntar w coba suka semua pelajaran deh...
Kecuali kek bhs indo gt krg suka 
			
			
			
				Quote from: Thiravaddhani on 23 February 2009, 09:14:00 PM
Kdg kimia bs kdg gak bs... :( :( :(
Krn waktu kls 1 dasar kimianya w krg bgs  lhe..
Jd wkt kls 2 jd lbh sulit.. 
Cthnya stoikiometri krg bs..
          hkm2 dasar kimia krg bs (dah baca text book sih wkt kls 1 tp hny ngerti dikit2)
 
Sama.. waktu kelas 1 dulu dasar kimia gw jg ga bagus, soalnya yg ngajar kebetulan ngga enak..
tp waktu kelas 2 dan 3 gurunya kebetulan dapet yg enak, akhirnya mulai belajar kimia dengan benar (krn dulu kelas 1 gurunya ga enak belajarnya juga asal2an).. tp bisa kok, walaupun dasar kurang bagus, di kelas 2 dan 3 bisa dapet nilai bagus.. bahkan lama2 dasar yg kurang bisa menjadi lebih bisa.. cuma klo ngerjain soal kimia level spmb cukup byk kesulitan, krn dasar ga kuat.. tp krn belajar lama2 bisa juga kok..
			
 
			
			
				Tolong bantuin diajarin ngerjain soal lha..
Ini soalnya:
1. Suatu cuplikan NaOH sebanyak 0,3gr  dilarutkan ke dlm air dan memerlukan 25 ml larutan asam sulfat 0,1M utk penetralan. Kadar NaOH dalam cuplikan tsb (Mr=40) adalah...
a. 10% b. 30% c. 33,3% d. 66,6%  e. 90%
2. Sebanyak 200 ml larutan HCl mempunyai pH= 2. Untuk menaikkan pHnya mnjd 3, massa NaOH (Mr= 40) padatan yg hrs ditambahkan adalah... (perubahan volume adibat penambahan NaOH tsb diabaikan)
a. 0,040 gr b. 0,036 gr c. 0,072 gr d. 0,080 gr e. 0,020 gr
3. Sebyk 100 mL larutan NaOH mempnyai pH= 12. Volume larutan HCl 0,1M yg hrs dicampurkan agar pH cmpuran tsb mnjd 2 adlh....
a. 11 mL b. 22 mL c. 33 mL d. 44 mL e. 55 mL
4. 100 mL larutan HCL 0,1 M dicampur dgn 150 mL larutan H2SO4 0,1 M. Utk menetralkan campuran larutan asam tsb, volume larutan NaOH 0,1M yg diperlukan adlh...
a. 100 mL b. 150 mL c. 250 mL d. 350 mL e. 400 mL
5. 100 mL larutan HNO3 dgn pH= 0 ditambahkan padatan NaOH samapai pH-nya menjadi 14. Abaikan penambahan volume akibat penambahan NaOH. Massa NaOH (Mr =40) yg ditambahkan adlh...
a. 2gr b. 4 gr c. 8 gr d. 16 gr e. 32 gr
6. 0,48 gr campuran basa NaOH dan KOH dilarutkan dlm air hingga volumenya 100 mL. Kemudian, 10 ml larutan tsb dititrasi dgn larutan HCl 0,5 M dan dibutuhkan 20 mL larutan HCl. Jika Mr NaOH = 40 dan MrKOH = 56, maka massa masing2  basa tsb adlh...
a. 3g dan 1,8 g b. 0,2 g dan 0,28 g c. 1,5 g dan 2,3 g d. 2,4 g dan 2,4 g e. 1,2g dan 3,6 g
Mohon bantuannya...  ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ 
Trims _/\_ 
			
			
			
				Gw jawab 1 aja..
1. Asam sulfat memiliki 2 H+ jadi dengan menggunakan rumus M = n/v maka akan diperoleh 
n = 0.1 x 25 mL = 2.5 mmol x 2 (karena ada 2 atom H) = 5 mmol
Berat Na = 5 x 40 = 200 mg = 0.2 g
% w/w = 0.2 / 0.3 x 100 %= 2/3 x 100 % = 66.67 % w/w
Yang lain.. coba sendiri.. nanti jika ada waktu.. saya periksa.. :D
			
			
			
				Neozep rms berat Na dr mn dtgnya??? 
			
			
			
				Gram = mol x Mr 
			
			
			
				bukannya  n= Ar/Mr  ???
w dah tahu krn td w pikir n= w/Mr
trims jwbnnya  _/\_
			
			
			
				Kimia itu gampang.. yang penting tahu prinsipnya.. yaitu dalam stoikiometri.. harus kuasai mengenai Molaritas, molalitas, mol, volume, dll. Gak sulit koq.. asal dicintai.. waktu UMPTN.. saya sama sekali gak sentuh2 kimia.. buktinya bisa jebol juga UMPTN saat itu.. ayo jangan menyerah.. cintai kimia.. :D
Ar = itu berat unsur, misal : Na = 23, C = 12, O = 16, H = 1dll
Mr = itu berat senyawa, misal : NaOH = 40 => 23 + 16 + 1
mol = W (weight) / Mr => untuk senyawa
mol = W (weight) / Ar => untuk unsur
			
			
			
				Jawaban :
2. HCl--> pH=3 
    HCl + NaOH(s)--> NaCl(aq) + H2O
    200ml 
    (H+)= M.valensi
     10-3= M.1
      M = 10-3
      
      M = W/Mr . 1000/V
      10-3 = W/40 . 1000/V
      W = 0,080 gr 
         :D :D :D :D :D
No.3 gak bs td di skul dah dibahas tp w gak catat, krn waktu mo catat kan dah dihapus  :(
4. HCl --> 100ml , 0,1 M
    H2SO4-->150ml, 0,1M
     Mcam= (10+15)/250 = 0,1M
    V1M1=V2M2   
    250.0,1 = V20,1
         V2= 250 ml  :D :D :D
5. Jawabannya nati aj 
6. Gak bisa T_T 1 kls keknya gak bs 
   
      
			
			
			
				M = n / v => Molaritas
m = W / Mr x 1000 / v => molalitas..
Gw belum periksa jawaban no. 2.. tapi dari penggunaan rumus kayaknya aneh.. 
			
			
			
				apanya yg aneh ???
apa bedanya molaritas sm molalitas?
			
			
			
				Waduh.. 
Pelajari lagi ya Stoikiometri I, kayaknya di Kelas 1 SMA deh.
molalitas adalah : jumlah mol terlarut dalam 1 kilogram pelarut
molaritas adalah : jumlah mol terlarut dalam 1 liter pelarut
1 kilogram pelarut belum tentu sama dengan 1 liter pelarut karena tergantung dari massa jenis dari cairan tersebut. 
Pelajari lagi deh.. Tetapan Avogadro, Normalitas, mol, Molaritas, molalitas..
Banyak tugas yang harus dipelajari neh..
			
			
			
				klo itu sih w tahu 
tp w tahunya 22 namanya molaritas..
Fortune jwb yg no 6 lha.. 
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Ffight.gif&hash=2b799fbc959cbafff2dae3e13cf6984410c9335e)
srh bljr ulang lg buku kls 1 aj dah gak ada...
			
			
			
				Nomer 6.. yakin gak salah ?
Gw belum hitung seh.. cuma aneh aja.. secara visual hanya b yang benar = 0.2 + 0.28 = 0.48 gr
Yang a,c,d,e nilainya 4.8 gr..
Coba cek lagi deh soalnya ^-^
			
			
			
				2. Diket :
200 ml HCl dengan pH = 2 maka M HCl = 0.01 M dijadikan menjadi pH = 3 berarti M HCl = 0.001 M
nHCl awal = 200 ml x 0.01 M = 2 mmol
nHCl akhir = 200 ml x 0.001 M = 0.2 mmol
==================================
n yang bereaksi = 2 - 0.2 = 1.8 mmol
Gram NaOH = 1.8 x 40 = 72 mg = 0.072 gr
3. 100 mL NaOH pH 12 => M = 0.01 M dan M HCl = 0.1 => pH = 1
pH yang diinginkan adalah 2 berarti M HCl yang diinginkan adalah 0.01
mol HCl yang bereaksi dengan NaOH adalah = 0.1V - 0.01 V = 0.09 V
0.09V = 100 x 0.01
0.09V = 1 
V = 1 / 0.09
V = 11,11 mL
4. Wew.. ada pakar kimia baru pake rumus gabungan molaritas.. :-w
HCl 100 mL dengan 0.1 M => 10 mmol
H2SO4 150 mL dengan 0.1 => 30 mmol =15 mmol x 2 (kenapa dikali 2 karena terionisasi menjadi 2 ion H) 
 =======================================
Total = 40 mmol
M NaOH = 0.1 M
0.1 = 40 / V
V = 40 / 0.1
V = 400 mL
5. 100 mL HNO3 dengan pH 0 berarti M = 1 M, ditambahkan NaOH sampai pH 14 berarti menjadi NaOH 1 M
Intinya adalah 100 mL HNO3 1 M akan habis bereaksi semua dengan NaOH
100 x 1 = 100 mmol
Mr NaOH = 40
Gram NaOH = 40 x 100 = 4000 mg = 4 gram
			
			
			
				Thx atas jwbnnya  _/\_
Quote from: Forte on 03 March 2009, 10:10:34 PM
2. Diket :
200 ml HCl dengan pH = 2 maka M HCl = 0.01 M dijadikan menjadi pH = 3 berarti M HCl = 0.001 M
nHCl awal = 200 ml x 0.01 M = 2 mmol
nHCl akhir = 200 ml x 0.001 M = 0.2 mmol
==================================
n yang bereaksi = 2 - 0.2 = 1.8 mmol
Gram NaOH = 1.8 x 40 = 72 mg = 0.072 gr
Neozep knp gak blh pake rms M=W/Mr * 1000/V 
Quote from: Forte on 03 March 2009, 10:10:34 PM
3. 100 mL NaOH pH 12 => M = 0.01 M dan M HCl = 0.1 => pH = 1
pH yang diinginkan adalah 2 berarti M HCl yang diinginkan adalah 0.01
mol HCl yang bereaksi dengan NaOH adalah = 0.1V - 0.01 V = 0.09 V
0.09V = 100 x 0.01
0.09V = 1 
V = 1 / 0.09
V = 11,11 mL
Knp pH yg diinginkan 0,01 ? apa spy setara  :D
Quote from: Forte on 03 March 2009, 10:10:34 PM
4. Wew.. ada pakar kimia baru pake rumus gabungan molaritas.. :-w
   W pake rms gabungan berarti w pakar kimia (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion048.gif&hash=8ba2f32620ed59786ff31adabf5febd40fe70bb7)
 
HCl 100 mL dengan 0.1 M => 10 mmol
H2SO4 150 mL dengan 0.1 => 30 mmol =15 mmol x 2 (kenapa dikali 2 karena terionisasi menjadi 2 ion H) 
 =======================================
Total = 40 mmol
M NaOH = 0.1 M
0.1 = 40 / V
V = 40 / 0.1
V = 400 mL
Knp gak blh pake rms pakar??? trs kok hslnya beda  :-? 
5. 100 mL HNO3 dengan pH 0 berarti M = 1 M, ditambahkan NaOH sampai pH 14 berarti menjadi NaOH 1 M
Intinya adalah 100 mL HNO3 1 M akan habis bereaksi semua dengan NaOH
100 x 1 = 100 mmol
Mr NaOH = 40
Gram NaOH = 40 x 100 = 4000 mg = 4 gram
Thx jwbnnya  _/\_ 
Jd semua yg w jwb slh (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion030.gif&hash=3e01f47b31f4cdc707821e4999092ee958eb28e7)
Ksh tahu cr berpikirnya lha   ^:)^ 
			
				2. Kenapa tidak pakai rumus molalitas, karena tidak ada dari soal yang menanyakan mengenai molalitas.
3. Alasannya gw samakan aja ya dengan no. 2 sekalian. 
Kan di soal 2 dan 3, dibunyikan, akan dibuat pH larutan menjadi ... atau ... 
pH itu adalah hasil dari logaritma bukan (-log 10^n) ?
asam
pH 0 = -log 10^0
pH 1 = -log 10^-1
pH 2 = -log 10^-2
...
basa
pH 12 = -log 10^-2
pH 13 = -log 10^-1
pH 14 = -log 10^0
Datangnya nilai 10^-2 , 10^-1 pada basa setelah dikurangi dengan 14 (nilai konstanta tertinggi kan 14), makanya tidak ada pH 15
Jadi di soal nomer 2 dibunyikan, pH yang diinginkan adalah 3, jadi merupakan pH asam => M = 10^-3 = 0.001 M
dan di soal nomer 3 dibunyikan, pH yang diinginkan adalah 2, jadi merupakan pH asam => M = 10^-2 = 0.01 M
4. Kenapa saya larang pakai molaritas gabungan (btw ini bukan case yang pertama kali, dulu saya ngajar kimia buat anak sekolah juga demen ginian ciptain rumus baru ^-^), karena yang bereaksi itu adalah nilai mol.
Nilai mol yang dibutuhkan .. dipengaruhi oleh faktor ionisasi suatu zat.
asam sulfat, memiliki rumus H2SO4, di mana akan terionisasi menjadi 2H+  dan SO4--
Jadi di sini terlihat bahwa ion H yang dibentuk adalah 2.
Makanya untuk perhitungan Molaritas harus dikali 2
seperti = 150 x 0.1 x 2 = 30 mmol
Dibedakan ya antara MOLARITAS dan NORMALITAS, paling sering salah di sini kalau untuk zat2 yang terionisasi lebih dari 1
M dalam asam sulfat = 1 M 
N dalam asam sulfat = 2 N
karena Normalitas adalah jumlah mol EKIVALEN zat terlarut dalam 1 liter larutan
sedangkan Molaritas adalah jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan
Dari sini dapat dicari hubungan antara molaritas dan normalitas
N = M x valensi
dan valensi pada asam sulfat adalah 2 (ion H nya 2 biji)
N = 2 x M
Mengapa untuk NaOH, KOH, dll tidak bermasalah ?
Karena ionisasi Hidrogen yang terbentuk hanya 1, praktis N = 1 x M => N = M
Mengenai reaksi, jika di soal dibunyikan, dicampur dengan basa pada larutan asam, atau dicampur asam pada larutan basa, maka yang terjadi adalah reaksi asam basa. Dan perlu dicari tahu bahwa apa yang diminta di soal.
Ada Soal yang memberikan nilai konsentrasi awal, dan akhir, lalu menanyakan berapa zat yang harus ditambahkan untuk membentuk konsentrasi akhir (contoh soal 2,3). Maka yang harus dihitung adalah JUMLAH MOL yang bereaksi
Itulah cara berpikirnya
			
			
			
				Klo dlm (H+) Molaritas ato molalitas
kok bs tahu?
Kimia susah =_=" lbh gampang fisika(sedikit lbh gampang), biologi, mate.
Kimia susah krn objeknya abstrak. Wkt ngerjain soal gak bs bygin kek mana 
Fisika lbh gmpng dkt krn objekny nyata., Jd wkt ngerjain soal bs dibygin 
Biologi gmpng krn aplikasi dlm kehidupan sehr2 dkt skl
Mate gmpng krn klo bs ngerjain soalny jd kek main game  ;D
Klo mo mencintai kimia susah krn dr awal kurang suka kimia (cinta gak bs dipaksakan  ^-^ ^-^ ^-^ )
Klo suatu pelajaran bs enak.(jd smngt bljrny \(^0^)/)
   
			
			
			
				Kalau molaritas itu kadar dalam sekian liter zat, sedangkan molalitas dalam sekian gram zat.
 [at] Thira et Forte: kalau gw uda ada alasan baru biar semangat belajarnya... saking semangatnya ampe nambah 2 jam buat belajar setiap harinya dan rasanya pengen belajar terus ^-^
			
			
			
				Dalam H, kalau biasanya pasti Molaritas, kan ini rumusnya.
pH = -log 10^M [H+]
Gw senengnya dulu Kimia n Biologi makanya menonjol di kelas, kalau Mathe n Fisika bisa seh bisa, cuma ada yang lebih pinter lagi di banding gw dalam soal itu.. 
Kimia itu susahnya mungkin karena pelajarannya berantai, beda ama Fisika. Fisika kalau misal lagi belajar listrik, ya hubungannya ama ohm, volt, ampere doank. Gak ada GLBB, GLB, gerak yang lainnya dan hukum2 newton. Jadi 1 bab ya cukup pelajari 1 bab itu doank. Kalau kimia, lagi belajar stoikiometri, harus kuasai dulu unsur, kation anion, yang ada pada bab sebelumnya.
Biologi juga abstrak koq, misal belajar sistem saraf, sistem pernafasan, dll. Biasanya banyak yang gak suka karena banyak nama latin, apalagi belajar yang ada taxonominya. Tapi ajaib, pas ujian sistem reproduksi, guru sampe pada nyindir ke cowok2.. Nilai yang biasa jeblok.. bisa tinggi.. ^-^
Kalau gw emang suka dari dulu ya.. Tiap kali ada pelajaran Kimia / Biologi, hari itu bawaannya happy, dan bangun lebih pagi.. pengen cepat2 masuk sekolah.. 
 [at]  Wei 
Boleh dishare tuh tipsnya..
			
			
			
				Ada yang mendorong gw biar semangat belajar koq, jadi semangat beneran ;D
			
			
			
				sapa sapa mr? :D :D :D
pacarnya ya? :D :D :D
mrnya dah punya pacar yaaa, suitt suitttt :whistle: :whistle: :whistle:
selamat tuk superman kitaa <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P
Thira lebih ngerti kimia dari wnya lhoo ;D ;D ;D
w gak ngerti2....T_T
sapa yang bersedia ngajar wnya dari awal angkat tangannnnn? :D :D :D
			
			
			
				w jg gak bs kok T_T
Ujian 20 soal bnr 8 (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2F128fs81179.gif&hash=656e84def39e15f090430511b138ba9b9476003c)
Hrs bljr kimia dr awal nih..
mo perbaiki fondasiny (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion021.gif&hash=52bb0a0edf823563e311f7e08679d9f42447a682)
mo gak mau hrs tuh klo gak ntar wkt kls 3 pyh tuh
Bljr memang smngt klo ada motivasi..
Skrg pel yg ditunggu2 hny agama 
klo wkt kls 3 hmpr semua disukai krn guruny enak2 lhe ngajarny...
Klo wkt kls 3 smgt kali bljrny krn waliklsny buat urutan klo yg byk mrhny warnany mrh klo sdg kuning klo 1,2 mrhny wrn hijau.
W klo gak slh ingat dpt 2x kuning ato 1x kuning setrsny hijau  :>- :>- :>-
Wkt smstr hny kimia yg merah krn ujian blnan ada yg 0 lhe jd smstr terpengaruh  :'( :'( :'( :'( 
Br 1x selama smstr 1 mrh  :( :( :(
Jd skrg hrs ujian blnan ny bgs2 biar smstr gak ada yg mrh (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion015.gif&hash=af8a44d7239f85342f184a4fbd9bb8e540b207e9)
			
			
			
				Pinjam aja bukunya ama adek kelas.. buat belajar
Sayang gw gak ada bukunya lagi.. semuanya di pekanbaru..
Jadi apa yang gw terangkan pun hanya seingat gw aja.. 
Sebenarnya kalau gw dulu, ulangan itu sengaja ditinggikan supaya pas ujian belajarnya lebih santai.. 
			
			
			
				maksudnya??? apa yg ditinggikan  :D :D :D
bs leherny biar bs lht kanan kiri  ;D ato apa  :D :D :D
Pinjam ama adk kls krg berani walau ada yg dikenal 
W rencanany mo pinjm buku perpus..
Buku yg dipinjam kk fortune penerbitny apa ?  :D :D :D
kr2 tahun brp terbitny? Mn tahu ada di perpus lhe kan bs pinjm.. 
 
			
			
			
				Wah.. beda kali ya kurikulum sekarang dengan dulu.
Namun untuk Kimia SMU, yang saya ingat dulu Penerbitnya Erlangga, 
Pengarang : Michael Purba.
Kalau segan ama teman, pinjam ama saudara aja.. sapa tau ada.. 
			
			
			
				Ada situs bagus juga ternyata..
http://www.chem-is-try.org/index.php?sect=belajar
Saya lihat cukup komplet.. buat kuliah yang ribet juga ada.. 
Bagus juga buat nostalgia.. :))
			
			
			
				akemi-channnnn, makasih linknya yaaa\ ;D /\ ;D /\ ;D /
tapi ntar klo w sempet dan bisa w coba blajar dari sanaaa ;D ;D ;D
saat ini blum bisa soalnya mo ringkas PPKN nih...T_T
			
			
			
				U can call me : Forute-sama (Lord Forte) =))
			
			
			
				Quote from: Forte on 09 March 2009, 08:47:41 PM
U can call me : Forute-sama (Lord Forte) =))
gak mauT_T
bagusan akemi ajaa :D :D :D
fortik, fortik kan suka kimia kan? :D :D :D
akemi aja lhoo... ^-^ ^-^ ^-^
mo gak, mo gak? :D :D :D
mirip alchemist lhooo ^-^ ^-^ ^-^ walaupun itu nama cewe =)) =)) =)) 
			
 
			
			
				Quote from: Forte on 09 March 2009, 07:31:36 PM
Ada situs bagus juga ternyata..
http://www.chem-is-try.org/index.php?sect=belajar
Saya lihat cukup komplet.. buat kuliah yang ribet juga ada.. 
Bagus juga buat nostalgia.. :))
Web ini juga direkomendasiin sama guru kimia gw.
Quote from: Citta Devi on 09 March 2009, 02:20:18 PM
sapa sapa mr? :D :D :D
pacarnya ya? :D :D :D
mrnya dah punya pacar yaaa, suitt suitttt :whistle: :whistle: :whistle:
selamat tuk superman kitaa <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P
Bukan :-w, bukan itu :-w
			
 
			
			
				chemistry = ケミストリ (kemisutori)
alchemist = れんきんじゅつ / 錬金術 (renkinjutsu) jadi ingat hagane no renkinjutsushi (fullmetal alchemist) :))
akemi =  ?? 
btw.. OOT neh.. :-w
			
			
			
				W panggil akemi-sensei aj y  :D :D :D :D
Sensei  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
linknya w dah pernah baca, tapi kebanyakan teori jd bosen bacanya T_T
waktu itu w baca dr sejarahnya sampe stoikiometri udh itu gak mo baca lg T_T gak ada yg w dapat lhe...
Td kimia ngerjain soal yg larutan buffer w ama citta bisa lho :>- :>- :>-
Klo bljr yg kek gitu (tak berhubungan dgn kls 1 SMA) bisa. 
Klo kyk yg larutan asam basa itu berhubungan dgn kls 1 gak bisa gak ngerti dr awal lhe..
Jd tinggal ulang pelajaran kls 1 aj 
 [at]  Mr 
Quote from: Citta Devi on 09 March 2009, 02:20:18 PM
sapa sapa mr? :D :D :D
pacarnya ya? :D :D :D
mrnya dah punya pacar yaaa, suitt suitttt :whistle: :whistle: :whistle:
selamat tuk superman kitaa <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P
Bukan :-w, bukan itu :-w
[/quote]
Jd apa klo bukan itu apa Mr?  :D :D :D :D :D
Kasih tahu lha  :D :D :D :D :D :D
			
				kan udah dibilang.. panggil aja Forute-sama =))
Larutan buffer itu juga masih ada kaitan ama acid-base.. jadi harus kuasai juga asam basa di kelas 1
Kalau gak salah bentar lagi masuk hidrokarbon, dkk.. siap2 deh dengan penamaan rantai karbon ^-^
 
			
			
			
				Tadi Mr. Wei ada sms untuk menanyakan Ikatan Kovalen Polar dan Kovalen Non Polar.
Ikatan Kovalen Polar itu biasanya bentuknya asimetris dan adanya perbedaan keelektronegatifan yang gaya tarik menarik antara pasangan elektron yang berikatan menuju ke kutub tertentu makanya disebut ikatan kovalen polar
Ikatan Kovalen Non Polar terbalik dari di atas, bentuknya simetris, karena perbedaan keelektronegatifan yang terjadi saling meniadakan. Hal ini disebabkan karena pasangan elektron yang saling berikatan sama kuat menariknya.
Contoh yang mudah dipahami
Karbon Tetraklorida merupakan senyawa karbon yang sifatnya non polar, sedangkan Kloroform merupakan senyawa karbon yang sifatnya lebih polar dibanding Karbon Tetraklorida.
Mengapa demikian ?
Karbon Tetraklorida / CCl4
    Cl
    |
Cl-C-Cl
    |
   Cl
Dari sini dapat dilihat adanya gaya tarik menarik yang berimbang antara C-Cl yang saling meniadakan, sehingga menyebabkan bentuknya simetris dan non polar
Kloroform / HCl3
    H
    |
Cl-C-Cl
    |
   Cl
Adanya Hidrogen di dalam senyawa ini menyebabkan gaya tarik menarik yang terjadi tidak lagi seimbang, dan bentuknya juga asimetris.
			
			
			
				Thx sensei atas penjelasan yg di atas...
sensei ada soal yg gak bisa nih
1. Berapa ml larutan NaOH 0,1 M dan larutan asan asetat. Masing-masing diperlukan untuk membuat 100 ml larutan penyangga dengan pH=5.(Ka = 10-5)
2. Berapa ml larutan Natrium Hidroksida 0,1M harus ditambahkan ke dlm 100 ml larutan asam asetat 0,1M untuk membuat larutan penyangga dengan pH = 5 
3. Berapa ml asam asetat 0,1M hrs ditambahkan ke dlm 200 ml larutan Natrium asetat (CH3COON) 0,1M utk membuat larutan buffer dengan pH=5.
yg no 1 gak bisa sensei ...
no 2 & 3 benar gak  :D :D :D 
2. NaOH + CH3COOH --> CH3COONa +H2O
   0,1M*x    100ml*0,1M
   (H+) = 10-5 * 0,1X/10
   10-5 = 10-6*0,1X
   X = 102 = 100 ml 
3. CH3COOH + CH3COONa 
    0,1M*Xml     100ml*0,1M 
     10-5 = 10-5* 0,1X/20mmol
     20 = 0,1X 
      X = 200ml ---> keknya slh y  :-?
               
			
			
			
				Sensei, ntar hr senin ujian kimia ttg stoikiometri klo sempat ajarin ya sensei..
senin depannya lg ujian lg ttg larutan penyangga, hidrolisis, kelarutan.
Yg di atas gak ush jwb lg sensei dah dibahas di skul..
yg benar cm no 3  :( :( :( 
Target w ujian nanti gak merah krn ujian bulanan I dah merah (*0*)
klo gak nanti Semester pasti merah lg.... 
			
			
			
				wew.. gw juga mau ujian neh.. :))
			
			
			
				Sensei ujian ada ujian apa T_T
Sensei kan dah tamat  :D :D :D :D
Sensei, rupanya hidrokarbon dah dipelajari wkt kls 1 SMA 
yg alkena, alkuna, pentana itu kan  :D :D :D
itu w jg bisa lho sensei...
 
W bljr sendiri aja lho sensei ..
 
			
			
			
				susah2 belajar
deketin aja gurunya...
			
			
			
				Quote from: Thiravaddhani on 22 March 2009, 01:56:42 PM
Sensei ujian ada ujian apa T_T
Sensei kan dah tamat  :D :D :D :D
Sensei, rupanya hidrokarbon dah dipelajari wkt kls 1 SMA 
yg alkena, alkuna, pentana itu kan  :D :D :D
itu w jg bisa lho sensei...
 
W bljr sendiri aja lho sensei ..
 
Ujian Sertifikasi..
Baguslah kalau udah bisa.. :D
Wah.. dipelajari pas kelas 1 ya..
			
 
			
			
				Quote from: andry on 22 March 2009, 02:39:19 PM
susah2 belajar
deketin aja gurunya...
ide bgs tuhh   ^-^ ^-^ ^-^ 
deketin gurunya minta ilmunya, pinjam bukunya  ;D ;D ;D
kemungkinan gurunya ada buku erlangga zaman doeloe  ;D ;D ;D
			
 
			
			
				pertanyaan dari wnyaa ;D ;D ;D :
Jelasin ke wnya tentang hukum dasar kimiaaa \;D/\;D/\;D/\;D/\;D/ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
[at]bawahV
mo nanya apa yaa? :-? :-? :-?
coba kyk gini aja deh...
anggap wnya gak tau apa2...(memang gak tauu :)) :)) :)) )
ecek2nya akemi-chan mo ngenalin wnya pada pacarnyaa (si kimia :)) ) jadi kenalkan pacarnya akemi-chan pada wnyaa\;D/\;D/\;D/ 
dikenalin si kimia sama wnya agar kami2nya lebih dekat gituu \;D/\;D/\;D/
dengan mencoba utk mengenal si kimia dulu lama2 wnya jadi senang sama si kimia, lalu jadi ngertiin dianya dehhh \;D/\;D/\;D/
ibarat tak kenal maka tak sayang gitu... :P :P :P
			
			
			
				Hukum Dasar Kimia apaan cit.. :))
Bingung aye jawabnya.. 
Gini deh.. tulis aja silabus kimianya.. nanti kita bahas sama2 deh..
			
			
			
				Quote from: Citta Devi on 08 April 2009, 08:09:19 PM
pertanyaan dari wnyaa ;D ;D ;D :
Jelasin ke wnya tentang hukum dasar kimiaaa \;D/\;D/\;D/\;D/\;D/ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
[at]bawahV
mo nanya apa yaa? :-? :-? :-?
coba kyk gini aja deh...
anggap wnya gak tau apa2...(memang gak tauu :)) :)) :)) )
ecek2nya akemi-chan mo ngenalin wnya pada pacarnyaa (si kimia :)) ) jadi kenalkan pacarnya akemi-chan pada wnyaa\;D/\;D/\;D/ 
dikenalin si kimia sama wnya agar kami2nya lebih dekat gituu \;D/\;D/\;D/
dengan mencoba utk mengenal si kimia dulu lama2 wnya jadi senang sama si kimia, lalu jadi ngertiin dianya dehhh \;D/\;D/\;D/
ibarat tak kenal maka tak sayang gitu... :P :P :P
cara mengenalkannya, anggap aja kayak mengenalkan pacar sama ortuu :)) :)) :))
kebaikan2nya...
karakteristiknya...
sifat2nya...
dsb.... \;D/\;D/\;D/\;D/
\;D/\;D/\;D/sudah boleh dimulaiiii perkenalannyaaa \;D/\;D/\;D/\:D/\:D/\:D/
			 
			
			
				Sensei, serahkan pacarnya pada kami  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
Mungkin maksud Citta Hkm dsr kimia kek --> Hkm perbandingan masa, hkm Lavoisier, dkk
Ini pertanyaan wny sensei:
- Berapa ion Ca2+ dan ion Cl- terdpt dlm 10 g kalsium klorida (CaCl2)?
- Hitung presentase massa tiap2 unsur dlm senyawa:
  a. etanol, C2H5OH 
  b. kalsium karbonat CaCO3
  c. Kalium dikromat, K2Cr2O7
Itu dulu aj sensei
Makasih sensei  _/\_
Thira
			
			
			
				baca ini ya..
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia_sma1/kelas-1/hitungan-kimia/
			
			
			
				Tepat sasaran sensei (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion059.gif&hash=453d12bad9dae41040e9bb47bb5bdfe6ff48737a)
yg no 1 lhe sensei :D :D :D
yg no 1 ttg tetapan avogrado 
			
			
			
				makanya situs itu udah lengkap kan..
kalau semua saya yang kerjain.. kapan belajarnya :-w
			
			
			
				wewwww 
udh bljr sensei
makanya w nanya sensei
w lg ulangin pel kls 1 SMA, udh bljr sampe rumus molekul & empiris pas disitu nyangkut yg no 1 gak bs jd nanya sensei lho T_T
			
			
			
				oh.. ok2.. tapi belajar dari webnya juga ya..
kalau gak ngerti.. baru tanya.. kalau bisa sebelum tanya, bikin dulu jawabannya
			
			
			
				iya.. klo soalnya bisa w jawab ;D ;D ;D 
Klo gak bs w jawab ya w nanya sensei  
Ada soal lagi sensei..
yg gak bs w jwb dulu y
1. Suatu larutan mengandung PbSO4 jenuh dengan hsl kali kelarutan sebesar
   1,2x10-10mol/liter.Jika larutan itu diencerkan 100 kali maka kelarutan PbSO4 adalah...
   a. 1,2x10-10 mol/ liter
   b. 1,1x10-12mol/liter
   c. 1,1x10-5mol/liter
   d. 1,2x10-7mol/liter
   e. 1,2x10-8mol/liter
ini aj sensei yg w gak bs
yg lain yg w bisa ntar aja postnya y sensei 
			
			
			
				fortfortforttttt, help meeee>/\<""""
wnya dah tes buat, tapi jwbnnya gak ada dlm pilgannya....T__T"""""""""""
33. Kelarutan Mg(OH)2 dalam air sebesar 5 X 10-3 mol/liter. Maka   larutan jenuh Mg(OH)2 dalam air mempunyai pH sebesar....
a. 3,5
b. 9,2
c. 10,5
d. 11,0
e. 12,0                                
cara yg wnya buat:
Ksp Mg(OH)2= 5 X 10-3     pH Mg(OH)2=  ?
Ksp Mg(OH)2= (Mg2+)(OH-)2
     5 X 10-3 = (x) (2x)2 
     5 X 10-3 = 4x3
                           ____________
               x = __3 /                   '   <<= akarnya keren kann 8) 8) 8)
                       \/   5/4 X 10-3
                           ______________
                 = __3 /                     '
                       \/   1,25 X 10-3
                                ___________
                 = 10-1__3 /                    '
                            \/   1,25 X 10-3
                 = 5 X 10-1 X 10-2/3
                 = 5 X 10-5/3
Mg(OH)2 <==> Mg2+ + 2 OH-
5 X 10-5/3        10 X 10-5/3 = 10-2/3
                             (OH-) = 10 -2/3
                             pOH = 2/3
                               pH = 14 - 2/3 = 40/3 = 13,33 <<<=(hasilnya gak ada kann... - o -"""")
sama soal no. 34, dah betul blum V , rada binggung waktu itu kerjainnya....T_T?"" :
                                             V
Suatu larutan yang mengandung larutan Pb(NO3)2 masing-masing 0,01 M, ditambah larutan NaOH sehingga pH = 8. Diketahui data Ksp sebagai berikut:
                     Ksp = Pb(OH)2 = 2,8 X 10-16 
                     Ksp = Mn(OH)2 = 4,5 X 10-14
                     Ksp = Zn(OH)2 = 4,5 X 10-17
Maka hidroksida yg mengendap adalah ....
a. Mn(OH)2     c. Pb(OH)2 dan Mn(OH)2     e. Zn(OH)2 dan Mn(OH)2
b. Zn(OH)2     d. Zn(OH)2 dan Pb(OH)2
Jawaban wnya:
Pb(NO3)2   +   NaOH                    Ksp Pb(OH)2 = 2,8 X 10-16 
   0,01 M                                                        pH= 8 -> pOH = 6 -> (OH-)  = 10-6                   
MPb(OH)2 = 0,01 = 10-2
yg rada bingung dari sini nih...
Pb(OH)2 --> Pb2+ + 2 OH-
  10-2<<= nihh yg ini \;D/\;D/                     10-6
kk dah mo make komp...
gak bisa pjg2...
pokoknya jwbnnya wnya dapat D \;D/\;D/\;D/ bener gakkk? :D :D :D ;D ;D ;D
w dah bisa ngerjain kimia dikit2 lhoo fortttfortt(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion049.gif&hash=3f39ad32fd4adb6bb4fdbd3fd263e902cc03f212) \;D/\;D/\;D/\;D/\;D/
kdg2 rada2 ada yg bingung juga sih... :P :P :P :P
tapi dah bisa kerjain latihannya aja dah senengg...(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion059.gif&hash=453d12bad9dae41040e9bb47bb5bdfe6ff48737a)
waktu pel. kimia jadi gak terlalu sulit melewati harinyaa(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion059.gif&hash=453d12bad9dae41040e9bb47bb5bdfe6ff48737a)
tapi ujian tetep aja merahh(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.pic4ever.com%2Fimages%2Fonion030.gif&hash=3e01f47b31f4cdc707821e4999092ee958eb28e7)
yg soal thira yg di atas punya jwbn wnya:
PbSO4 <==> Pb2+  + SO42-
wnya pake rumus pengenceran ituu 8) 8) 8) 8)
V1M1 = V2 M2
tapi M1 , sama M2nya, wnya ubah, jadi Ksp 1 dan Ksp 2
        V1Ksp1 = V2 Ksp2
        V1  *   1,2 X 10-10    = 100 V1 Ksp2
                      Ksp2         = 1,2 X 10-12 mol/l
jawabannya gak ada
ato jawaban wnya yg salah? :?? :?? :??
			
			
			
				Sensei tolong jawabin soal ini lha :
1. Sebanyak 28 gr basa lemah (MOH) dilarutkan dalam 750 ml dan menyebabkan titik didih air naik sebesar 0,64oC jika MrMOH = 35 Tentukan  
    persentase MOH yang terurai.
2. Diketahui 5,6gr senyawa non elektrolit dilarutkan dlm air hingga volume larutan mnjd 3L jika pd suhu 25oC larutan tsb memiliki tekanan 
   osmotik 1,14 atm. Tentukanlah Mr senyawa tsb.
3. Larutan glukosa mempunyai titik beku -0,372oC massa jenis larutan 1,1 gr/ml. Tentukan tekanan osmotik tsb pd suhu 27oC.
4. Larutan glukosa titik beku -2,4oC Tentukan %massa glukosa dalam larutan tsb.
5. Sejumlah gula Mr= 342, dilarutkan dlm 100 ml air panas larutan gula tsb membeku pd suhu -0,93oC Tentukan jlh gula yg dilarutkan 
6. Koroform digunakan sbg obat bius utk hewan prcobaan jika 35 gr senyawa tsb dilarutkan dlm 500 gr benzena, titik didih benzena 80,1oC 
    KbBenzena= 352oC/m Tentukan titik didih kloroform dlm Benzena jika MrBenzena=119
7. Larutan glukosa sebyk 500 ml mempunyai tekanan uap jenuh larutan pd suhu 25oC sebsr 21,38mmHg Tekanan uap murni pd suhu tsb
   3,75mmHg. Tentukan titik didih larutan glukosa tsb.
8. Tekanan uap pelarut murni CS2 (karbon disulfida) pd suhu 50oC sebesar 854mmHg jika 64 gr belerang dilarutkan dlm 380gr 
    CS2 Tentukan tekanan uap larutan belerang dlm pelarut CS2. Tentukan pula penurunan tekanan uapnya 
9. Tekanan uap air pd suhu 25oC adalah 23,76mmHg jika pd suhu yg sm ke dalm 900 ml air tsb ditambahkan urea tekanan uap larutan mnjd 
    22,84 mmHg. Tentukan : a. penurunan tekanan uap larutan      b. fraksi mol urea c. % massa urea 
10. Diketahui 153,6 gr zat X dilarutkan dlm 1L air menghslkan Plarutan16,62 mmHg. Pd suhu 20oC jika Tekanan uap jenuh 
     pelarut murni air pd suhu tsb 17,54 mmHg . Tentukan Mr X.
Minta soal jg lha sensei  ;D
Thankss ya senseiii  ^:)^ ^:)^ ^:)^
			
			
			
				baru pulang.. dan baca no. 1 kayaknya kurang lengkap deh.. yaitu tetapan kenaikan titik didih gak dikasih :-w
Tapi tetap gw usahakan jawab ya..
Ket : dTb = delta Tb (karena gw gak tau cara bikin lambang delta (selisih) di sini)
dTb =  m . kTb . i
di mana
dTb = selisih titik didih
kTb = tetapan / konstanta titik didih
m = molalitas
i = faktor Van Hoff
di soal dibunyikan basa lemah, maka faktor Van Hoff nya adalah
i = { 1 + (n-1)a }
di mana 
a adalah alfa (derajat ionisasi => ini yang penting untuk menghitung persentase penguraian)
n = koefisien kation dan anion
Jadi rumusnya adalah (rumus molalitas gw anggap udah tahu.. kalau gak tahu juga.. ntar gw jitak >:D )
dTb = kTb . m . { 1 + (n-1).a }
0.64 = kTb . (28/35 x 1000/750) . { 1 + (2-1)a }
silakan diselesaikan.. ;D
			
			
			
				2. Sebelumnya harus tahu dulu rumus tekanan osmotik
phi =  M x R x T
di mana 
phi = tekanan osmotik (atm)
M = Molaritas (ini kalau gak tahu rumus juga gw getok >:D )
R = tetapan gas (0.082 kalau gak salah)
T = suhu (Kelvin, bukan Kevin anak ce Lily ya :)) )
Jadi hasilnya
1.14 = (5.6/Mr)/3 x 0.082 x (273+25)
Hitung lagi ya..
			
			
			
				3. Ini gampang.. gabungan dari rumus no 1 dan no 2
Larutan glukosa, berarti larutan glukosa dalam air, maka yang berperan sebagai pelarut adalah air, dan yang menjadi kekurangan soal, gw gak hafal Kf air
NB : b = boil, f = freeze (titik didih dan titik beku)
dTf = kTf x m 
m = 0.372 / kTf
Misal di dapat nilai m adalah sebesar X
karena X adalah molalitas, kembali ke pengertian molalitas adalah jumlah mol yang terlarut di dalam 1000 gr pelarut
maka dapat diambil kesimpulan, X adalah jumlah x mol yang terlarut di dalam 1000 gr pelarut (air)
dari x mol ini, untuk mengetahui beratnya maka kita membutuhkan Mr Glucose (C6H12O6), kalau ini aku masih hafal yaitu 180 :)) 
Jadi Gr Glucose = x . 180 = 180x
Dan Gr pelarut = 1000 + 180x
Untuk mencari volume larutan, kita menggunakan rumus rho = m / V
V = massa  / rho
V = (1000 + 180x)/1.1
V = anggap di dapat nilai V adalah Y
Selesai urusan kita dengan titik beku.. selanjutnya melangkah ke rumus tekanan osmotik
phi = M x R x T 
phi = x/Y x 0.082 x (273+27)
Gampang kan.. :)
 
No. 4 dan seterusnya adalah varian soal.. selamat mengerjakan.. Inti rumusnya udah tahu bukan
dTf atau dTb = kTf atau kTb x molalitas x Faktor Van Hoff
phi = M x R x T
			
			
			
				1. H2S dapat dioksidasi oleh KMnO4 menghasilkan, antara lain K2SO4 dan KMnO2. Dlm reaksi ini jlh elektron yg dilepaskan oleh setiap mol H2S adalah....
a. 2 mol b. 4 mol c. 8 mol d. 5 mol e. 7 mol 
2. Dik: reaksi redoks berikut ini:
    Cr2O72- + aH+ +bNO2- --> cCr3+ +dNO3- + eH2O
   Harga a,b,c,d,e berturut2 adlh....
a. 3,6,2,6,dan 3  b. 1,5,2,5,dan1  c. 8,3,2,3, dan 4  d. 3,4,2,4,dan 3  e. 8,3,2,3, dan 5
			
			
			
				3. Natrium tiosulfat direaksikan dgn gas klorin sesuai dgn pers, reaksi: S2O32- + 4Cl2 + 5 H2O --> 2 HSO4- + 8 H+ + 8Cl-. Bykny mol elektron yg dilepaskan tiap mol tiosulfat adlh....
a. 1 b. 2 c. 4 d. 6 e. 8
4. Jlh elektron yg terlibat dlm reaksi redoks 3As + 5NO3- + 4 OH- --> AsO43- + 5NO + 2H2O adlh ....
a. 3 b. 5 c. 9 d. 12 e. 15
5. Jika Kalium (KClO3) dipanaskan mengalami disproporsionasi mnjd KClO4 dan KCl. Bykny KClO4 yg dihslkn jika 0,1 mol KClO3 dipanaskan adlh...
a. 0,1 mol b. 0,080 mol c. 0,075 mol d. 0,060 mol e. 0,05 mol  
			
			
			
				1. H2S + KMnO4 => K2SO4 + KMnO2
Salah soal, saya rasa bukan KMnO2 tapi MnO2 kali.. :))
ini yang benar
3 H2S + 8 KMnO4 = 3 K2SO4 + 2 H2O + 8 MnO2 + 2 KOH
2. Cr2O72- + 8 H+ + 3 NO2- = 2 Cr3+ + 3 NO3- + 4 H2O
3. S2O32- + 4 Cl2 + 5 H2O = 2 HSO4- + 8 H+ + 8 Cl-
4. 3 As + 5 NO3- + 4 OH- = 3 AsO43- + 5 NO + 2 H2O
5. 4 KClO3 = 3 KClO4 + KCl
 3/4 x 0.1 mol  = 0.075
gampang kan.. :D
hayo.. jangan malas belajar kimia.. \:D/
			
			
			
				Buseeett.... :hammer: :hammer:
terakhir belajar ginian 10thn yg lalu :'(
forte, jgn lupa ya ulangan kimia mgg dpn, Elin duduk sblh forte aja deh. Elin bersedia hapusin coret2an turunan rumus yg salah kok. Hehehe sekalian liat jwban nya forte jg ya ;D wakakakak
			
			
			
				Sensei wo bu ming bai -0-
Quote from: Forte on 07 October 2009, 09:23:03 PM
1. H2S + KMnO4 => K2SO4 + KMnO2
Salah soal, saya rasa bukan KMnO2 tapi MnO2 kali.. :))
ini yang benar
3 H2S + 8 KMnO4 = 3 K2SO4 + 2 H2O + 8 MnO2 + 2 KOH
 Jawabanny 3 me sensei ??? ato 8? <= menurut perkiraan w  ;D
2. Cr2O72- + 8 H+ + 3 NO2- = 2 Cr3+ + 3 NO3- + 4 H2O
 yg w gak ngerti kan sensei H+ datang dr mn kok bs 8??? di bucek blg tambahkan H+ pd ruas kiri, jika muatan ruas kiri lbh kcl drpd ruas kanan  => maksudny muatan ruas kiri lbh kcl apa sensei? muatanny yg mana?
3. S2O32- + 4 Cl2 + 5 H2O = 2 HSO4- + 8 H+ + 8 Cl-
 jwbnny 1 me? 
4. 3 As + 5 NO3- + 4 OH- = 3 AsO43- + 5 NO + 2 H2O
      0        +5  -2     -2 +1   +5 -2  +2 -2 +1 -2
jawabny 5 y sensei krn elektron yg terlibat yg ada 5 aj di pilihan.. Baru kepikiran  :P
5. 4 KClO3 = 3 KClO4 + KCl
 3/4 x 0.1 mol  = 0.075
 drmn dpt 4KClO3--> 3 KClO4 + KCl  sensei?
gampang kan.. :D
hayo.. jangan malas belajar kimia.. \:D/
G mls kokk T0T
udh mulai rajin bljr kimia :>-
Quote from: Elin on 08 October 2009, 12:27:40 AM
Buseeett.... :hammer: :hammer:
terakhir belajar ginian 10thn yg lalu :'(
forte, jgn lupa ya ulangan kimia mgg dpn, Elin duduk sblh forte aja deh. Elin bersedia hapusin coret2an turunan rumus yg salah kok. Hehehe sekalian liat jwban nya forte jg ya ;D wakakakak
10 thn yg lalu  :o :o :o udh lm kali tuh...
			
				sama.. gw juga belajar persamaan gini 10 tahun yang lalu..
ini pelajaran stoikiometri kan.. sebenarnya seh gak sulit..
1. menurut gw seh 3 mol H2S ya
2. H nya bisa 8 biar setara dengan jumlah H pada 4H2O
duh kalau mengenai teori cara menyamakannya udah lupa seh.. gw hanya pake visual..
lihat reaksinya.. terus langsung feeling ngisi nya :))
5. disamakan dulu reaksinya kan dibilang KClO3 dipanaskan menjadi KClO4 dan KCl