2 hari yg lalu ada seorang bhikkhu datang memberi saya sebuah kartu gambar buddha.
dia berkata "a mi to fo".
memakai jubah kuning, sepatu shaolin, topi petani.
saya mengambil kartu itu dan meletakkannya di meja.
saya cuma berkata "terima kasih"
kemudian dia berkata "sum-ba-ngan" sambil menunjukkan sebuah photo.
di photo itu ada gambar bangunan yg belum siap.
kemudian saya berkata "tidak".
kelihatannya dia kecewa, saya tidak mau menyumbang.
dia memperlihatkan buku jumlah2 sumbangan.
saya cuekin saja, karena bagi saya ia mengganggu saya.
kemudian ia pergi, & tidak lupa ia mengambil kembali kartu buddha tsb...
wtf, emgnya sangha jualan kartu dragon ball... eh kartu buddha?
(ini kejadian kedua kali di kota saya... :( sungguh memalukan sangha...)
namaste suvatthi hotu
gak usah dilayani aja
begitulah nyatanya
Thuti
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
Quote
sum-ba-ngan
apaan tuh, jurus kungfu shaolin ya :))
yup, sepertinya ia seolah tidak bisa bahasa indonesia kecuali "sum-ba-ngan"
blon tentu sangha beneran...
kalo di sini modus operandinya, sekawanan pemuda dari thailand yg udah pengalaman pabajja, nginep di hotel murah share kamar rame2. gundul. pagi keluar pake jubah bhante minta sumbangan, sore pulang, ngitung sumbangan, trus ganti jubah dengan baju biasa, malemnya dugem atau ngopi2...
ada juga yg dari china, versi lainnya...
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
setuju dengan bro morpheus (kayak the matrix-nya, ngomong2 NEO nya kemana?)
bisa jd, ada oknum tertentu yang menyamar untuk tujuan menjelek-jelekan, ato bisa tujuan lain?
lebih baik jangan dech, dosa-nya berkali kali lipat loh,
klu belum siap, jangan pake jubah kuning...
klu biasa-nya, gw disamper-in ama tuh orang, gw cuma pesan : "hati2 ya, sekarang neraka sudah buka cabang dimana-mana loh" :P
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.
Quote from: morpheus on 18 February 2009, 11:15:54 AM
blon tentu sangha beneran...
kalo di sini modus operandinya, sekawanan pemuda dari thailand yg udah pengalaman pabajja, nginep di hotel murah share kamar rame2. gundul. pagi keluar pake jubah bhante minta sumbangan, sore pulang, ngitung sumbangan, trus ganti jubah dengan baju biasa, malemnya dugem atau ngopi2...
ada juga yg dari china, versi lainnya...
another thought:
saya berpikir mereka seharusnya diusut, namun...
apakah yg dilakukan oleh mereka adalah perbuatan yg "salah"?
jubah kuning & kepala botak tidak dipatenkan oleh sangha.
shg orang awam bisa saja berpenampilan seperti itu & orang lain lah yg berprasangka mereka bhikkhu, padahal mereka sendiri tidak mengaku.
hmmm...
bagaimana membedakan bhikkhu dg yg bukan bhikkhu yach?
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 11:42:47 AM
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.
mantap bro... =))
salut dg keberanian bro ^:)^
di Tng kok gak pernah ketemu ya :-?
Fenomena ini ga cuman di Indoensia aja kok, lebih parah di Malaysia,mereka berani untuk pindapata keliling,di Singapore juga sama.
pindapatta itu kan minta makanan, kalo yg ini kan minta duit :P
[at] om nyana
waktu itu kenapa gak ditangkep aja orangnya?
Quote from: tesla on 18 February 2009, 11:47:33 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 11:42:47 AM
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.
mantap bro... =))
salut dg keberanian bro ^:)^
habis udah 3 kali ketemu,
1. pertama kali dia datang ke warnet di apart medit tanjung duren, gw kasih 30rb,ngaku tinggal di v avalokitesvara suhu benny di mangga besar(aku cek kesana konfirm tidak ada)
2. eh ketemu dia bersama dalam bus mau ke cengkareng,minta2 lagi,disitu gw masih coba salam dan tanyain kok bisa bertemu(trus rekannya berbicara bahasa kuntien,dari situ penasaran)
3. ketiga ketemu di citraland,pas lagi ngopi, dia masuk lagi,gw cuman bilang sibud lo, eh kok marah besar.;P
[quote author=
tesla link=topic=9039.msg151453#msg151453 date=1234932453]
[quote author=
nyanadhana link=topic=9039.msg151449#msg151449 date=1234932167]
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.[/quote]
mantap bro... =))
salut dg keberanian bro ^:)^[/quote]
why there is something, something, that's don't right here?
nyanadhana = tesla? that seem to be you.... ^-^
you talk, then you answer (aneh sungguh aneh hatRed MODE 'ON')
no offense, just defence
before mislead public opinion.... ;D
yang penting harus diingat, Sangha tidak selalu Ariya Sangha, dan orang berjubah tidak selalu anggota Sangha
penghormatan tetap ada terhadap Ariya Sangha
penghormatan tetap ada terhadap Sangha selama Sangha masih layak dihormati
penghormatan tetap ada selama seseorang masih layak dihormati
Wa kalo masalah ini,perlu tindakan tegas ni,setuju ga?
Dipontianak juga katanya ada,yg botak suka minta sumbangan kerumah2,celakanya dipontianak bnyk penganut buddha ktp,jadi "kenaa dhee..."
[at] nyanadhana
guru dari pontianak ya?
Apa anehnya hal begini? Dulu di Jataka 'kan juga ada kisah Devadatta hidup sebagai pemburu yang pakai jubah kuning supaya gampang berburu gajah. (Diceritakan gajah tidak curiga kepada para petapa dan biasa menunduk untuk menghormatinya. Dengan begitu, gampang membunuh gajah itu.)
'Kan udah sering dibilang, yang dihormati dari seorang bhikkhu bukanlah kepala gundul atau jubahnya, tetapi sila yang dijalankan.
Kalau gw terjadinya di sekolah, neh bikkhu gadungan ke lapangan sekolah gw terus nawarin hal yang sama juga, gw cuekin ampe dia pergi sendiri...
Saya juga pernah saat pergi ke pasar, ketemu model Bhikkhu Shaolin kek begini, tapi ia membawa dua tongkat penyangga diketiaknya kiri kanan (seperti pincang), ia beranjali dulu kepada tiap orang, saat dia beranjali padaku, aku reflek balas anjali, lalu selanjutnya sama kek Tesla, ia nyodorin kartu, tapi aku menolak, ia pergi dengan raut wajah kecewa.. mungkin kalau aku terima kartu itu, ia akan berkata juga kali ya kata itu; sum-ba-ngan
Pernah juga waktu mau masuk rumah ada model kek gitu juga, nyodorin lempengan besi yang berukir Buddha, sambil senyum2, tapi aku menolak, lalu aku langsung masuk rumah saja, sampai di kamar jadinya aku merenung sendirian, koq ada yah yang seperti itu ?
Memang sih batin jadi serba salah, timbul pertentangan, perlu dibantu atau tidak ?
Jadi bingunglah..
Takutnya tar uangnya dipake buat keperluan pribadi...
Quote from: naviscope on 18 February 2009, 12:04:34 PM
[quote author=tesla link=topic=9039.msg151453#msg151453 date=1234932453]
[quote author=nyanadhana link=topic=9039.msg151449#msg151449 date=1234932167]
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.
mantap bro... =))
salut dg keberanian bro ^:)^[/quote]
why there is something, something, that's don't right here?
nyanadhana = tesla? that seem to be you.... ^-^
you talk, then you answer (aneh sungguh aneh hatRed MODE 'ON')
no offense, just defence
before mislead public opinion.... ;D
[/quote]
wehehehehehe....misteri misteri...
^
^
i am sori
i am khilaf bro
rupanya
tesla <> nyanadhana +_+
sekali lagi, i am sori i am khilaf......
bro n sis please ignore my statement above
bro nyanadhana, ku maha dahang atuh? lama tak jumpa, kemana j sech... ;D
hehehe... bro nyanadhana, ga galak lg, that's my bro.....
never mind
tesla & nyanadhana adalah 2 arus LDM yg berbeda ;)
^
^
^
hihihi.....
that's my bro juga, wakakaka...
hari ini dapat 2 bro, lumayan....
bro tesla, thank you..... ;D
Quote from: tesla on 18 February 2009, 01:42:02 PM
never mind
tesla & nyanadhana adalah 2 arus LDM yg berbeda ;)
semua akan berpulang kepadaNya....
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 11:58:40 AM
Quote from: tesla on 18 February 2009, 11:47:33 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 11:42:47 AM
Quote from: 4kupak on 18 February 2009, 11:17:28 AM
Quote from: nyanadhana on 18 February 2009, 10:21:25 AM
asalnya dari khun tien tapi mengaku dari tiongkok..
udh pasti khuntien pak ..?
pernah kok pake bahasa khuntien ngerjain dia, gw bilang sibud lo aka pantat lo,dia marah2...emang kata sibud itu dikenal di tiongkok apa.ngaku kok dari china.
mantap bro... =))
salut dg keberanian bro ^:)^
habis udah 3 kali ketemu,
1. pertama kali dia datang ke warnet di apart medit tanjung duren, gw kasih 30rb,ngaku tinggal di v avalokitesvara suhu benny di mangga besar(aku cek kesana konfirm tidak ada)
2. eh ketemu dia bersama dalam bus mau ke cengkareng,minta2 lagi,disitu gw masih coba salam dan tanyain kok bisa bertemu(trus rekannya berbicara bahasa kuntien,dari situ penasaran)
3. ketiga ketemu di citraland,pas lagi ngopi, dia masuk lagi,gw cuman bilang sibud lo, eh kok marah besar.;P
:))
Apaan sih SIBUD ?
Terus IMO ? IMHO ?
sibud = pat2 ;D
IMO = In My Opinion = menurut gue
IMHO = In My Humble Opinion = menurut pandangan saya yg rendah hati.
cmiiw...
SIBUD = pantat
gw baru ketemu 1 orang yg berani bilang "pantat lo" dg sangha (kalau beneran sangha seh) :))
Wah, wa juga pernah ketemu pada saat makan di kebun jeruk. Wa secara langsung kaget tiba-tiba ada peshaolin datang ketempat duduk wa. Wah, ngomong bahasa yang tidak wa mengerti (biasa pake hokian). Dia mengucungkan jempol gambar poto rumah yang wa kira vihara. Sejak saat itu, wa ga pernah lagi makan di tempat itu.
hati-hati sekarang banyak bikhhu palsu...
Quote from: Nanda on 20 February 2009, 01:05:56 AM
hati-hati sekarang banyak bikhhu palsu...
Bukan hanya Bikkhu saja, tapi banyak suhu2 palsu
Baru aja hari ini denger ceramah ada praktek berkedok Buddhisme
Tapi pelaksanaannya bilang orang ini ciong ini ciong itu
Terus menawarkan untuk di kias dengan berbagai macam tarif
Sambil di takut2i akan begini akan begitu
Wahh pokoknya dah semakin aneh deh
Sayangnya di kalangan Buddhis kita tidak ada lembaga resmi untuk menertibkan hal2 semacam demikian, sehingga celah ini dimanfaatkan bagi mereka buat mendompleng Buddhisme
sedikit sharing soal bhikkhu/biksu gadungan
Pernah ketemu ama biksu gadungan kaya gini di jembatan penyeberangan
Dia ngacungin mangkok utk minta dana dan pacar saya (wkt itu, skrg udh jd istri) beranjali.
Biksu gadungan itu langsung gelagapan dan salah tingkah
Mungkin bisa dicontoh oleh rekan2 sekalian. Daripada kita muncul akusala citta apalagi sampai mencaci maki, bukankah lebih baik jika kita bisa menjaga kusala dengan menghormat jubahnya sebagai simbol?
semoga bermanfaat
metta
anjali & sebut "amitofo"
mereka uda improve :)
Quote from: markosprawira on 20 February 2009, 05:08:40 PM
sedikit sharing soal bhikkhu/biksu gadungan
Pernah ketemu ama biksu gadungan kaya gini di jembatan penyeberangan
Dia ngacungin mangkok utk minta dana dan pacar saya (wkt itu, skrg udh jd istri) beranjali.
Biksu gadungan itu langsung gelagapan dan salah tingkah
Mungkin bisa dicontoh oleh rekan2 sekalian. Daripada kita muncul akusala citta apalagi sampai mencaci maki, bukankah lebih baik jika kita bisa menjaga kusala dengan menghormat jubahnya sebagai simbol?
semoga bermanfaat
metta
om, kalimat nya diperjelas.... "minta dana dan pacar saya" ???
ketauan gadungannya apa?
Search on google, ketemu:
Diambil dari http://cetiyamahasampatti.****press.*om
1. Jika seorang bhikkhu mengambil, menerima sejumlah uang yang diberikan kepada dia, atau ditaruh didekat dia untuk diambil, maka Ia harus mengaku kepada senior.(Nissagiya Pacittiya)
2. Jika seorang bhikkhu dengan terpaksa menerima sejumlah uang(cth: umat berdana), maka Ia juga harus mengakui bahwa ia menerima uang itu dan memiliki konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan (Ia harus memberikan penjelasan logis) (Nissagiya Pacittiya)
3. Jika seorang Bhikkhu menerima atau menyuruh orang lain untuk mengambil uang yang diberikan, maka ia melakukan pelanggaran di mana dia harus mengakui kesalahannya (Nissagiya Pacittiya)
4. Jika seorang bhikkhu akhirnya menyimpan atau menyuruh orang untuk menyimpan uang untuk kepentingan pribadinya, maka ia melakukan pelanggaran berat.(Nissagiya Pacittiya)
------------------------------------------------------------------------------------------
Diambil dari buddhist online .*om
Perlu diketahui bahwa para bhikkhu khususnya anggota Sangha Theravada Indonesia tidak dapat menerima secara langsung persembahan umat berupa uang. Oleh karena itu, dana uang hendaknya dititipkan kepada umat yang ditunjuk oleh bhikkhu penerima dana. Dengan demikian, apabila bhikkhu tersebut suatu saat memerlukan dana untuk memperbaiki vihara, misalnya, ia dapat langsung berhubungan dengan umat yang menyimpan dananya tersebut. Tentu saja, setiap bhikkhu mempunyai kebutuhannya masing-masing yang dapat dipenuhi dengan dana uang yang disimpan oleh umat tersebut.
Selain kepada para bhikkhu, umat juga dapat mempersembahkan dana uangnya kepada Sangha. Dana uang ini dapat dipergunakan Sangha untuk melancarkan berbagai kegiatannya, misalnya membiayai pertemuan Sangha yang berskala daerah, nasional, maupun internasional; juga dana Sangha dapat dipergunakan untuk memberikan pendidikan kepada para bhikkhu, membiayai bhikkhu yang sakit serta masih banyak kebutuhan lainnya.
Oleh karena itu, umat yang akan berdana uang hendaknya dapat menggunakan kesempatan ini secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan yang dilihatnya.
Merupakan tradisi para Bhikkhu untuk tidak menerima uang sebagai alat pembayaran atau kepemilikan, kecuali para bhikkhu yang tidak lagi mengikuti tradisi kebhikkhuan yang diwariskan oleh Sang Buddha. Saya sarankan Saudara berdana 4 kebutuhan pokok kepada para bhikkhu. Atau bila ingin berdana berupa uang dapat melalui vihara atau melalui dayaka yang mengurus kebutuhan para bhikkhu sehari-hari.
-----------------------------------------------------------------------------------
Apakah jika seorang bikkhu menyentuh/ menerima uang yang diberikan padanya berarti tidak menjalankan dhamma dan vinaya-nya dgn baik?
Apakah ada tradisi buddhisme yang tidak menjalankan hal ini?
Apakah hal ini perlu dipublikasikan secara luas agar semua buddhist dan non-buddhist tidak lagi memberi sumbangan dalam bentuk uang melainkan hanya 4 kebutuhan pokok kepada bikkhu, sehingga sumbangan dalam bentuk uang hanya diterima vihara dan organisasi2 buddhist yg mengatur kebutuhan pokok para bikkhu?
Klo mau kita bisa bagi-bagikan brosur dengan tulisan vinaya bikkhu mengenai uang sehinggal umat buddha terdidik dalam berdana yg benar utk para bikkhu.
om san,
saya merasa janggal dengan yg satu ini
Quote
Dengan demikian, apabila bhikkhu tersebut suatu saat memerlukan dana untuk memperbaiki vihara, misalnya, ia dapat langsung berhubungan dengan umat yang menyimpan dananya tersebut.
Quote from: hatRed on 20 February 2009, 05:32:13 PM
om san,
saya merasa janggal dengan yg satu ini
Quote
Dengan demikian, apabila bhikkhu tersebut suatu saat memerlukan dana untuk memperbaiki vihara, misalnya, ia dapat langsung berhubungan dengan umat yang menyimpan dananya tersebut.
Dayaka atau pendamping bikkhu adalah umat awam yang memiliki keinginan untuk membantu bikkhu dalam hal yang tidak dapat dilakukan oleh para bikkhu sehubungan dengan vinaya.
Contoh vihara memerlukan perbaikan, atapnya bocor dan perlu memanggil tukang untuk memperbaikinya. Bikkhu tidak mungkin langsung memanggil tukang karena setelah selesai diperbaiki, si tukang pasti akan menagih uang jasa perbaikan tersebut. Sedangkan bikkhu tidak punya uang dan tidak memegang uang. Karena itu bikkhu hendaknya menghubungi dayaka bikkhu untuk mengatur hal tersebut.
Gitu penjelasannya bro hatred. _/\_
maksudnya, kok bhikkhu mengurusi Vihara?
Quote from: hatRed on 20 February 2009, 05:53:53 PM
maksudnya, kok bhikkhu mengurusi Vihara?
Maksud bro hatred kata-kata mengurusi itu maknanya apa dulu yah?
Klo nurut sy Bikkhu tinggal numpang di vihara, sah-sah aja ada perasaan peduli ama kondisi viharanya.
Klo mengurusi dalam artian kepengurusan yayasan dll, biasanya bikkhu cuman jadi penasehat aja.
gambarannya gini bener gk ya?
saat umat berdana uang/benda/apapun yg diluar 4 kebutuhan pokok , maka si dayaka yg nyimpen dana tersebut.
=============================================================
nah pertanyaannya dana tersebut disimpan atas nama siapa? si dayaka atau si bhikkhu?
dan siapakah yg berhak mengeluarkan/memakai dana tersebut? si bhikku kah?
dan dalam artiannya. dana tersebut "dikasih" atau "dititip" ke dayaka?
Quote from: tesla on 18 February 2009, 10:08:41 AM
2 hari yg lalu ada seorang bhikkhu datang memberi saya sebuah kartu gambar buddha.
dia berkata "a mi to fo".
memakai jubah kuning, sepatu shaolin, topi petani.
saya mengambil kartu itu dan meletakkannya di meja.
saya cuma berkata "terima kasih"
kemudian dia berkata "sum-ba-ngan" sambil menunjukkan sebuah photo.
di photo itu ada gambar bangunan yg belum siap.
kemudian saya berkata "tidak".
kelihatannya dia kecewa, saya tidak mau menyumbang.
dia memperlihatkan buku jumlah2 sumbangan.
saya cuekin saja, karena bagi saya ia mengganggu saya.
kemudian ia pergi, & tidak lupa ia mengambil kembali kartu buddha tsb...
wtf, emgnya sangha jualan kartu dragon ball... eh kartu buddha?
(ini kejadian kedua kali di kota saya... :( sungguh memalukan sangha...)
Sebaiknya bilang, ya mau nyumbang.... tapi foto dulu... soalnya
biksu sangat berwibawa...
Nah setelah cpret pakai digital camera, ya nyumbanglah go cheng....
kemudia foto tsb diemail ke yg organizasi Buddhist yg tepat mengurusin hal tsb!...
gimana menurut yg lain?
Quote from: hatRed on 20 February 2009, 06:07:04 PM
gambarannya gini bener gk ya?
saat umat berdana uang/benda/apapun yg diluar 4 kebutuhan pokok , maka si dayaka yg nyimpen dana tersebut.
=============================================================
nah pertanyaannya dana tersebut disimpan atas nama siapa? si dayaka atau si bhikkhu?
dan siapakah yg berhak mengeluarkan/memakai dana tersebut? si bhikku kah?
dan dalam artiannya. dana tersebut "dikasih" atau "dititip" ke dayaka?
kok jadi oot yah? di luar topik yg diangkat TS?? hehehe... buka baru aja bro ;D
klo rekening atas nama bikkhu jangan deh... ntar ama petugas pajak dianggep harta kekayaan n kena pajak penghasilan ^-^
Quote from: san on 20 February 2009, 06:13:50 PM
Quote from: hatRed on 20 February 2009, 06:07:04 PM
gambarannya gini bener gk ya?
saat umat berdana uang/benda/apapun yg diluar 4 kebutuhan pokok , maka si dayaka yg nyimpen dana tersebut.
=============================================================
nah pertanyaannya dana tersebut disimpan atas nama siapa? si dayaka atau si bhikkhu?
dan siapakah yg berhak mengeluarkan/memakai dana tersebut? si bhikku kah?
dan dalam artiannya. dana tersebut "dikasih" atau "dititip" ke dayaka?
kok jadi oot yah? di luar topik yg diangkat TS?? hehehe... buka baru aja bro ;D
klo rekening atas nama bikkhu jangan deh... ntar ama petugas pajak dianggep harta kekayaan n kena pajak penghasilan ^-^
Tapi kenyataannya ada koq
Kenapa jadi oot ?
Kan masih tetap dalam lingkungan aktifitas Sangha
Quote from: Equator on 21 February 2009, 12:47:03 PM
Quote from: san on 20 February 2009, 06:13:50 PM
Quote from: hatRed on 20 February 2009, 06:07:04 PM
gambarannya gini bener gk ya?
saat umat berdana uang/benda/apapun yg diluar 4 kebutuhan pokok , maka si dayaka yg nyimpen dana tersebut.
=============================================================
nah pertanyaannya dana tersebut disimpan atas nama siapa? si dayaka atau si bhikkhu?
dan siapakah yg berhak mengeluarkan/memakai dana tersebut? si bhikku kah?
dan dalam artiannya. dana tersebut "dikasih" atau "dititip" ke dayaka?
kok jadi oot yah? di luar topik yg diangkat TS?? hehehe... buka baru aja bro ;D
klo rekening atas nama bikkhu jangan deh... ntar ama petugas pajak dianggep harta kekayaan n kena pajak penghasilan ^-^
Tapi kenyataannya ada koq
Kenapa jadi oot ?
Kan masih tetap dalam lingkungan aktifitas Sangha
Sangha hendaknya adalah mereka yg berusaha utk mempercepat pencapaian kesucian dengan menjauhi keduniawian....
Jangankan nomor rekening, bahkan jubah saja jumlahnya dibatasi karena dulu pernah ada bhikkhu yg sedemikian bangganya pada jubahnya sehingga setelah meninggalpun, terlahir menjadi kutu di jubah itu
metta
Quote from: Equator on 18 February 2009, 12:49:16 PM
Saya juga pernah saat pergi ke pasar, ketemu model Bhikkhu Shaolin kek begini, tapi ia membawa dua tongkat penyangga diketiaknya kiri kanan (seperti pincang), ia beranjali dulu kepada tiap orang, saat dia beranjali padaku, aku reflek balas anjali, lalu selanjutnya sama kek Tesla, ia nyodorin kartu, tapi aku menolak, ia pergi dengan raut wajah kecewa.. mungkin kalau aku terima kartu itu, ia akan berkata juga kali ya kata itu; sum-ba-ngan
Pernah juga waktu mau masuk rumah ada model kek gitu juga, nyodorin lempengan besi yang berukir Buddha, sambil senyum2, tapi aku menolak, lalu aku langsung masuk rumah saja, sampai di kamar jadinya aku merenung sendirian, koq ada yah yang seperti itu ?
Memang sih batin jadi serba salah, timbul pertentangan, perlu dibantu atau tidak ?
Jadi bingunglah..
Di pasar Taman palem Lestari jg byk. DD g kena tipu. Wkt itu dikasi gelang langsung dipakein ke tangannya trus dia mminta sumbangan. Habis itu ama dd gua dikasi ceban, trus dia tulis dibukunya goban jd kurang and dia minta lg ampe dd gua keluarin goban. Kena tipu d dd gua heheh
gw juga pernah kena yah.. mo di bilang nipu, dia kasih gambar Kuan Im. yah, gw bayar aja 10ribu. dia agak protes dan gw tunjukin aja isi dompet gw, dia pergi sambil ngomel2..
tau nya gw di "permainkan" waktu temen gw kasih tau, kalo biksu itu ndak akan minta duit, tapi dia minta makan aja..
klarifikasi...
waktu itu saya tidak tahu dg jelas & berpotensi memberi pernyataan salah.
skr saya tegaskan:
MEREKA BELUM TENTU BHIKKHU
mohon maaf ^:)^
Quote from: wiithink on 26 August 2010, 03:28:17 PM
gw juga pernah kena yah.. mo di bilang nipu, dia kasih gambar Kuan Im. yah, gw bayar aja 10ribu. dia agak protes dan gw tunjukin aja isi dompet gw, dia pergi sambil ngomel2..
tau nya gw di "permainkan" waktu temen gw kasih tau, kalo biksu itu ndak akan minta duit, tapi dia minta makan aja..
Untuk aliran lain, saya kurang tahu, tapi kalau di Tradisi Theravada, bhikkhu tidak meminta makan. Bahkan ketika mereka berjalan pindapata, mereka menutupi mangkoknya, tidak menunjukkan mangkoknya masih kosong.
wa dikota dah keseringan gitu jadi sekarang wa sodorin kalender meja wa. kebetulan kalender meja wa tuh keluaran "ekayana graha" punya jadi wa kasih liat foto vihara ekayana graha nya biar sadar wa dah biasa sumbang ke sana.
beberapa bulan lalu juga di ITC mangga dua ada bhikkuni minta sumbangan, tapi gw gak kasih
Quote from: yanfei on 29 August 2010, 07:56:36 PM
beberapa bulan lalu juga di ITC mangga dua ada bhikkuni minta sumbangan, tapi gw gak kasih
Jubahnya seperti apa? Bagaimana cara mereka meminta sumbangannya?
lain kali dipoto yak... biar ada bukti
no pix = hoax
Quote from: upasaka on 29 August 2010, 11:21:51 PM
Quote from: yanfei on 29 August 2010, 07:56:36 PM
beberapa bulan lalu juga di ITC mangga dua ada bhikkuni minta sumbangan, tapi gw gak kasih
Jubahnya seperti apa? Bagaimana cara mereka meminta sumbangannya?
jubahnya seperti jubah master cheng yen, tapi mengenakan topi kayak difilm2 kungfu, kepalanya gak gundul, karena walaupun ditutup topi masih keliatan rambutnya, caranya dengan menyodorkan sebuah buku yang isinya berupa daftar orang yang nyumbang
Quote from: yanfei on 30 August 2010, 10:39:53 PM
jubahnya seperti jubah master cheng yen, tapi mengenakan topi kayak difilm2 kungfu, kepalanya gak gundul, karena walaupun ditutup topi masih keliatan rambutnya, caranya dengan menyodorkan sebuah buku yang isinya berupa daftar orang yang nyumbang
Yah, sepertinya bhiksuni aspal... :)
Quote from: yanfei on 30 August 2010, 10:39:53 PM
Quote from: upasaka on 29 August 2010, 11:21:51 PM
Quote from: yanfei on 29 August 2010, 07:56:36 PM
beberapa bulan lalu juga di ITC mangga dua ada bhikkuni minta sumbangan, tapi gw gak kasih
Jubahnya seperti apa? Bagaimana cara mereka meminta sumbangannya?
jubahnya seperti jubah master cheng yen, tapi mengenakan topi kayak difilm2 kungfu, kepalanya gak gundul, karena walaupun ditutup topi masih keliatan rambutnya, caranya dengan menyodorkan sebuah buku yang isinya berupa daftar orang yang nyumbang
Baru bebrapa hari yg lalu gw menemukan Biksu palsu dengan jubah mirip master Chen Yen dan memakai tasbih gede
gak lama tetangga gw yg buka toko obat juga di mintain sumbangan dengan menyodorkan gambar2 Kuan im serta buku daftar nama2 penyumbang dengan nominal paling kecil rp50ribu .....
temein gw cuekin ..... akhirnya kaboor
gw liat wajahnya memelas amat :hammer: .....
Quote from: Kainyn_Kutho on 26 August 2010, 04:07:54 PM
Untuk aliran lain, saya kurang tahu, tapi kalau di Tradisi Theravada, bhikkhu tidak meminta makan. Bahkan ketika mereka berjalan pindapata, mereka menutupi mangkoknya, tidak menunjukkan mangkoknya masih kosong.
kemaren gw sempat ikut sih berjalan di samping bhante yang lagi pindapata..
isinya semua masuk ke kantong plastik yang di pegang ama panitia, dan mangkoknya di kosongkan
Quote from: Hendra Susanto on 30 August 2010, 10:33:42 AM
lain kali dipoto yak... biar ada bukti
no pix = hoax
bisa langsung kabur oknumnya huakakakaa
Quote from: wiithink on 31 August 2010, 12:08:26 PM
Quote from: Kainyn_Kutho on 26 August 2010, 04:07:54 PM
Untuk aliran lain, saya kurang tahu, tapi kalau di Tradisi Theravada, bhikkhu tidak meminta makan. Bahkan ketika mereka berjalan pindapata, mereka menutupi mangkoknya, tidak menunjukkan mangkoknya masih kosong.
kemaren gw sempat ikut sih berjalan di samping bhante yang lagi pindapata..
isinya semua masuk ke kantong plastik yang di pegang ama panitia, dan mangkoknya di kosongkan
Kalau acara pindapata memang kadang berupa formalitas saja. Jumlah bhikkhu sedikit sedangkan jumlah umat banyak. Kalau hanya sampai mangkuk penuh saja, paling-paling hanya 2-3 umat yang kebagian berdana.
Quote from: Hendra Susanto on 30 August 2010, 10:33:42 AM
lain kali dipoto yak... biar ada bukti
no pix = hoax
ngga bawa kamera, brur.. ;D
kecuali image di dalam otak bisa di-
export jadi file JPG.. ^-^
di print aja