teman teman di DC...... mohon pendapat dan petunjuknya...
ada masalah perkerjaan yang membuat saya ragu dan takut pilihan saya salah yg dpt menyakiti seseorg.
Cerita begini:
saya bekerja di sebuah perusahaan bag. Accounting, perusahaan saya ada aturan utk bag. delivery bahwa tiap sopir tdk boleh meminta uang rokok dan ongkos kirim ke customer kalau tidak ada Kwintasi dr perusahaan. Perusahaan mengeluarkan peraturan tersebut karena utk menjaga citra perusahaan itu sendiri dan utk pelayanan juga.
Tapi Kemarin saya menerima laporan dari bawahan saya bahwa ada keluhan dari Customer (marah marah ) bahwa ada salah satu sopir kami meminta ongkos krm sbs Rp. 50.000 tanpa ada kwitansi. Padahal si customer itu sendiri sdh memberikan tips buat si sopir . dan selidik punya selidik si sopir rupanya sudah sering melakukan tindakan seperti itu. Dan bisa jadi sopir sopir yg lain pun ikut ikutan.
yang membuat saya ragu apakah saya hrs melaporkan kejadian trsbt ke atasan saya ( cici saya sendiri ) apalagi cici saya sifatnya angin anginan, kalo lg stress bisa bisa si sopir dipecat buat kasi pelajaran buat sopir lain. kalo lg baik ...yah paling dikasi SP doang .
terus terang saya merasa kasihan sama si SOpir krn mungkin dia melakukan tindakan tsbt krn serba kekurgan apalagi dia sudah punya istri dan anak. tapi kalo dipikir Uang 50.000 memang kecil buat perusahaan tapi saya takut kalo sering sering kejadian seperti itu ada efek sampingnya terhdp perusahaan krn customer kita bukanlah customer yg pengertian ( kebykan maunya yg bagus , perfect dan agak pelit ).Apalagi sekrg saingan banyak dan pintar pintar, takutnya customer pd lari . kalo Omzet berkrg, takutnya tdk bisa gajiin karywan . apalagi saya sangat mengetahui kondisi keuangan Perusahaan saat ini, yg bisa dibilang dlm tahap bertahan aja atau istilah lain gali lobang tutup lobang.
Sebenarnya masi byk kecurangan kecurangan karyawan yg saya ketahui ,ada yg saya laporkan dan ada yg saya tutupi selama itu tidak merugikan perusahaan.
Jadi , saya Lapor atau Tidak ?
_/\_
lapor _/\_
been there, done that :)) :)) :))
yg terbaik lapor , menurut gw :P :P
laporin donk klo sopir kyk gtu...
Gw seh sbg costumer klo dimintai ongkos segede itu sih bisa gw masukin k koran kali, minimal, sebar2 k temen2 terdekat...
Daripada citra perusahaan jelek, lebih baik laporin aja..
IMO, sebenarnya kalo kecurangan ini dibiarkan terus, maka nantinya citra perusahaan lama-kelamaan akan memburuk.
Alangkah baiknya bukan sekedar lapor, tetapi juga memberikan solusi..
(diajak ngobrol bareng supir dan atasan)
Barangkali supir tersebut diajak ngobrol dan diberikan pengertian, misalnya beri tahu bahwa efek perbuatannya itu bukan hanya merugikan perusahaan tetapi juga dapat merugikan supir itu sendiri. Seandainya tindakan itu dilanjutkan maka omzet perusahaan berkurang, tidak bisa menggaji karyawan, dst2...
tunggu cici loe mood nya lg bagus
trus ajak nge-teh dulu
trus baru ngobrol,
bilang ada kejadian gini gini, gimana mo kita laporkan ke komnas HAM? :P
tapi klu bisa sech loe tegur, tapi dengan halus dulu.
bilang j, tadi gw dapat komplain dari customer, klu bisa jgn melakukan nya lg.
klu sampek ada kejadian customer komplain lg, bos sampek tau, terima sendiri akibat nya....
;D
duh, sama ky lyne, mending lapor aja, biar gk tambah besar masalahnya :)
[at] atas
dd lyne ada kejadian kayak geto jg.
koq ko2 navis ga taw ya...
dd gitu dech, ga pernah mo cerita2 ama ko2
;D
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:24:05 PM
[at] atas
dd lyne ada kejadian kayak geto jg.
koq ko2 navis ga taw ya...
dd gitu dech, ga pernah mo cerita2 ama ko2
;D
iya, gara2 supir, mecahin pot hias boss, lyne yg ditegor sama boss, katanya kok gk lapor :ngomel: :ngomel: :ngomel: :'( :'( :'(
lapor lapor lapor... ;D
daripada nanti menjadi kanker dalam perusahaan sampe perusahaan ancur...
cepat obati :))
Quote from: marcelyne on 10 October 2008, 04:28:02 PM
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:24:05 PM
[at] atas
dd lyne ada kejadian kayak geto jg.
koq ko2 navis ga taw ya...
dd gitu dech, ga pernah mo cerita2 ama ko2
;D
iya, gara2 supir, mecahin pot hias boss, lyne yg ditegor sama boss, katanya kok gk lapor :ngomel: :ngomel: :ngomel: :'( :'( :'(
oh gitu toh cerita nya, kadang kita ga mo lapor, kan krn kita ga enak liat org dimarahin.
lg an bos loe jg tau ngerti koq and bakal tau -> ternyata dd lyne tuh
hatinya lembut bagaikan salju...
;D
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:33:59 PM
Quote from: marcelyne on 10 October 2008, 04:28:02 PM
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:24:05 PM
[at] atas
dd lyne ada kejadian kayak geto jg.
koq ko2 navis ga taw ya...
dd gitu dech, ga pernah mo cerita2 ama ko2
;D
iya, gara2 supir, mecahin pot hias boss, lyne yg ditegor sama boss, katanya kok gk lapor :ngomel: :ngomel: :ngomel: :'( :'( :'(
oh gitu toh cerita nya, kadang kita ga mo lapor, kan krn kita ga enak liat org dimarahin.
lg an bos loe jg tau ngerti koq and bakal tau -> ternyata dd lyne tuh hatinya lembut bagaikan salju...
;D
:-[ :-[ :-[ :-[ :-[ :D :D :D
Quote from: tesla on 10 October 2008, 04:29:07 PM
lapor lapor lapor... ;D
daripada nanti menjadi kanker dalam perusahaan sampe perusahaan ancur...
cepat obati :))
kankernya di-amputasi? :P
teman teman sekalian terima kasih atas masukannya... :)
apakah teman teman punya pengalaman yg sama , mohon diceritain ke saya donk...
krn kondisi seperti ini bukan terjadi sekali atau dua kali... _/\_
laporin, ini mah mental orang indonesia kalo 1 dibiasain gitu, selanjutnya berapa juta orang indo pun bakal kek gitu
Quote from: Lex Chan on 10 October 2008, 04:35:57 PM
Quote from: tesla on 10 October 2008, 04:29:07 PM
lapor lapor lapor... ;D
daripada nanti menjadi kanker dalam perusahaan sampe perusahaan ancur...
cepat obati :))
kankernya di-amputasi? :P
hehehe >:D tau aja maksud gue... :hammer:
kanker harus segera diangkat, kalau tidak menyebar ke tempat lain
dalam hal ini, perilaku sang Sopir tsb harus dihentikan
apabila tidak bisa juga maka saya pribadi memilih solusi pecat keras
soalnya kalau perusahaan bangkrut, lebih banyak lagi orang yg kena PHK
[at] atas
se7
jgn karena nila setitik, rusak susu sebelahnya (tar diamputasi kan gawat)
^_*
yups... lagian juga.. berani berbuat ya harus tanggung jawab dunk ^-^ ^-^
masalah dimana2 sama kek na, jgn tutup sebelah mata kelamaan, nanti u mereka makin berani ;D ;D
kan mereka ad hak dan perusahaan ad kewajiban.. ud ad garis na kan? ;D ;D
Laporkan saja, lagian itu perusahaan punya kakak kamu kan?
hayo.. belajar membuat keputusan.. :)
do your best..
Quote from: FoxRockman on 10 October 2008, 05:38:45 PM
hayo.. belajar membuat keputusan.. :)
do your best..
lagi belajar dan lagi usaha juga nyembuhin trauma gw krn ngelaporin pengeluaran kredit card kk ipar gw yg membengkak ke cici. sampe sampe timbul pertengkaran besar antara cici & kk ipar gw. sampe sampe gw nangis 3 hr 3 mlm krn disinisin sama ipar dan juga ngerasa bersalah uda bikin api pertengkaran. :( :( :(
Quote from: cha on 10 October 2008, 06:09:45 PM
Quote from: FoxRockman on 10 October 2008, 05:38:45 PM
hayo.. belajar membuat keputusan.. :)
do your best..
lagi belajar dan lagi usaha juga nyembuhin trauma gw krn ngelaporin pengeluaran kredit card kk ipar gw yg membengkak ke cici. sampe sampe timbul pertengkaran besar antara cici & kk ipar gw. sampe sampe gw nangis 3 hr 3 mlm krn disinisin sama ipar dan juga ngerasa bersalah uda bikin api pertengkaran. :( :( :(
mungkin di sini IMO ya.. perlu diterapkan pancasila buddhist khususnya sila ke 4
pas cha ngomongin soal kartu kredit, timingnya pas ga ? kondisi cc gimana ?
sebenarnya berbohong itu memang kurang baik ya.. tapi kadang berkata jujur di saat yang tidak tepat ada baiknya juga dihindarkan.. tunggu sampai waktunya agak tepat :)
sebnrnya uda lama saya tutupin mengingat kondisi RT mereka yg lg bobrok. tp hitung dihitung byr kredit card ipar selama 3 bln, sama dengan beli 1 motor. gw tutupin uda sampe 2 thn dulu dulunya sih ngga parah.
Quote from: cha on 10 October 2008, 06:24:11 PM
sebnrnya uda lama saya tutupin mengingat kondisi RT mereka yg lg bobrok. tp hitung dihitung byr kredit card ipar selama 3 bln, sama dengan beli 1 motor. gw tutupin uda sampe 2 thn dulu dulunya sih ngga parah.
hm.. susah juga ya dalam ini.. jujur dalam kasus begini karena cha yang mengalami langsung.. tentu cha ada pemikiran2/pertimbangan2 tersendiri kenapa melakukan suatu hal..
yang penting pada saat cha melakukan.. seperti melapor.. cha tidak didasari atas kebencian.
tapi kalau boleh sedikit saran, sebelum melapor ke cc, mungkin baiknya bicarakan dulu baik2 dengan ipar.. siapa tau dia bisa sadar.. ya ini untuk next time aja :)
sori.. cuma bisa comment saja..
thanks banget atas masukannya.... :)
saya melakukan itu tdk didasari kebencian
walau saya benci sama seseorg saya tdk akan menyerang org itu dgn kelemahan2 atau kesalahan2 dia....tp saya akan meredam kebencian itu sendiri dgn pikiran positif :)
Tapi soal lapor melapor mendingan saya tanya dulu deh ke teman2 DC. ;D
Quote from: cha on 10 October 2008, 06:52:03 PM
thanks banget atas masukannya.... :)
saya melakukan itu tdk didasari kebencian
walau saya benci sama seseorg saya tdk akan menyerang org itu dgn kelemahan2 atau kesalahan2 dia....tp saya akan meredam kebencian itu sendiri dgn pikiran positif :)
Tapi soal lapor melapor mendingan saya tanya dulu deh ke teman2 DC. ;D
bertanya seh sah2 saja..
tapi pendapat saya seh.. yang mengalami kan cha sendiri.. dan teman2 dc tidak mengalaminya langsung.. jadi kadang jawaban yang diberikan teman2 dc bisa saja tidak sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan
iya sih...istilahnya gw hrs mandiri yah ;D
sedikit comment u/forum DC: sejak saya buka web DC, saya salut banget ama tmn2 DC. comment2 mereka bagus bagus & byk memberikan saya pencerahan yg mana diluaran gw gak pernah dpt.sekali lg thx yah tmn2 DC :)
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:20:56 PM
tunggu cici loe mood nya lg bagus
trus ajak nge-teh dulu
trus baru ngobrol,
bilang ada kejadian gini gini, gimana mo kita laporkan ke komnas HAM? :P
tapi klu bisa sech loe tegur, tapi dengan halus dulu.
bilang j, tadi gw dapat komplain dari customer, klu bisa jgn melakukan nya lg.
klu sampek ada kejadian customer komplain lg, bos sampek tau, terima sendiri akibat nya....
;D
masa seh cici gini mau dilaporkan ke komnas ham
hiks
Quote from: cha on 10 October 2008, 07:07:12 PM
iya sih...istilahnya gw hrs mandiri yah ;D
sedikit comment u/forum DC: sejak saya buka web DC, saya salut banget ama tmn2 DC. comment2 mereka bagus bagus & byk memberikan saya pencerahan yg mana diluaran gw gak pernah dpt.sekali lg thx yah tmn2 DC :)
cerah terus, terus cerah
emang motto DC lihat aja mas indra cerah terus
sedikit promo
Laporkan dengan tenang kepada cicimu, ceritakan pelan2 supaya cicimu bs dengarkan dan mengambil keputusan dgn bijaksana. Sy sependapat dgn lex chan jg, bahwa kalau di biarkan terus menerus perusahaan akan kena dampak negatif, omzet menurun dan bagaimana karyawan2 lainnya... bisa2 terjadi PHK kalau omzet terus menurun. Jangan karna segelintir orang di lindungi, berakibat fatal bagi banyak pihak lain .
Quote from: Lex Chan on 10 October 2008, 04:12:16 PM
IMO, sebenarnya kalo kecurangan ini dibiarkan terus, maka nantinya citra perusahaan lama-kelamaan akan memburuk.
Alangkah baiknya bukan sekedar lapor, tetapi juga memberikan solusi..
(diajak ngobrol bareng supir dan atasan)
Barangkali supir tersebut diajak ngobrol dan diberikan pengertian, misalnya beri tahu bahwa efek perbuatannya itu bukan hanya merugikan perusahaan tetapi juga dapat merugikan supir itu sendiri. Seandainya tindakan itu dilanjutkan maka omzet perusahaan berkurang, tidak bisa menggaji karyawan, dst2...
mana ada karyawan mikir begitu mau nya gaji gede dll
Quote from: Edward on 10 October 2008, 04:10:54 PM
laporin donk klo sopir kyk gtu...
Gw seh sbg costumer klo dimintai ongkos segede itu sih bisa gw masukin k koran kali, minimal, sebar2 k temen2 terdekat...
Daripada citra perusahaan jelek, lebih baik laporin aja..
mungkin kondisi keuangan sekarang perusahan akibat ulah ulah sopir ini
Quote from: naviscope on 10 October 2008, 04:20:56 PM
tunggu cici loe mood nya lg bagus
trus ajak nge-teh dulu
trus baru ngobrol,
bilang ada kejadian gini gini, gimana mo kita laporkan ke komnas HAM? :P
tapi klu bisa sech loe tegur, tapi dengan halus dulu.
bilang j, tadi gw dapat komplain dari customer, klu bisa jgn melakukan nya lg.
klu sampek ada kejadian customer komplain lg, bos sampek tau, terima sendiri akibat nya....
;D
aku seteuju dengan cara ini tunggu mood nya bagus
Quote from: cha on 10 October 2008, 06:24:11 PM
sebnrnya uda lama saya tutupin mengingat kondisi RT mereka yg lg bobrok. tp hitung dihitung byr kredit card ipar selama 3 bln, sama dengan beli 1 motor. gw tutupin uda sampe 2 thn dulu dulunya sih ngga parah.
kalo ini memang kayak makan buah si malakama kalo di biarin berbahaya kalo di sinisin terima saja demi kebaikan semua orang kok aku juga pernah kok kasih nasihat malah balik di sentimenin dan lebih galak yah udah pokonya kita berpikir berdasarkan kusala citta demi kebaikan semua org terutama keluarga kita.( anggap buang sial saja, satu karma buruk hilang dan satu akar karma buruk hilang)
tidak lapor dulu,
tapi melakukan pendekatan ke supirnya, berusaha memahami kesulitan-kesulitan hidup supir itu,
kalo ada kesulitan2 keuangan supir itu, kalo bisa di bantu, kita bantu.
juga menegur supir itu atas perbuatannya,
pengalaman saya , sewaktu jadi internal audit, saya pernah menemukan karyawan yang melakukan kecurangan, yang akhirnya orang ini diminta memberhentikan diri,
sebelumnya saya tidak pernah tau kenapa orang ini melakukan kecurangan,
belakangan baru saya tau, dia mempunyai masalah keuangan, dia mempunyai beberapa anak,
dan pada saat itu istrinya sedang sakit, dia kehabisan biaya, dan dia berusaha mencari pinjaman tetapi tidak memperoleh, akhirnya dia memakai uang perusahaan tanpa ijin.
mungkin bila saya mengetahui persoalan ini diawal, saya lebih baik membantu dia dengan cara meminjamkan uang, supaya dia tidak memakai uang perusahaan,
tapi nasi telah menjadi bubur, saya bukannya meringankan masalah hidupnya, tapi membuat kehidupannya menjadi semakin sulit.
_/\_
Lapor aja .... Cha, atasan cici kamu ini, khan lebih gampang ngomongnya
dan tentu bisa kasih masuk2 .... mungkin agar jgn sampe sopir di pecat .. ..
jika tidak di lapor ... apa bisa menutupin selamanya, lambat ato cepat berita ini sampe jg ke atasan
bisa saja customer langsung komplain ke atasan kamu ..... khan nanti lebih repot , krn disalahin kamu ngaa tau apa2 ....
Ada baiknya menjalin hubungan dgn setiap customer, walaupun lewat telp, dengan mengatakan
kebijaksanan perusahaan kamu ... jangan pernah memberi tips/uang kepada sopir
jika ingin memberi tegoran /nasehat kepada sopir .... carilah orang yg tepat
biasanya sopir kalo ditegor sama orang yg lebih muda umurnya ... suka marah2 :))
jadi cari waktu yg tepat , orang yg tepat ..... dan gunakan kebijaksanan
daaah ... pasti masalah beres deegg :) _/\_
di print aja di surat jalan, atau apa gitu yg kira2 pemberitahuan kepada customer bahwa tidak ada biaya lain selain yg tertera di surat jalan atau kuitansi. Yah kira2 seperti nomer telepon dibelakang mobil box, yg mohon diadukan kalau supir mobil tersebut ugal2an dijalan.
kalau si customer tetap memberi tips yah itu terserah kemurahan hati mereka.
Quote from: cha on 10 October 2008, 04:04:26 PM
teman teman di DC...... mohon pendapat dan petunjuknya...
ada masalah perkerjaan yang membuat saya ragu dan takut pilihan saya salah yg dpt menyakiti seseorg.
Cerita begini:
saya bekerja di sebuah perusahaan bag. Accounting, perusahaan saya ada aturan utk bag. delivery bahwa tiap sopir tdk boleh meminta uang rokok dan ongkos kirim ke customer kalau tidak ada Kwintasi dr perusahaan. Perusahaan mengeluarkan peraturan tersebut karena utk menjaga citra perusahaan itu sendiri dan utk pelayanan juga.
Tapi Kemarin saya menerima laporan dari bawahan saya bahwa ada keluhan dari Customer (marah marah ) bahwa ada salah satu sopir kami meminta ongkos krm sbs Rp. 50.000 tanpa ada kwitansi. Padahal si customer itu sendiri sdh memberikan tips buat si sopir . dan selidik punya selidik si sopir rupanya sudah sering melakukan tindakan seperti itu. Dan bisa jadi sopir sopir yg lain pun ikut ikutan.
yang membuat saya ragu apakah saya hrs melaporkan kejadian trsbt ke atasan saya ( cici saya sendiri ) apalagi cici saya sifatnya angin anginan, kalo lg stress bisa bisa si sopir dipecat buat kasi pelajaran buat sopir lain. kalo lg baik ...yah paling dikasi SP doang .
terus terang saya merasa kasihan sama si SOpir krn mungkin dia melakukan tindakan tsbt krn serba kekurgan apalagi dia sudah punya istri dan anak. tapi kalo dipikir Uang 50.000 memang kecil buat perusahaan tapi saya takut kalo sering sering kejadian seperti itu ada efek sampingnya terhdp perusahaan krn customer kita bukanlah customer yg pengertian ( kebykan maunya yg bagus , perfect dan agak pelit ).Apalagi sekrg saingan banyak dan pintar pintar, takutnya customer pd lari . kalo Omzet berkrg, takutnya tdk bisa gajiin karywan . apalagi saya sangat mengetahui kondisi keuangan Perusahaan saat ini, yg bisa dibilang dlm tahap bertahan aja atau istilah lain gali lobang tutup lobang.
Sebenarnya masi byk kecurangan kecurangan karyawan yg saya ketahui ,ada yg saya laporkan dan ada yg saya tutupi selama itu tidak merugikan perusahaan.
Jadi , saya Lapor atau Tidak ?
_/\_
yah, hampir serupa tapi tak sama kek hui... jadi, ta laporkan saja ke bos... untuk bagaimana tindakan selanjutnya yah terserah bos... kalau mau di tegur pun itu kan sudah menjadi hak bos buat tegur karyawan... ;)
untung gw sampe saat ini belon terkondisikan ke hal itu... jd no comment ahhh ;D