Forum Dhammacitta

Komunitas => Politik, ekonomi, Sosial dan budaya Umum => Topic started by: F.T on 02 May 2008, 04:18:51 PM

Title: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: F.T on 02 May 2008, 04:18:51 PM
California - Hati-hati menggunakan kartu kredit di restoran. Pasalnya, pelaku pencurian data kartu kredit lebih menggemari serangan ke restoran daripada ke situs internet.

Demikian yang bisa disimpulkan dari hasil studi yang dilakukan Trustwave, sebuah perusahaan penilai standar keamanan data bagi industri kartu pembayaran. Studi yang dilakukan selama Januari 2006 hingga Desember 2007 di 14 negara itu cukup mengejutkan karena berlawanan dengan anggapan selama ini.

Seperti dikutip detikINET dari SearchSecurity, Jumat (2/5/2008), sebanyak 70 persen dari serangan untuk mencuri kartu kredit terjadi pada toko konvensional dan bukan toko online. Bahkan, 92 persen korban adalah yang hanya menangani di bawah 1 juta transaksi per bulan.

Nah, yang cukup mengkhawatirkan adalah, lebih dari separuh kejadian disebutkan terjadi di restoran atau industri jasa makanan sejenis. Artinya, menggunakan kartu kredit di restoran bisa jadi lebih berisiko daripada online.

Selain itu, studi itu juga menyimpulkan, serangan terhadap sistem Point of Sales pada restoran kerap terjadi karena penggunaan kata sandi yang tidak aman. Diperkirakan 64 persen kejadian disebabkan oleh kelalaian dari pihak ketiga, bukan dari restoran itu sendiri.

Meski demikian, temuan Trustwave ini dikritisi oleh Roger Nebel, auditor independen dan Direktur Keamanan di FTI Consulting. Menurut Nebel, Trustwave tidak menyebutkan jumlah kebobolan data yang terjadi pada pedagang dalam studinya. Artinya, ujar Nebel, bisa jadi angka itu sebenarnya tidak signifikan.

Namun Nebel mengakui bahwa dirinya juga kerap menemukan kelemahan pada sistem Point of Sales di toko atau pedagang konvensial. Kerap kali, ujar Nebel, ini terjadi karena kesalahan di sisi pihak ketiga pembuat sistem.
( wsh / wsh )

detik.com
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lex Chan on 02 May 2008, 05:04:59 PM
Kalau di luar negeri, pemegang kartu kredit ngegesek sendiri dan input password sendiri tanpa campur tangan cashier.. Jadi jauh lebih aman..

Kalau sampai jatuh ke tangan cashier, kan kita ngga tau apa yang dilakukan si cashier pada kartu kredit kita.. Itu dia masalahnya..
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: JH sugathadasa on 02 May 2008, 05:46:50 PM
berarti kerjaan org dlm si restoran donk   :( soalnya org dalem itu yg bisa akses ke backoffice POS itu
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lex Chan on 02 May 2008, 11:03:22 PM
Iya, tinggal catet no seri kartu, tanggal kadaluarsa, dan security code..
Maka kartu kredit bisa dipakai buat belanja online..

Waspadalah.. waspadalah..
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Hendra Susanto on 03 May 2008, 12:06:35 AM
gak punya kartu kredit ;D disita ama nyokap  ^-^ ^-^
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 03 May 2008, 12:53:57 AM
Salah satu daerah Red Zone untuk dunia kartu kredit adalah restaurant, (kalau tidak salah, untuk restaurant termasuk Red Zone pada posisi nomor 3)

Mungkin saya bisa sharing sedikit pengetahuan saya di dunia kartu kredit.
Asal mulanya kalau kartu kredit itu bisa diduplicate, umumnya adalah para mafia kartu kredit tersebut meletakkan 1 mesin read di mesin swipe, dan ada juga yang bekerja sama dengan salah satu kasir, baik direstaurant maupun hotel,
dimana pada swipe tersebut akan terbaca seluruh data yang dimiliki oleh si pemegang, contohnya Nama, Limit, Bank Penerbit dll.
Kemudian dari mesin Swipe tersebut oleh si oknum diambil kemudian dituliskan ke kartu yang baru (Palsu).

Dikarenakan sistem informasi ini hanya melekat pada Black Strip Magnetic, maka sekitar 2 tahun yang lalu, Visa dan Master besama sama telah membuat terobosan baru yakni EMV yang lebih dikenal dengan Chips. dimana diyakini bahwa chip ini bisa menyimpan sampai 5000 transaksi tergantung dari kapasitas chip tersebut.
Dan pada saat ini, para hacker ataupun para pembuat kartu fiktif sedang mempelajari bagaimana untuk membongkar system dari Chip card tersebut.

_/\_ _/\_ _/\_
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: hartono238 on 05 May 2008, 08:15:03 AM
untung gue ngak ada kartu kredit, pengangguran, ngak pernah disetujui :)
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: JH sugathadasa on 06 May 2008, 02:33:26 PM
Iya skrg trend-nya pakai CHIP. Cuma ga ngerti apa kelebihan chip daripada yg lama ini ?
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: williamhalim on 06 May 2008, 03:39:45 PM
Sharing pengalaman ku:

Sebaiknya 3 angka dibelakang kartu kredit ditutup isolasi agar tidak mudah dilihat oleh orang lain (terutama: kasir).

Kalau sampai orang lain tau maka akan bisa digunakan untuk belanja online, misalnya: tiket Air Asia.

Segera tutup 3 angka dibelakang kartu kredit anda

::
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: F.T on 06 May 2008, 03:52:50 PM
wah.. thanks banget, ko willi atas infonya ... _/\_

Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lily W on 06 May 2008, 04:01:29 PM
Yup... :jempol:

Untuk aman...coretlah 3 angka itu... ^:)^

Barusan saya kasih tau boss saya untuk mencoret 3 angka itu...awalnya dia bingung...setelah sy jelaskan...dia baru mengerti (oh ya..biar aman) dan langsung mencoret 3 angka itu.

Tip : Kalo agi telp ke CS KK dan dia tanya 3 angka itu... bilang udah di coret. Kalo dia tanya agi "kenapa di coret"... bilang aja..kalo tidak di coret dan ada yg tau 3 angka itu maka dia bisa melakukan transaksi termasuk CS itu sendiri.
Semoga tip ini bermanfaat... ;D

_/\_ :lotus:
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: williamhalim on 06 May 2008, 04:34:54 PM
Quote from: Felix Thioris on 06 May 2008, 03:52:50 PM
wah.. thanks banget, ko willi atas infonya ... _/\_



Masalahnya, aku barusan kenak Bro...  :'(
Sekarang lagi dalam proses pengurusan ke Citibank.

::
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lex Chan on 06 May 2008, 05:12:43 PM
Quote from: Lily W on 06 May 2008, 04:01:29 PM
Yup... :jempol:

Untuk aman...coretlah 3 angka itu... ^:)^

Barusan saya kasih tau boss saya untuk mencoret 3 angka itu...awalnya dia bingung...setelah sy jelaskan...dia baru mengerti (oh ya..biar aman) dan langsung mencoret 3 angka itu.

Tip : Kalo agi telp ke CS KK dan dia tanya 3 angka itu... bilang udah di coret. Kalo dia tanya agi "kenapa di coret"... bilang aja..kalo tidak di coret dan ada yg tau 3 angka itu maka dia bisa melakukan transaksi termasuk CS itu sendiri.
Semoga tip ini bermanfaat... ;D

_/\_ :lotus:

CS yang jujur cuma nanya 16 digit yang di depan..
Kadang2 juga nanya alamat dan TTL untuk memastikan si penelepon adalah pemegang kartu kredit..
Kalau sampai nanya 3 digit yang di belakang mah berarti.. (isi sendiri).. :whistle:
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 07 May 2008, 12:54:14 AM
Quote from: Lily W on 06 May 2008, 04:01:29 PM
Yup... :jempol:

Untuk aman...coretlah 3 angka itu... ^:)^

Barusan saya kasih tau boss saya untuk mencoret 3 angka itu...awalnya dia bingung...setelah sy jelaskan...dia baru mengerti (oh ya..biar aman) dan langsung mencoret 3 angka itu.

Tip : Kalo agi telp ke CS KK dan dia tanya 3 angka itu... bilang udah di coret. Kalo dia tanya agi "kenapa di coret"... bilang aja..kalo tidak di coret dan ada yg tau 3 angka itu maka dia bisa melakukan transaksi termasuk CS itu sendiri.
Semoga tip ini bermanfaat... ;D

_/\_ :lotus:

Sebenarnya 3 angka di belakang dari 16 digit angka yang tercetak di kartu kredit itu adalah VVP, kalau mau di coret, atau mau di isolasi itu bagus, cuma sebaiknya ke 3 angka tersebut di hafal, kemudian baru diisolasi atau di coret.
Kadang-kadang untuk hal-hal tertentu 3 angka dibelakang itu dibutuhkan juga...
Yang takutnya adalah sewaktu 3 angka tersebut di butuhkan, kemudian kita tidak bisa menjawab, akhirnya kita dibilang Fraud.
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 07 May 2008, 12:59:04 AM
Dari pengalaman saya menggunakan kartu kredit, sebaiknya setiap kartu kredit itu diberikan historical record yang berbeda, sehingga jika kartu tersebut hilang, ataupun dipakai oleh orang tertentu, dari pihak banknya akan segera men call kita.

Usahakan menciptakan historical record tertentu untuk kartu kredit tertentu.
Pada saat ini untuk pembelian tiket secara online, sudah menjadi salah satu Red Zone transaction, dan umumnya bank sewaktu menferivikasi transaction, bank umumnya langsung mencall kepada card holder untuk transaction online.

Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 07 May 2008, 01:05:05 AM
Quote from: willibordus on 06 May 2008, 04:34:54 PM
Quote from: Felix Thioris on 06 May 2008, 03:52:50 PM
wah.. thanks banget, ko willi atas infonya ... _/\_



Masalahnya, aku barusan kenak Bro...  :'(
Sekarang lagi dalam proses pengurusan ke Citibank.

::

Untuk masalah di citibank, anda dapat mendownload dispute form, kemudian anda diminta untuk mengisi jenis transaksi, tanggal dan nominal transaksi tersebut (untuk transaksi yang tidak anda lakukan) dan menanda tangani form tersebut, pada umumnya anda akan diminta untuk membayar dahulu nilai transaksinya, kemudian dari pihak citibank akan menelusuri permasalahan anda, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja, nilai transaksi tersebut akan di creditkan kembali ke billing tagihan anda di bulan depan.
(namun semua ini tergantung kepada jenis kartu dan service level dari citibank, ini merupakan tugas dari CCC nya citibank dan Fraud Managementnya)

Semoga bermanfaaat.

Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: williamhalim on 07 May 2008, 11:41:29 AM
Quote from: Effendy on 07 May 2008, 01:05:05 AM
Quote from: willibordus on 06 May 2008, 04:34:54 PM
Quote from: Felix Thioris on 06 May 2008, 03:52:50 PM
wah.. thanks banget, ko willi atas infonya ... _/\_



Masalahnya, aku barusan kenak Bro...  :'(
Sekarang lagi dalam proses pengurusan ke Citibank.

::

Untuk masalah di citibank, anda dapat mendownload dispute form, kemudian anda diminta untuk mengisi jenis transaksi, tanggal dan nominal transaksi tersebut (untuk transaksi yang tidak anda lakukan) dan menanda tangani form tersebut, pada umumnya anda akan diminta untuk membayar dahulu nilai transaksinya, kemudian dari pihak citibank akan menelusuri permasalahan anda, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja, nilai transaksi tersebut akan di creditkan kembali ke billing tagihan anda di bulan depan.
(namun semua ini tergantung kepada jenis kartu dan service level dari citibank, ini merupakan tugas dari CCC nya citibank dan Fraud Managementnya)

Semoga bermanfaaat.



Thanks Bro Effendi atas informasinya.

Saya memang telah dikirimi Dispute Form by fax.
Sudah saya isi dan saat ini menunggu kabar dari CCC Citibank...

Kartu Kredit saya sudah saya blok, dan Citibank sudah mengirim Kartu Kredit pengganti yg baru.

_/\_
::
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lily W on 07 May 2008, 11:54:21 AM
Bro Effendy...
Apa benar Kartu Kredit CITIBANK sering ada masalah?
Dulu paman saya udah bayar KK Citibanknya, tapi kata Citibank belum bayar.
Dan saya jg sering dengar banyak keluhan dari pemakai KK Citibank.

_/\_ :lotus:
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 28 May 2008, 12:46:32 AM
Quote from: Lily W on 07 May 2008, 11:54:21 AM
Bro Effendy...
Apa benar Kartu Kredit CITIBANK sering ada masalah?
Dulu paman saya udah bayar KK Citibanknya, tapi kata Citibank belum bayar.
Dan saya jg sering dengar banyak keluhan dari pemakai KK Citibank.

_/\_ :lotus:

Menurut saya sih setiap kartu kredit itu pasti ada masalah, mengenai banyak atau tidaknya masalah tersebut adalah seberapa atau sesering bagaimana permasalahannya di exposure..
Cuma dari pengalaman saya, kalau di citibank itu lebih gampang untuk diajak negosiasi.
semoga ini bisa membantu.

Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Lily W on 28 May 2008, 02:56:53 PM
Anumodana...

_/\_ :lotus:
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: hartono238 on 28 May 2008, 05:43:02 PM
kayaknya bro effendy kerja di citi bank atau boss citi bank ni :)
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 28 May 2008, 11:53:26 PM
Kalau mengenai dunia perbankan, saya hanya tahu sedikit-sedikit saja, karena kebetulan saya ada kenalan di dunia perbankan, hehehehe...

Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: williamhalim on 30 May 2008, 02:51:00 PM
Berita terakhir, CITIBANK telah meng-credit lagi transaksi itu ke tagihan saya yg baru (maksudnya: Citibank telah mengganti transaksi yg bukan milikku tsb).

Kerja Citibank sistematis dan cepat.

Nilai buat Citibank: memuaskan ;D

::
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Effendy on 06 June 2008, 09:14:17 PM
kalau sudah dikreditkan kembali, berarti bagus donk...
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: johan3000 on 22 October 2008, 09:21:24 AM
Hati2lah dgn KK.... teman gw... kurang bayar 6ribu... (mungkin ini materai atau gimana)..
akhirnya dia kena denda 250ribu... ya urusan dgn SITI itu....
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Sukma Kemenyan on 22 October 2008, 12:31:34 PM
Terakhir gw kena Scam sama yang jual Voucher-voucher hotel,
Yang kemarin transaksi istri gw...

Pihak penjual ogah nge-cancel Transaksi gw...
Pihak Bank juga ga bisa nge-bantu ngerubah transaksi jadi cancel...

Berhari-hari kami telpon kesono kemari ngejar-ngejar cara tuk nge-cancel...
Emang nda bisa, karena emang dsono di tanda-tangani bahwa bersedia membayar...
En rada sulit tuk di cancel...

Namun terakhir akhirnya pihak bank (bca) bersedia ngerubah transaksi gw jadi cancel...
Setelah gw bilang...

Kalau Pihak BCA tidak bisa membantu saya sebagai Customer yang telah menjadi korban dari Kejahatan Credit Card yang hanya sejumlah Transaksi Rp. 990.000,-.  Maka saya memilih untuk menyatakan Bangkrut dan menolak membayar seluruh Tagihan Kartu Kredit saya yang ada pada BCA

Langsung bingung CS-nya...
Beri kami waktu pak, untuk mempelajari kasusnya...
Keesokannya... Masuk Telepon... Transaksi bapak sudah di Cancel

PS:
-Total Tagihan gw berlipat-lipat dari pada 990rb
-Dengan pernyataan Bangkrut, berarti gw ndak perlu bayar tagihan (including tagihan gw yg lain2), dan gw di blacklist pihak bank

Bwakakkakakkaka
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Sukma Kemenyan on 22 October 2008, 12:35:19 PM
Sedikit Saran:
Silahkan Sedikit nyolot ke pihak Bank...

Pihak bank adalah pihak yang seharusnya berada pada sisi Customer...
Merchant dimana-mana adalah pihak yang rugi jikalau ada Customer Complaint...

Pihak bank bisa membantu ngerubah transaksi dengan alasan apapun...
Semua tergantung *nyolot*nya anda ke CS-nya Bank
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: Pitu Kecil on 22 October 2008, 12:52:42 PM
Quote from: Hendra Susanto on 03 May 2008, 12:06:35 AM
gak punya kartu kredit ;D disita ama nyokap  ^-^ ^-^
gak punya kartu kredit ;D di tolak pihak bank :))
Title: Re: Hati-Hati Gunakan Kartu Kredit di Restoran
Post by: rika on 22 October 2008, 01:30:51 PM
Bener kata bro kemenyan, emang mesti nyolot, saya jg ada pengalaman ga enak ama BCA, hanya gara2 35.000 nama g di tulis bermasalah di BI. Padahal udah g bayar tapi kata CS ga usah karena pihak kami sudah mencancel...... eh taunya ga dicancel...... hati2 bank jg kadang2 tidak bisa dipercaya jadi mesti kita tegaskan. Karena malas ngurus lagi ....ya udah biarin aja deh pusing.....