Jembatan selat sunda akan dibangun melintasi selat sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Sumatra.
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwiryanto.files.wordpress.com%2F2007%2F11%2Fsunda-strait.jpg%3Fw%3D450&hash=1d2e30d27d58b23cd3da3df5f3ac40efe2e502ec)
Kalau ini dapat terealisasikan, jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.
Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.
"Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami," kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.
"Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan." Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu. serta jembatan ini akan dilengkapi dengan rel kereta yang membentang di sepanjang jembantan.
Bila tak ada halangan jembatan ini akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025
Pria ini bernama Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata yang merupakan lulusan dari ITB tahun 1960. Kemudian mendapat gelar doktor pada 1992 dan gelar profesor pada 1995.
Proyek beken yang pernah dikerjakan laki-laki kelahiran Jakarta 1935 ini, antara lain Kota BNI yang pernah menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung-gedung perkantoran lain seperti, Bakrie Tower, Anggana Danamon (kini Sampoerna Strategic Square), Niaga Tower, Wisma Darmala, dan PSP Office Tower.
Di pembangunan hotel dan apartemen, Wiratman merancang Four Seasons Residential Apartments, Mal Ciputra, dan Hotel Aryaduta.
Wiratman juga perancang Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica, Banjarnegara, PLTA Merangin, PLTA Kusan, dan Pembangkit Gresik.
Yang tidak diduga, Wiratman juga perancang Telecommunication Tower dan Menara Jakarta. Menara Jakarta akan menjadi tower tertinggi di dunia dengan ketinggian 558 meter.
Dari hasil kajian yang dilakukan di Bangungraha, pembangunan jembatan sepanjang 29 kilometer ini sedikitnya akan menelan biaya Rp 100 triliun. Lama pembangunan diperkirakan mencapai 10 tahun.
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.jakartapress.com%2Fwww.php%2Fnews%2Fimages%2F8572%2FITS-Ragukan-Berdiri-Jembatan-Selat-Sunda.jpg&hash=2ae38177688adb003836b1c66ec9b4dce9f1f559)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fsamudro.files.wordpress.com%2F2009%2F09%2Fselatsunda.jpg%3Fw%3D400%26amp%3Bh%3D313&hash=d4592dc78141a75998b4934723c0244a75bac8d9)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fphb7.files.wordpress.com%2F2009%2F04%2Fthe-sunda-strait-bridge3.jpg%3Fw%3D400%26amp%3Bh%3D300&hash=2ae9884fcfc91126287c4a90276396c764a56083)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fimg13.imageshack.us%2Fimg13%2F4210%2F26934817.jpg&hash=a05c162588b84ff88cd05ba469234484dac5a6eb)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2010%2F04%2F16%2F3774439p.jpg&hash=6d191a202a969b84b8df6e7327afe21eab2956cf)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.sripoku.com%2Ffoto%2Fberita%2F2010%2F4%2F9%2Fselat_sunda1.jpg&hash=47189a9f95b8d2a169efd6f20a87dd8f5531192c)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwong168.files.wordpress.com%2F2010%2F10%2Fbridge-2.jpg%3Fw%3D300&hash=b2d405a8f65ffc98890884195b095b82e76a6cd8)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fdreamindonesia.files.wordpress.com%2F2009%2F09%2Fjss1-300x243.jpg%3Fw%3D400%26amp%3Bh%3D324&hash=1faed1466ae2b55b5c1b4676259a525e434e8694)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.jembatanselatsunda.com%2Fimages%2Fstories%2Fjss-watermarkwtmk.jpg&hash=4ba7828a57f32510cd4a48f7d4f9567fa345c861)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fmatanews.com%2Fwp-content%2Fuploads%2Filustrasijss1.jpg&hash=c282e24647fc1aff544d8780910d213623f4d8af)[/spoiler]
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.mediaindonesia.com%2Fspaw%2Fuploads%2Fimages%2Farticle%2Fimage%2F20091119_100340_jembatan-b.jpg&hash=0d7f7c8406424377c45a0524d869c5350ed93c87)[/spoiler]
kalo ga salah group arta graha bukan yg berminat untuk bangun jembatan ini?
Quote from: HokBen on 15 October 2010, 10:58:37 AM
kalo ga salah group arta graha bukan yg berminat untuk bangun jembatan ini?
Kurang tahu sih. Yang saya ingat, saya pertama kali mendengar adanya proyek ini dari Ibu Ratu Atut Chosiyah langsung di suatu kesempatan.
Quote from: HokBen on 15 October 2010, 10:58:37 AM
kalo ga salah group arta graha bukan yg berminat untuk bangun jembatan ini?
setau gw sih begitu.
di Shanghai Expo jg lg cari investor u/ pembangunan jembatan ini yah? correct me if I am wrong.
aneh, gambar pada spoiler menunjukkan peta jembatan dari Merak - Ketapang?? bukan Merak-Bakauheni? Ketapang di lampung dekat mana ya?
keren yah.... :jempol:
cable system.... ;D
kira2 potensi bencana gempa akibat letusan anak gunung krakatau jadi pertimbangan ga ya dalam desain strukturnya?
lokasinya kan dekat itu sama krakatau.
biaya pembuatannya 100 trilyun, nggak terlalu mahal dibandingkan dengan bantuan pemerintah tahun ini untuk orang2 yg punya kendaraan membeli bensinnya sebesar 200 trilyun
::
Jemabatan sepanjang 29 Km dengan biaya 100 Trilyun, bandingkan dengan jembatan laut di China, yg panjangnya 36.48km dengan biaya USD 2.3 milyar = +/- 23 T
http://wydrthedrive.com/blogs/post/jparish/2011/jul/04/china-unveils-worlds-longest-bridge-cost-23-billio/
*mencoba membayangkan... :-?
takutnya udah abis trilyunan tau2 ada bencana letusan anak krakatau, roboh kan sayang jadinya
hahaha....
Quote from: hemayanti on 17 October 2010, 03:54:37 PM
keren yah.... :jempol:
cable system.... ;D
dari dulu koq cable terus... gak inovasi nihhh...
udah berapa tahun cable terus....
ganti dungg.
Quote from: learner on 01 January 2013, 04:38:59 PM
takutnya udah abis trilyunan tau2 ada bencana letusan anak krakatau, roboh kan sayang jadinya
hahaha....
panggil cumi yg buat... begitu mau letusan... jembatannya bisa disimpan...
keren bagaimana juga percuma klo dikorup, umur cuma sebentar udah roboh kaya yang di mana tuh (lupa namanya), kasian banyak nyawa melayang sia2..
liat artikel diatas langsung mikir berapa dhuit yang akan di korup ;D dan ndak ada yang lain
lha wong bikin undang2 aja bisa habis ratusan M pdhal cuman duduk2 & berdiskusi, bisa ngembat duit sgitu banyak
apa lagi klo tangan kaki udah gerak semua ?!?!?!?!?!?
merurut kami, ini lah salah satu faktor kenapa Rupiah perlu di redominasi.
akar-nya dari koruptor.
Quote from: Indra on 01 January 2013, 03:58:01 PM
Jemabatan sepanjang 29 Km dengan biaya 100 Trilyun, bandingkan dengan jembatan laut di China, yg panjangnya 36.48km dengan biaya USD 2.3 milyar = +/- 23 T
http://wydrthedrive.com/blogs/post/jparish/2011/jul/04/china-unveils-worlds-longest-bridge-cost-23-billio/
Berarti biaya aktual sekitar 1/3 nya saja, yg 2/3 untuk 'biaya lain2' ;D
Quote from: sanjiva on 01 January 2013, 08:10:32 PM
Berarti biaya aktual sekitar 1/3 nya saja, yg 2/3 untuk 'biaya lain2' ;D
Untuk moda transportasi Jakarta yang menggunakan bus dengan jalur khusus, ada selentingan bahwa biaya pembelian bus hanya 20% dari angka yang tercantum (dilaporkan).
Quote from: Sunya on 01 January 2013, 08:30:49 PM
Untuk moda transportasi Jakarta yang menggunakan bus dengan jalur khusus, ada selentingan bahwa biaya pembelian bus hanya 20% dari angka yang tercantum (dilaporkan).
mank brp harga busnya?
Quote from: M14ka on 02 January 2013, 09:38:13 AM
mank brp harga busnya?
Antara 800 jutaan hingga 4,2 miliar, tergantung tipe dan merek.
Sebagian sudah diungkap KPK:
http://www.tempo.co/read/news/2005/08/05/05764871/Pejabat-DKI-Diperiksa-Terkait-Korupsi-Busway
http://www.tempo.co/read/news/2006/08/15/05781970/KPK-Sita-Kendaraan-Hasil-Korupsi-Busway
http://www.forumbebas.com/thread-120123.html
http://www.antikorupsi.org/antikorupsi/?q=node/8679
http://www.antikorupsi.org/new/index.php?option=com_content&view=article&id=867:kpk-selidiki-dugaan-korupsi-pengadaan-100-bus-proyek-%27busway%27-[30/06/04]&catid=42:rokstories&Itemid=106&lang=id
Sudah rahasia umum proyek pemerintah sarat akan penggelembungan anggaran disana sini, fotocopy saja kadang juga di-
mark up. ;D
Quote from: Sunya on 02 January 2013, 11:50:50 AM
Antara 800 jutaan hingga 4,2 miliar, tergantung tipe dan merek.
Sebagian sudah diungkap KPK:
http://www.tempo.co/read/news/2005/08/05/05764871/Pejabat-DKI-Diperiksa-Terkait-Korupsi-Busway
http://www.tempo.co/read/news/2006/08/15/05781970/KPK-Sita-Kendaraan-Hasil-Korupsi-Busway
http://www.forumbebas.com/thread-120123.html
http://www.antikorupsi.org/antikorupsi/?q=node/8679
http://www.antikorupsi.org/new/index.php?option=com_content&view=article&id=867:kpk-selidiki-dugaan-korupsi-pengadaan-100-bus-proyek-%27busway%27-[30/06/04]&catid=42:rokstories&Itemid=106&lang=id
Sudah rahasia umum proyek pemerintah sarat akan penggelembungan anggaran disana sini, fotocopy saja kadang juga di-mark up. ;D
Fotocopy pemda DKI 350 juta untuk 4000 lembar dokumen (scan). Ada di video youtube pas Ahok periksa laporan di PU DKI.
Berarti fotocopy 1 lembar : Rp. 87.500. Astagafirullah :)
Itu fotocopy apa cetak buku:))
Quote from: hengki on 02 January 2013, 06:06:46 PM
Berarti fotocopy 1 lembar : Rp. 87.500. Astagafirullah :)
Itu fotocopy apa cetak buku:))
makanya transparansi sangatlah penting...
saatnta pembukuan online n siapa juga bisa lihat2... ;D
juga ada cctv bisa ngawasin...
Quote from: sanjiva on 02 January 2013, 12:26:14 PM
Fotocopy pemda DKI 350 juta untuk 4000 lembar dokumen (scan). Ada di video youtube pas Ahok periksa laporan di PU DKI.
Saya sudah tonton bulan November lalu. Tepatnya 350 juta rupiah untuk 2.450 lembar.
http://megapolitan.kompas.com/read/2012/11/22/11211163/Basuki.Heran.Scanning.File.Rp.350.Juta?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp
Quote from: hengki on 02 January 2013, 06:06:46 PM
Berarti fotocopy 1 lembar : Rp. 87.500. Astagafirullah :)
Itu fotocopy apa cetak buku:))
Sekitar 140 ribu per lembar.
Ini sudah lumrah di Indonesia (ironis tapi kenyataan), proyek instansi memang jadi lahan basah korupsi. Sulit berada di lingkaran kerja mereka, walau tidak punya niat korupsi, kadang terlibat secara tidak langsung.
Biasanya anggaran belanja yang paling umum dikorup, dengan meminta nota pembelian fiktif pada toko, atau meminta
mark up pada pihak ketiga. Serba salah jika kita yang tanpa sengaja jadi pihak ketiga pengalihan bisnis (
outsourcing). Saran saya, dengan beberapa pertimbangan sebaiknya tolak saja, sebab berpotensi melanggar sila (Adinnadana), selain tentunya konsekuensi hukum jika tercium aparat.
Salam kejujuran. Semoga berbahagia. _/\_
Quote from: Sunya on 02 January 2013, 11:50:50 AM
Antara 800 jutaan hingga 4,2 miliar, tergantung tipe dan merek.
Sebagian sudah diungkap KPK:
http://www.tempo.co/read/news/2005/08/05/05764871/Pejabat-DKI-Diperiksa-Terkait-Korupsi-Busway
http://www.tempo.co/read/news/2006/08/15/05781970/KPK-Sita-Kendaraan-Hasil-Korupsi-Busway
http://www.forumbebas.com/thread-120123.html
http://www.antikorupsi.org/antikorupsi/?q=node/8679
http://www.antikorupsi.org/new/index.php?option=com_content&view=article&id=867:kpk-selidiki-dugaan-korupsi-pengadaan-100-bus-proyek-%27busway%27-[30/06/04]&catid=42:rokstories&Itemid=106&lang=id
Sudah rahasia umum proyek pemerintah sarat akan penggelembungan anggaran disana sini, fotocopy saja kadang juga di-mark up. ;D
Tu wkt dulu ya? mahal bngt 1 bus 800jutaan pdhal second kan? kl skrg belinya brp ya?
Quote from: Sunya on 02 January 2013, 08:00:20 PM
Saya sudah tonton bulan November lalu. Tepatnya 350 juta rupiah untuk 2.450 lembar.
http://megapolitan.kompas.com/read/2012/11/22/11211163/Basuki.Heran.Scanning.File.Rp.350.Juta?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp
Sekitar 140 ribu per lembar.
Ini sudah lumrah di Indonesia (ironis tapi kenyataan), proyek instansi memang jadi lahan basah korupsi. Sulit berada di lingkaran kerja mereka, walau tidak punya niat korupsi, kadang terlibat secara tidak langsung.
Biasanya anggaran belanja yang paling umum dikorup, dengan meminta nota pembelian fiktif pada toko, atau meminta mark up pada pihak ketiga. Serba salah jika kita yang tanpa sengaja jadi pihak ketiga pengalihan bisnis (outsourcing). Saran saya, dengan beberapa pertimbangan sebaiknya tolak saja, sebab berpotensi melanggar sila (Adinnadana), selain tentunya konsekuensi hukum jika tercium aparat.
Salam kejujuran. Semoga berbahagia. _/\_
Kalo kasi nota kosong aja juga termasuk adinnadana ya?
Quote from: M14ka on 03 January 2013, 02:52:14 PM
Tu wkt dulu ya? mahal bngt 1 bus 800jutaan pdhal second kan? kl skrg belinya brp ya?
Dianggarkan per unit sekitar 2 M pada pemerintahan sekarang.
Quote from: M14ka on 03 January 2013, 03:06:25 PM
Kalo kasi nota kosong aja juga termasuk adinnadana ya?
Nota kosong ada dua tujuan, dari pengalaman saya.
1. Untuk manipulasi (jumlah/kuantitas, tipe/merek maupun harga).
2. Untuk keperluan akumulasi swadaya (biasanya terjadi ketika nota di toko sebelumnya tercecer/hilang, atau memang tidak ada).
Untuk kedua tujuan tersebut, dua-duanya termasuk upaya manipulatif/rekayasa. Keduanya tidak menguntungkan toko yang dimintai nota kosong tersebut, dari sisi dharma maupun keuntungan duniawi.
Dari sisi karma, sebenarnya ada perbedaan antara tidak tahu dan tidak sengaja.
Dan memberi nota kosong lebih pada
tidak tahu daripada tidak sengaja.
Tidak tahu; misalnya tidak tahu menyembelih ayam menimbulkan karma negatif.
Tidak sengaja; misalnya saat mengemudi tidak sengaja menyenggol pejalan kaki.
Yang pertama jelas menghasilkan karma vipaka, dan yang kedua relatif tidak berbuah (kalau pun berbuah, tidak signifikan dampaknya).
Dari contoh di atas, semoga bisa disimpulkan mana yang terbaik untuk dilakukan.
Salam bahagia selalu. _/\_