//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: healthy recipe  (Read 30061 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
healthy recipe
« on: 18 March 2009, 10:16:35 AM »
guyz,

bagi yang suka makan, ada resto fave, makanan kesukaan atau ada resep2 bagus yang bisa dicoba para Dcers, post disini yahhhh

nana
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #1 on: 18 March 2009, 10:19:32 AM »
KERANG BUMBU TOMAT
 

Untuk 4 orang

500 g kerang hijau (mussel) berkulit
2 sdm minyak zaitun
50 g bawang bombai, cincang
2 siung bawang putih, cincang
2 buah tomat merah, cincang kasar
1 sdm pasta tomat
150 ml kaldu
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica hitam tumbuk kasar
15 lembar daun basil segar, iris kasar

Pelaksanaan:

   1.

      Cuci bersih kulit kerang sampai lumut dan pasir yang menempel di permukaan kulit bersih. Bilas dengan air bersih, tiriskan.
   2.

      Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Tambahkan tomat dan pasta tomat, aduk hingga tomat layu.
   3.

      Masukkan kerang dan kaldu. Masak sambil aduk sebentar hingga kulit kerang mulai terbuka (6-7 menit).
   4.

      Bubuhi garam, merica hitam, dan daun basil. Aduk rata. Segera angkat. Sajikan panas.
Life is about living...

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: healthy recipe
« Reply #2 on: 18 March 2009, 10:20:52 AM »
wah... ini dia neh yg diperlukan..

trism ci tristina.. ^:)^

ayoo yg laen juga tolong donk diberikan resep rahasianya.. ^:)^

btw : daun basil apaan ya?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: healthy recipe
« Reply #3 on: 18 March 2009, 10:23:55 AM »
acik2.. kalau bisa post fotonya sis..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: healthy recipe
« Reply #4 on: 18 March 2009, 10:30:50 AM »
ayo"...bagi cewe" sekalian latihan pengalaman menjadi istri yg baik untuk suaminya kelak  :P

kalo brownies kukus gimana ya?cara n bahannya...untuk awal kasih yg ori aja cara n bahannya...(brownies kukus coklat)
ayo bagi" donk resepnya yg jago bikin brownies... kayanya ce lily deh (bolu sih  :-?)
nyokap gk bisa bikin,terpaksa ai yg bikin sendiri :hammer:
bikin sendiri bisa makan sampe puas  :))

ditunggu lho my browniess recipe  =P~
« Last Edit: 18 March 2009, 10:34:47 AM by Hendi Wijaya »
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: healthy recipe
« Reply #5 on: 18 March 2009, 10:42:03 AM »
mengenai resep Kerang Bumbu Tomat ini,

mo nanya neh... kalo Kerangnya diganti Ikan bisa gak?

trus Daun basil yg kayak gimana ya?

pasta Tomat ini saus tomat ya?

di Langkah no 3 ada kaldu ya? itu kaldu apa ya?

dan Minyak Zaitun ini waktu itu pernah beli di apotek katanya buat ibu2 hamil ??? nah gmana neh?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #6 on: 18 March 2009, 10:44:17 AM »
gak tau cr postnya

ada picnya sih

bantu post donk

acik2.. kalau bisa post fotonya sis..
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #7 on: 18 March 2009, 10:46:01 AM »
bisa aja
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #8 on: 18 March 2009, 10:47:15 AM »
Kerang Bumbu Tomat, Pembakar Gairah Seksual
 

   

Sebuah penelitian tentang kesehatan seksual menyebutkan bahwa hubungan seks yang teratur dapat melindungi diri dari gangguan penyakit jantung, stroke, bahkan memperlambat kepikunan.

Laporan lain menginformasikan jika seseorang yang melakukan hubungan seks sebanyak dua hingga empat kali dalam seminggu, memiliki kesempatan hidup lebih lama. Lalu, bagaimana cara menjaga agar stamina tetap prima dan gairah seks tetap tinggi?


Salah satu caranya ialah dengan cara mengonsumsi bahan pangan yang kaya  belerang, asam folat, inositol, kalsium, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, selenium dan seng.

Seng sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ seks. Bahan pangan yang paling ideal dalam mendongkrak gairah ialah tomat dan kerang. Tomat kaya akan zat antioksidan, tinggi vitamin C dan provitamin A., sementara kerang-kerangan merupakan sumber seng yang layak diandalkan.
Life is about living...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: healthy recipe
« Reply #9 on: 18 March 2009, 10:48:50 AM »
gak tau cr postnya

ada picnya sih

bantu post donk

acik2.. kalau bisa post fotonya sis..
coba daftar / buka account di photobucket.com aja dulu..
ntar bisa upload foto ke sana.. terus ada dapat link [ IMG ] dipost aja ke sini..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #10 on: 18 March 2009, 12:01:10 PM »
thanks mods ditagged as new thread...

  Kandungan dan Manfaat Telur Bebek
Posted by: "Oscar Hammer Stein" oscar_hammer_stein [at] yahoo.com   oscar_hammer_stein
Tue Mar 17, 2009 6:34 pm (PDT)


Kandungan Telur Bebek Mentah
Nutrisi, Nilai per 100 gram porsi makanan

Air, 70.83 g
Energi, 185.393 kcal
Energi, 776 kj
Protein, 12.81 g
Total Lemak, 13.77 g
Karbohidrat, 1.45 g
Serat, 0 g
Ampas 1.14 g

Mineral

Kalsium, Ca, 63.7 mg
Besi, Fe, 3.85 mg
Magnesium, Mg, 16.5 mg
Phospor, P, 220.1 mg
Potassium, K, 222.3 mg
Sodium, Na, 146 mg
Seng, Zn, 1.41 mg
Tembaga, Cu, 0.062 mg
Mangan, Mn, 0.038 mg
Selenium, Se, 36.4 mcg

Vitamin

Vitamin C, asam ascorbic, 0 mg
Thiamin, 0.156 mg
Riboflavin, 0.404 mg
Niacin, 0.2 mg
Asam Pantothenic, 1.862 mg
Vitamin B-6, 0.25 mg
Folate, 80 mcg
Vitamin B-12, 5.395 mcg
Vitamin A, 1328 IU
Vitamin A, RE, 399 mcg_RE
Vitamin E, 0.74 mg_ATE

Lemak

Asam Lemak Jenuh, saturated, 3.681 g
4:0, 0 g
6:0, 0 g
8:0, 0 g
10:0, 0 g
12:0, 0 g
14:0, 0.054 g
16:0, 2.996 g
18:0, 0.632 g
Asam Lemak Tak Jenuh, monounsaturated, 6.525 g
16:1, 0.441 g
18:1, 6.084 g
20:1, 0 g
22:1, 0 g
Asam Lemak Tak Jenuh, polyunsaturated, 1.223 g
18:2, 0.558 g
18:3, 0.102 g
18:4, 0 g
20:4, 0.319 g
20:5, 0 g
22:5, 0 g
22:6, 0 g
Kolesterol, 884 mg

Asam Amino

Tryptophan, 0.26 g
Threonine, 0..736 g
Isoleucine, 0.598 g
Leucine, 1.097 g
Lysine, 0.951 g
Methionine, 0.576 g
Cystine, 0.285 g
Phenylalanine, 0.84 g
Tyrosine, 0.613 g
Valine, 0.885 g
Arginine, 0.765 g
Histidine, 0.32 g
Alanine, 0.631 g
Asam Aspartic, 0.777 g
Asam Glutamic, 1.789 g
Glycine, 0.422 g
Proline, 0.48 g
Serine, 0.963 g

Sumber : http://www.asiamaya .com/nutrients/ telurbebek. htm

Manfaat Telur

Sebagai lauk, telur sangat nikmat dan bisa digunakan untuk campuran panganan apapun. Telur mengandung zat gizi yang tinggi yang salah satunya delapan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan anak dan kesehatan tubuh. Telur juga mengandung mineral selenium (Se) yang dibutuhkan pria untuk pembentukan kualitas dan kuantitas sperma. Satu butir telur dapat menghasilkan 10 persen dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium. Telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang.
Selain itu, telur juga mengandung vitamin E. Kombinasi antara selenium dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Telur merupakan sumber vitamin B12, vitamin B6, dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel syaraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel syaraf. Wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 mempunyai risiko anaknya akan mengalami kerusakan pada sistem syaraf.
Terkadang telur mengandung bakteri Salmonella sehingga tidak dianjurkan untuk dimakan dalam keadaan mentah, khususnya bagi orang yang memiliki risiko tinggi seperti wanita hamil, orang lanjut usia, dan anak-anak. Telur sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak hingga matang.
Sumber : http://feedraider. com/item/ 3537816/Informas i-Kesehatan- dan-Cara- Hidup-Sehat/ Manfaat-Telur/

Mengapa kulit telur bebek berwarna hijaubiru?
seorang tua memberiku pertanyaan, 'mengapa kulit luar telur bebek berwarna hijaubiru, padahal bulu mereka berwarna coklat?'.

pada awalnya saya pikir pertanyaan yang dia ajukan hanyalah sebuah candatanya. sekadar penghiburan untuk saya setelah beberapa saat lalu -kepada situa, saya berkeluhkesah mengenai pekerjaan, pendapatan, kehidupan, kerasatidakadilan dan sejenisnya.

ternyata dia bersungguh-sungguh dan meminta saya memikirkannya. 'tak perlu sekarang, tetapi kembalilah setelah menemukan jawabnya', kata si tua.

tidak mudah ternyata untuk mencari jawab seperti dimaksudkan.

diam-diam, saya menanyaulangkan kepada beberapa orang yang saya kenal. tetapi rata-rata menjawab secara sendagurau. sehingga saya menyerah. saya kembali kepada situa tanpa sepotong jawaban.

sudah saya duga. pertanyaan tersebut bukanlah pertanyaan. melainkan sebuah nasihat tersirat.

'hidup tidak selamanya berjalan seperti yang kita inginkan. berbahagialah dengan apa yang kamu miliki saat ini. termasuk bila hanya bisa makan dengan lauk telur asin -pun bila hanya setengah butir saja', katanya panjang.

tentu saja ini berhubungan dengan keluh yang waktu itu saya kesahkan. ya, saya sering merasa kurang dan kurang. saya selalu melihat kehidupan ini tidaklah pernah adil. saya merasa belum pernah satu kali pun kemakmuran menghampiri hidup saya.

dan sesaat setelah mendengar kalimat panjang tadi, saya tiba-tiba tersadar. betapa kurang bersyukurnya saya selama ini.

'kita belum tentu bisa mendapat apa yang kita inginkan, maka inginkanlah apa yang sudah kita dapat', lanjut situa.

mendengarnya saya jadi merenung panjang.

Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #11 on: 27 March 2009, 04:08:31 PM »
PSORIASIS adalah gangguan kesehatan pada kulit yang diakibatkan karena proses autoimun, yakni penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Psoriasis memiliki beberapa tipe penampakan pada kulit. Masing-masing tipe memiliki karakter khusus.

Pengaturan pola makan dapat membantu proses proses penyembuhan pada penderita psoriasis. Ada beberapa jenis bahan pangan yang perlu dikonsumsi karena sangat bermanfaat. Ada pula beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat memicu serangan psoriasis.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #12 on: 27 March 2009, 04:09:06 PM »
SALMON PANGGANG
Untuk 2 porsi

Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
1 sdt bawang putih parut
1 sdt jahe parut
2 sdt kecap asin organik (liquid aminos)
1 sdm minyak zaitun
2 potong fillet salmon ( [at] 200 g)
Sedikit garam, jika perlu
Salad sayuran segar, sebagai pelengkap

Cara membuat:
(waktu memasak: 5 menit)

    * Campur bawang putih, jahe, kecap asin, minyak zaitun, dan garam. Lumurkan bumbu pada ikan salmon. Diamkam 5-10 menit.
       
    * Panaskan wajan tebal. Panggang ikan sambil sesekali olesi dengan bumbu. Balikkan.
       
    * Setelah kedua sisinya matang, angkat. Sajikan segera bersama salad sayaran segar.

 
   

TIP DAPUR :

Ikan salmon boleh diganti dengan ikan sarden atau makerel. Bisa juga memakai ikan air tawar seperti gurame atau ikan mas.

TIP SEHAT:

    *

      Asam lemak Omega-3: berguna untuk mengatasi kondisi radang yang kronis. Bahan pangan kaya asam lemak omega-3, di antaranya salmon, sarden, makerel. Konsumsi juga suplemen flaxseed atau evening primrose oil.
       
    *

      Antioksidan: perbanyak konsumsi makanan yang berkhasiat antioksidan, yaitu bahan pangan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A (betakaroten), vitamin E, dan mineral (seng, magnesium, dan selenium.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #13 on: 27 March 2009, 04:10:34 PM »
APRICOT COMPOTE

Memelihara Kesehatan Mata
 
   

Aprikot boleh dikatakan sebagai buah sahabat mata. "Aprikot memiliki kandungan betakaroten yang sangat membanggakan. Dan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata”, demikian kata Ritva Butrum, Ph.D. Wakil Presiden sebuah penelitian yang diadakan di Institut Amerika untuk Penyakit Kanker di Washington DC.

Senyawa karotenoid (termasuk betakaroten) dapat ditemukan dalam buah dan sayuran yang berwarna kuning, jingga, dan merah. Betakaroten yang terdapat dalam aprikot akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk mencegah radikal bebas yang menyerang retina sehingga gangguan penglihatan atau kebutaan dapat dicegah.
 

APRICOT COMPOTE

Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)

100 ml jus orange
2 sdm madu
1 sdm air jeruk lemon
½ sdt air jahe parut
2 buah aprikot, potong membujur menjadi 8 bagian
10 lembar daun mint
100 ml yoghurt atau krim kocok

Cara membuat:
(waktu memasak: 5 menit)

   1.

      Jerang jus orange, madu, air jeruk lemon, dan air jahe. Masak sebentar hingga panas. Angkat.
   2.

      Masukkan aprikot dan daun mint. Diamkan hingga uapnya hilang. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan.
   3.

      Sajikan dingin dengan yoghurt atau krim kocok jika suka.

 
   

TIP DAPUR

    *

      Pilih aprikot yang benar-benar matang dan berkualitas baik untuk menghasilkan hidangan compote yang prima. Tandanya, kulit aprikot sudah berwarna merah atau jingga.
    *

      Agar lebih aromatik, Anda bisa menambah sedikit rhum atau minuman beralkohol lainnya, misalnya liqueur.

 
   

TIP SEHAT

    *

      Sebaiknya aprikot dikonsumsi beserta kulitnya. Sebab, kandungan seratnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan banyak terdapat di bagian kulit.
    *

      Sejak berabad lalu ada kebiasan pada penganti wanita bangsa Cina mengudap aprikot segar guna meningkatkan kesuburan. Hal ini tidaklah mengherankan. Sebab aprikot sarat akan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon seks.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #14 on: 27 March 2009, 04:11:09 PM »
X-Press Breakfast, Sarapan Praktis Kaya Probiotik
 

   

Tak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan keluarga? Tak mau terlalu repot di dapur? Silakan coba menyajikan sarapan dari sereal jagung (cornflake) yang ditambah dengan buah segar dan buah kering. Kandungan gizinya makin komplet dengan tambahan yoghurt.

Yoghurt termasuk salah satu bahan pangan probiotik karena mengandung ialah kultur hidup, semacam bakteri asam laktat. Bahan pangan probiotik ini membantu menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang ada dalam usus besar. Bakteri probiotik, Lactobacillus dan Bifidobacteria, bisa ditemukan dalam dalam yoghurt dan produk susu fermentasi lainnya.
 
 
 

X-PRESS BREAKFAST


Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 5 menit)

200 ml yoghurt tawar (plain yoghurt)
2 sdm madu
1 buah pisang cavendish
5 buah stroberi
200 g cornflake
2 sdm kismis

Cara membuat:
1. Campur yoghurt dan madu, aduk rata. Sisilhkan.
2. Potong-potong pisang dan stroberi.
3. Atur cornflake dan buah-buahan dalam mangkuk saji.
4. Siram dengan yoghurt -madu dan sajikan dengan taburan kismis.
 
   

TIP DAPUR :

    *

      Simpan selalu produk probiotik (yoghurt, susu fermentasi) dalam lemari es. Suhu ruang atau suhu tinggi dapat mematikan bakteri menguntungkan ini.
    *

      Yoghurt bisa dimanfaatkan sebagai campuran milkshake, saus salad, atau pengganti krim pada cake.

 
   

TIP SEHAT:

    *

      Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bahan pangan yang mengandung probiotik ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan diare, mengurangi gejala alergi, memperkecil resiko kanker, dan mencegah iritasi pada usus besar.
    *

      Tambahan buah segar dan buah kering dalam menu sarapan ini makin menambah asupan energi, vitamin, dan mineral.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #15 on: 27 March 2009, 04:12:52 PM »
Serbat Blewah

Pembersih Kolesterol
 
 

   

Blewah, buah asli Indonesia ini sepertinya mulai tergeser oleh munculnya buah-buahan impor yang banyak di pasaran. Padahal, soal nutrisi dan rasa, blewah bisa dibanggakan.

Buah tropis yang masih memiliki kekerabatan dengan mentimun, labu air, dan melon ini termasuk dalam keluarga mentimun-mentimunan (Curcubitaceae). Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat blewah layak dijadikan buah pelangsing.

Blewah juga menjadi buah kesayangan bagi pengidap gangguan kolesterol. Sebab, di dalam blewah, juga terdapat senyawa yang berfungsi menggelontor timbunan kolesterol dalam darah.
 

SERBAT BLEWAH
 

Untuk 4 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)

400 g blewah, keruk daging buahnya
100 g lidah buaya dalam sirup, siap beli
Es batu secukupnya

Sirup pandan:
200 g gula pasir
250 ml air
3 lembar daun pandan
2 cm jahe, memarkan

Cara membuat:
(waktu memasak: 15 menit)

   1. Sirup pandan: jerang gula pasir, air, daun pandan, dan jahe dengan api kecil hingga mendidih dan sirup kental. Angkat dan dinginkan.
   2. Taruh blewah, lidah buaya, dan es batu dalam gelas saji. Tambahkan sirup pandan secukupnya.
   3. Aduk rata, segera sajikan.

 
   

TIP DAPUR :

Blewah yang bagus memiliki ciri-ciri: kulitnya mulus dengan daging buah yang penuh, kulitnya kuning terang dengan sedikti bercak hijau, jika dicium baunya harum.
 
   

TIP SEHAT:

   1.

      Buah yang selalu menjadi sajian favorit di saat hari panas ini kaya akan zat nutrisi, di antaranya karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.
   2.Blewah juga mengandung senyawa diuretik atau peluruh seni sehingga sangat ampuh dipakai sebagai obat anyang-anyangan. Juga mujarab mengobati panas dalam dan demam.
   3.Mengandung sederetan senyawa antioksidan, karotenoid, flavonoid, lutein, dan isoflavon.Bermanfaat menggempur radikal bebas, penyebab kanker.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #16 on: 27 March 2009, 04:13:48 PM »
Fruity-Yoghurt Pancake as Energy Booster
 

 

 

 

 
   

Ada rencana melakukan aktivitas yang memeras tenaga esok hari? Berarti, Anda butuh makanan pendongkrak energi alias energy booster sebagai menu sarapan. Kombinasi tepat antara karbohidrat, protein, dan lemak akan menghasilkan energi tinggi. Contohnya, resep pancake ini. Sumber karbohidrat dan gula diperoleh dari tepung gandum dan kismis. Dan protein berasal dari yogurt. Sementara, lemak sehatnya didapat dari minyak salad dan kuning telur.

PANCAKE OATS & KISMIS
 

Untuk 12-15 buah

Bahan:
125 g tepung gandum (whole wheat flour)
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
100 g gula pasir
1/4 sdt garam
300 ml yogurt atau susu cair
50 ml minyak salad
2 butir telur ayam
50 g kismis, cincang kasar

Cara membuat:
 

   1.

      Campur semua bahan kering (tepung gandum, baking powder, baking soda, gula pasir, dan garam). Aduk rata. Sisihkan.
   2.

      Campur yogurt, minyak salad, dan telur. Kocok lepas, lalu tuangkan ke dalam bahan kering. Aduk perlahan dengan menggunakan whisk hingga adonan rata.
   3.

      Panaskan wajan tebal (pan), olesi sedikit mentega. Tuangkan 60 ml adonan pancake. Masak sampai permukaan adonan berlubang-lubang.
   4.

      Taburi atasnya dengan kismis. Balikkan, masak sampai pancake kecokelatan dan matang. Angkat.
   5.

      Sajikan hangat.

   

TIP DAPUR

   1.

      Jika Anda tidak bisa mendapatakan tepung gandum (whole-wheat flour), maka campur saja 125 g tepung terigu dengan 25 g quick cooking oats.
   2.

      Adonan tidak habis sekali masak? Simpan adonan dalam lemari es (pada bagian chiller). Besok pagi, keluarkan dan diamkan sebentar, aduk rata. Adonan siap diolah.

   

TIP SEHAT

   1.

      Pancake dengan oats merupakan menu sarapan yang kaya energi dan serat sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.
   2.

      Sebagai tambahan sumber energi, Anda bisa menambahkan berbagai buah kering (prune, sultana, kurma, aprikot) atau buah segar (pisang, apel, jeruk mandarin) ke dalam adonan pancake. Dan, nikmati pancake bersama olesan madu.
   3.

      Jangan mengemil makanan yang bisa menggembosi energi kita, misalnya gorengan dan kue yang tinggi lemak.
   4.

      Sebaiknya sediakan snack sehat berupa campuran aneka buah kering dengan kacang-kacangan (pistachio, almon, atau kacang mete) yang dipanggang sebentar.
   5.

      Ganti minuman bersoda atau minuman tinggi gula (misalnya teh manis, es sirup) dengan jus buah asli atau yohurt shake.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #17 on: 27 March 2009, 04:14:43 PM »
SPICY GINGER TEA

Penyembuhan Cara Alami
 

   

Secangkir teh herbal yang hangat dan nikmat adalah cara mudah mengatasi gangguan penyakit. Misalnya saja Anda merasa kembung dan badan kurang nyaman. Buat saja teh herba dari bumbu yang ada di dapur, yakni campuran jahe dan adas manis.

Jahe bermanfaat menghangatkan tubuh dan mengusir kembung, sedangkan adas manis mampu meredam gangguan selama fase menopause dan manjur membuang gas dalam perut. Benar-benar obat yang sangat sederhana.

Herba yang dijual di pasaran bisa berupa bagian tanaman tertentu yaitu daun, bunga, biji, kulit kayu, atau batang kayu tanaman. Dan diproses menjadi kapsul, tablet, cairan (tetes), juga berupa herba kering sehingga lebih praktis dalam penggunaannya.
 

SPICY GINGER TEA

Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 5 menit)

400 ml air
2 cm jahe, memarkan
2 sdt adas manis, cuci dan tiriskan
1 sdm madu atau gula batu

Cara membuat:
(waktu memasak: 10 menit)

   1. Rebus air dan jahe dengan api kecil hingga mendidih. Angkat
   2.  Masukkan adas manis. Diamkan hingga teh berubah warna. Saring.
   3. Sajikan hangat dengan tambahan madu atau gula batu.

 
   

TIP DAPUR

    *

      Khusus herbal berbentuk tetes, boleh langsung diteteskan ke dalam segelas air hangat. Sedangkan yang berbentuk kering, Anda bisa menyeduhnya menjadi teh.

 
   

TIP SEHAT

Di beberapa literatur menyebutkan ada ratusan jenis herbal yang berkhasiat menyembuhkan. Berikut adalah jenis herbal yang juga direkomendasikan para ahli:

    *

      Bawang putih. Sangat dipercaya nutk menurunkan kadal kolesterol dan tekanan darah tinggi. Ug amengurangi resiko terkena penyakit jantung.
    *

      Chamomile. Sangat nikmat diseduh sebagai teh herbal. Bermanfaat mengurangi sakit akibat radang tenggorokan.
    *

      Echinacea. Biasanya tersedia dalam bentuk tetes (tincture) atau serbuk kering. Sangat mujarab diminum sebagai pendongkrak sistem imunitas.
    *

      Gingko biloba. Herbal yang dapat diandalkan untuk mencegah pengentalan darah dan melancarkan peredaran darah ke otak sehingga daya ingat dapat dipertahankan.
    *

      Pepermint. Menenangkan perut yang sedang bergejolak dan menyingkirkan gas penyebab kembung.
    *

      Thyme. Meredakan batuk dan gangguan infeksi pada organ pernapasan bagian atas.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #18 on: 27 March 2009, 04:15:53 PM »
Strawberry Delight, Sahabat Gusi
 

   

Gusi berdarah, meradang, mudah sariawan itu merupakan pertanda awal gangguan kesehatan pada gusi atau yang disebut dengan gingivitis. Sebuah studi yang dimuat dalam Jurnal Kesehatan Gigi di AS terbitan Agustus 2000, menyebutkan bahwa orang dewasa yang tidak dapat memenuhi kebutuhan 60 mg vitamin C setiap hari akan memiliki resiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit gusi.

Bagaimana cara kerja vitamin C menjaga kesehatan gusi? Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memperkuat tulang dan pembuluh darah, terutama pada bagian gusi di mana tempat gigi tumbuh. Vitamin C juga diperlukan untuk memperkokoh jaringan gusi dan membuatnya tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
Jika ingin bebas dari penyakit gusi, perbanyaklah makan buah dan sayur. Sumber vitamin C paling diunggulkan di antaranya stroberi, paprika merah, paprika hijau, brokoli, kol merah, kembang kol, bayam, tomat kedelai, jambu biji, pepaya, mangga, melon, dan melon jingga.
 

STRAWBERRY DELIGHT


Untuk 4 gelas
Bahan:
(waktu persiapan: 10-15 menit)

6 buah stroberi, bersihkan
1 buah mangga arumanis yang matang, kupas
100 ml yogurt tawar
250 ml jus apel
Es serut secukupnya
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #19 on: 27 March 2009, 04:17:12 PM »
Acar Bawang, Obat Ajaib Turunkan Kolesterol
 
 

 

 
   

Bawang putih terkenal sebagai bumbu penting yang berperan memberi rasa gurih pada masakan. Ternyata, bumbu beraroma tajam ini mengandung senyawa allicin yang bertugas mengubah cara tubuh dalam mengunakan kolesterol. Demikian menurut Dr. Stephen Warshafsky, asisten prosfesor di New York Medical College, AS.

Dari hasil penelitian yang dilakukannya terbukti bahwa dengan menyantap 1 atau 1 ½ siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 9 persen.

ACAR BAWANG


Untuk 4 porsi

Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
250 ml air
2 sdm gula pasir
½ sdt garam
2 sdm air jeruk lemon
100 g bawang putih, kupas, utuhkan
10-15 buah cabai rawit hijau atau merah, utuhkan

Cara membuat:
(waktu memasak: 10 menit)

   1. Jerang air, gula pasir, dan garam hingga mendidih. Angkat.
   2. Tambahkan air jeruk lemon, bawang putih, dan cabai rawit. Tutup panci, dinginkan.
   3. Masukkan acar bawang dalam wadah bertutup rapat. Simpan dalam lemari es.

   

TIP DAPUR

    *

      Sertakan acar bawang dalam menu sehari-hari, misalnya sebagai teman makan ikan bakar, mi kuah, nasi tim dan lainnya.

   

TIP SEHAT

UKUR DAN WASPADAI!

Salah satu kiat untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung adalah menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah tetap pada kondisi normal. Berikut adalah angka yang normal dan yang perlu diwaspadai.

Kisaran Angka (level)
   

Kategori

Total Kolesterol

< 200 mg/dL

200 -239 mg/dL

> 240 mg/dL
   

Aman

Batas aman

Tinggi

LDL (lemak jahat) à semakin rendah  semakin baik

< 100 mg/dL

100-129 mg/dL

130-159 mg/dL

160-189 mg/dL

< 190 mg/dL
   

Optimal

Mendekati optimal

Garis batas tinggi

Tinggi

Sangat tinggi

Trigliserida

< 150 mg/dL

150-199 mg/dL

> 200 mg/dL
   

Normal

Garis batas tinggi

Tinggi

HDL (lemak sehat) à semakin tinggi semakin baik

< 40 mg/dL

40-59 mg/dL

60 mg/dL
   

Cenderung terkena risiko penyakit jantung

Optimal

Proteksi terhadap serangan penyakit jantung

Sumber: National Heart, Lung, and Blood Institute, National Institutes of Health (2006).
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #20 on: 27 March 2009, 04:20:17 PM »
[Ubi Merah Panggang, Mempertajam Ingatan
 

   

Ubi merah (sweet potato) tak layak dipandang sebagai makanan kelas dua. Meski harganya murah, ubi merah banyak mengandung zat gizi dan zat antioksidan. Mark Kestin Ph.D, ketua program nutrisi di Unversitas Bastyr, Seattle, memberi saran, ”Pilihlah ubi yang berwarna jingga sampai merah dan cerah warnanya. Semakin merah, semakin tinggi kandungan betakoratennya”.

Selain kaya serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan (betakaroten), ubi merah juga mengandung asam folat dan vitamin B6 (piridoksin). Kedua anggota vitamin B ini membantu meningkatkan performa kerja otak dan mempertajam daya ingat.

UBI MERAH PANGGANG (Baked Sweet Potatoes)

 

Untuk 4 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)

600 g ubi merah/jingga, potong dadu 2 cm
2 sdt minyak zaitun
2 sdm madu
1 sdt adas manis
1/2 sdt kayumanis bubuk
2 sdm yogurt tawar/rasa vanilla
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #21 on: 06 May 2009, 08:44:53 PM »
Mint & Green Tea, Enyahkan Bau Mulut
 
 

 Aroma napas tak sedap, halitosis, adalah masalah bagi banyak orang. Gangguan ini sangat berhubungan dengan kesehatan mulut dan sistem pencernaan, yang terganggu. Sumber penyebanya adalah bakteri Streptococcus mutan.

Agar terhindar dari halitosis, selain menjaga kesehatan rongga mulut dengan cara menggosok gigi dan lidah juga berkumur dengan obat kumur. Ada cara menyenangkan lain yang dapat dilakukan, yaitu; mengomsumsi teh hijau yang dicampur daun mint.
 
 
 
MINT & GREEN TEA
 

Untuk 2 porsi

Bahan:
(waktu persiapan: 5 menit)
500 ml air
1 1/2 sdt teh hijau (green tea)
20 lembar daun mint

Cara membuat:
(waktu memasak: 10 menit)
 

Siapkan poci berisi 11/2 sdt teh hijau

Jerang air sampai mendidih. Angkat. Tuangkan ke dalam poci berisi teh hijau. Diamkan beberapa saat hingga air mulai berubah warna menjadi kehijauan.

Taruh daun mint dalam gelas saji, lalu tuangkan lair teh hiiau yang masih panas ke dalam gelas saji.

Diamkan selama 5-10 menit sampai aroma mint menguar. Sajikan.
 
 
 
 
 TIP DAPUR :

Teh hijau beraroma mint ini cocok disajikan dalam keadaan panas atau pun dingin.

Sebaiknya seduh teh dengan peralatan minum dari keramik, kaca, atau tanah liat.

Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis alami.

 
 TIP SEHAT:

Green tea atau teh hijau memiliki segudang khasiat, karena mengandung senyawa antioksidan (flavonoid dan polifenol) yang "menekan" aktivitas sel radikal bebas dan menghambat pertumbuhan bakteri. Teh hijau juga mengandung florida, yang dapat mencegah pembentukan plak dan lubang pada gigi.

Daun mint (Mentha haplocalyx Briq) memiliki aroma segar dan harum. Mint mengandung senyawa yang berguna bagi kesehatan, yaitu leusin, mentol, dan asam aspartat. Sangat baik untuk kesehatan paru-paru dan organ pernapasan lain.
 
 
 
 
 
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #22 on: 06 May 2009, 08:47:37 PM »
[Selada Kacang Polong, Atasi Rambut Rontok
 
 
 Selain stres, gangguan keseimbangan hormon, salah dalam perawatan rambut, kerontokan rambut bisa juga karena Anda kekurangan nutrisi.

Nah, jika penyebab rontoknya rambut dikarenakan kekurangan pasokan zat gizi, maka ada baiknya Anda mencoba menyantap selada kacang polong dengan saus Asia berikut ini. Menurut beberapa ahli gizi, kacang polong (juga jenis polong-polongan lainnya), daging ayam kampung, ikan, dan biji-bijian termasuk sumber protein rendah lemak yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.
 
 
 
 
 
 Selada Kacang Polong

Untuk 4 porsi
Waktu pembuatan : 20 menit

Bahan:
200 g daging dada ayam kampung, rebus, potong dadu 1 cm
150 g kacang polong beku
150 g kacang merah kalengan, tiriskan
150 g lettuce, sobek-sobek

Saus:
2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur
2 sdm minyak wijen
2 sdm kecap ikan
2 buah cabai merah kering, tumbuk kasar
2 siung bawang putih, cincang kasar
1 cm jahe, cincang kasar
1 sdm gula pasir

Cara membuat:

Saus: Campur minyak sayur, minyak wijen, kecap ikan, cabai merah kering, bawang putih, jahe, dan gula pasir. Aduk hingga gula larut.

Atur daging ayam, kacang polong, kacang merah,  dan lettuce dalam piring saji.

Siram  dengan sausnya. Aduk rata. Sajikan segera.
 
 TIP DAPUR :

Kacang polong bisa diganti dengan jenis polong-polongan lainnya, misalnya kacang hijau, kacang RRC, kacang putih (garbanzo). Hasilnya sama enaknya.

Jika memakai kacang kering (kacang merah, kacang hijau,kacang RRC), sebaiknya rendam dulu selama 2 jam atau lebih, lalu rebus sampai empuk untuk mengembalikan kesegarannya. Jika memakai kacang kalengan (kacang merah, garbanzo), bisa langsung digunakan.
 
 
TIP SEHAT:

Makanan sumber vitamin B (terutama B2) sangat bagus untuk merawat kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok. Misalnya, kuning telur, almond, keju, sayuran daun hijau.

Beauty booster: konsumsi secara teratur suplemen atau  makanan sumber vitamin F, vitamin A dan betakaroten, vitamin E, selenium, sinc, dan sulfur untuk meningkatkan keindahan rambut sekaligus kecantikan kulit Anda.

Untuk mencegah kerontokan rambuk, sebaiknya hindari dulu pemakaian pengering rambut listrik, pengecatan rambut, penggunaan rol rambut, juga hairspray yang mengandung bahan kimia yang cukup keras.

Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan minuman berkafein. Hindari pula makanan yang tinggi gula.

Perbanyak minum air putih (minimal sehari 8 gelas). Manfaat dari air ini adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi hingga ke akar rambut.
 
 
 
 
 
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #23 on: 06 May 2009, 08:52:29 PM »
Bumbu Kari India,
Khasiat Di Balik Rempah
 
 

 Bumbu rempah tidak hanya menyumbangkan citarasa lezat pada masakan, tetapi juga mempunyai kekuatan menyembuhkan. Ini dikarenakan di dalam rempah-rempah terkandung senyawa fitokimia, yaitu sejenis obat yang terdapat pada tanaman.
Cara paling gampang mendapatkan khasiat rempah yaitu dengan meraciknya dalam campuran bumbu yaitu bumbu kari. Anda pun bisa mendapatkan ‘obat’ dari dapur yang manjur setiap saat.
 
 
 
BUMBU KARI INDIA

Untuk 60 gram bumbu
Bahan:
(waktu persiapan: 5 menit)
2 sdm biji mustard
2 sdm ketumbar
2 sdt jintan
2 sdt adas kelabat
1 sdt adas manis
5 cm kayu manis
4 butir cengkih
2 sdt jahe bubuk
2 sdt kuni bubuk

Cara membuat:
(waktu memasak: 5 menit)

Panaskan wajan, masukkan biji mustard, ketumbar, jintan, kelabat, adas manis, kayu manis, dan cengkih. Sangrai selama 5 menit agar aroma rempah makin kuat. Angkat dan dinginkan.
Masukkan rempah sangai ke dalam mangkuk grinder. Tambahkan jahe bubuk dan kunyit bubuk. Proses hingga bumbu halus.
Simpan dalam wadah kedap udara. Gunakan untuk mengolah masakan kari.
 
 TIP DAPUR :

Gunakan bumbu kari India ini untuk mengolah kari sayuran, kari ikan, kari ayam, dan kari kambing. Agar kari lebih gurih, bisa ditambahkan sedikit santan, susu segar atau pun yoghurt.
 

Simpan bumbu dalam wadah kedap udara dan bertutup rapat. Jika Anda ingin menyimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya simpan bumbu di dalam lemari es.
 
 TIP SEHAT:

Pala, jahe, jintan, merica hitam, dan ketumbar terbukti mampu memblokir dampak aflatoksin, pencetus kanker liver. Juga berperan menyingkirkan radikal bebas.

Menurut beberapa penelitian, senyawa kurkumin dalam kunyit merupakan sumber antioksidan yang sangat ampuh menangkal penyakit kanker kulit.

Cengkih mengandung senyawa eugenol, zat antioksidan yang ampuh.

Kelabat mengandung senyawa saponin yang mampu mengikat kolesterol dalam darah. Selain itu, juga mencegah terjadinya penggentalan darah.
 
 
 
 
 
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #24 on: 29 July 2009, 10:33:06 PM »
Kiwi Refresher, Sembuhkan Sariawan
 
Kiwi, si buah berwarna hijau dengan bintik-bintik biji berwarna hitam, ternyata memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi ini, kiwi memberikan perllindungan terhadap serangan berbagai penyakit (meningkatkan sistem imunitas) serta mempercepat penyembuhan sariawan.
Dalam ilmu pengobatan Oriental, kiwi direkomendasikan sebagai pembasmi kanker payudara dan kanker usus. Dipakai juga sebagai tonikum untuk membantu tumbuh kembang anak dan mempercepat proses pemulihan ibu pasca melahirkan.
 
KIWI REFRESHER
 


Untuk 30 org
Bahan:
(waktu persiapan: 5 menit)
2 buah kiwi, pilih yang matang
200 g pepaya, kupas kulitnya
150 g leci kalengan, tiriskan airnya
Es serut secukupnya

Sirup serai:
50 g gula pasir
200 ml air
2 tangkai serai, memarkan
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:
(waktu memasak: 10 menit)

Kupas kiwi, lalu potong-potong, sisihkan. Potong pepaya bentuk dadu ukuran 1 cm. Campur kiwi, pepaya, dan leci. Simpan dalam lemari es.
Sirup serai: jerang gula pasir, air, dan serai dengan api kecil hingga gula larut dan sirup agak kental. Angkat. Setelah uapnya hilang, tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata. Diamkan sirup hingga dingin.
Penyajian: tambahkan es serut ke atas buah potongan, lalu siram dengan sirup serai. Jika kurang asam, perciki sedikit air jeruk nipis. Segera sajikan.
 
TIP DAPUR :

Pilih kiwi yang masak benar. Jika masih mentah dan dagingnya keras, kiwi terasa asam sekali.
Kiwi sangat menarik diolah menjadi aneka sajian dessert, saus puding susu, saus lauk (hidangan laut atau ayam), jus, salad, atau bumbu perendam.
 
TIP SEHAT:

Seperti halnya pepaya dan nanas, kiwi juga memiliki enzim yang sangat berperan dalam membantu mencerna protein dan bersifat antiradang.
Kiwi bisa diandalkan sebagai buah yang mampu memperbaiki peredaran darah dan mengurangi kelebihan garam dalam tubuh sehingga cocok untuk mengatasi penyakit darah tinggi.
 
 
 
 
 
 
Life is about living...

Offline Namaste

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 1
Re: healthy recipe
« Reply #25 on: 29 December 2009, 08:26:42 PM »
hallo sis aitristina, btw selain resep2 sehatnya masih punya resep kue2 sedapnya gak kaya tiramisu, puff pastry n cara buatnya sekalian donk kalo ada......oh ya sekalian deh mo nanya neeh...klo mo beli oven kue yg memakai gas merek apa yach yang baik?, harganya berapa kira2 tuk oven yg ukuran 60 cm n dimana yach?....

Offline darwin hua

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 103
  • Reputasi: 3
Re: healthy recipe
« Reply #26 on: 20 January 2010, 12:38:46 PM »


Terima kasih resepnya,sangat bermanfaat dech..nanti akan saya kasih tahu istri saya untuk memasaknya.

Anumodana

Offline darwin hua

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 103
  • Reputasi: 3
Re: healthy recipe
« Reply #27 on: 20 January 2010, 12:39:21 PM »

Mau lah..resep tiramisu tersebut...hahaahaha :))

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: healthy recipe
« Reply #28 on: 20 January 2010, 12:49:13 PM »
weww, bongkar2 thread lama ni.;D

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: healthy recipe
« Reply #29 on: 03 February 2010, 10:50:56 PM »
mantappp.....
palagi, gw lagi ngidam makan pancake hehehe

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: healthy recipe
« Reply #30 on: 05 February 2010, 10:39:57 PM »
gw coba buat pancake nya, enak banget ternyata...
lebih enak dari di cafe tempat biasa gw nongkrong. dan bener2 ngenyangin
mantappppp

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #31 on: 06 February 2010, 01:08:26 PM »
cenennnk buangettt kalo dikasih pancakenya dehhh...baru percaya getu   :-? ^-^

emang biasa nongkrong dicafe mana think? :-?

gw coba buat pancake nya, enak banget ternyata...
lebih enak dari di cafe tempat biasa gw nongkrong. dan bener2 ngenyangin
mantappppp
« Last Edit: 06 February 2010, 01:10:08 PM by aitristina »
Life is about living...

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: healthy recipe
« Reply #32 on: 06 February 2010, 10:23:56 PM »
dateng donk kerumah...

cafe di mall SKA pekanbaru

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Healthy Recipe ( Buddha Jump Over The Wall )
« Reply #33 on: 23 May 2010, 10:42:49 AM »
Buddha Jump Over The Wall



Penulis menulis: "Ini mungkin pesta akhir ... ini hidangan besar berasal dari Fuzhou, di propinsi Fujian,. Hal ini membutuhkan sejumlah besar upaya, paling baik dilakukan selama jangka waktu dua hari dan dapat berisi sebanyak tiga puluh bahan berbeda. "

Day 1 Hari 1
1/4 pound shark's fin 1 / 4 pound sirip hiu
2 tablespoons white vinegar Putih 2 sendok makan cuka
1 cup stock 1 cangkir saham
1/4 cup Shao-Hsing wine or dry sherry 1 / 4 cup Shao-Hsing anggur atau sherry kering
2 ounces lard or peanut oil 2 ons lemak atau minyak kacang tanah
One 1/2-inch-thick slice fresh ginger, lightly smashed Satu 1/2-inch-thick irisan jahe segar, ringan dihancurkan
3 scallions, white parts only 3 daun bawang, bagian putihnya saja

4 whole abalone 4 seluruh pauhi
1 cup stock 1 cangkir saham
2 tablespoons Shao-Hsing wine or dry sherry 2 sdm Shao-Hsing anggur atau sherry kering

4 dry scallops, each 1 inch in diameter 4 kering kerang, masing-masing berdiameter 1 inci
2 tablespoons Shao-Hsing wine or dry sherry, for scallops 2 sdm Shao-Hsing anggur atau sherry kering, untuk kerang

12 quail eggs 12 telur puyuh

3 small fresh bamboo shoots 3 pucuk bambu segar kecil
(1 1/2 pounds) (1 1 / 2 pounds)
1 quart cold water, for bamboo shoots 1 liter air dingin, untuk rebung

One 4-pound chicken Satu 4-pon ayam
1/4 cup salt 1 / 4 cangkir garam

1 1/2 pounds pork feet (3 halves) each half cut into 4 pieces by butcher 1 1 / 2 kaki babi pound (3 potongan) separuh masing-masing dipotong menjadi 4 bagian oleh tukang daging
2 pounds lamb filet £ 2 domba filet
2 1/2 pounds pork (fresh ham) 2 1 / 2 pounds daging babi (ham segar)

1 pound Smithfield ham £ 1 Smithfield ham
2 quarts cold water, for Smithfield ham 2 liter air dingin, untuk ham Smithfield

12 Chinese black mushrooms 12 jamur hitam Cina


Day 2 Hari 2


2 1/2 pounds Chinese turnips, peeeled, both ends discarded, cut into 4 pieces lengthwise, then into 1-inch pieces 2 1 / 2 pounds lobak Cina, peeeled, dibuang kedua ujungnya, potong menjadi 4 bagian memanjang, kemudian ke-inci bagian 1
1 pound carrots (3 large), peeled, cut into 1-inch sections £ 1 wortel (3 besar), kupas, potong-inci bagian 1
Four 3-inch-long cinnamon sticks Empat-inci panjang 3 batang kayu manis
4 pieces eight-star anise 4 buah bintang delapan adas
6 scallions, trimmed and cut into thirds 6 daun bawang, diiris dan dipotong menjadi tiga
5 cups Shao-Hsing wine or dry sherry 5 cangkir Shao-Hsing anggur atau sherry kering
7 cups chicken stock 7 cangkir kaldu ayam
6 ounces rock sugar (rock candy) - you can substitute granulated sugar 6 ons gula batu (permen rock) - Anda dapat pengganti gula pasir
1/2 cup plus 3 tablespoons double dark soy sauce, regular dark soy sauce, or mushroom soy sauce 1 / 2 cup plus 3 sendok makan kecap gelap ganda, kecap gelap biasa, atau kecap jamur
1 cup chicken stock 1 cangkir kaldu ayam
4 bamboo leaves, soaked in hot water for 20 minutes, until softened, and washed 4 daun bambu, direndam dalam air panas selama 20 menit, sampai layu, dan dicuci
1 large lotus leaf, soaked in hot water for 20 minutes until softened, washed and dried 1 besar daun teratai, direndam dalam air panas selama 20 menit sampai lunak, dicuci dan dikeringkan

3 1/2 cups peanut oil for deep-frying and stir-frying 3 1 / 2 cangkir kacang minyak untuk menggoreng deep- dan aduk-menggoreng

Directions: Arah:

Day 1 Hari 1

         1. To prepare the shark's fin, the night before, soak the fins in a bowl of water with the white vinegar for a least 4 to 6 hours, rinse, and drain. Place the soaked shark's fins in a steamproof dish with the stock, wine, lard, ginger, and scallions and steam for 30 minutes. Untuk mempersiapkan hiu sirip, malam sebelumnya, merendam sirip dalam semangkuk air dengan cuka putih untuk setidaknya 4 sampai 6 jam, cuci, dan tiriskan. Tempat direndam's hiu sirip di piring steamproof dengan saham, anggur, lemak babi, jahe, dan bawang merah dan kukus selama 30 menit. Turn off the heat, discard the ginger and scallions, strain off and discard the liquid, and reserve overnight, refrigerated. Matikan api, buang jahe dan daun bawang, strain off dan membuang cairan, dan cadangan semalam, didinginkan.
         2. To prepare the abalone, the night before (at the same time you soak the shark's fins), wash the abalone, place in a pot with 3 quarts water, bring to a boil over medium heat, lower the heat, and simmer for 10 minutes. Untuk mempersiapkan pauhi, malam sebelum (pada saat yang sama Anda merendam hiu sirip tersebut), mencuci pauhi, tempat dalam pot dengan 3 air liter, didihkan dengan api sedang, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama 10 menit . Turn off the heat and allow to rest in the liquid in the pot overnight. Matikan api dan memungkinkan untuk beristirahat dalam cairan di dalam pot semalam. Place the abalone in a steamproof dish with the stock and wine and steam for 1 1/2 to 2 hours, until softened. Tempat pauhi dalam piring steamproof dengan saham dan anggur dan kukus selama 1 1 / 2 sampai 2 jam, sampai empuk. Discard the liquid and reserve the abalone overnight, refrigerated. Buang cairan dan cadangan pauhi semalam, didinginkan.
         3. To prepare the scallops, place the scallops and wine in a steamproof dish and steam for 20 minutes, until softened. Untuk mempersiapkan remis, tempat kerang dan anggur dalam sebuah piring steamproof dan kukus selama 20 menit, sampai layu. Turn off the heat, discard the liquid, and reserve the scallops overnight, refrigerated. Matikan api, buang cairan, dan cadangan remis semalam, didinginkan.
         4. To prepare the quail eggs, cook them in boiling water for about 7 minutes, until hard boiled. Untuk mempersiapkan telur puyuh, masak dalam air mendidih selama sekitar 7 menit, direbus sampai keras. Remove from the pot and cool. Angkat dari panci dan sejuk. Shell and reserve overnight, refrigerated. Shell dan cadangan semalam, didinginkan. Remove from the refrigerator and allow to come to room temperature on Day 2. Hapus dari kulkas dan memungkinkan untuk datang ke suhu ruangan di Hari ke-2.
         5. To prepare the bamboo shoots, remove all outer husks down to the tender, cream-white core. Untuk menyiapkan rebung, hapus semua sekam ke luar tender, inti putih krim. Place the whole shoots in a pot with the water, cover, and bring to a boil over high heat. Tempatkan seluruh tunas dalam panci dengan air, tutup dan didihkan dengan panas tinggi. If very tender, simmer for 7 minutes; if a bit tough, simmer for 20 minutes. Jika sangat lembut, biarkan mendidih selama 7 menit, jika sedikit sulit, biarkan mendidih selama 20 menit. Turn off the heat, run cold water into the pot, and drain. Matikan api, jalankan air dingin ke dalam panci, dan tiriskan. Allow to cool, cut each shoot lengthwise into 4 pieces, and reserve overnight, refrigerated. Biarkan dingin, potong masing-masing memanjang menembak menjadi 4 bagian, dan cadangan semalam, didinginkan.
         6. To prepare the chicken, wash and remove the fat and membranes. Untuk mempersiapkan ayam, cuci dan menghilangkan lemak dan membran. Rinse under cold running water and drain. Bilas di bawah air dingin dan tiriskan. Sprinkle the outside with the salt and rub in well. Taburkan luar dengan garam dan gosok dengan baik. Rinse, drain, and dry. Bilas, tiriskan, dan kering. Cut the chicken into 12 pieces and reserve overnight, refrigerated. Potong ayam menjadi 12 buah dan cadangan semalam, didinginkan.
         7. To prepare the duck, prepare precisely as the chicken in the preceeding step. Untuk mempersiapkan bebek, menyiapkan tepat sebagai ayam di langkah sebelumnya.
         8. To prepare the pork feet, cut up the pork feet, if necessary, and reserve overnight, refrigerated. Untuk mempersiapkan kaki babi, memotong kaki babi, jika perlu, dan cadangan semalam, didinginkan.
         9. To prepare the lamb and pork, cut the lamb into 12 equal pieces and reserve refrigerated, overnight. Untuk mempersiapkan anak domba dan babi, potong menjadi 12 buah domba sama dan cadangan didinginkan, semalam. Cut the pork into 12 equal pieces and reserve refrigerated, overnight. Potong daging babi menjadi 12 buah sama dan cadangan didinginkan, semalam.
        10. To prepare the Smithfield ham, place the ham and water in a pot, cover, and bring to a boil over medium heat. Untuk mempersiapkan Smithfield ham, tempat ham dan air dalam panci, tutup dan didihkan dengan api sedang. Lower the heat to medium and simmer for 30 minutes. Panas lebih rendah sampai medium dan didihkan selama 30 menit. Turn off the heat, allow to rest in the liquid, and return to room temperature. Matikan api, biarkan sisanya dalam cairan, dan kembali ke suhu kamar. Remove, discard the liquid, cut into 12 equal pieces, and reserve, refrigerated, overnight. Hapus, buang cairan, potong menjadi 12 buah yang sama, dan cadangan, didinginkan, semalam.
        11. To prepare the mushrooms, soak the mushrooms in hot water for 30 minutes, until softened. Untuk mempersiapkan jamur, rendam jamur dalam air panas selama 30 menit, sampai layu. Wash, drain, remove the stems, and reserve overnight, refrigerated. Cuci, tiriskan, keluarkan batang, dan cadangan semalam, didinginkan.

Day 2 Hari 2

         1. Heat a wok over high heat for 1 minute. Panaskan wajan dengan api besar selama 1 menit. Add the peanut oil and heat to 350 degrees F. Place the turnips in a Chinese strainer and lower into the oil. Blanch for 2 minutes, remove, drain over a bowl, and reserve. Tambahkan minyak kacang dan panas ke 350 derajat F. Letakkan lobak di saringan Cina dan rendah menjadi minyak. Blanch selama 2 menit, menghapus, tiriskan di atas mangkuk, dan cadangan. Bring the oil back to 350 degrees F, blanch the carrots and bamboo shoots similarly for 3 minutes, remove and drain, and reserve. Bawalah minyak kembali ke 350 derajat F, pucat wortel dan rebung yang sama selama 3 menit, keluarkan dan tiriskan, dan sisihkan. Bring the oil again to 350 degrees F., add the quail eggs to the wok, and deep-fry for 2 minutes or until the eggs brown lightly. Bawalah minyak lagi untuk 350 derajat F., tambahkan telur puyuh ke wajan, dan goreng selama 2 menit atau sampai telur cokelat ringan. Remove, strain, and reserve. Hapus, strain, dan cadangan.
         2. Remove all but 2 tablespoons of the oil from the wok and set aside. Hapus semua tapi 2 sendok makan minyak dari wajan dan sisihkan. Heat the wok over high heat for 20 seconds. Wajan panas dengan api besar selama 20 detik. When a wisp of white smoke appears, add 2 cinnamon sticks, 2 pieces of star anise, and half the scallions. Ketika gumpalan asap putih muncul, tambahkan 2 batang kayu manis, 2 buah adas bintang, dan setengah daun bawang. Stir-fry until the fragrance is released, about 1 minute. Tumis hingga harum dilepaskan, sekitar 1 menit. Add the reserved chicken and duck, stir, and cook for 5 minutes. Tambahkan reserved ayam dan itik, aduk, dan masak selama 5 menit. Turn off the heat, remove the entire contents of the wok to a bowl, and reserve. Matikan api, menghapus seluruh isi wajan ke mangkuk, dan cadangan.
         3. Wash the wok and spatula. Cuci wajan dan spatula. Heat the wok over high heat for 1 minute. Panaskan wajan dengan api besar selama 1 menit. Add the 3 tablespoons of the reserved peanut oil and coat the wok with it using a spatula. Tambahkan 3 sendok makan minyak kacang dilindungi undang-undang dan mantel wajan dengan menggunakan spatula. When a wisp of white smoke appears, add the remaining cinnamon, anise, and scallions and stir for 1 minute. Ketika gumpalan asap putih muncul, tambahkan sisa kayu manis, adas manis, dan irisan daun bawang dan aduk selama 1 menit. Add the pork feet, lamb, and pork and cook, stirring, for 5 minutes. Tambahkan kaki daging babi, domba, dan daging babi dan masak, aduk, selama 5 menit. Turn off the heat. Matikan api.
         4. Place the contents of the wok into a large pot. Tempat isi wajan ke dalam panci besar. Add the wine, chicken stock, and rock sugar and stir. Tambahkan anggur, kaldu ayam, dan gula batu dan aduk. Cover and bring to a boil over medium heat. Tutup dan didihkan dengan api sedang. Add 1/2 cup of the soy sauce and stir well. Tambahkan 1 / 2 cangkir kecap dan aduk rata. Lower the heat and simmer for 30 minutes. Rendah api dan didihkan selama 30 menit. Raise the heat to high, add the reserved chicken an duck and the contents of the bowl, and simmer for 15 minutes. Angkat panas tinggi, tambahkan ayam bebek reserved sebuah dan isi mangkuk, dan biarkan mendidih selama 15 menit. Turn off the heat. Matikan api. Allow all the contents of the pot to rest in the liquid for 10 minutes. Izinkan semua isi panci untuk beristirahat dalam cairan selama 10 menit. Empty the contents into a bowl, including the cooking liquid, discard the scallions, and allow to cool sufficiently to handle. Kosongkan isi ke dalam mangkuk, termasuk cairan memasak, buang daun bawang, dan biarkan dingin cukup untuk menangani.
         5. While all the meats are cooking, place the reserved blanched turnips, carrots, and bamboo shoots in a wok. Sementara semua daging adalah memasak, tempat pucat reserved lobak, wortel, dan rebung dalam wajan. Add the stock. Tambahkan saham. Raise the heat to high, mix well, stirring, and bring to a boil. Angkat panas tinggi, aduk rata, aduk, dan didihkan. Add the remaining 3 tablespoons soy sauce and stir. Lower the heat and simmer for 5 minutes. Tambahkan 3 sendok makan kecap yang tersisa dan aduk. Kecilkan api dan didihkan selama 5 menit. Turn off the heat, strain, and reserve. Matikan api, strain, dan cadangan. Reserve the liquid for another use. Cadangan cairan untuk penggunaan lain.
         6. Wrap the reserved shark's fin, abalone, scallops, and Smithfield ham in cheesecloth. Bungkus reserved's hiu sirip, pauhi, kerang, dan ham Smithfield dalam kain katun tipis. Sew or tie to close. Menjahit atau mengikat untuk menutup.
         7. For this final step, a large pot, about 3-gallon capacity, should be used. Untuk langkah terakhir ini, satu panci besar, sekitar-galon kapasitas 3, harus digunakan. Pour 2 cups of reserved cooking liquid from the bowl into the pot. Tuang 2 cangkir cairan memasak reserved dari mangkuk ke dalam panci. Place a rack on the bottom and cover with bamboo leaves trimmed to fit the shape of the rack. Begin layering ingredients. Tempatkan rak di bagian bawah dan tutup dengan daun bambu dipotong agar sesuai dengan bentuk rak. Mulailah layering bahan.
         8. Place the pork feet in a single layer on the bamboo leaf-lined rack. Letakkan kaki babi di dalam lapisan tunggal di rak bambu berlapis daun. Place a single layer of lamb atop the pork feet. Tempatkan single layer domba di atas kaki babi. Place a single layer of chicken atop the lamb. Tempatkan lapisan tunggal ayam di atas domba. Place a single layer of duck atop the chicken. Tempatkan lapisan tunggal bebek di atas ayam. Place a single layer of pork atop the duck. Tempatkan single layer daging babi di atas bebek. Place the cheesecloth bundle atop the pork. Taruh berkas di atas kain katun tipis daging babi. Ladle 1 quart of cooking liquid over the layers. Sendok 1 liter cairan memasak selama lapisan. Place the mushrooms over the bundle. Taruh jamur di atas bungkusan itu. Layer the turnips, carrots, and bamboo shoots over the mushrooms. Lapisan lobak, wortel, dan rebung atas jamur. Pour the remaining liquid, including the spices, over the top. Tuangkan cairan yang tersisa, termasuk rempah-rempah, di atasnya. Lay the lotus leaf over the top of the pot. Lay daun teratai dari atas panci. Place the pot cover on the leaf to seal the pot. Tempatkan pot daun penutup untuk menutup panci.
         9. Over low heat, allow the contents of the pot to simmer for 1 1/4 to 1 1/2 hours. Lebih rendah panas, memungkinkan isi panci untuk masak perlahan selama 1 1 / 4 sampai 1 1 / 2 jam. Turn off the heat and allow the pot to rest for 10 minutes. Matikan api dan memungkinkan pot untuk beristirahat selama 10 menit. Remove all the foods from the pot to a large heated serving platter. Hapus semua makanan dari panci ke piring melayani dipanaskan besar. Garnish the platter with the quail eggs. Hiasi piring dengan telur puyuh. Place the liquid, now a rich broth, in a heated tureen. Tempat cair, sekarang kaldu kaya, dalam pinggan panas. Remove the cheesecloth bundle to another heated plate, discard the cheesecloth, remove the contents, slice the abalone thinly, and arrange it with the other ingredients as an accompaniment. Hapus berkas katun ke piring pemanas, membuang kain katun tipis, keluarkan isinya, iris tipis pauhi itu, dan mengaturnya dengan bahan lainnya sebagai iringan.
        10. Serve in the Chinese manner: the meats and vegetables together, with some of the broth poured over them, the rest of the broth divided into bowls to drink. Sajikan dengan cara Cina: daging dan sayuran bersama-sama, dengan beberapa kaldu mengalir atas mereka, sisa kaldu dibagi ke dalam mangkuk untuk minum.
« Last Edit: 23 May 2010, 10:45:09 AM by MarFeL™ »


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #34 on: 23 June 2010, 04:04:02 PM »


Salad Sayur Saus Yoghurt
Makanan Fungsional
 
Makanan fungsional atau functional food sering dibahas dalam lingkup gizi modern. Makanan fungsional adalah makanan dengan kandungan senyawa aktif yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memperkecil risiko terkena serangan penyakit tertentu serta memberikan manfaat kesehatan yang maksimal.

Salah satu cara menghadirkan makanan fungsional di meja makan ialah dengan menyajikan salad sayuran segar yang kaya zat fitonutrisi serta memadukannya dengan saus yoghurt sebagai sumber makanan probiotik.
 
 

SALAD SAYUR SAUS YOGHURT

Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
100 g wortel, serut tipis memanjang
150 g lettuce, iris kasar
100 g kol ungu, iris tipis
1 buah tomat merah, potong-potong

Saus yoghurt:
2 sdm yoghurt tawar
1 sdm mayones
1 sdt mustard Dijon
1 ½ sdt air jeruk lemon
1 sdt bawang putih parut
1 sdt madu

Cara membuat:

   1. Siapkan semua bahan salad. Campur dalam mangkuk. Simpan di lemari pendingin hingga saat penyajian.
   2. Saus yoghurt: Campur semua bahan saus. Aduk rata. Jika terlalu kental, tambahkan 1 sdm air matang.
   3. Penyajian: Tambahkan saus ke dalam salad. Aduk hingga tercampur rata. Segera sajikan.

 
   

TIP DAPUR

    * Usahakan mengkonsumsi sayuran dan buah-buah dalam keadaan mentah atau segar. Untuk itu, jangan lupa cuci buah dan sayuran dengan baik dan seksama. Jika perlu gunakan larutan khusus untuk mencuci buah dan sayuran.


TIP SEHAT

Istilah-istilah yang sering muncul berkaitan dengan makanan fungsional:

    *Prebiotik (prebiotics) dan probiotik (probiotics) adalah bahan makanan yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan bakteri ‘jahat’ dan menambah jumlah bakteri ‘baik’ dalam usus besar. Contohnya: keluarga bawang-bawangan, yoghurt.
    *Fitonutrisi (phytonutrients) atau yang disebut juga dengan nama phytochemicals adalah senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya: senyawa flavonoid, likopen, betakaroten. Fitonutrisi banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran segar.
    *Zoonutrients yaitu senyawa aktif yang diperoleh dari sumber hewani. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia. Contohnya, asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
kiwi kisses
« Reply #35 on: 23 June 2010, 04:13:19 PM »


Banyak orang mengenal kiwi sebagai buah asal New Zealand. Padahal jauh sebelum setenar sekarang, kiwi (Actinidia deliciosa) adalah buah asli dari Cina Selatan. Penyebaran kiwi hingga ke daratan New Zealand dimulai sejak awal abad 20. Ketika Isabel Fraser, Kepala Sekolah Wanganui Girls’ College membawa bibit kiwi dari Cina hingga ke New Zealand.  Saat ini, New Zealand terkenal sebagai negara penghasil kiwi terbesar di dunia.
 

Selain sering diolah menjadi dessert yang eksotis, kiwi juga banyak memiliki manfaat kesehatan. Kiwi merupakan sumber vitamin C yang unggul. Sangat bermanfaat untuk meningkatkkan sistem kekebalan tubuh dan mengusir gejala-gejala flu. Apalagi jika ditambah dengan air jeruk lemon yang sarat vitamin C dan madu yang berkhasiat antiperadangan.
 

Kiwi Kisses

Untuk 2 porsi

(waktu persiapan: 5 menit)

Bahan:
2 buah kiwi
250 g melon
1 sdm air jeruk lemon
2 sdm madu
4 sdm es serut

Cara membuat:

   1. Potong-potong kiwi dan melon menjadi potongan kecil.
   2. Masukkan kiwi, melon, air jeruk lemon, dan madu ke dalam mangkuk blender. Proses hingga lembut.
   3. Taruh es serut dalam gelas saji. Tuangi jus kiwi. Segera sajikan.

TIP DAPUR :

    *Untuk mendapatkan rasa kiwi yang manis, pilih kiwi yang cukup masak. Ciri-cirinya, bentuknya bulat dan padat berisi. Jika sedikit ditekan dagingnya terasa lembut (tidak keras).
       
    * Minuman ini lebih enak jika diproses dengan memakai food processor untuk mencegah biji kiwi hancur. Sebab, biji ini yang menyebabkan rasa agak pahit.

TIP SEHAT:

    *Kadar potasium atau kalium di dalam kiwi diketahui hanya sedikit di bawah pisang. Selain itu kiwi juga memiliki kandungan vitamin A dan E. 
    *Kulit kiwi bisa dimakan langsung seperti apel, dan diketahui mengandung kadar flavonoid, zat antioksidan yang tinggi.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #36 on: 22 February 2011, 09:27:31 AM »

Cara Membuat Tempe, Bahan Dan Resep Pembuatan Tempe


Cara Membuat Tempe dan Manfaat tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang telah dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Hanya saja tidak semua orang tahu cara membuat tempe, resep dan cara pembuatan tempe. Kalau anda hobi makan tempe baik tempe goreng yang sering dipikul lewat depan maupun yang dimasak sendiri, tidak ada salahnya jika anda belajar cara membuat tempe, siapa tahu bisa berkembang jadi pengusaha tempe.

Sebelumnya saya juga pernah menulis cara membuat telur asin bisa anda lihat disini, nanti akan saya sambung dengan tulisan yang lain cara membuat tahu, resep dan bahan-bahan pembuatan tahu, untuk saat ini kita akan bahas cara pembuatan tempe serta bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan tempe.

Mengetahui tentang tempe dan  Manfaat Tempe

Tempe adalah makanan khas indonesia terbuat dari fermentasi biji kedelai atau beberapa jenis kapang Rihizopus lainnya. seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Fermentasi umum menggunakan ‘ragi tempe‘.

Manfaat makan tempe

Tempe memiliki banyak manfaat kendatipun tidak semua tahu tentang manfaat tempe, jika sebagian besar orang indonesia menyukai tempe karena makan ringan dan murah ini sangat enak dimakan, baik sebagai bahan campuran sayur, lauk pauk maupun sebagai makanan ringan. Sedangkan manfaat tempe itu sendiri teutama untuk kesehatan al:
Mencegah penyakit anemia dan osteoporosis (pengeroposan tulang).
Menurunkan kadar kolesterol. Senyawa protein
Mencegah kanker payudara dan penuaan (awet muda)
masih banyak manfaat lainnya dari tempe.

Cara membuat Tempe, Resep dan bahan-bahan  Pembuatan tempe

Sebelum anda membuat tempe pertama kali yang anda siapkan adalah :


Peralatan dan bhan-bahan yang diperlukan:
Wadah dan panci cukup besar utk merendam dan merebus kedelai
Wadah dgn permukaan lebar untuk mencampur ragi dan kedelai (saya menggunakan alas/cetakan yg ada dalam oven)
4 bh kantong plastik ukuran 1 kg
Tusukan gigi berfungsi untuk melubangi plastik
Rak berjeruji (rak yg ada di oven/kulkas) untuk alas tempe
Bahan pembuatan tempe,  siapkan  :
Kacang kedelai 2kg
Ragi tempe 1 sdm
Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm
Air secukupnya

Proses Dan Cara membuat tempe
Proses Pencucian/Pembersihan. Air direbus dalam panci sampai mendidih dan angkat. Masukkan kedelai kedalam panci berisi air mendidih tadi dan diamkan sampai airnya hangat. Buang kulit kedelai hingga bersih.
Proses Pemasakan. Seteleh itu rebus kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/ empuk. Kemudian buang air rebusan tadi hingga kering, masukkan kacang kedelai ke wadah datar. Dimana wadah ini harus diberi alas kain/ handuk agar tempe cepat meresap dan kering.
Proses Peragian. Seteleh kacang kering, pindahkan kewadah yang cekung/ bowl. Masukkan Ragi tempe dan tepung sagu kedalam kedelai, aduk dan campur hingga merata.
Proses Pengemasan. Masukkan tempe kedalam plastik/ daun pisang dan tutup rapat ujung plastik. Tusuk-tusuk plastik secukupnya dari kedua sisi, agar tempe tetap mendapatkan udara.
Proses Penyimpanan. Setelah selesai semua sekarang adalah tahap penyimpanan. Simpan tempe ke dalam tempat/kotak yang hangat. Tutup tempe dengan kain/handuk dan simpan selama 3 hari. Seteleh 3 hari tempe pun siap di olah menjadi aneka masakan.

NB : Ragi tempe dapat diperoleh di penjual kacang kedelai, ragi untuk membuat tempe ini berbeda  dengan ragi roti atau ragi tape yang umumnya kita tahu.
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #37 on: 22 February 2011, 09:28:39 AM »
Proses Pembuatan Telur Asin
Cara Memilih Telur Untuk Diasinkan

Untuk memilih telur yang akan diasinkan tentu anda harus teliti jangan sampai telur tersebut rusah atau membusuk pada bagian dalam telur. Biasanya untuk membedakan telur yang sudah rusak memang agak sulit sedang telur yang sudah busuk pada bagian dalam memang tidak mengeluarkan bau busuk selagi kulit telur masih utuh (tidak pecah). Untuk membedakan telur yang sudah rusak caranya mudah :

Pertama masukkan air di ember lalu masukkan telur-telur tersebut kedalam ember yang berisi air, jika anda telur yang mengambang segera pisahkan karena kemungkinan besar telur yang sudah mengambang sudah tidak layak untuk di buat telur asin. Sedangkan telur yang telur yang tenggelam biarkan saja beberapa saat agar kotoran hilang setelah itu cuci dengan sabun sampai benar-benar bersih lalu tiriskan.

2. Proses Pembuatan Larutan Air Garam

Sebelum proses pembuatan telur asin terlebih dahulu anda harus menyiapkan adonan atau larutan air garam sebagai tempat perendaman telur yang akan diasinkan Jika kita baru pertama kali akan membuat telur asin, yang perlu diperhatikan adalah takaran atau garam yang akan kita larutkan, agar rasa asin pada telur tidak kurang atau tidak terlalu asin. Sebenarnya proses pembuatan telur asin bamyak cara yang bisa kita lakukan, sekarang kita akan membahas cara membuat telur asin yang saya kira cukup mudah untuk dilakukan.

3. Membuat Larutan Garam.

Adapun proses pembuatannya diawali dengan memanaskan air hingga suhu tertentu (tidak perlu sampai mendidih)kemudian masukkan garam dan saltpeter, dan aduk hingga larut seleuruhnya.Diamkan beberapa saat hingga menjadi dingin kembali.

2. Membuat Adonan Garam.

a. Adonan 1 dengan media tanah liat.

Takarannya untuk telur ayam atau itik 30 butir, tanah liat 20 genggam, sekam padi 0,5 kg, gara 1 kg, air bersih secukupnya.

b. Adonan 2 dengan media abu gosok atau abu dapur.

Untuk telur ayam atau itik sejunlah 30 butir, takarannya abu gosok 60 genggam, garam 1 kg, air bersih secukupnya.

c. Adonan 3 dengan media serbuk bata merah.

Dengan telur ayam atau itik yang berjumlah 30 butir, kita gunakan serbuk bata merah sebanyak 60 genggam, garam 1 kg, salpeter atau sendawa 50 gram, air bersih secukupnya dan sabun cuci secukupnya.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

1/ Salah satu bahan adonan (tanah liat, abu, atau serbuk batu merah), dicampur dengan garam dan salpeter sesuai takaran yang telah ditentukan.

2/ Aduk adonan tersebut hingga tercampur merata.

3/. Kemudian tambahkan air sedikit demi seedikit sambil diaduk menjadi adonan yang kental agar dapat melekat pada kulit telur.

Untuk mendapatkan tingkat kekentalan yang tepat, adonan dapat dicoba untuk ditempelkan pada kulit telur. Apabila adonan tersebut dapat melekat dengan baik dan mudah, bararti tingkat kekentalannya telah tepat.

Dengan cara pemeraman ini, sebagian sebagian kecil (5%-10%) dari garam akan terserap kedalam telur. Oleh karena itu, bila adonan pembalut akan dipergunakan lagi, maka perlu ditambahkan garam pada adonan tersebut sebanyak 5%-10% dari total berat garam semua.

Dalam pembuatan setiap adonan, kadar air yang dibutuhkan disesuaikan dengan tingkat kekeringan media. Makin tinggi tingkat kekeringannya, maka makin banyak pula air yang diperlukan. Kebutuhan air dinyatakan cukup apabila adonan sudah dapat menempel pada kulit telur. Adonan yang mendapat air dalam jumlah yang kurang ataupun berlebihan, akan mengakibatkan adonan tidak dapat menempel pada kulit telur.

C. Proses Membuat Telur Asin.

a. Perendaman dengan larutan garam.

Perendaman telur dilakukan selama 7-10 hari dalam larutan garam yang sudah didinginkan, agar menghasilkan telur asin yang rasa asinnya cukup enak untuk dinikmati. Sebelum telur-telur dimasukkan kedalam wadah perendaman, terlebih dahulu letakkan wadah tersebut ditempat yang aman dan rata, untuk menghindari retak atau pecahnya telur pada saat proses perendaman.

b. Pemeraman dengan adonan garam.

Caranya adalah dengan membungkus telur menggunakan adonan garam. Usahakan agar tiap sisi memiliki tingkat ketebalan yang sama, agar rasa asin yang meresap kedalam telur merata. Kemudian taruh dalam wadah dan peramkan selama 7-10 hari. Setelah pemeraman dianggap cukup maka adonan pembungkus harus segera dilepas dari telur tersebut, sehingga rasa asin pada telur tidak berlebihan. Meresapnya larutan garam kedalam telur memperngaruhi kualitas produk telur asin tersebut.

c. Perendaman dengan adonan garam.

Cara perendaman dengan adonan ini lebih mudah dibadningkan dengan cara pemeraman. Kita tinggal menyediakan wadah, lalu tuangkan sedikit adonan kedalam wadah tersebut sebagai lapisan bawah dan ratakan. Kemudian letakkan telur-telur yang sudah bersih diatas lapisan adonan, dengan memberikan jarak antara telur. Setelah itu timbunlah telur-telur tersebut dengan adonan yang masih tersisa sampai rata menutupi semua telur. Biarkan telur terendam adonan garam selama 7-10 hari. Dalam perendaman ini adonan yang dibuat haruslah lebih banyak daripada untuk pemeraman, karena telur harus tertutup rapat dengan adonan.

Pemanenan

Setelah dirasa [erendaman atau pemeraman cukup waktunya (+/- 7-10 hari ). segera bongkar adonan pembalut pada telur. Agar tidak merusak telur pada saat pengbongkaran adonan pembalut, sebaiknya tambahkan sedikit air hingga adonan yang kering menjadi sedikit basah dan gembur. Dengan demikian, adonan dapat dibongkar dengan lebih mudah dan aman. Setelah itu, pisahkan telur yang kulitnya retak atau memperlihatkan tanda-tanda kebusukan. Simpan telur yang baik ditempat yang dingin atau bisa langsung direbus. Jika telur hendak dipasarkan, biasanya sisa-sisa adonan yang menempel tidak di bersihkan semua untuk membedakan dengan telur tawar yang masih mentah.

Perebusan

Bila telur asin hendak dipasarkan dalam keadaan matang, maka perebusan dapat langsung dilakukan. Cuci dahulu telur asin yang hendak direbus hingga bersih. Untuk mncegah retak atau pecahnya telur dalam proses perebusan ini, sebaiknya dilakukan cara perebusan seperti berikut ini.

a. Masukkan telur dalam panci perebus yang telah diisi dengan air secukupnya.

b. Panaskan dengan api kecil, usahakan agar air perebus menjadi panas namun tidak mendidih (+/- 30 menit).

c. Selanjutnya, api dapat dibesarkan hingga air mendidih.

Hal ini dilakukan agar putih telur menjadi matang atau mengental terlebih dahulu sebelum mematangkan semua isi telurnya. Sehingga benturan-benturan yang terjadi selama perebusan, tidak akan menyebabkan retak atau pecahnya telur-telur asin tersebut.

Untuk telur asin matang dari hasil perendaman dengan larutan garam jenuh, biasanya memiliki putih telur yang berlubang-lubang (keropos)

Telur asin yang dihasilkan baik dari cara perendaman dengan larutan jenuh, melalui pemeraman, atau perendaman dengan adonan media garam, memiliki hasil yang berbeda-beda baik rasa maupun warnanya. Demikian juga dengan jenis telur dan juga tebal atau tipisnya kulit telur yang mempengaruhi daya serap telur terhadap laritan garam sehingga memberikan hasil yang berbeda pula.

TIPS Khusus Membuat Telur Asin.

Ciri Telur Asin Rebus Yang Baik adalah :

Memiliki kuning telur berwarna kuning cerah dan berminyak. Dan posisi kuning telur berada ditengah-tengah, bukan dipinggir juga tidak banyak terdapat rongga. Simak baik-baik tips untuk proses membuat telur asin.

A. Direndam dalam larutan teh.

Setelah jadi telur asin mentah biasanya langsung dicuci dan direbus hingga matang. Namun ada juga sebagian orang yang merendam telur pada larutan teh terlebih dahulu sebelum telur asin mentah tersebut direbus. Bahkan kalau mungkin perendaman dilakukan selama 4-8 hari.

Biasanya telur asin yang sudah matang dapat bertahan selama 2-3 minggu. Namun jika hal ini dilakukan keawetan telur asin dapat mencapai hingga 6 minggu.
Life is about living...

Offline bodhi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 832
  • Reputasi: 8
Re: healthy recipe
« Reply #38 on: 11 March 2011, 09:56:14 PM »
disini dapurnya ga enak, ga bs praktek  :'(
M14ka: "the nature of things are unstable.. "

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #39 on: 15 March 2011, 12:23:26 PM »
sini mana?

disini dapurnya ga enak, ga bs praktek  :'(
Life is about living...

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #40 on: 15 March 2011, 12:24:15 PM »
sini mana?

disini dapurnya ga enak, ga bs praktek  :'(
Life is about living...

Offline bodhi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 832
  • Reputasi: 8
Re: healthy recipe
« Reply #41 on: 15 March 2011, 12:27:45 PM »
di tempatku cc, maklum masih blom punya rumah sendiri   ;D
M14ka: "the nature of things are unstable.. "

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: healthy recipe
« Reply #42 on: 15 March 2011, 01:24:19 PM »
Teman-teman ada yang bisa membantu membagikan tips mengelola tripang (haisom/hoisem). Saya ada yang kering, ingin memasaknya...   =P~

Terima kasih sebelumnya.
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: healthy recipe
« Reply #43 on: 28 March 2011, 10:58:15 AM »
itu harus direndem air abu dulu...

ampe lunak...

sambil bagian tengahnya dikerok...dibersihkan...

bagus dimasak kuah dgn bakso ikan en kembang tahu

dicoba ya...pas udh masak...ksh tester wkwkwk

Teman-teman ada yang bisa membantu membagikan tips mengelola tripang (haisom/hoisem). Saya ada yang kering, ingin memasaknya...   =P~

Terima kasih sebelumnya.
Life is about living...